10 Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah dari Dalam dan Luar

Untungnya, cara mengatasi kaki pecah-pecah tak harus dengan pergi ke dokter atau mengaplikasikan obat yang dijual di apotik. Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan cara yang sederhana namun cukup efektif.

Sebelum kita membahas cara mengatasi kaki pecah-pecah, maka hal pertama yang perlu kita cermati adalah mengeidentifikasi penyebabnya. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kaki kering dan pecah-pecah di antaranya cuaca dingin, pemilihan alas kaki yang salah, kurangnya perawatan kaki, hingga berdiri terlalu lama.

cara mengatasi kaki pecah-pecah

Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan kaki pecah-pecah:

  • Mandi dengan air yang terlalu panas.
  • Berjalan tanpa alas kaki.
  • Penyakit kulit yang menyebabkan kulit kering (eksim, psoriasis, dll)
  • Sabun mandi non-pelembab
  • Kondisi medis seperti diabetes atau penyakit tiroid
  • Cuaca dingin
  • Tingkat kelembaban yang rendah pada lingkungan, di rumah, kantor, dll (sistem pemanas diketahui kering udara)
  • Penuaan (kelembaban kulit bisa menurun dengan bertambahnya usia).
  • Banyak waktu dihabiskan di bawah sinar matahari.

Sampai di sini, jika ada asalah satu kondisi di atas yang menjadi penyebab, maka langkah awal untuk mengatasi kaki pecah-pecah adalah dengan menghindarinya.

Meskipun dapat disamarkan dengan kaos kaki atau sepatu model tertutup, namun kaki pecah-pecah tetaplah kondisi yang bisa merusak penampilan dan rasa percaya diri seseorang. Apalagi kita tak pernah tahu kalau suatu hari nanti, kita terpaksa harus melepas alas kaki, entah itu saat bertamu ke rumah seseorang atau bermain pasir di pantai.

Cara Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah

Agar kondisi kaki bisa mulus kembali, coba terapkan beberapa cara mengatasi kaki pecah-pecah berikut ini:

# Minyak sayur

Tak peduli jenis minyak sayur yang Anda miliki di rumah, apakah itu zaitun, wijen, kelapa, atau lainnya (yang sudah mengalami proses hidrogenasi), semua itu dapat dipakai untuk merawat sekaligus mencegah kaki pecah-pecah. Untuk hasil terbaik, aplikasikan sebelum tidur agar tersedia waktu yang panjang bagi minyak untuk meresap dalam kulit.

  • Pertama-tama, rendam kaki dalam air sabun, lalu gosok tumitnya dengan batu apung.
  • Cuci kaki, lalu keringkan.
  • Aplikasikan minyak sayur ke bagian tumit dan telapak.
  • Kenakan sepasang kaos kaki bersih, dan diamkan semalaman selagi Anda tidur.

Keesokan paginya, Anda akan mendapati tumit menjadi lebih halus. Ulangi cara ini selama beberapa hari hingga tekstur pecah-pecahnya hilang.

# Tepung beras

Gunakan tekstur tepung beras yang kasar untuk mengelupas sel kulit mati di kaki sekaligus mencegahnya kering dan pecah-pecah.

Untuk membuatnya, campur segenggam tepung beras dengan beberapa sdt madu dan cuka apel. Aduk hingga adonan berubah menjadi pasta pekat. Kalau tekstur pecahnya sangat parah, Anda boleh menambahkan 1 sdm minyak zaitun atau almond.

Rendam kaki dalam air hangat selama 10 menit, lalu gosokkan adonan tepung beras tadi. Ulangi cara ini beberapa kali seminggu hingga Anda puas dengan hasilnya.

# Lemon

Kandungan asam dalam lemon sangat efektif untuk melembutkan kulit kasar yang memicu pecah-pecah pada telapak kaki. Hal inipun mudah untuk dilakukan.

Rendam kaki dalam air hangat yang dicampur perasan lemon selama 10-15 menit. Jangan menggunakan air panas karena dapat membuat kaki bertambah kering. Setelah itu gosok tumit yang pecah-pecah dengan batu apung. Cuci, lalu keringkan kaki sesudahnya.

# Air mawar dan gliserin

Kombinasi gliserin dan air mawar merupakan kombinasi yang pas untuk digunakan sebagai cara mengatasi kaki pecah-pecah dengan sangat efektif. Sementara gliserin melembutkan kaki, air mawar yang mengandung vitamin A, B3, C, D, dan E akan berperan sebagai antioksidan, antiradang, dan antiseptik.

Anda hanya perlu mencampurkan gliserin dan minyak mawar dengan perbandingan sama, lalu gosokkan ke telapak kaki setiap hari sebelum tidur malam.

# Garam Inggris

Kalau kaki Anda berpotensi pecah-pecah, maka rutinlah mengaplikasikan pelembab untuk mencegahnya kering. Anda juga bisa menggunakan garam Inggris untuk meningkatkan sirkulasinya.

Campurkan 1 ½ cangkir garam Inggris ke dalam baskom berisi air hangat, rendam kaki di dalamnya selama 10 menit. Gosok kaki dengan batu apung, lalu rendam lagi selama 10 menit. Keringkan kaki, lalu aplikasikan krim kaki atau petroleum jelly untuk mengunci kelembabannya. Untuk hasil terbaik, kenakan sepasang kaos kaki agar kaki tetap lembab.

# Pisang

Menggunakan pisang matang merupakan salah satu cara mengatasi kaki pecah-pecah yang tidak membutuhkan biaya mahal. Lumat 1 buah pisang matang sehingga menjadi pasta lembut. Aplikasikan pasta ke kaki yang telah dibersihkan, diamkan selama 10-15 menit agar nutrisinya terserap sempurna.

Setelah itu, cuci kaki dengan air hangat, lalu rendam dalam air dingin selama 5-10 menit. Lakukan setiap hari selama beberapa minggu untuk mengembalikan tekstur kaki yang lembut dan mulus.

# Madu

Madu mengandung pelembab sekaligus agen antibakteri yang dapat merawat kulit kering dan pecah-pecah. Anda tinggal mencampurkan secangkir madu ke dalam baskom berisi air hangat. Rendam kaki di dalamnya selama 15-20 menit, lalu gosok perlahan. Lakukan setiap hari atau beberapa kali seminggu hingga hasil yang diinginkan nampak.

# Petroleum Jelly

Setelah mengelupas sel kulit mati dengan batu apung, rendam kaki dalam air hangat. Sesudah itu keringkan kaki, lalu aplikasikan petroleum jelly. Anda boleh mencampurkan jelly dengan 1 sdt perasan lemon. Tudungi kaki dengan kaos kaki, dan agar hasilnya maksimal, lakukan setiap malam sebelum tidur.

# Pilih bahan kaos kaki dan sepatu yang tepat

Setelah menggunakan berbagai resep rumahan di atas, hal lain yang harus diperhatikan adalah memilih bahan kaos kaki dan sepatu yang tepat. Untuk kaos kaki, ada baiknya Anda memilih yang bahannya mengandung silikon karena bahan ini dapat mengunci kelembaban.

Kalau harganya terlalu mahal, Anda boleh membungkus kaki dengan plastik terlebih dahulu diikuti dengan memakai kaos kaki biasa.

Soal sepatu, pilih yang bagian belakangnya dapat menopang tumit dengan baik. Hindari memakai alas kaki yang licin atau bisa membuat kaki bergeser karena gesekan antara kaki dengan sol dapat menyebabkan kulit iritasi.

Bila Anda memang suka memakai sandal jepit, maka selalu pilih yang solnya tebal.

# Tetaplah terhidrasi

Cara mengatasi kaki pecah-pecah terakhir yang bekerja dari dalam tubuh adalah dengan minum banyak air putih dan rajin mengonsumsi makanan sumber omega-3.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer