Cara Melebatkan Rambut Menggunakan Bahan Alami

Bagi para wanita ataupun pria yang memiliki masalah dengan rambut tipis, tidak harus merogoh kocek dalam untuk menebalkan rambut. Kita bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar kita untuk melebatkan rambut dengan aman. Baca terus untuk mengetahui caranya.

cara melebatkan rambut alami

Rambut adalah mahkota yang penting untuk menunjang penampilan seseorang. Orang bilang, wajar saja kalau para pria mengalami kebotakan, namun kalau wanita ya jangan sampai seperti itu. Padahal faktanya, tak semua pria pede dengan kondisi botak. Beberapa tetap berharap bisa punya rambut lebat di kepalanya.

Namun karena kasus rambut rontok bukanlah hal yang mudah diatasi, maka ini bisa menyebabkan kebotakan atau menipisnya rambut. Ada berbagai alasan kenapa rambut seseorang tidak bisa setebal lainnya, bisa jadi karena:

  • Stres.
  • Terlalu aktif secara fisik.
  • Ketidakseimbangan hormon.
  • Kurang gizi, terutama mineral tembaga, mangan, vitamin D, EPA dan DHA.
  • Polusi.
  • Alergi.
  • Salah pakai produk rambut.
  • Kurang merawat kebersihan dan kesehatan rambut.
  • Genetik.

Untungnya, cara melebatkan rambut tidak harus mahal. Anda bisa kok menebalkan rambut dengan bahan alami.

bahan alami untuk melebatkan rambut

Aneka bahan alami untuk melebatkan rambut

Bahan alami untuk menebalkan rambut antara lain sebagai berikut:

1. Telur

Telur merupakan sumber protein yang penting peranannya dalam menguatkan dan menebalkan rambut. Di dalamnya juga terkandung asam lemak, dan berbagai vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Tak heran jika telur menjadi bahan favorit dalam perawatan rambut.

Tidak perlu banyak bahan, begini cara mudah melebatkan rambut dengan telur:

  • Ambil 1-2 butir telur (sesuaikan dengan panjang rambut), lalu kocok. Oleskan telur ke rambut yang sudah dibasahi, dan diamkan selama 30 menit. Cuci rambut dengan air hangat dan sampo. Lakukan treatment protein ini 1-2 kali seminggu.
  • Cara lain adalah dengan mencampurkan 1 butir kuning telur dengan 1 sdm minyak rambut – terserah boleh minyak zaitun atau lainnya – dan 2 sdm air. Gunakan campuran ini untuk memijat kulit kepala sebanyak seminggu sekali agar rambut cepat tebal.

Di samping penggunaan luar, telur juga bermanfaat untuk rambut ketika dikonsumsi. Dengan demikian bisa melebatkan rambut dari luar dan dalam.

2. Minyak zaitun

Pemilik tekstur rambut tipis mungkin perlu mencoba minyak zaitun kalau ingin batang rambutnya lebih berisi. Di samping bisa ‘menggemukkan’ tiap helai rambut, minyak zaitun juga dapat melembutkan dan menguatkannya.

Caranya adalah dengan memijat rambut dan kulit kepala menggunakan minyak zaitun yang sudah dihangatkan sebelumnya. Biarkan sedikitnya 30-45 menit, lalu bilas sampai bersih dan keramaslah memakai sampo lembut seperti biasa. Anda juga bisa membiarkan minyak di rambut semalam-malaman lalu baru membilasnya pada keesokan hari.

Alternatif lain adalah dengan mencampurkan dan mengaplikasikan campuran minyak zaitun dengan madu. Diamkan sedikitnya 30 menit sebelum membilas adonan dari rambut.

Lebih lanjut lihat disini: Manfaat dan cara penggunaan minyak zaitun untuk rambut

3. Alpukat

Sifat melembabkan dan menebalkan batang rambut alpukat membuat buah ini masuk dalam jajaran bahan alami penebal rambut. Belum lagi, kandungan vitamin E-nya yang dapat menyehatkan batang rambut secara keseluruhan.

Cara melebatkan rambut dengan alpukat cukup mudah, yaitu:

  • Campurkan 1 buah alpukat dan 1 buah pisang (keduanya yang sudah dilumat hingga lembut), beserta 1 sdm minyak zaitun. Pijatkan masker buah ke kulit kepala, dan diamkan selama 30 menit agar nutrisinya terserap sempurna. Terakhir, bilas dan cucilah rambut seperti biasa.
  • Anda juga dapat membuat masker penghidrasi rambut dengan menuangkan 2 sdm minyak biji gandum (dapat dibeli via online) ke lumatan ½ buah alpukat matang. Oleskan masker ini ke rambut yang sudah dicuci bersih, diamkan selama 20 menit, lalu bilas.

Terapkan salah satu resep masker alpukat tadi sebanyak 1 kali dalam seminggu.

4. Minyak kastor

Memijat kulit kepala secara teratur dengan minyak kastor (minyak jarak) merupakan salah satu cara melebatkan rambut paling mudah dan praktis. Saking kentalnya tekstur minyak jarak ini, maka seluruh rambut dapat terlapisi olehnya.

Di samping itu, minyak kastor juga mengandung vitamin E dan asam lemak yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

  1. Panaskan minyak kastor dan minyak kelapa (perbandingan sama) kalau minyak kastor saja terlalu kental.
  2. Oleskan itu ke rambut dan kulit kepala, lalu pijat-pijat dengan gerakan melingkar.
  3. Sisir sehingga penyebaran minyak bisa merata ke seluruh rambut.
  4. Bungkus rambut dengan handuk yang sudah diuapi air panas.
  5. Diamkan selama sedikitnya 1 jam, lalu cucilah rambut seperti biasa.
  6. Lakukan cara ini 1 kali seminggu.

5. Lidah buaya

Bahan terkenal lainnya yang dapat menebalkan rambut adalah lidah buaya. Selain dapat melembabkan, lidah buaya juga mampu mengembalikan keseimbangan pH kulit. Cara melebatkan rambut memakai lidah buaya adalah:

  • Ekstrak gel dari 1-2 daun lidah buaya, lalu gosokkan itu ke kulit kepala. Diamkan selama 30 menit sebelum membilas rambut menggunakan air hangat. Lakukan treatment ini 1-2 kali seminggu.
  • Campur 2 sdt santan segar dengan gel aloe vera dan oleskan ke kulit kepala. Bilas dan cuci rambut setelah 30 menit.
  • Anda juga dapat mengonsumsi 1 sdm jus aloe vera setiap hari saat perut masih kosong.

Lebih lengkap lihat disini: Manfaat dan cara pakai lidah buaya untuk rambut

6. Biji kelabat

Biji kelabat juga dapat diberdayakan untuk mencegah rambut rontok sekaligus menebalkan rambut. Cara menggunakannya adalah:

  • Rendam 2-3 sdm biji kelabat ke dalam air selama 8-10 jam. Setelah itu, tumbuk biji yang sudah lunak hingga lembut. Kalau mau, tambahkan 2 sdt santan ke dalamnya, lalu oleskan pasta tersebut ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Jika dilakukan rutin setiap minggu, resep ini juga dapat mencegah keringnya kulit kepala.
  • Pilihan lain adalah dengan menggunakan air hasil rendaman biji kelabat tadi untuk membilas rambut. Selain merangsang pertumbuhan rambut, air tersebut juga dapat menghilangkan ketombe. Gunakan air tersebut sebanyak 1-2 kali seminggu.

7. Flaxseed

Belakangan ini keberadaan flaxseed atau biji rami mulai terkenal seiring dengan melejitnya popularitas chiaseed. Flaxseed mengandung asam lemak omega-3 dan protein yang keduanya dapat merangsang pertumbuhan rambut secara alami.

Cara melebatkan rambut dengan flaxseed adalah dengan merendam ¼ cangkir biji rami dalam air semalaman. Keesokan harinya, didihkan flaxseed bersama 2 cangkir air, gunakan air tinggi dan aduk terus-menerus.

Ketika konsistensi air menjadi pekat seperti jelly, matikan apinya, lalu saring gelnya. Anda boleh menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalamnya. Biarkan dingin lalu pakai sebagai gel rambut, khususnya untuk Anda yang berambut keriting atau berombak.

Alternatif lain adalah dengan mencampurkan flaxseed ke dalam makanan, atau menggunakan minyaknya.

8. Jus bawang

Jus bawang dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi radang pada folikel rambut sehingga merangsang pertumbuhan sekaligus mengurangi risiko rambut patah. Di samping itu, jus bawang juga mengandung antioksidan yang dapat memutar-balikkan efek kerusakan dari hidrogen peroksida (penyebab kerontokan) di kulit kepala.

Cara membuat jus bawang sangat mudah, tinggal pakai juicer, blender, food processor, atau dengan memarutnya. Tambahkan sedikit air agar jus bawang tak terlalu pekat. Sebelum mengoleskannya ke seluruh kulit kepala, lakukan tes mini lebih dulu untuk mengetahui apakah ada alergi atau tidak.

Pijat kulit kepala selagi mengaplikasikannya untuk menstimulasi folikel rambut dan memaksimalkan penyerapan nutrisinya. Diamkan selama 30-60 menit, lalu bilas sampai bersih. Karena aroma bawang kurang bersahabat, lakukan treatment ini saat malam hari sebelum mandi malam.

9. Ginseng

Tak mengapa kalau tak punya tanaman gingseng segarnya. Anda bisa membelinya dalam bentuk bubuk di toko obat China, atau suplemen saja. Sama seperti bawang, ginseng juga dapat merangsang sirkulasi darah di kulit kepala dan folikel rambut sehingga membantu regenerasi sel.

Anda tinggal mencampurkan bubuk ginseng dengan minyak kelapa atau jojoba secukupnya, lalu oleskan itu ke kulit kepala. Terus pijatkan minyak selama 5 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

10. Minyak esensial

Ada beberapa jenis minyak esensial yang terbukti dapat menebalkan rambut seperti grapeseed, cedarwood, lavender, rosemary, dan thyme. Grapeseed oil tinggi kandungan asam lemak esensial tinggi dan vitamin E-nya.

Banyak orang juga mengklaim kalau minyak rosemary dapat merangsang pertumbuhan rambut, mencegah kebotakan, memperlambat munculnya uban, mengatasi ketombe dan kulit kepala kering.

Caranya: tambahkan 5 tetes minyak esensial ke dalam 2-3 sdm minyak pelarut (jojoba atau kelapa). Setelah tercampur rata, oleskan ke kulit kepala menggunakan jari. Pijat terus kulit kepala selama beberapa menit. ulangi beberapa kali seminggu.

11. Baking soda

Ketimbang mencuci rambut dengan sampo, gunakan baking soda. Tak seperti sampo pada umumnya, baking soda tidak meninggalkan residu yang membuat rambut kusam dan tipis.

Cara pakainya adalah, ambil 3-4 sdm baking soda, lalu tambahkan 3/4 cangkir air. Aduk rata lalu gunakan sebagai sampo. Pemakaian sampo baking soda secara rutin dapat merangsang folikel rambut dan mengikis residu atau kotoran di kulit kepala.

12. Cuka apel

Sepertinya tak ada yang tak dapat dilakukan bahan alami satu ini. Tak hanya kaya nutrisi, manfaat cuka apel juga dapat menyeimbangkan pH kulit kepala.

Setelah mencuci rambut, ambil 1/2 cangkir cuka apel lalu tuang ke seluruh rambut. Jangan bilas lagi dengan air, biarkan itu hingga kering.  Setelah kering, Anda pasti melihat kalau rambut tampak lebih bervolume. Ini karena cuka apel mampu menyingkirkan timbunan residu di rambut.

Penggunaan bahan ini secara teratur juga dapat merangsang pertumbuhan dan mengurangi risiko rambut patah.

13. Sumber protein dan vitamin B

Di samping beberapa bahan alami tadi, cara melebatkan rambut lainnya yang tak boleh disepelekan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Karena protein dan vitamin B khususnya, bisa menebalkan rambut dari dalam, maka rutinlah mengonsumsi makanan berikut:

  • Minyak hati ikan kod – sumber omega-3 termasuk EPA dan DHA.
  • Telur.
  • Susu.
  • Yogurt Yunani/ Greek yogurt (lebih kaya protein ketimbang jenis lainnya).
  • Unggas.
  • Ikan.
  • Buncis.
  • Biji-bijian.
  • Kacang-kacangan.
  • Whole grain.
  • Sayuran berdaun hijau segar.

Anda juga bisa memijat kepala secara rutin ketika bersantai, misalnya saat nonton TV, agar peredaran darah di kulit kepala lancar dan rambutpun lebih tebal dari yang sekarang.

Meski tidak ada jaminan hasil karena masih minimnya riset mengenai bahan-bahan alami di atas dalam melebatkan rambut, namun tidak ada salahnya mencoba. Berdasarkan sumber yang penulis dapat, cukup banyak yang membuktikan khasiatnya. Jadi, pilihlah yang menurut Anda mudah dilakukan. Selamat mencoba!

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer