Minum Pil Postinor-2 Setelah Berhubungan, Masih Bisa Hamil?

Pagi dok, saya seorang wanita 21th saya sering mengkonsumsi pil postinor-2 setelah berhubungan intim, belum lama ini saya berhubungan sekitar jam 10 atau 11 pagi, kemudian saya minum pil postinor-2 2 sekaligus pada esok harinya sekitar sore atau siang hari.

Biasanya satu minggu setelah minum postinor-2 saya langsung menstruasi,tapi yang ini sampai saat ini saya kok masih belum menstruasi?apakah saya hamil dok?tapi saya tidak merasa mual atau muntah,terimakasih atas jawabannya dok.

Jawaban dokter:

Selamat malam.

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

Penyebab keluhan telat haid sebenarnya sangat banyak dan bukan hanya terkait kehamilan saja. Untuk kehamilan sendiri ada beberapa tanda yang dapat muncul yang dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil berupa payudara membengkak dan terasa nyeri, menstruasi yang tidak kunjung datang, perut yang semakin membesar, sering lemas, sakit kepala, keluhan mual dan muntah yang sering dikeluhkan terutama di usia – usia awal kehamilan, hingga pemeriksaan test pack yang menunjukkan hasil positif. Tanda pasti hamil bisa diketahui salah satunya dengan pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalam rahim dan adanya detak jantung janin.

Pemeriksaan dengan menggunakan tes pack (alat tes kehamilan) sendiri baru bisa menunjukkan hasil akurat jika dilakukan sekitar 2 hari sebelum waktu menstruasi selanjutnya atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur ( waktu ovulasi). Tes pack mulai dapat mendeteksi kadar hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) pada kadar 20 mIU. Hasil tes kehamilan menunjukkan hasil positif jika terdapat dua garis yang nampak pada alat tes tersebut. Garis kedua yang muncul bisa tampak samar atau bisa juga terlihat jelas. Hal ini tergantung dari konsentrasi hormon hCG yang terkandung dalam urine yang diperiksa. Namun pemeriksaan dengan tes pack bisa menunjukkan hasil positif juga pada penyakit reproduksi seperti mola hidatidosa (hamil anggur). Sehingga untuk memastikan kehamilan memang paling baik dengan melakukan pemeriksaan USG.

Silakan baca artikel berikut ini:

Membaca Hasil Tespek Positif, Negatif, Samar

Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer