7 Cara Alami Memerahkan Bibir dengan Jeruk Nipis

Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering terpengaruh oleh sinar matahari dan faktor-faktor lain yang kerap membuatnya menghitam. Untungnya beragam cara medis maupun tradisional dapat dilakukan untuk mencerahkannya kembali. Salah satunya memerahkan bibir dengan jeruk nipis seperti yang akan dibahas berikut ini.

Bibir merah merona alami merupakan dambaan banyak orang, terutama kaum hawa. Berbagai cara pun dilakukan, bahkan hingga yang berisiko tinggi seperti sulam bibir. Padahal, ada cara-cara alami yang lebih aman yang bisa digunakan untuk memerahkan bibir. Meskipun cara alami umumnya lebih makan waktu dan butuh kesabaran untuk medapatkan hasil yang diinginkan.

cara memerahkan bibir dengan jeruk nipis

Jeruk nipis atau lime sudah lama dikenal sebagai agen pemutih. Bahkan dalam dunia industri, jeruk nipis yang sudah diproses dapat dijadikan kalsium hipoklorit digunakan sebagai bahan pemutih yang murah untuk bahan kertas.

Buah dengan rasa asam ini juga merupakan merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang baik untuk kulit, termasuk juga kulit bibir. Selain itu, air jeruk nipis juga mengandung beragam nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin E, Kalsium, Magnesium, Vitamin K, Potasium dan Fosfor yang bermanfaat untuk kesehatan bibir.

Kemampuannya itu membuat jeruk nipis cukup ampuh memerahkan bibir secara alami. Terutama bibir kehitaman akibat terlalu sering terpapar sinar matahari, kebiasaan merokok, tinggi asupan kafein, penggunaan produk kecantikan berkualitas rendah, serta ketidakseimbangan hormon.

Jeruk nipis juga dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan lain untuk meningkatkan kemampuannya memerahkan bibir. Beberapa diantaranya seperti dipaparkan berikut ini.

Cara Alami Memerahkan Bibir dengan Jeruk Nipis

1. Jeruk nipis

Sebagai agen pemutih alami, sari jeruk nipis tanpa campuran bahan lainpun sudah cukup ampuh memudarkan flek hitam di kulit, demikian juga pada bibir. Kandungan vitamin C dan antioksidannya sangat baik untuk menutrisi bibir agar merona merah. Bagaimana cara menggunakan jeruk nipis ini? perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Siapkan jeruk nipis segar kemudian ambil airnya.
  • Aplikasikan pada bibir sambil dipijat perlahan secara melingkar.
  • Perlu diperhatikan memerahkan bibir dengan jeruk nipis sebaiknya dilakukan malam hari sebelum tidur karena jeruk nipis membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.
  • Lakukan cara ini setiap hari atau 2-3 kali seminggu selama 2 bulan atau hingga telah didapat hasil yang memuaskan.

2. Jeruk nipis dengan gula

Proses memerahkan bibir pada intinya adalah mengangkat lapisan kulit bibir yang menghitam agar tergantikan dengan lapisan baru yang lebih cerah. Dengan lapisan kulit yang lebih cerah warna merah alami bibir dapat lebih mudah muncul. Campuran gula dan jeruk nipis dapat bertindak sebagai eksfoliating agen yang mengikis lapisan kulit kusam bibir. Cara membuatnya cukup mudah seperti berikut:

  • Siapkan jeruk nipis segar dan gula secukupnya.
  • Ambil sari jeruk nipis dan campurkan gula hingga membentuk seperti pasta cair.
  • Oleskan campuran tadi ke bibir secara merata dan lakukan pijatan secara melingkar untuk mengangkat lapisan kulit yang kusam.
  • Lakukan 2-3 kali seminggu pada malah hari sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

3. Jeruk nipis dengan yogurt

Kandungan asam laktat pada yogurt dikenal mampu mencerahkan kulit bibir yang mengalami pigmentasi. Sehingga campuran yogurt dan sari jeruk nipis akan bekerja maksimal memerahkan bibir yang hitam.

Caranya cukup campurkan yogurt dan sari jeruk nipis dalam perbandingan yang sama. Kemudian aplikasikan pada kulit bibir. Cuci bersih bibir dengan air dingin setelahnya. Lakukan cara ini sekali sehari hingga diperoleh bibir yang lebih merah merona.

4. Jeruk nipis dengan madu

Madu merupakan bahan alami dengan beragam khasiat sehat yang dikandunganya. Diantaranya adalah kemampuannya dalam melembabkan kulit, membantu penyembuhan luka serta sifat anti inflamasi dan antimikrobanya.

Gunakan campuran madu dan jeruk nipis dalam perbandingan sama kemudian aplikasikan pada kulit bibir secara merata. Lakukan ini pada malah hari sebelum tidur dan biarkan semalaman kemudian bersihkan bibir pada pagi harinya. Lakukan cara ini 2-3 kali seminggu hingga didapat hasil yang diinginkan.

5. Jeruk nipis dengan minyak almond

Minyak almond merupakan bahan alami yang kaya kandungan vitamin E dan asam lemak jenuh yang dapat melembabkan dan melembutkan kulit bibir. Campuran bahan ini dengan jeruk nipis efektif mencerahkan bibir yang agak hitam dan membuatnya lebih lembab sehingga tidak mudah pecah-pecah.

Cara menggunakannya:

  • Campurkan masing-masing satu sendok makan sari jeruk nipis dan minyak almond.
  • Aplikasikan campuran tadi pada bibir secara merata dan diamkan kurang lebih 40 menit.
  • Bersihkan bibir dengan air dingin setelahnya.
  • Lakukan cara ini 2-3 kali sehari hingga diperoleh bibir yang lebih merah merona.

6. Jeruk nipis dengan mentimun

Mirip dengan jeruk nipis, mentimun juga memiliki sifat pemutih. Selain itu mentimun juga kaya kandungan silika yang berperan penting dalam pembentukan jaringan tisu pada kulit dan bagian lain di tubuh. Vitamin C dan asam kafeatnya juga dapat menjaga kulit bibir dari kehilangan air sehingga bibir tetap terjaga kelembapannya.

Cara menggunakan campuran jeruk nipis dan mentimun yaitu seperti berikut:

  • Siapkan sari jeruk nipis dan mentimun yang sudah diblender halus, campurkan keduanya dengan perbandingan sama.
  • Aplikasikan bahan tadi pada bibir secara merata dan diamkan kurang lebih 20 menit, lalu cuci bersih.
  • Lakukan cara ini setiap hari sebelum tidur pada malam hari agar hasilnya maskimal.

7. Jeruk nipis dengan minyak jarak

Memerahkan bibir dengan jeruk nipis bisa juga dikombinasikan dengan minyak jarak. Minyak yang didapat dari ekstrak biji pohon jarak ini dikenal memiliki kemampuan meningkatkan sistem imun serta baik untuk kulit. Kandungan asam undesilenatnya bersifat desinfektan dan antikuman sehingga dapat mencegah kulit bibir dari infeksi bakteri atau jamur yang dapat menyebabkan bibir jadi luka dan lebih gelap.

Berikut cara menggunakan jeruk nipis dan minyak jarak untuk bibir:

  • Siapkan sari jeruk nipis segar dan minyak jarak, campurkan masing-masing 1 sdt.
  • Gunakan campuran itu pada permukaan bibir dan pijat perlahan agar meresap.
  • Diamkan kurang lebih 15 menit kemudian cuci bersih dengan air hangat kuku.
  • Ulangi cara ini 3 kali sehari hingga diperoleh bibir yang lebih merah dan terlihat segar.

8. Jeruk nipis dengan kunyit

Bahan lainnya yang dapat dikombinasikan dengan jeruk nipis untuk memerahkan bibir adalah kunyit. Bahan herbal yang sering dijadikan bumbu masakan ini ternyata memiliki banyak manfaat menyehatkan untuk kulit. Sifat anti inflamasi, antibakteri, dan antioksidannya yang tinggi mampu mengobati luka serta mengurangi pigmentasi akibat radikal bebas pada kulit.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup campurkan masing-masing satu sendok makan sari jeruk nipis dan bubuk kunyit. Aduk-aduk hingga membentuk pasta, kemudian aplikasikan pada kulit bibir secara merata pada malam hari sebelum tidur. Diamkan campuran bahan itu di bibir selama kurang lebih 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Gunakan sekali sehari hingga didapat hasil yang diinginkan.

Demikian cara memerahkan bibir dengan jeruk nipis dan berbagai kombinasi bahan alami yang dapat meningkatkan efek baik dari jeruk nipis untuk kulit bibir. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat!

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT