Cara Memerahkan Bibir dengan Kunyit, Alami Nan Ampuh

Memiliki bibir kemerahan dan sehat tentu jadi dambaan banyak orang, terutama kaum wanita. Beragam cara dilakukan demi terlihat menarik dengan bibir merah merona, mulai dari menggunakan lipstik hingga sulam bibir yang berisiko. Padahal ada cara alami yang lebih sehat untuk memerahkan bibir. Salah satu caranya dengan kunyit.

Ya, siapa sangka kunyit yang merupakan rempah-rempah untuk beragam masakan khas tradisional Indonesia ini memiliki khasiat untuk memerahkan bibir. Umbi tanaman yang dominan berwarna kuning ini ternyata juga sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai bahan obat serta perawatan kulit.

cara memerahkan bibir dengan kunyit

Beberapa penelitian ilmiah modern juga mendapati bahwa kunyit memiliki beragam khasiat untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk kulit. Kunyit diketahui dapat membantu menghilangkan pigmentasi pada kulit, mengobati psoriasis, jerawat, mengurangi pembengkakan yang terjadi di kulit, bahkan hingga menghambat pertumbuhan sel-sel kanker kulit.

Sementara itu, bibir merupakan salah satu bagian kulit tubuh yang cukup sensitif yang juga dapat terpengaruh proses pigmentasi. Terutama untuk mereka yang bibirnya sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama, sering gonta-ganti kosmetik berkualitas rendah atau karena pengaruh hormon. Kunyit bisa dijadikan solusi untuk mengatasi bibir yang menghitam akibat beberapa faktor tadi.

Bagaimana Cara Memerahkan Bibir dengan Kunyit?

Bahan aktif kunyit dengan kemampuan anti inflamasi dan kaya akan antioksidan dapat meresap langsung di kulit. Dengan demikian, mengaplikasikan kunyit langsung ke permukaan kulit lebih disarankan dibanding hanya dikonsumsi dalam bentuk sari kunyit, khususnya jika digunakan untuk memerahkan bibir.

Kunyit juga dapat dikombinasikan dengan bahan alami lainnya yang memiliki khasiat untuk menyehatkan dan memerahkan bibir seperti madu, susu dan lemon. Berikut beberapa panduan menggunakan kunyit untuk memerahkan bibir:

1. Memerahkan bibir dengan pasta kunyit

Cara memerahkan bibir dengan kunyit yang umum dilakukan adalah mengolah daging atau bubuk kunyit menjadi pasta. Kunyit dalam bentuk pasta akan lebih mudah disimpan dan diaplikasikan ke bibir. Berikut panduan menyiapkan dan menggunakan pasta kunyit:

  • Siapkan beberapa ruas kunyit yang sudah dibersihkan kulitnya.
  • Haluskan kunyit dengan blander atau parutan hingga membentuk pasta. Bisa juga menggunakan bubuk kunyit yang ditambah sedikit air agar menjadi pasta.
  • Oleskan pasta kunyit ke bibir sambil dipijat perlahan secara melingkar agar sari kunyit meresap. Lakukan kurang lebih 3 – 5 menit. Lalu diamkan kurang lebih 20 menit.
  • Setelah itu bersihkan bibir dengan air hangat kuku dan keringkan dengan handuk.
  • Lakukan cara ini secara rutin sekali sehari selama seminggu, jika hasilnya kurang memuaskan lanjutkan cara ini pada minggu selanjutnya hingga diperoleh hasil yang diinginkan.

2. Mengoleskan kunyit langsung ke bibir

Warna kuning dari kunyit dapat dengan mudah menempel di kulit, termasuk juga di bibir. Oleh karena itu kunyit sering juga disebut sebagai ‘lipstik alami’ karena dapat digunakan langsung pada bibir tanpa diolah sebelumnya. Berikut panduan membuat lipstik alami dari kunyit yang ampuh mencerahkan bibir:

  • Siapkan satu ruas kunyit segar, bersihkan kulitnya dan cuci bersih dengan air. Usahakan menggunakan kunyit yang sudah tua dengan warna kuning terang.
  • Iris kunyit tadi secara melintang hingga terlihat bagian dalamnya.
  • Aplikasikan irisan kunyit ini secara merata pada bibir seperti sedang menggunakan lipstik. Lakukan 2 – 3 menit hingga bibir agak kekuningan sebagai tanda sari kunyit sudah meresap.
  • Kemudian bersihkan bibir dari sisa kunyit dengan air hangat kuku dan keringkan dengan handuk.
  • Lakukan cara ini secara rutin sekali sehari selama seminggu hingga diperoleh hasil yang diinginkan.
  • Efek warna kekuningan pada bibir akan muncul setelah menggunakan cara ini, namun itu hanya sementara dan akan hilang setelah dibersihkan. Hindari menggenai kulit disekitar bibir karena efek warna kuningnya juga akan menempel.

3. Mencerahkan bibir dengan kunyit dan minyak zaitun

cara memerahkan bibir dengan kunyit dan minyak zaitunMinyak zaitun merupakan bahan alami yang sangat baik untuk melembapkan dan melembutkan kulit bibir. Kombinasi minyak zaitun dengan kunyit tidak hanya dapat memerahkan bibir namun juga untuk mengobati bibir kering. Bibir yang kering dan pecah-pecah juga merupakan pemicu munculnya pigmen dan membuat bibir jadi lebih kusam.

Untuk hasil terbaik pastikan menggunakan minyak zaitun murni dengan kualitas baik serta gunakan kunyit segar. Jika tidak ada boleh gunakan bubuk kunyit namun sebagai alternatif saja. Adapun cara pengolahan dan penggunaan campuran kunyit dan minyak zaitun ini seperti berikut:

  • Siapkan kunyit segar yang sudah dibersihkan kulitnya kemudian haluskan dengan blender atau parutan.
  • Pisahkan ¼ sdt pasta kunyit yang sudah dihaluskan. Tambahkan 1 sdt minyak zaitun, aduk hingga tercampur rata.
  • Oleskan campuran tadi ke bibir hingga merata sambil dipijat secara melingkar agar lebih mudah meresap. Lakukan cara ini selama 3 – 5 menit kemudian diamkan bibir selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah selesai bersihkan bibir dengan air hangat kuku hingga tidak ada sisa kunyit kemudian keringkan dengan handuk.
  • Lakukan cara ini sekali sehari selama seminggu untuk hasil terbaik.

4. Memerahkan bibir dengan kunyit dan madu

kunyit dan madu untuk bibir

Cara memerahkan bibir dengan kunyit selanjutnya adalah menggunakan madu sebagai campurannya. Madu sudah dikenal sejak dulu sebagai bahan alami untuk pengobatan serta untuk kecantikan kulit. Madu dapat melembapkan dan mengobati bibir kering dan pecah-pecah. Sehingga kombinasi keduanya sangat baik untuk bibir. Bagaimana cara membuat dan menggunakannya? berikut panduan lengkapnya:

  • Siapkan ¼ sdt kunyit yang sudah dihaluskan atau bisa juga menggunakan bubuk kunyit, kemudian masukkan ke dalam wadah.
  • Tuangkan madu murni sedikit demi sedikit ke dalam wadah tadi agar terbentuk pasta yang tidak terlalu kental.
  • Aplikasikan pasta kunyit dan madu tadi pada bibir yang sudah dibersihkan sebelumnya. Lakukan pijatan selama 3 – 5 menit agar lebib cepat meresap. Kemudian diamkan kurang lebih 20 menit.
  • Setelah selesai bersihkan bibir dengan air hangat kuku hingga benar-benar bersih kemudian keringkan dengan handuk.
  • Lakukan cara ini sekali sehari selama seminggu untuk bibir lebih cerah merah merona.

Baca juga: Khasiat madu untuk wajah.

5. Memerahkan bibir dengan kunyit, susu dan lemon

kunyit susu dan lemon untuk memerahkan bibir

Susu dikenal akan manfaatnya untuk mencerahkan, membersihkan dan melembutkan kulit. Sementara lemon kaya vitamin C dan juga ampuh sebagai bahan pemutih. Kombinasi kunyit, susu dan lemon memadukan beragam manfaat baik untuk kulit dan juga untuk membantu memerahkan bibir yang kusam dan menghitam.

Berikut panduan cara membuat dan menggunakan pasta kunyit, susu dan lemon:

  • Siapkan 1 sdt kunyit yang telah dihaluskan atau dapat juga menggunakan bubuk kunyit sebagai alternatif.
  • Sispkan 1 sdt susu murni dan ½ sdt lemon di dalam wadah. Campurkan larutan tadi dengan kunyit dan aduk hingga membentuk pasta.
  • Aplikasikan pasta tadi ke bibir secara merata sambil di pijat secara melingkar agar lebih mudah meresap.
  • Diamkan bibir dan tunggu kurang lebih 20 menit kemudian bilas dengan air hangat kuku hingga bersih dan keringkan dengan handuk.
  • Lakukan cara ini sekali sehari selama seminggu untuk hasil terbaik.
Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

Baca juga