12 Cara Mengecilkan Lengan Dalam Seminggu

Setiap orang, khususnya kaum wanita, pasti ingin memiliki lengan yang ramping dan tidak bergelambir. Alasannya sederhana, bentuk lengan demikian mampu memberikan rasa percaya diri lebih, terutama ketika ia harus mengenakan busana tanpa lengan. Lalu, bagaimana cara mengecilkan lengan dalam waktu seminggu saja?

Sebelum kita menginjak pada bahasan mengenai caranya, ada hal penting yang patut diingat oleh mereka yang ingin mengecilkan lengan. Sama seperti program perampingan badan yang kerap mengombinasikan antara pola makan sehat dan olahraga, maka aturan serupa berlaku juga untuk lengan. Anda harus mengombinasikan setiap gerakan yang dilakukan dengan pola makan sehat.

cara mengecilkan lengan

Baca juga:

Cara Efektif Mengecilkan Lengan

Salah satu kunci utama agar memiliki lengan ramping adalah dengan melakukan olahraga yang melibatkan beban berat, tarikan, atau tekanan tertentu. Saat membentuk otot pada lengan, menggerakkan tangan yang memegang dumbel pun harus dilakukan dengan perlahan. Namun kalau dumbel atau tekanan lainnya didapati terlalu berat, maka tak mengapa kalau Anda memilih yang beratnya sedikit lebih ringan. Anda pasti tak ingin kalau lengan kelewat kurus kan?!

Berikut beberapa tips untuk mengencilkan lengan yang bisa Anda lakukan.

  1. Latihan untuk otot bisep

Bisep merupakan otot terkuat dari semua otot yang ada di lengan. Bisep jugalah yang menentukan apakah lengan seseorang bakal tampak lebih indah atau malah sebaliknya. Saat melatih otot ini, pastikan tangan berada pada posisi yang tepat.

Telapak tangan menghadap ke depan sehingga ibu jari kanan berada di kanan, dan jempol kiri pada sisi kiri. Sambil mengangkat beban, tekuk kedua siku sehingga dumbel mendekati lengan atas, ulangi 12 kali ke depan dan 12 kali ke samping. Setelah itu, putar telapak tangan sehingga saling berhadapan satu sama lain (seperti posisi hendak memalu), lalu angkat dumbel.

  1. Gunakan bola keseimbangan

Saat ingin membentuk otot lengan, tak melulu hanya bagian ini saja yang perlu dilatih. Agar bentuk tubuh tetap terlihat seimbang, maka Anda juga perlu melatih otot dada selagi membentuk lengan.

Pertama-tama, berbaringlah menengadah dengan pundak berada di atas bola keseimbangan. Angkat pinggul, dan tahan tubuh agar tetap sejajar serta seimbang dengan membiarkan kedua kaki terbuka selebar bahu.

Posisikan kedua tangan yang memegang dumbel, lurus di atas dada. Lalu perlahan bawa 1 tangan turun ke samping, tahan sejenak, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi 15 kali untuk setiap tangan.

Masih di atas bola keseimbangan, Anda bisa melanjutkan latihan pembentukan tangan dengan posisi duduk tegak. Untuk membentuk area bahu, maka cobalah membentuk huruf T, U, V, dengan kedua tangan.

Untuk T, angkat tangan ke samping sebanyak 15 kali. Setelah sampai pada hitungan ke-15, tahan posisinya selama 30 detik. Turunkan, lalu ulangi.

Setelah itu, bawa kedua tangan memanjang ke depan, lalu angkat hingga mengatasi kepala, lakukan sebanyak 40 kali hitungan untuk membentuk huruf U.

Huruf V bisa dilakukan dengan berbaring telungkup di atas bangku panjang. Mulailah dengan posisi tangan saling berdekatan di bawah, di depan bangku, lalu angkat keduanya sehingga membentuk huruf V lebar. Ulangi 15 kali, lalu tahan gerakan terakhir selama 30 detik.

  1. Latihan saat menyetir

Anda juga bisa mengecilkan lengan saat sedang terjebak macet di jalan. Caranya cukup mudah, tangan memegang setir di posisi jam 3 dan 9, lalu tekan ke dalam untuk memperkuat otot dada. Setelah itu letakkan tangan di dalam setir dan tekan ke arah luar guna membentuk bahu belakang. Tahan tekanan selama 10-20 detik, lalu ulangi sebanyak yang Anda bisa.

  1. Bergelayut ala monyet

Bergelayut dari 1 pegangan ke pegangan lainnya seperti monyet (dari cabang pohon ke cabang lainnya) ternyata juga bisa melangsingkan lengan. Tak hanya gerakan maju, Anda juga bisa melakukannya ke belakang agar otot bahu ikut terlatih.

  1. Gaya berenang tertentu

Tidak semua gaya renang bisa mengencilkan lengan. Pilihlah gaya bebas atau kupu-kupu bila ingin lengan tampak ramping dalam seminggu.

  1. Saatnya mendayung

Bagi yang hobi melakukan olah raga air. Lakukan gerakan mendayung, atau yang mirip dengan itu, untuk memiliki tampilan lengan yang mengundang iri banyak orang.

  1. Yoga

Cara mengecilkan lengan selanjutnya adalah dengan melakukan beberapa pose yoga seperti Downward dog, Upward, Chaturang, Crow stand, maupun Side Plank.

Posisi plank standar juga bisa menguatkan lengan sekaligus tubuh, namun untuk memaksimalkan perampingan tangan, letakkan sebuah piring kertas di atas salah satu tangan. Sambil menjaga tangan tetap lurus dan kaki terbuka selebar bahu, putar-putar piring kertas 10 kali searah jarum jam, dan 10 kali berlawanan arah jarum jam. Lakukan aksi serupa pada tangan satunya.

  1. Trisep juga tak boleh dilupakan

Sambil memegang dumbel dengan kedua tangan, tekuk siku lalu bawa beban melintasi kepala hingga lengan membentuk sudut 90’. Tahan sebentar sebelum kembali ke posisi semula. Ulangi 15-20 kali. Latihan untuk trisep lainnya adalah sambil memegang dumbel di sisi tubuh, bawa tangan yang kemudian ditekuk lurus ke belakang, tekuk lagi, lurus lagi, dan seterusnya.

  1. Jangan lupa peregangan

Latihan resistensi memang baik untuk membangun kekuatan, namun peregangan merupakan kunci agar sendi bisa bergerak leluasa. Regangkan trisep dengan mengangkat tangan kanan lalu berusahalah menggapai titik tengah punggung dengannya. Anda boleh menekan siku kanan perlahan dengan tangan kiri untuk memaksimalkan penggapaian titik tengah punggung, tahan selama 10-30 detik sebelum ganti tangan.

  1. Peran resistance band

Alternatif lain selain dumbel adalah dengan menggunakan resistance band saat melatih tangan. Tekanan maupun tarikan yang diperoleh dari alat olahraga ini bisa memberikan tantangan baru dalam latihan.

  1. Modifikasi push up

Kalau biasanya baik tangan maupun kaki mendarat di lantai, maka kali ini posisikan kaki lebih tinggi ketimbang tangan. Letakkan kaki di atas kursi, dan tangan tetap di lantai, lalu lakukan push up seperti biasa.  Modifikasi lainnya adalah dengan memposisikan kedua tangan sehingga jari telunjuk dan jempol berdekatan dan membentuk wajik (diamond push up).

  1. Latihan sambil duduk di meja kantor

Cara mengecilkan lengan lainnya juga bisa dilakukan saat Anda break sejenak dari penatnya pekerjaan. Sambil tetap duduk, angkat laptop dengan 1 tangan lalu bawa ke samping. Jaga posisi badan tetap lurus ke depan ketika melakukannya. Ulangi 20 kali untuk setiap sisi.

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer