Cara Cepat Membersihkan Gigi Kuning Secara Alami

Gigi yang putih bersih dan sehat tentu akan memperindah senyum dan penampilan seseorang. Bahkan gigi putih bisa dijadikan standar kesehatan seseorang loh. Untuk itulah, banyak yang berlomba membuat gigi kuning mereka agar tampak lebih putih dengan biaya yang tidak sedikit. Padahal sebenarnya ada banyak cara membersihkan gigi kuning dengan cara alami yang dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa banyak mengeluarkan isi dompet.

Selain lebih hemat, membersihkan gigi kuning dengan bahan alami juga membuat Anda terhindar dari efek samping obat pemutih gigi. Namun, berbeda dengan obat pemutih gigi yang lebih cepat efeknya, bahan alami pemutih gigi biasanya tidak instan dan butuh lebih sabar dan rutin mengaplikasikannya pada gigi.

menggosok gigi merupakan cara membersihkan gigi kuning

Gigi secara bertahap menjadi kuning akibat penuaan, kebersihan gigi yang buruk, faktor keturunan atau konsumsi teh, kopi dan rokok secara berlebihan. Selain itu antibiotik dosis tinggi juga bisa memicu gigi kuning, infeksi dan metabolisme yang buruk juga bisa menjadi penyebabnya.

Jika menginginkan gigi seputih mutiara biasakanlah untuk membersihkan gigi dan mulut secara rutin dan hindari faktor penyebab gigi menguning. Bila perlu, cobalah beberapa cara membersihkan gigi kuning secara alami berikut.

10 Cara Membersihkan Gigi Kuning secara Alami

Dengan bahan – bahan alami yang mudah didapat disekitar rumah dan sedikit ketelatenan gigi Anda dapat kembali putih. Namun, jangan terlalu berlebihan menggunakan bahan – bahan alami ini ya. Meskipun terbilang aman, menggunakan dalam jumlah besar dan terlalu sering dapat membahayakan gigi dan mulut. Untuk lebih jelasnya, berikut panduan membersihkan gigi kuning secara alami:

1. Baking soda

Bahan yang umumnya digunakan untuk membuat kue ini merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk menghilangkan gigi kuning. Baking soda dapat mengikis plak dan membuat gigi kembali putih bersinar. Cara menggunakannya seperti berikut:

  • Campurkan seperempat sendok teh baking soda dengan sedikit pasta gigi. Gunakan campuran berbentuk pasta tadi untuk menyikat gigi, kemudian berkumurlah dengan air hangat. Gunakan sekali atau dua kali seminggu.
  • Sebagai alternatif, bisa juga mencampurkan baking soda dengan jus lemon, cuka putih atau hidrogen peroksida.  Bentuk menjadi pasta dan aplikasikan pada gigi yang kuning lalu berkumur setelahnya.
  • Anda juga bisa membuat obat kumur pemutih gigi dengan cara menyampurkan satu sendok baking soda dan satu setengah sendok hidrogen peroksida dengan satu cangkir air dingin. Bersihkan gigi dengan obat kumur ini dua tau tiga kali sehari.
  • Buat scrub pemutih gigi dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air, kemudian aplikasikan pada gigi. Lakukan ini dua kali dalam minggu pertama dan kemudian setiap 15 hari sekali. Perlu diingat, penggunaan baking soda dapat mengikis lapisan alami gigi.

Bahan ini juga efektif untuk menghilangkan plak ataupun karang gigi, simak selengkapnya disini: 13 Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

2. Kulit Jeruk

kulit jeruk sebagai bahan alami untuk membersihkan gigi kuning

Membersihkan gigi dengan kulit jeruk segar secara teratur dipercaya dapat mengurangi lapisan kuning pada gigi. Kandungan zat asam pada kulit jeruk akan mengikis email gigi yang kekuningan. Berikut cara menggunakan kulit jeruk untuk memutihkan gigi yang kuning:

  • Gosokkan kulit jeruk pada gigi setiap malam sebelum tidur. Vitamin C dan kalsium yang terkandung pada kulit jeruk dapat melawan kuman gigi sepanjang malam.
  • Lakukan ini selama beberapa minggu untuk melihat hasil yang memuaskan.

Jika kulit jeruk tidak tersedia, bisa juga gunakan bubuk kulit jeruk yang mungkin tersedia di pasaran.

3. Stroberi

Buah yang manis asam segar rasanya ini dikenal kaya akan kandungan Vitamin C. Zat inilah yang dapat memutihkan gigi yang kuning. Cara menggunakan buah ini seperti berikut:

  • Lumatkan beberapa buah stroberi menjadi pasta. Gosokkan pasta tadi pada gigi yang kuning dengan lembut. Laukan dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih putih.
  • Cara lainnya yaitu dengan mencampurkan satu setengah sendok baking soda dengan satu buah stroberi yang telah dilumatkan. Ratakan campuran ini pada gigi dan gosok perlahan lalu biarkan selama berapa menit, berkumurlah untuk membuang sisa – sisa pasta ini dari mulut.

4. Hidrogen Peroksida

Cara membersihkan gigi kuning lainnya adalah dengan hidrogen peroksida. Bahan yang dijual bebas di apotek ini memiliki efek memutihkan gigi dan terbilang aman untuk digunakan pada gigi dan mulut. Berikut cara menggunakannya:

  • Berkumurlah dengan obat kumur yang mengandung hidrogen peroksida, namun pastikan tertelan ya.
  • Anda juga bisa membuat pasta dari campuran baking soda dan hidrogen peroksida, gunakan pasta ini pada sikat gigi dan gosok dengan lembut gigi Anda. Setelah itu sikat gigi kembali dengan pasta gigi seperti biasa.

Gunakan bahan ini dengan ekstra hati – hati karena dapat menyebabkan iritasi pada gusi dan membuat gigi lebih sensitif.

5. Lemon

Sama seperti stroberi, buah berbau segar satu ini juga punya kemampuan membersihkan gigi dengan menghilangkan warna kuning yang menempel. Bahkan hanya berkumur dengan jus lemon dan menggosok gigi dengan kulitnya dipercaya dapat memutihkan gigi yang kuning. Cara lain penggunaanya seperti berikut:

  • Campurkan beberapa tetes jus lemon dengan sedikit garam.
  • Oleskan campuran tadi ke gigi dengan sedikit menggosok dengan kuat pada gigi yang kuning. Kemudian biarkan selama beberapa menit lalu berkumurlah dangan air.
  • Lakukan ini dua kali sehari selam sekitar dua minggu untuk menyingkirkan plak dan warna kekuningan pada gigi.

Baca juga : Manfaat Lemon untuk Kesehatan.

6. Garam

Garam merupakan salah satu bahan pembersih gigi yang sudah lama digunakan. Bahan ini membantu mengisi kembali kandungan mineral yang hilang saat gigi digunakan dan juga mampu mengembalikan warna putih gigi dari kotoran yang menempel.

Cara menggunakan garam untuk membersihkan gigi yaitu:

  • Oleskan garam seperti scrub ke gigi setiap hari secara teratur, bisa juga dengan menambahkan bubuk arang. Setelah itu lakukan meyikat gigi seperti biasa.
  • Cara lainnya dengan menyampurkan garam dengan baking soda, kemudian gosokkan dengan lembut pada gigi.

Meskipun aman, hati – hatilah saat mengaplikasikan garam pada gigi. Penggunaan secara berlebihan dan menggosok yang terlalu kuat dapat merusak gusi dan email gigi.

7. Lempes

daun tanaman lempes dapat digunakan sebagai pemutih gigi

Lempes atau ruku – ruku merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan kemangi. Tanaman yang biasa disebut juga holy basil ini ternyata punya kemampuan memutihkan gigi. Tidak hanya itu, daun lempes juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit gusi seperti pilorrhea serta penyakit periodontal stadium lanjut.

Cara membersikah gigi kuning dengan lempes yaitu:

  • Jemur beberapa lembar daun lempes di bawah sinar matahari selama beberapa jam.
  • Setelah kering, tumbuk daun yang sudah kering hingga menjadi bubuk. Campurkan dengan pasta gigi yang sering Anda gunakan dan sikatlah gigi seperti biasa.
  • Cara lainnya yaitu dengan membuat pasta dari campuran daun lempes dan minyak sawit. Gunakan pasta ini untuk membersihkan gigi Anda.

8. Apel

Buah lezat satu ini bisa juga dijadikan bahan alami pemutih gigi yang kuning. Bahkan dengan hanya menggigit apel saja, efeknya diyakini sudah sama seperti menggosok gigi. Berikut cara lain menggunakan apel untuk membersihkan gigi yang kuning:

  • Cobalah untuk memakan satu atau dua buah apel setiap hari untuk menghilangkan noda kuning yang menumpuk di gigi.
  • Kunyah apel dengan gigi agar lebih halus, agar zat asam pada apel dan daging buahnya yang agak kasar dan kaya serat dapat memutihkan gigi Anda.

9. Arang

Cara memutihkan gigi yang kuning lainnya adalah menggunakan arang. Kandungan alami arang halus dan bentuknya yang seperti kristal dapat berfungsi sebagai scrub untuk mengikis lapisan kekuningan pada gigi. Cara membersihkan gigi kuning dengan arang yaitu:

  • Campurkan bubuk arang dengan pasta gigi yang biasa Anda gunakan dan gosoklah gigi dengan perlahan.
  • Gunakan campuran ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jika tidak memiliki arang, Anda juga bisa menggunakan roti atau rosmery yang dibakar hingga membentuk bubuk arang yang siap diaplikasikan untuk memutihkan gigi kuning.

10. Nimba

ranting nimba digunakan sebagai pemutih gigi

Nimba merupakan jenis tumbuhan berkayu yang berasal dari daratan india. Tumbuhan ini sudah digunakan sejak lama sebagai bahan herbal obat. Salah satu khasiatnya adalah dapat memutihkan gigi yang kuning dan membuat gigi dan mulut menjadi lebih sehat. Khasiat tadi karena nimba kaya akan kandungan astringent dan antiseptik. Penggunaan minyak dari pohon nimba dipercaya dapat menghilangkan bau mulut dan mencegah gigi berlubang.

Cara Nimba untuk memutihkan gigi yaitu:

  • Ambil ranting pohon nimba dan gunakan serperti menyikat gigi. Mengunyah ranting nimba juga bisa mengatasi masalah gigi dan menghilangkan noda kuning.
  • Campurkan minyak nimba dengan pasta gigi kemudian gunakan seperti menyikat gigi biasa.

Selain semua cara membersihkan gigi kuning secara alami di atas, biasakan juga untuk membersihkan gigi dan mulut secara teratur agar mendapat hasil terbaik. Jika cara ini dirasa kurang memuaskan, Anda bisa berkonsulatasi dengan dokter gigi untuk hasil yang lebih baik.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer