10 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung, 100% Alami

Jerawat adalah masalah kulit yang menjengkelkan dan terkadang menyakitkan. Terlebih jika Anda menderita jerawat di punggung yang cukup parah, karena selain dapat menyulitkan Anda untuk tidur, proses penyembuhannya pun cenderung lambat. Namun dengan menerapkan beberapa tips dan pengobatan sederhana kita bisa berupaya menghilangkan jerawat di punggung dengan cepat.

Hal pertama yang harus kita perhatikan agar bisa menghilangkan jerawat dengan cepat yaitu mengidentifikasi penyebabnya. Sama seperti penyebab jerawat di wajah, jerawat di punggung juga disebabkan oleh bakteri dan kelebihan produksi sebum (minyak) di pori-pori kulit. Selain di punggung, yang dikhawatirkan jerawat ini juga bisa berkembang di dada, bahu, lengan, hingga ke bokong.

Jangan salah, penggunaan produk seperti body lotion, minyak pijat atau tabir surya dapat menyumbat pori-pori, sehingga dapat memancing timbulnya jerawat. Faktor resiko lainnya seperti gesekan dari pakaian ketat, makanan yang tidak sehat, stres, perubahan hormon dalam tubuh dan perawatan kulit yang tidak tepat juga dapat memicu timbulnya jerawat, baik di wajah atupun di punggung.

Adakah Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat di Punggung?

Meskipun terkadang menyakitkan dan agak sulit untuk diobati, Anda tidak perlu khawatir apalagi sampai berputus asa membiarkan jerawat untuk terus menghinggapi punggung Anda. Pada artikel ini kami akan memberikan solusi untuk mengobati jerawat di punggung dengan cara alami dan cukup dilakukan dirumah saja.

Nah inilah 10 solusi alami untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Simak terus sampai habis!

1. Cuka Apel

Cuka apel menjadi salah satu perawatan alami yang terbaik untuk semua masalah pada jenis jerawat, termasuk jerawat di punggung.

Sifat anti-inflamasi dan antibakteri pada cuka apel dapat menghambat peradangan dan pertumbuhan bakteri penyebab kulit berjerawat. Selain itu, cuka apel juga akan memberikan nilai tambah untuk kulit Anda, karena dapat membantu menyeimbangkan kdar pH kulit, yang penting untuk menjaga agar kulit terbebas dari berbagai masalah.

menghilangkan jerawat di punggung

Cara membutnya:

  • Campurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan 1 gelas air.
  • Usapkan pada area yang berjerawat di punggung Anda.
  • Tunggu hingga 10 menit, lalu bilas dengan air hangat-hangat kuku.
  • Kemudian oleskan pelembab yang berbasis air setelahnya.
  • Ulangi cara ini 2 atau 3 kali sehari sampai jerawat sembuh total.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi langsung cuka apel setiap harinya untuk membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok teh cuka apel yang diberi sedikit madu ke segelas air hangat dan minumlah dua kali sehari.

2. Tea Tree Oil (Minyak Pohon Teh)

Obat rumahan lainnya yang sangat baik untuk mengatasi jerawat di punggung adalah tea tree oil atau minyak pohon teh.

Minyak esensial ini sarat dengan sifat antiseptik dan anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengobati jerawat. Bila digunakan secara topikal, minyak dapat dengan mudah menembus ke dalam kulit dan membantu mengeringkan jerawat dengan cepat. Sekaligus dapat mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada kulit yang berjerawat.

Ada sebuah penelitian pada tahun 2007 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology; Venereology and Leprology menemukan bahwa pengobatan topikal dengan 5% tea tree oil efektif untuk mengatasi jenis jerawat yang ringan sampai sedang.

tea tree oil untuk jerawat punggung

Cara mengobati jerawat di punggung dengan tea tree oil:

  • Ambil kapas dan teteskan sebanyak 1 atau 2 tetes tea tree oil.
  • Oleskan perlahan ke area punggung yang berjerawat.
  • Biarkan selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Lakukanlah rutin sekali sehari.
  • Alternatif lainnya yaitu dengan cara mengaduk rata 4 atau 5 tetes tea tree oil dengan 1 sendok teh madu. Usapkan di daerah yang berjerawat. Tunggu selama sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air. Ulangilah tiap sehari sekali.

3. Boraks

Boraks ternyata dapat menjadi obat anti-jerawat alami. Sifat antimikroba yang kuat pada boraks dapat membantu menghilangkan bakteri dan racun lainnya di kulit bagian luar hingga dalam. Plus, boraks juga bekerja sebagai agen anti-inflamasi, yang akan membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh P. acne (bakteri penyebab jerawat).

Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi pada tahun 2014 yang diterbitkan di International Journal of Cosmetic Science tentang efek boraks pada pertumbuhan dan peradangan jerawat. Studi ini mendukung dan memperkuat hasil dari sifat anti-acne pada boraks.

Cara membuat obat jerawat dari boraks:

  1. Masukkan ½ sendok teh bubuk boraks ke dalam mangkuk.
  2. Campurkan 1 sendok teh gliserin dan beri sedikit air, aduk-aduk hingga berbentuk seperti pasta.
  3. Lalu oleskan di punggung yang berjerawat.
  4. Biarkan hingga benar-benar mengering.
  5. Lalu bilas dengan air hangat, dan keringkan dengan handuk.
  6. Ulangi 1 atau 2 kali sehari.

4. Madu

Madu mampu menghidrasi dan menenangkan daerah yang berjerawat. Perannya sebagai agen antibiotik dan antibakteri alami, sekaligus dapat membantu mengurangi gejala jerawat dan mencegah infeksi.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan di Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine mencatat bahwa madu berpotensi menjadi pengobatan medis untuk infeksi topikal yang disebabkan oleh bakteri yang resisten terhadap antibiotik.

madu untuk menghilangkan jerawat

Ingin jerawat di punggung cepat hilang? gunakan madu dengan cara berikut:

  • Oleskan sedikit madu alami secara langsung ke daerah yang berjerawat.
  • Tunggu 10 sampai 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Ulangi 2 atau 3 kali sehari.
  • Anda juga bisa membuatnya menyerupai pasta dengan cara mencampurkan 1 sendok makan madu dengan ½ sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan di punggung yang berjerawat. Tunggu sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan sekali sehari.

5. Kunyit

Kunyit memiliki khasiat antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri P. acne, yang menyebabkan jerawat.

Sebuah studi tahun 2013 yang dipublikasikan di Chemical and Pharmaceutical Bulletin, menemukan bahwa senyawa curcumin dalam kunyit menunjukkan aktivitas antimikroba yang dapat menghambat laju bakteri P. acne.

Ditambah lagi, jahe yang sering menjadi bumbu dapur ini memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat jerawat. Selain itu, kunyit juga membantu menjaga keseimbangan tingkat pH kulit agar terhindar dari jerawat.

kunyit untuk jerawat di punggung

Cara menggunakan kunyit untuk menghilangkan jerawat di punggung:

  • Campurkan 1 sampai 2 sendok teh bubuk kunyit dan beri sedikit minyak wijen hingga mengental seperti pasta.
  • Oleskan di daerah berjerawat.
  • Biarkan selama sekitar 1 jam sebelum Anda membilasnya.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Gunakan cara ini 1 atau 2 kali sehari selama beberapa hari.

Selain itu, minum susu kunyit dua kali sehari juga dapat membantu melawan peradangan dan rasa sakit akibat jerawat dari dalam. Untuk membuatnya, cukup campurkan ½ sendok teh bubuk kunyit dengan segelas susu hangat, mudah bukan?

6. Lidah Buaya

Sepertinya Anda harus merasakan khasiat dari tanaman satu ini untuk membantu menghilangkan jerawat yang mengganggu di punggung Anda. Ini karena gel alami yang terkandung dalam lidah buaya dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan dan sekaligus mempercepat proses penyembuhan. Seperti juga telah diterangkan pada artikel: Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Hal ini juga telah dibuktikan dalam sebuah penelitian di tahun 2008 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology yang menyoroti khasiat dari lidah buaya, seperti anti-inflamasi, antibakteri, antiseptik dan antimikroba. Studi ini juga mengatakan bahwa lidah buaya memiliki efek anti-jerawat.

Sebuah studi lain di tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Dermatological Treatment juga menyimpulkan bahwa lidah buaya sangat efektif untuk mengobati jerawat ringan sampai sedang.

lidah buaya untuk menghilangkan jerawat di punggung

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat di punggung:

  • Potong daun lidah buaya dan ambil ekstrak gelnya.
  • Oleskan gel murni ini langsung ke daerah yang berjerawat.
  • Lakukan dua kali sehari selama seminggu.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencoba dengan mencampurkan 1 sendok makan gel lidah buaya, ½ sendok teh madu alami, dan sedikit bubuk kunyit. Aduk rata hingga mengental membentuk pasta. Oleskan pada area kulit yang berjerawat, biarkan selama 15 sampai 20 menit untuk kemudian bersihkan dengan air. Ulangi sekali sehari.

Simak juga: Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Kulit Berjerawat

7. Lemon

Selanjutnya ada lemon yang dapat menjadi alternatif Anda untuk mengatasi jerawat di punggung. Buah ini kaya akan asam L-askorbat yang membantu menyingkirkan jerawat dengan cepat. Asam ini membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Plus, sifat antibakterinya dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Caranya:

  • Belah lemon menjadi dua bagian. Lalu gosokkan belahan lemon tadi langsung ke daerah yang berjerawat dengan gerakan melingkar. Tunggu sampai 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini satu atau dua kali sehari.
  • Anda juga dapat mencoba cara lainnya yaitu dengan mencampur perasan air lemon dan air mawar (perasan yang dibuat dengan cara menyeduh mahkota bunga mawar ke dalam air) dengan perbandingan 1:1. Oleskan perlahan pada kulit yang berjerawat dengan bola kapas. Tunggu 20 sampai 25 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ulangi cara ini dua kali sehari.

Catatan: Aplikasi lemon secara topikal seperti di atas tidak disarankan untuk Anda yang memiliki kulit sangat sensitif.

8. Teh Hijau

Senyawa katekin dalam teh hijau memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Plus, peran teh hijau sebagai agen anti-inflamasi juga mampu membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan di SKINmed Journal mendukung aplikasi topikal ekstrak teh hijau untuk beberapa masalah dermatologis, termasuk jerawat.

Caranya:

  • Campurkan ¼ cangkir teh hijau dan air yang baru diseduh. Celupkan bola kapas ke dalam larutan tersebut dan oleskan pada area yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukanlah dua kali sehari.
  • Anda juga bisa mengoleskan lotion yang dijual bebas di pasaran dengan kandungan 2% ekstrak teh hijau, dua kali sehari di area yang berjerawat.
  • Selain itu, minum 3 sampai 4 cangkir teh hijau setiap hari juga akan menopang kesehatan kulit Anda dari dalam.

9. Oatmeal

Oatmeal mampu bekerja sebagai pembersih alami kulit. Termasuk membersihkan pori-pori kulit dan menyerap minyak berlebih, yang pada akhirnya dapat membantu mengobati jerawat. Oatmeal juga dapat mengelupaskan sel-sel kulit mati dan menenangkan area kulit yang meradang.

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology menunjukkan bahwa oatmeal memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dan fungsinya efektif pada berbagai penyakit peradangan dermatologis, termasuk jerawat.

Cara menggunakan oatmil untuk mengusir jerawat di punggung:

  1. Campur 1 sendok makan oatmeal dengan sedikit air hingga membentuk pasta yang bisa dioleskan.
  2. Basahi terlebih dahulu kulit punggung yang berjerawat, lalu oleskan pasta tersebut dengan gerakan melingkar.
  3. Biarkan selama 10 menit.
  4. Bilas dengan air hangat.
  5. Gunakan cara ini 1 atau 2 kali seminggu.

10. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat, yang efektif mengobati jerawat dan membantu mengeringkan jerawat dengan cepat. Plus, tomat juga menjadi agen anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang umumnya terkait dengan jerawat. Sekaligus membantu regenerasi sel-sel kulit yang rusak akibat jerawat.

tomat menghilangkan jerawat di punggung

Cara menghilangkan jerawat di punggung dengan tomat:

  • Belahlah tomat menjadi dua bagian.
  • Lalu gosokkan langsung di area punggung yang berjerawat selama beberapa menit.
  • Setelah itu diamkan hingga 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Ulangi dua kali sehari.

Sebagai alternatif, siapkan 1 sendok makan jus tomat, beberapa tetes air perasan lemon dan ½ sendok teh madu alami. Campur dengan saksama hingga merata dan oleskan di area yang berjerawat dengan bola kapas. Tunggu 5 sampai 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan obat ini setiap hari selama beberapa hari.

Itulah beberapa cara alami yang dapat Anda terapkan untuk mengobati jerawat di punggung. Jagalah kesehatan kulit Anda dengan rutin membersihkannya.

Jangan memencet atau menekan jerawat karena akan memperburuk keadaan dan bisa jadi malah membuat bakteri semakin berkembang biak. Hindari juga paparan sinar matahari yang berlebihan, dan jangan lupa minum air putih teratur untuk membantu membuang racun ke dalam tubuh.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel

Penting juga untuk memperhatikan asupan makanan Anda. Hindari makanan cepat saji, termasuk gorengan yang mengandung banyak lemak jenuh. Stop merokok dan minum-minuman keras. Jaga kestabilan emosi dan kejiwaan Anda agar pikiran selalu tenang dan terhindar dari stres.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer