Cara Membuat Rambut Cepat Panjang Tanpa Bahan Kimia

Salah potong rambut memang terlihat sepele, namun ini bisa jadi bencana besar bagi seseorang yang sangat peduli dengan penampilannya. Karena hal ini, ia mungkin jadi enggan keluar rumah selama berhari-hari. Ia mungkin juga akan terus mencari cara membuat rambut agar cepat panjang.

Namun sayangnya tidak ada jalan pintas untuk memanjangkan rambut dengan kilat. Biasanya, rambut akan bertambah panjang 1,25 cm secara alami setiap bulannya. Proses pertumbuhan rambutpun juga tergantung dari kesehatan, kondisi fisik, maupun faktor genetik seseorang.

cara membuat rambut cepat panjang

Tidak perlu terlalu khawatir, kita tetap bisa mengupayakan agar rambut cepat panjang serta mempertahankan kesehatannya melalui beberapa tips yang akan kami bagikan di sini.

Khusus untuk bayi, lihat disini: 11 Cara Menumbuhkan dan Menebalkan Rambut Bayi Secara Alami

Beginilah cara efektif membuat rambut cepat panjang dan sehat:

1. Mengonsumsi makanan bergizi

makanan bergizi untuk memanjangkan rambut

makanan bergizi untuk memanjangkan rambut

Cara membuat rambut cepat panjang yang pertama dan boleh dibilang paling utama adalah rajin mengonsumsi makanan yang mengandung protein, mineral, dan vitamin. Utamakan fokus Anda pada makanan sumber vitamin A, B, C, dan E, serta zat besi, tembaga, zinc, magnesium, dan selenium.

Selain deretan nutrisi di atas, sertakan juga sumber vitamin B kompleks yang dapat menumbuhkan rambut dengan cepat, seperti susu, keju, yogurt, ayam, telur, padi-padian, salmon, bayam, brokoli, paprika, kubis, peterseli, grapefruit, alpukat, dan oat.

Anda juga diimbau sering minum jus buah segar yang berasal dari jeruk, grapefruit, wortel, dan bit. Sumber makanan lain yang baik untuk pertumbuhan rambut adalah ikan, flax seed, walnut, biji-bijian, dan minyak zaitun yang kaya asam omega-3.

Yang terpenting adalah jangan sampai kurang gizi, misalnya vitamin E dan zinc, karena dapat memicu kerontokan dan menipisnya rambut.

2. Gunakan minyak Castor

minyak jarak untuk memanjangkan rambut

minyak jarak (castor oil) sangat baik untuk memanjangkan rambut

Minyak castor atau minyak jarak kaya akan vitamin E dan asam lemak esensial, khususnya asam omega-9, sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut secara alami.

Namun karena teksturnya cukup kental, Anda dapat mencampurkan minyak castor dengan minyak lain seperti kelapa, zaitun, atau almond (perbandingan 1:1). Setelah itu, pijatkan minyak ke kulit kepala, diamkan selama 30-45 menit sebelum dicuci menggunakan sampo.

Anda juga boleh menambahkan minyak esensial seperti rosemary, lavender, peppermint, eucalyptus, atau thyme sebelum memijatkannya.

3. Pijat kulit kepala

pijat kepala agar rambut cepat panjang

pijat kepala agar rambut cepat panjang

Aktif memijat kulit kepala dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga merangsang folikel rambut untuk membentuk unsur-unsur penyusun rambut. Begitu pula dengan rutinitas melembabkan rambut menggunakan hot oil atau masker seminggu sekali.

Saat mengaplikasikannya, pijat kulit kepala menggunakan ujung jari dengan gerakan melingkar selama 3-5 menit. Setelah itu baru bilas masker atau minyak yang Anda pakai.

4. Balik rambut dari atas ke bawah

cara agar rambut cepat panjang

Cara membuat rambut cepat panjang berikutnya adalah dengan membungkukkan kepala dan membiarkan rambut tergerai terbalik. Lakukan selama 2-4 menit agar sirkulasi darah meningkat.

5. Atasi stres

Stres merupakan salah satu faktor utama yang memicu kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan stres dapat mengganggu siklus rambut dan memaksanya masuk ke fase telogen atau kerontokan rambut. Oleh karena itu, minimalkan stres kalau Anda ingin rambut cepat tumbuh panjang.

Untuk mengelola stres, Anda dapat melakukan ibadah, meditasi, latihan pernapasan, atau teknik relaksasi lainnya. Plus, pastikan untuk bisa ‘tidur cantik’ karena hormon pertumbuhan dilepaskan selama tidur yang cukup.

6. Cukup tidur

Cukup tidur itu penting karena hormon pertumbuhan dihasilkan saat seseorang sedang terlelap. Tidak hanya pertumbuhan badan saja yang dipengaruhi oleh hormon ini, tetapi rambut juga.

7. Masker telur

Masker yang terbuat dari bahan telur tak hanya bagus untuk kecantikan wajah, tapi juga rambut. Alasannya, telur diperkaya protein, zat besi, sulfur, fosfor, zinc, dan selenium, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Anda dapat menggunakan resep masker telur untuk rambut di bawah ini minimal sebulan sekali.

Resep 1:

Kocok telur, lalu masukkan 4 sdm minyak biji anggur dan beberapa tetes minyak lavender. Setelah itu, aplikasikan ke rambut dan kulit kepala, diamkan selama 30 menit sebelum dicuci sampai bersih menggunakan sampo.

Resep 2:

Campur 2 butir kuning telur dengan 2 sdm minyak zaitun murni, lalu oleskan ke kulit kepala. Diamkan 15-20 menit sebelum dibilas memakai air dingin, lalu cuci rambut seperti biasa.

Resep 3:

Kocok sebutir telur bersama 1 cangkir susu, 2 sdm minyak zaitun murni, dan perasan 1/2 buah lemon. Aplikasikan adonan ke kulit kepala, biarkan selama 20-30 menit.

8. Infus rambut dengan bahan herbal

Beberapa tanaman herbal seperti rosemary, catnip, nettle, burdock, horsetail, dan sage mampu merangsang pertumbuhan rambut. Rosemary misalnya, dapat menstimulasi folikel sehingga rambut lebih berkilau. Lain halnya dengan kandungan polifenol dan antioksidan dalam teh hijau yang dapat memperlancar sirkulasi.

Untuk membuat infus rambut, Anda dapat menyeduh tanaman herbal yang dipilih dalam air panas selama 10-20 menit. Gunakan air seduhan tersebut pada tahap akhir usai keramas agar rambut juga kuat, lembut, serta mudah diatur.

Cara lain yang lebih mudah adalah dengan mencampurkan air seduhan atau minyak esensial ke dalam sampo. Selain diaplikasikan langsung pada rambut, Anda juga bisa membantu pertumbuhan rambut dari dalam dengan jalan rajin minum teh herbal setiap hari.

9. Konsumsi vitamin atau suplemen bila perlu

Bila nutrisi melalui makanan dirasa kurang, tak ada salahnya Anda mengonsumsi vitamin atau suplemen tambahan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Pilihlah yang mengandung asam folat, biotin, minyak ikan, flaxseed oil, ginseng, gingko biloba, atau laminariales (sejenis ganggang).

10. Beri nutrisi

Lidah buaya tak hanya dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan, namun juga mengurangi ketombe serta mengembalikan kilau rambut.

Selain meminumnya, Anda juga bisa mengaplikasikan gel lidah buaya yang sudah dicampur dengan sedikit perasan lemon, dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu cuci rambut. Lakukan perawatan ini 1-2 kali seminggu.

Khusus untuk pria, berikut tips tambahannya: Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria Tanpa Ribet

11. Kalau tetap sia-sia..

Cara membuat rambut cepat panjang yang selama ini dilakukan bisa sia-sia kalau Anda memiliki masalah kesehatan seperti gangguan tiroid, ketidakseimbangan hormon, penyakit kronis, atau infeksi tertentu.

Beberapa jenis obat seperti pil KB, beta-blocker, steroid anabolik, antidepresan, antikonvulsan, dan lain-lain serta penyakit kulit kepala seperti dermatitis seboroik juga dapat membuat rambut rontok dan menipis. Baca: Penyebab Rambut Rontok Parah yang Harus Diwaspadai

Oleh sebab itu, kenali akar masalahnya dan konsultasikan segera dengan dokter agar upaya memanjangkan rambut yang Anda jalani tidak sia-sia.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer