8 Cara Mengecilkan Paha Paling Efektif

Bagi sebagian besar orang, khususnya wanita, paha berukuran besar bukanlah sesuatu yang bisa dibanggakan. Apalagi kalau itu sampai membuat mereka kesulitan dalam memakai skinny jeans. Oleh sebab itu, banyak yang penasaran tentang bagaimana cara mengecilkan paha secara efektif.

Sebelum beranjak ke pembahasan cara mengecilkan paha, tak ada salahnya untuk mencari tahu apa yang menyebabkan ukuran paha begitu besar. Caranya sangat mudah, tinggal luruskan kaki, lalu cubit paha.

Kalau Anda bisa mencubit banyak, maka tampaknya lemaklah yang membuat paha terlihat besar. Dalam hal ini kemungkinan besar Anda juga memiliki selulit. Namun bila hanya sedikit bagian saja yang bisa dicubit, itu berarti otot lebih banyak ketimbang lemak.

Untungnya, tak semua latihan pembentukan harus dilakukan di gym. Anda juga bisa mempraktikkannya sendiri di rumah. Cara mengecilkan paha bahkan bisa dilakukan sambil duduk santai dengan membaca buku, seperti yang dilakukan Jennifer Cassetta misalnya.

cara mengecilkan paha

Baca juga:

Trainer yang berdomisili di Los Angeles, Amerika Serikat, ini mengaku bahwa gerakan andalannya tak hanya bisa mengecilkan paha, namun juga perut. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari spot yang nyaman di lantai, dan duduklah bersandar pada dinding. Setelah itu, tekuk kaki kanan, biarkan kaki kiri tetap selonjor ke depan.

Tarik perut masuk, lalu angkat kaki kiri menjauhi lantai. Lakukan setinggi yang Anda mampu tanpa perlu melengkungkan punggung. Turunkan kaki, namun jangan sampai menyentuh lantai, dan ulangi gerakan menaik-turunkan kaki sebanyak 15 kali. Lakukan hal yang sama dengan kaki kanan, dan praktikkan gerakan ini kapanpun Anda bisa.

Cara Mengecilkan Paha lainnya yang Juga Efektif

Selain gerakan simple di atas, beberapa tips berikut juga harus dipraktikkan.

  1. Menu makanan

Untuk mengubah tubuh, hal pertama yang harus disoroti sebenarnya adalah menu makan. Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan selain sumber protein, lemak sehat, sayur, dan buah.

  1. Latihan kardio lebih baik

Tujuan utama latihan kardio adalah membakar lemak tanpa memperbesar massa otot paha. Untuk memperoleh maksud tersebut, Anda disarankan melakukan pembentukan paha seperlunya saja, jangan berlebihan.

Kalau Anda menggunakan alat kardio, pilihlah yang santai seperti stationary bike, eliiptical trainer, atau treadmill. Gunakan kecepatan sedang dengan intensitas tinggi agar dampaknya efektif. Bila Anda memilih berolahraga di luar rumah, maka hindari daerah yang berbukit-bukit.

Latihan kardio yang dilakukan dalam durasi lama seperti lari jarak jauh misalnya, juga bisa menguatkan otot paha tanpa membuatnya tampak lebih besar. Hal ini berbeda dari lari cepat yang meski bisa membakar lemak dengan kilat, namun juga bisa meningkatkan ukuran otot paha. Tak hanya merampingkan paha, lari jarak jauh juga bisa membentuk ulang tampilan kaki.

Dan yang paling penting, lakukan latihan ini paling tidak 3 kali seminggu. Terlalu jarang berolahraga takkan memberikan dampak memuaskan bagi paha.

  1. Lanjut ke latihan resistensi

Ketika lemak sudah mulai terkikis habis dari paha, maka lanjutkan dengan latihan resistensi. Latihan ini bisa membentuk otot paha agar tampilannya terlihat fantastis. Dalam memilih beban, pilihlah yang ringan/ sedang sehingga otot paha menjadi lebih kuat, keras, namun tidak melebar karenanya.

  1. Sabar

Faktanya, kita tak bisa membakar lemak di area tubuh tertentu saja, karena lemak biasanya menyusut pada keseluruhan tubuh. Oleh sebab itu, Anda perlu sabar dan juga fokus saat hendak mengecilkan paha. Hal ini dikarenakan area paha biasanya merupakan bagian tubuh yang terakhir ‘kehilangan lemak’ khususnya pada tubuh seorang wanita.

Yang penting, tetaplah realistis dan pertimbangkan juga bentuk tubuh bawaan, faktor genetik, serta kadar lemak dalam tubuh ketika ingin mencapai gol tertentu. Tenang, jika tekun, Anda pasti bisa mengecilkan paha walau mungkin perlu waktu lama untuk itu.

  1. Senam ala Jessica Smith

Bukan hanya Jennifer saja yang ingin berbagi cara mengecilkan paha, Jessica Smith selaku pakar fitnes dan trainer dari DVD 10 Pounds DOWN: Better Body Blast. Jessica mengatakan agar hasilnya optimal, Anda disarankan mengulangi setiap gerakan sebanyak 15 kali tanpa istirahat, hingga 4 hari/ minggu.

Tentu saja, Anda juga harus mengimbangi latihan pembentukan tubuh bagian bawah ini dengan olahraga kardio dan pola makan yang sehat. Dan kalau ingin tantangan lebih, Jessica menyarankan Anda menambahkan dumbel seberat 2,5-5 kg.

Beberapa gerakan yang disarankan Jessica antara lain Side Lunge to Crossover Tap, Runner’s Lunge to Balance, Scissor Power Switch, Diagonal Lunge, Plie Slides, dan lain sebagainya.

  1. Hindari weight training berlebihan

Anda diimbau tidak lagi melakukan gerakan yang melibatkan beban berat seperti squat (jongkok), lunge (menyergap), leg curls, stiff-legged deadlifts, leg extension, atau calf raises. Alasannya, weight training tersebut tidak bisa merampingkan paha. Hal serupa berlaku untuk mesin kardio jenis Stairmaster/ step machine yang meski mengklaim dirinya mampu memperkecil paha, namun kenyataan sebenarnya malah sebaliknya.

  1. Jangan salah pilih latihan

Dikarenakan kita tak bisa mengubah postur bawaan, maka Anda harus pandai dalam memilih cara mengecilkan paha yang paling efektif untuk diri sendiri. Kalau kaki termasuk skinny, hindari lari jarak jauh karena bisa membuatnya tampak lebih kurus, sebaliknya lakukan naik turun tangga atau spinning untuk membangun otot.

Bagi Anda yang berkaki pendek, hindari mengangkat beban berat karena bisa membuat tubuh semakin pendek dan gemuk. Sebaliknya lakukan squat atau lunge dan kardio. Namun tak peduli bagaimanapun bentuk tubuh, Anda harus melakukan olahraga yang mengandalkan kekuatan agar cara mengecilkan paha membawa hasil memuaskan.

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer