Cara Alami Melancarkan Sirkulasi Darah

Mengetahui berbagai cara alami melancarkan sirkulasi darah begitu penting guna menghindari berbagai penyakit, terutama penyakit kronis seperti jantung dan tekanan darah tinggi yang kerap di picu oleh buruknya sirkulasi darah.

Sirkulasi darah yang baik menjadi salah satu syarat mutlak yang menjamin kesehatan tubuh seseorang. Pasalnya, berbagai kerja organ tubuh seperti jantung, ginjal hingga otak sangat bergantung pada asupan oksigen juga nutrisi yang dibawa oleh darah.

Buruknya sirkulasi darah umumnya ditandai dengan beberapa gejala, seperti sering mengalami sakit kepala, kesulitan bernapas, mudah lelah, kaki dan tangan terasa dingin, kesemutan serta pembengkakan kaki. Sebagaimana dijelaskan disini: Tanda-tanda Sirkulasi Darah yang Buruk

Faktor penyebabnya di picu oleh kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, berat badan berlebih, kadar kolesterol yang tinggi dan kurang berolahraga.

melancarkan sirkulasi darah

Jalan terbaik dalam menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar tentunya dengan cara alami. Bagaimana caranya? Simak uraiannya berikut ini.

Bagaimana cara alami melancarkan sirkulasi darah?

1. Olahraga Teratur

Kebiasaan berolahraga secara teratur memberikan berbagai keuntungan bagi tubuh. Tidak hanya berat badan saja yang dapat dikendalikan, kadar normal kolesterol, gula darah dan tekanan darah pun akan selalu terjaga. Olahraga juga menjadi salah satu cara terbaik dalam mengelola stres yang dapat memicu buruknya sirkulasi darah.

Idealnya olahraga yang baik dapat dilakukan 3 kali seminggu, dengan rentang waktu sekitar 30-60 menit dalam sekali berolahraga. Pilihannya begitu beragam, mulai dari jogging, berenang, bersepeda, olahraga ketangkasan dan beberapa olahraga lainnya sesuai kemampuan tubuh.

Seseorang yang bergulat dengan pekerjaan yang memaksanya untuk duduk seharian pun disarankan untuk melakukan olahraga ringan selama beberapa menit. Sederhana saja, cukup berjalan-jalan, naik turun anak tangga atau melakukan peregangan. Hal ini penting guna menghindari konsekuensi buruk akibat duduk terlalu lama sekaligus untuk menjaga kelancaran sirkulasi darah.

2. Pijat

Melakukan pijatan pada beberapa bagian tubuh seperti kaki, tangan atau punggung selain dapat merilekskan ketegangan otot juga dapat merangsang aliran darah agar tetap lancar. Beri tambahan minyak essensial seperti minyak peppermint, rosemary atau lavender agar semakin memperkuat efek rileks dan mood booster ketika mulai beraktivitas.

3. Terapkan Diet Sehat

Cara alami melancarkan sirkulasi darah selanjutnya yakni dengan menerapkan diet sehat. Perbanyak konsumsi sayur, buah-buahan, biji-bijian, protein rendah lemak dan makanan berlemak baik seperti ikan salmon, minyak zaitun dan alpukat.

Diet sehat terbukti dapat membantu melancarkan peredaran darah, meningkatkan kadar nitrat plasma dan tentunya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jaga tubuh agar selalu terhidrasi dengan minum air putih secukupnya, minimal 8 gelas sehari tergantung aktivitas. Jauhi rokok juga alkohol karena dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang berdampak buruk pada peredaran darah ke seluruh tubuh.

Di samping itu, asupan kafein juga perlu dibatasi. Meskipun dalam kadar tertentu dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan hati, namun dalam kadar berlebih, kafein memiliki efek negatif pada sirkulasi darah.

4. Batasi asupan garam

Untuk membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, ada baiknya untuk membatasi asupan garam harian. Bukan tanpa alasan, asupan garam berlebih ke dalam tubuh erat kaitannya dengan meningkatnya risiko hipertensi, penyakit jantung dan melambatnya laju aliran darah dalam tubuh. Untuk diketahui, batas konsumsi garam per hari per orang berdasarkan saran Kementerian Kesehatan RI, yakni 5 gram atau 1 sendok teh garam.

5. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dengan kombinasi beberapa tetes minyak essensial dapat memberi kesan rileks pada tubuh, melepaskan ketegangan otot dan memperbaiki sirkulasi darah sehingga oksigen dan berbagai nutrisi dapat beredar ke seluruh tubuh dengan baik.

Meski begitu, kebiasaan ini sebaiknya jangan dilakukan setiap hari, karena dapat memberi efek buruk seperti pori-pori yang membesar dan menurunkan kualitas sperma pria. Cukup lakukan sesekali dan usahakan untuk membilas tubuh dengan air dingin selepas mandi air hangat.

6. Kelola Stres dengan Baik

Mengelola stres dengan baik memegang peranan penting sebagai salah satu cara alami melancarkan sirkulasi darah. Berdasarkan temuan yang dimuat dalam The British Heart Journal,  dikatakan bahwa stres dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit. Akibatnya, sirkulasi darah akan memburuk dan terjadi penurunan aliran darah ke seluruh tubuh.

Bahkan stres berlebih dapat menjadi penyebab dari kerusakan sistem kardiovaskular yang ditandai dengan angina atau nyeri di dada. Kelolah stres dengan baik, lakukan berbagai kegiatan positif dan menarik seperti berlibur ke tempat yang disukai, berolahraga atau mungkin sekedar menonton film di bioskop.

7. Lakukan Teknik Pernapasan Dalam

Menerapkan teknik pernapasan dalam memiliki sejumlah manfaat kesehatan, diantaranya mampu melancarkan aliran darah dan cairan getah bening ke seluruh tubuh, memperbaiki fungsi paru-paru, mengontrol rasa sakit dan merangsang relaksasi.

Lantas, bagaimana caranya? Tempatkan satu tangan di perut dan satu tangan di dada. Ambil napas panjang melalui hidung secara perlahan hingga dada terasa tertarik, tahan selama 7 detik. Kemudian lepaskan perlahan melalui mulut. Ulangi sebanyak 5 hingga 10 kali, lakukan teknik ini sesering mungkin setiap hari.

8. Manfaatkan Tanaman Herbal

Alam menyediakan segala sesuatu yang manusia butuhkan, termasuk berbagai tanaman yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa pilihan tanaman herbal yang terbukti mampu meningkatkan sekaligus melindungi sistem vaskular atau peredaran darah.

Diantaranya seperti teh hijau dan ginkgo biloba. Keduanya mengandung senyawa antioksidan yang kuat dan bersifat terapeutik sehingga dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan tentunya berdampak langsung pada meningkatnya sirkulasi darah.

Selain itu, beberapa rempah yang kerap menjadi bumbu dapur seperti jahe, bawang putih hingga cabe rawit ternyata mampu diandalkan dalam melancarkan sirkulasi darah. Memastikan aliran darah yang membawa oksigen dan berbagai nutrisi mencapai seluruh sel-sel tubuh.

Meskipun beberapa cara alami melancarkan sirkulasi darah ini terlihat sederhana, namun jika benar-benar diterapkan dalam keseharian dampaknya akan begitu luar biasa. Kelancaran sirkulasi darah senantiasa terjaga dan tubuh pun akan selalu berada dalam kondisi optimal.

DISKUSI TERKAIT

Baca juga