13 Tips Awet Muda yang Harus Anda Coba Sejak Sekarang

Kalau selama ini banyak orang menanyakan tentang tips awet muda pada Anda, maka mungkin itu karena mereka melihat penampilan Anda yang jauh lebih muda ketimbang usia sebenarnya.

Ya, tak dapat dipungkiri, meski usia bisa sama, namun penampilan belum tentu. Walau sebaya, namun ada orang yang tampak lebih muda dan produktif ketimbang temannya. Bisa jadi selama ini tanpa sadar mereka sudah mempraktikkan beberapa tips awet muda sedangkan yang lain tidak.

tips awet muda

Apa yang bisa dilakukan agar awet muda?

Bagi Anda yang merasa lebih tua dari teman-teman sebaya Anda, atau ingin terlihat awet muda, maka ikutilah tips awet muda berikut ini:

# Tidak makan terlalu banyak

Okinawa, Jepang, merupakan tempat tinggal dari beberapa orang tertua di dunia. Rahasia umur panjang mereka ternyata sederhana saja. “Orang-orang ini akan berhenti makan setelah perut mereka masuk tahap 80% kenyang,” ujar penulis The Blue Zones, Dan Buettner yang mempelajari tentang umur panjang di seluruh dunia.

Para ahli dari Universitas St. Louis mendapati, makan lebih sedikit dan olahraga teratur dapat memicu penurunan berat badan sekaligus menurunkan produksi T3, jenis hormon tiroid yang berperan dalam metabolisme. Para ahli tersebut percaya turunnya kadar T3 dapat memperlambat proses penuaan.

# Makan lebih banyak buah dan sayur

Dalam studinya, Buettner mendapati mereka yang terlihat awet muda dan berumur panjang biasanya lebih banyak makan kacang-kacangan dan biji-bijian ketimbang daging. “Selain itu, makanan sumber asam omega-3 seperti salmon dan walnut juga bisa menstabilkan mood, mempertahankan kekuatan tulang, sekaligus mencegah tanda-tanda penuaan. Omega-3 juga membuat Anda sehat, dan kulit lebih bersinar,” ujar Nicholas Perricone, MD, pengarang 7 Secrets to Beauty, Health, and Longevity.

# Melatih otak

Dari hasil studinya, Dr. Geula mendapati bahwa melatih otak dengan belajar hal-hal baru dapat membangunkan sel otak yang selama ini tidur. Membiasakan diri melatih otak juga bisa membuat seorang lansia berumur 80 tahun sama cerdasnya seperti ketika mereka masih berusia 50 tahun dulu.

Di samping melatihnya, otak juga perlu diberi asupan nutrisi yang sehat. Karenanya, hindari makanan hasil proses, gula, kafein, maupun alkohol karena dapat mengganggu kinerja kelenjar adrenal. Kelenjar ini tak hanya bertanggung jawab mengeluarkan hormon stres (kortisol), namun juga mengatur metabolisme.

Untuk menjaga kesehatan kelenjar ini, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, C, dan magnesium seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan lain sebagainya.

# Minum Anggur

Anggur merah ataupun jus anggur mengandung resveratol, komponen yang dapat menunda penuaan. Sebuah studi mendapati tikus yang diberi resveratol memiliki tulang yang lebih kuat dan koordinasi tubuh lebih baik.

Resveratol juga dapat menurunkan resiko gangguan kesehatan yang umumnya menyerang orang tua seperti jantung, radang, hingga katarak. Jadi kalau punya red wine di rumah, tak ada salahnya minum sedikit setiap hari.

# Kikis lemak perut

Dalam sebuah studi besar-besaran yang dipublikasikan tahun 2009 lalu, para ahli melacak lebih dari 6000 partisipan selama lebih dari 30 tahun. Mereka mendapati lemak di perut dapat menaikkan resiko demensia hingga 3 kali lipat besarnya.

Baca juga:

# Bercinta dengan pasangan

“Wanita yang menikmati kehidupan seksnya didapati berumur panjang,” ujar Mehmet Oz, MD, salah satu penulis YOU: Being Beautiful. Faktanya, merasa puas dengan kehidupan seks yang dimiliki bisa membuat awet muda dan menambah umur hingga 3 tahun.

# Jaga kadar hormon tetap seimbang

Meski kita tak bisa melihat sendiri secara langsung apa yang terjadi dalam tubuh, namun kita dapat mengenali permasalahan yang timbul melalui gejala-gejalanya. “Karena hormon mengontrol segalanya dalam tubuh, maka Anda perlu menyeimbangkannya. Misalnya, turunnya libido bisa jadi pertanda rendahnya kadar testosteron atau estrogen.

Insomnia seringkali menjadi tanda rendahnya kadar progesteron dalam tubuh. Dan bila Anda mengalami kenaikan berat badan yang tak diinginkan atau sulit berpikir, maka bisa jadi itu karena kadar kortisol yang terlalu tinggi,” ujar Dr. Jennifer Landa, MD, penulis The Sex Drive Solution fo Women.

# Jauhi stres

“Stres berlebihan membuat hormon kortisol naik sehingga memicu obesitas, radang, insomnia, mood labil, rendahnya libido, naiknya gula darah, dan tekanan darah tinggi,” kata Jennifer. Oleh sebab itu, agar awet muda dan selalu sehat sedapat mungkin segera atasi stres dengan olahraga atau cara relaksasi lainnya.

# Menjaga kesehatan kulit

Tips awet muda berikutnya adalah dengan menjaga kesehatan kulit. “Kulit perlu asupan antioksidan dan vitamin A, C, D, dan E agar tetap sehat. Karena itu, perbanyaklah makan buah dan sayur, yang organik lebih baik, untuk menangkal efek jahat radikal bebas dan penuaan dini. Anda juga perlu menggunakan sunscreen yang mengandung Titanium Dioksida secara rutin,” imbau Jennifer.

# Berdansa

Seiring bertambahnya umur, otot tak hanya menyusut namun juga melemah. Oleh karena itu, berdansalah agar Anda tetap awet muda. Eksperimen yang dilakukan di Jerman mengamati aktivitas olahraga 40 partisipan lanjut usia.

Peserta dibagi menjadi 2 kelompok, 20 orang diminta berdansa selama 3 jam/ minggu, dan sisanya berolahraga di gym. Setelah 6 bulan, para pedansa memiliki peningkatan kekuatan otot sebanyak 15%, sementara yang berolahraga di gym tak mengalami perubahan signifikan.

Ini membuktikan bahwa dansa tak hanya merangsang pembentukan lebih banyak otot, namun juga menguji fleksibelitas, melatih otak, dan keseimbangan tubuh. Namun bagaimana kalau tidak suka dansa? Anda dapat menggantinya dengan yoga.

# Minum green tea

Tak hanya mengurangi resiko kanker, minum green tea sedikitnya secangkir sehari dapat menjaga otak tetap tajam, demikian hasil studi Jepang yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Dan demikian kebiasaan minum green tea bisa menjadi salah satu tips agar awet muda.

# Bersikap positif

Sikap optimis dapat membuat seseorang berumur panjang dan awet muda. Salah satu alasannya adalah sikap positif bisa menjauhkan seseorang dari stres.

# Memiliki hewan peliharaan

Berbagai studi menunjukkan memiliki hewan peliharaan dapat menjadi tips awet muda karena membantu menghilangkan stress. Namun kalau Anda bukanlah penggemar hewan, maka cobalah meredakan stres dengan cara lain.

Disamping mempraktikkan tips awet muda di atas, kami sarankan Anda untuk membaca juga Cara Mencegah Penuaan Dini. Demikian, semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer