Sebaiknya Anda Tahu, Begini Cara Agar Bibir Tidak Hitam

Bibir yang merona merah alami dan sehat tentu jadi dambaan semua orang baik wanita maupun pria. Bibir yang sehat tentu akan memperindah senyum dan penampilan. Namun, sebagian orang merasa kesulitan mencapai kondisi itu karena bibir mereka yang kehitaman. Oleh karena itu berikut ini kami rangkumkan berbagai cara agar bibir tidak hitam dan kembali ke warna dasarnya yang kemerahan.

Bibir yang kehitaman, terlihat kusam, atau terdapat bintik-bintik berwarna kecoklatan di area sekitar bibir merupakan masalah yang kerap muncul pada bibir banyak orang. Kondisi ini akan membuat bibir terlihat lebih kusam dan mempengaruhi kecerahan wajah pemiliknya.

cara agar bibir tidak hitam

Apa saja penyebab bibir jadi kehitaman?

Kulit bibir merupakan bagian dari kulit wajah yang sangat sensitif. Hal itu terjadi karena bibir terdiri dari lapisan tipis dan banyak terdapat ujung saraf serta tidak memiliki kelenjar keringat. Beberapa kondisi tertentu dapat serta merta mempengaruhi warna bibir. Penyebab bibir menghitam atau terlihat kusam umumnya adalah:

  • Sering terpapar sinar matahari. Bibir sama halnya dengan kulit yang memiliki lapisan yang memungkinkan terjadinya pigmentasi. Jika terlalu sering terkena sinar matahari bibir dapat tampak kehitaman.
  • Dehidrasi. Bibir yang mengalami kekurangan suplai air dari darah akibat dehidrasi dapat memicu bibir jadi kehitaman. Ketika bibir kering, luka kerap muncul dan setelah sembuh akan meninggalkan area kehitaman. Bekas luka inilah yang juga ikut membuat bibir jadi lebih kusam.
  • Kebiasaan buruk. Merokok, konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang juga dapat menyebabkan perubahan warna pada bibir. Smoker melanosis merupakan kondisi bibir kehitaman akibat sering merokok. Sementara zat asam pada alkohol bisa jadi pemicu munculnya bintik hitam di bibir. Konsumsi alkohol juga dapat meningkatkan dehidrasi tubuh.
  • Kosmetik berkualitas rendah. Kosmetik untuk perawatan bibir bisa jadi malah membuat bibir jadi lebih hitam. Bahan kimia tertentu pada kosmetik seperti lipstik atau lip balm berkualitas rendah tidak hanya dapat memicu bibir gelap bahkan juga alergi.
  • Konsumsi kafein berlebih. Kafein pada kopi dan teh bisa tidak ramah dengan bibir bila jumlahnya berlebihan. Senyawa ini dapat menyebabkan perubahan warna bibir menjadi lebih gelap.
  • Bibir kurang terawat. Bibir yang sehat membutuhkan perawatan ekstra seperti sunscreen, lip balm dan vitamin. Saat dibiarkan tidak terawat berbagai kondisi bisa membuatnya jadi lebih hitam.
  • Hiperpigmentasi/malesma. Pada kondisi ini kulit bibir akan mengalami bintik-bintik hitam atau coklat yang lebih kontras terhadap sekitarnya. Penyebabnya bisa beragam mulai dari paparan sinar matahari hingga pengaruh hormon atau obat-obatan.

Berbagai cara agar bibir tidak hitam

Setelah mengetahui berbagai faktor yang dapat menyebabkan bibir jadi kehitaman. Sudah selayaknya Anda lebih hati-hati menjaga bibir Anda. Beberapa cara berikut bisa dijadikan panduan untuk menjaga bibir agar tetap tampak merah merona cerah alami.

1. Hindari sering terkena sinar matahari

Salah satu cara menjaga bibir tetap sehat adalah dengan menghindarkannya dari berlama-lama berjemur di bawah terik matahari. Sinar UV dari matahari dapat memicu pigmentasi pada kulit bibir. Oleh karena itu sebaiknya gunakan topi saat bepergian di luar ruangan atau gunakan sunscreen dengan SPF minumal 15 untuk melindungi bibir dari sengatan matahari.

2. Stop merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya membahayakan paru-paru, bibir juga salah satu bagian tubuh yang akan terkena imbasnya. Asap rokok akan membuat kulit lebih cepat kehilangan kelembapannya sehingga lebih mudah dehidrasi. Bahan kimia pada filter rokok juga dapat memicu munculnya bercak hitam pada bibir. Mulai sekarang hindari rokok untuk kesehatan bibir Anda.

Ingin bibir merah? baca:

3. Cerahkan bibir dengan lemon dan madu

Bibir yang terlanjur kehitaman akibat beberapa faktor tadi dapat dipulihkan dengan bantuan madu dan sari lemon. Madu dikenal dengan kemampuannya melembapkan kulit dan menjaganya dari infeksi sementara sari lemon mengandung vitamin C yang dapat membantu mencerahkan bibir. Kombinasi kedua bahan ini merupakan salah satu cara agar bibir tidak hitam.

Berikut panduan menggunakan madu dan lemon untuk bibir:

  • Siapkan 1 sdt madu, 1 sdt sari lemon dan handuk basah.
  • Campurkan madu dan sari lemon dan aduk hingga tercampur.
  • Aplikasikan campuran tadi pada keseluruhan bibir sambil lakukan pijatan agar lebih meresap.
  • Kemudian diamkan kurang lebih 20 menit sebelum membersihkannya dengan handuk basah.
  • Lakukan cara ini 2-3 kali seminggu agar didapat hasil yang memuaskan.

4. Scrub bibir dengan minyak zaitun dan gula

Melakukan perawatan bibir menggunakan scrub yang dapat mengangkat lapisan kulit luar bibir juga dapat membantu mencerahkan bibir yang hitam. Salah satu bahan alami yang cukup ampuh adalah campuran minyak zaitun dan gula. Gula sudah terkenal akan kemampuannya sebagai scrub alami yang dapat menghaluskan kulit. Sementara minyak zaitun sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit bibir dan membuatnya lebih lembut.

Cara agar bibir tidak hitam menggunakan minyak zaitun dan gula:

  • Siapkan gula dan mangkung kecil. Kemudian tuangkan minyak zaitun sedikit demi sedikit hingga terbentuk pasta yang cukup padat.
  • Gunakan pasta ini pada bibir sambil di pijat perlahan secara melingkar agar scrub gula bekerja mengangkat lapisan kulit. Hindari menggosok terlalu kuat dan lakukan cara ini kurang lebih 2 menit saja.
  • Bersihkan bibir setelahnya dan jangan lupa oleskan lip balm untuk menjaga bibir tetap terlindung dan lembab.
  • Lakukan cara ini 2 – 3 kali seminggu hingga didapat hasil yang memuaskan.

5. Jangan biarkan bibir kering

Dehidrasi atau terlalu lama terpapar sinar matahari dan angin dapat membuat bibir jadi kering. Keringnya bibir dapat memicu bercak kusam yang menutupi lapisan merah bibir. Oleh karena itu selalu gunakan lip balm atau sunscreen khusus bibir saat akan melakukan kegiatan di luar ruangan yang berisiko terkena paparan sinar matahari dan angin.

Selain itu, cukupi kebutuhan air agar tubuh tetap terhidarasi. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung air agar bibir tetap sehat terhindar dari dehidrasi.

6. Seleksi kosmetik yang Anda gunakan

Kosmetik berkualitas rendah umumnya diproduksi dari bahan yang tidak ramah untuk bibir. Penggunaan bahan itu terus menerus seperti pada lipstik dapat menyebabkan perubahan warna bibir jadi lebih hitam. Oleh karena itu mulaihlah menyeleksi kosmetik yang Anda gunakan, pastikan sudah teruji kualitasnya.

7. Kurangi konsumsi kafein

Kafein memang sangat membantu saat tubuh saat membutuhkan energi lebih untuk terjaga. Namun efek konsumsi kopi atau teh secara berlebihan dapat jadi pemicu perubahan warna pada bibir. Kerena itu, sebaiknya hindari konsumsi lebih dari 5 cangkir kopi atau teh sehari, atau Anda dapat mensiasatinya menggunakan pipet agar tidak terkena bibir.

Baca juga: Kafein dan jumlah amannya untuk tubuh.

8. Gunakan krim pencerah bibir

Selain beberapa poin di atas cara agar bibir tidak hitam lainnya adalah dengan menggunakan produk pencerah bibir. Banyak orang menyukai cara ini karena dinilai lebih praktis meskipun harganya tergolong mahal. Produk krim pencerah bibir umumnya juga sudah dilengkapi dengan SPF 15 atau SPF 20 untuk melindungi bibir dari bahaya sinar UV.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT