Cara Alami Menghilangkan Kerutan di Wajah yang Terbukti Ampuh

Munculnya kerutan di wajah bukanlah hal menarik, bahkan banyak yang minder dibuatnya. Tak heran, jika beberapa orang kemudian mulai rajin dan berusaha menghilangkan kerutan pada wajah sejak dini. Mereka pun melakukan berbagai upaya untuk menjaga kulit agar tetap awet muda.

Beberapa cara untuk menyamarkan kerutan pada wajah diantaranya dengan menjalankan pola hidup sehat, memakai produk dengan kandungan bahan tertentu, atau melakukan perawatan yang menuntut biaya mahal. Namun jika Anda termasuk penggemar bahan-bahan alami, maka berikut adalah cara menghilangkan kerutan di wajah yang perlu Anda coba.

cara menghilangkan kerutan di wajah

Sebelum sampai ke sana, Anda mungkin penasaran soal mengapa kerutan bisa muncul di wajah. Kerutan bisa terjadi karena tekstur kulit yang menipis dan melorot akibat jaringan penyokokongnya melemah. Tak cuma wajah saja yang bisa jadi sasarannya, namun kulit leher, punggung tangan, dan lengan juga bisa berkerut.

Sebenarnya kerutan itu merupakan gejala penuaan yang alami. Bertambahnya usia membuat jaringan penyokong kulit; kolagen dan elastin semakin melemah. Namun penuaan dini atau kerutan berlebih juga bisa dipicu oleh faktor lain seperti terlalu sering ‘berjemur’ di bawah terik matahari tanpa perlindungan yang memadai, asap rokok, efek samping obat tertentu, stres berlebih, berat badan turun drastis, kurang vitamin E, serta faktor genetik.

Jika Anda mulai melihat adanya kerutan di wajah, maka jangan tunda lagi. Segera gunakan beberapa bahan berikut untuk menghilangkan kerutan di wajah secara alami.

Bahan alami untuk menghilangkan kerutan di wajah:

1. Minyak zaitun

minyak zaitun untuk menghilamgkan kerutan di wajah

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak pijat jempolan untuk kulit. Selain merupakan sumber antioksidan seperti vitamin A dan E, minyak zaitun juga bisa menangkal radikal bebas penyebab rusaknya struktur kulit.

Anda tinggal memijatkan secara rutin minyak zaitun ke kulit. Biarkan minyak meresap, melembabkan, memperbaiki, dan meregenerasi sel kulit. Alternatif lainnya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes madu dan minyak zaitun dengan gliserin. Pijatkan ke kulit 2 kali sehari agar sel kulit mati hilang dan kulit lebih kencang.

Anda juga bisa memijatkan minyak kelapa, almond, atau vitamin E untuk mencegah sekaligus mengurangi kerutan.

2. Kelabat

daun kelabat untuk menghilangkan kerutan di wajah

Daun, biji, bahkan minyak kelabat dapat mengatasi berbagai gangguan kulit termasuk kerutan. Daun kelabat misalnya, sangat kaya vitamin dan mineral yang mudah diserap tubuh sehingga dapat menghilangkan kerutan dan garis halus secara alami kalau rutin digunakan.

Anda tinggal memetik beberapa daun kelabat segar, mencucinya lalu, menumbuknya hingga halus. Oleskan pasta daun kelabat tersebut ke wajah, diamkan semalaman. Keesokan harinya, bilas dengan air hangat.

Anda juga dapat mencuci wajah menggunakan air yang sebelumnya sudah dididihkan dengan biji kelabat. Atau langsung oleskan saja minyak kelabat ke kerutan dan garis halus.

3. Lidah buaya

cara menghilangkan kerutan di wajah dengan lidah buaya

Lidah buaya mengandung asam malat yang dapat mengurangi kerutan di wajah dengan cara meningkatkan elastisitas kulit. Anda hanya perlu mengoleskan ekstrak gelnya ke kulit, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Cara lain adalah dengan mencampurkan 1 sdt gel lidah buaya dengan isi kapsul vitamin E. Oleskan itu ke kulit, diamkan 30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

4. Jahe

cara menghilangkan kerutan di wajah dengan jahe

Siapa sangka kalau jahe juga termasuk dalam bahan alami penangkal kerutan?! Semua ini berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Lebih dari itu, jahe juga bisa mencegah rusaknya elastin, salah satu penyebab munculnya kerutan dan garis halus.

Cara menghilangkan kerutan di wajah menggunakan jahe adalah dengan menuang sedikit bubuknya ke dalam 1 sdm madu, lalu telan itu setiap pagi. Anda juga bisa minum rutin teh jahe 2 kali sehari.

5. Pisang

pisang untuk menghilangkan kerutand i wajah

Pisang kaya akan beragam vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat melawan kerutan dan garis halus. Gunakan pisang 2 kali sehari untuk meremajakan kulit dan menghilangkan kerutan secara alami.

Hancurkan 2 buah pisang masak sehingga membentuk pasta. Oleskan ke kulit, diamkan minimal 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Setelah itu, oleskan pelembab ke kulit. Cara lain adalah dengan mencampur lumatan pisang dengan alpukat dan sedikit madu. Setelah dioleskan ke wajah, diamkan selama 20 menit sebelum dibilas.

6. Almond

Tak cuma kaya serat, almond juga sumber vitamin E, zat besi, zinc, kalsium, asam folat, dan asam oleat. Selain dengan memijatkan minyak almond ke kulit untuk menunda penuaan, Anda juga dapat merendam kacang almond ke dalam susu mentah semalaman. Keesokan harinya, buang kulitnya dan giling almond menjadi pasta pekat. Oleskan ke wajah, serta bagian bawah mata sekalipun untuk menghilangkan lingkar hitam. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bersihkan wajah menggunakan air hangat. Lakukan setiap hari agar hasilnya optimal.

7. Wortel

Sudah bukan rahasia lagi kalau wortel itu kaya akan vitamin A yang ternyata baik juga untuk merangsang produksi kolagen. Untuk menggunakan wortel sebagai penangkal kerutan, Anda bisa memakai resep berikut:

  • Didihkan 2-3 batang wortel ke dalam air hingga teksturnya lunak. Lalu blender wortel bersama madu hingga membentuk pasta. Oleskan itu ke wajah, diamkan selama sedikitnya 30 menit, lalu bilas memakai air hangat.
  • Kombinasikan jumlah yang sama antara jus wortel dan madu. Oleskan ke wajah pagi dan malam, diamkan selama 10 menit sebelum dibilas.
  • Makan wortel mentah.

8. Lemon

Air lemon kaya akan asam sitrat yang bertindak sebagai exfoliator alami sehingga dapat mengikis sel kulit mati. Selain bersifat membersihkan, air lemon juga merupakan astringent yang dapat memudarkan noda, kerutan, garis halus, serta tanda penuaan lain seperti lingkar hitam.

Anda tinggal menggosokkan sedikit air lemon ke wajah, diamkan 5-10 menit, lalu bilas. Lakukan 2-3 kali sehari. Alternatif berikutnya adalah dengan mencampurkan masing-masing 1 sdt yogurt, madu, minyak vitamin E, dan air lemon. Oleskan ke kulit, biarkan selama 15-20 menit.

9. Nanas

Nanas mengandung enzim yang dapat meningkatkan elastisistas, melembabkan, dan mengangkat sel kulit mati. Selain kaya antioksidan, buah ini juga tinggi serat dan vitaminnya.

Untuk menghilangkan kerutan wajah dengan nanas, gosokkan buah nanas ke kulit, biarkan hingga kering (kurang lebih 20 menit), lalu bilas dengan air. Mengoleskan jus dari nanas hijau ke kulit setiap hari selama 5 menit sebelum membilasnya juga bisa menghilangkan lingkar hitam di sekitar mata.

10. Air

Minum air merupakan salah satu cara termudah, termurah, dan paling efektif untuk mengatasi kerutan. Air tak hanya menghidrasi tubuh, namun juga mempertahankan kelembaban kulit. Ketika tubuh dehidrasi, maka kulit juga cepat terlihat tua.

Jadi kalau ingin kulit lembab dan bebas kerutan, pastikan untuk minum air murni yang sudah difilterisasi, karena yang belum mengalami filterisasi masih mengandung zat kimia yang dapat merusak kulit.

Saat pagi hari ketika baru bangun tidur, awali hari dengan segelas air. Di samping itu, minimalisir asupan alkohol serta minuman berkarbonasi.

Tips lainnya agar kulit wajah selalu kencang dan awet muda

Selain 10 cara alami menghilangkan kerutan di wajah tadi, masih ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan seperti:

  • Batasi kulit agar tak terlalu sering terkena sinar matahari, terutama saat siang hari.
  • Kurangi dan atasi stres karena stres kronis bisa mempercepat penuaan.
  • Berhentilah merokok karena asapnya dapat merusak kolagen sehingga menyebabkan kulit keriput sebelum waktunya.
  • Makan lebih banyak lagi sumber vitamin E seperti jeruk, blueberry, grapefruit, nanas, brokoli, paprika, bayam, dll. Vitamin C tak hanya merangsang pembentukan kolagen, namun juga menangkal radikal bebas. Selain itu, makanan sumber asam omega-3 juga dapat membuat kulit awet muda.
  • Cukup tidur dan lebih baik berbaringlah dalam posisi terlentang agar kulit tak berkerut.
  • Kontrol ekspresi wajah, hindari mengerdipkan mata atau mengerutkan dahi karena mimik semacam ini membuat otot wajah bekerja lebih ekstra.

Ingat! Tidak ada jaminan hasil setelah menerapkan cara alami menghilangkan kerutan di wajah seperti di atas, karena penggunaan bahan herbal ataupun yang lainnya sangat dipengaruhi oleh faktor individual penggunanya.

Ingatlah, meski kerutan merupakan gejala penuaan alami, namun bukan berarti tak ada hal yang bisa dilakukan untuk menunda keberadaannya.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer