Cara Mudah Memerahkan Bibir Secara Alami

Bibir merupakan bagian wajah yang paling menarik perhatian setelah mata. Saat berhadapan atau berbincang dengan orang lain, kebanyakan orang akan menatap mata atau bibir lawan bicaranya. Tak heran jika bibir merah merekah menjadi dambaan bagi kaum hawa. Untuk mendapatkannya, cara memerahkan bibir secara alami bisa jadi pilihan, selain mudah tentunya juga aman untuk bibir.

Ada banyak cara memerahkan bibir secara alami. Namun yang pasti, Anda perlu menyiapkan bibir terlebih dulu agar siap ‘diwarnai’ secara alami. Kemudian akhiri proses pewarnaan tersebut dengan menjaga bibir tetap lembab dan terlindungi. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak bersama bagaimana cara memerahkan bibir secara alami itu.

Siapkan Bibir Terlebih Dulu

memerahkan bibir secara alami

Agar bibir siap diwarnai secara alami, ada baiknya dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan secara rutin, setidaknya seminggu sekali agar tak ada timbunan sel kulit mati atau minyak yang menyamarkan warna alami bibir. Caranya adalah dengan:

1. Scrub Bibir

Proses scrubbing perlu dilakukan sebagai langkah awal agar bibir bersih dari kotoran maupun tumpukan sel kulit mati yang selama ini mengaburkan warna alami bibir. Cara melakukannya adalah dengan membuat scrub bibir sendiri. Ada beberapa resep yang bisa Anda coba seperti:

Madu dan gula

Campurkan 1 sdt madu dan 1 sdt gula, lalu gunakan itu untuk menggosok bibir dengan gerakan melingkar. Setelah itu, bilas dengan air hangat, dan ulangi bila perlu sampai bibir benar-benar bersih.

Madu, gula, dan minyak zaitun

Anda juga bisa mencampurkan madu dengan gula dan beberapa tetes minyak zaitun, lalu menggunakannya untuk memijat bibir selama 10 menit.

Lemon dan gula

Resep lain yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan potongan lemon lalu taburi gula di atasnya. Gunakan itu untuk menggosok bibir setiap hari. Kalau gula bisa mengikis sel kulit mati, maka lemon dapat mencerahkan warna bibir yang mungkin jadi gelap karena efek sinar matahari. Anda juga dapat menggunakan pasta yang terbuat dari perasan lemon, madu, dan gula untuk menghilangkan kekusaman pada bibir.

Krim susu, madu, dan gula

Untuk bibir sensitif atau kering, gunakan campuran krim susu, madu, dan gula. Gunakan jari untuk menggosokkan scrub ke bibir selama 5 menit, lalu diamkan lagi selama 10 menit atau lebih sebelum dibilas.

Minyak almond, madu, dan gula

Campuran minyak almond, madu, dan gula juga bisa mengikis sel kulit mati, sekaligus menjadikan bibir mulus dan glowing.

Gula dan air mawar

Caranya, ambil 5 sendok gula, lalu hancurkan hingga agak lembut. Tambahkan air mawar ke atasnya, lalu gunakan untuk mengikis sel kulit mati.

Lidah buaya dan gula

Lidah buaya juga bisa mencerahkan warna bibir dan membuatnya tampak merah alami. Anda tinggal ambil ekstraknya, lalu tambahkan sedikit gula di dalamnya, gunakan itu untuk menggosok bibir perlahan.

Hal penting soal scrubbing bibir ini adalah jangan dilakukan pada bibir pecah-pecah. Bibir pecah-pecah harus disembuhkan dulu mengunakan lip balm, setelah itu baru boleh di-scrub. Dan setelah proses scrubbing selesai, jangan lupa untuk mengoleskan lagi lip balmnya.

2. Gunakan Sikat Gigi

Kalau resep tadi masih belum mampu mengikis timbunan sel kulit mati di bibir, maka gunakan sikat gigi yang bulunya halus. Pilih sikat gigi yang bersih, basahi dengan air hangat, lalu gunakan untuk menggosok bibir dengan gerakan melingkar. Bilas bibir dan amati bedanya. Setelah disikat, bibir pasti akan nampak lebih merah dan merekah.

3. Resep Alami agar Bibir Lebih Merekah

Cara memerahkan bibir secara alami lainnya adalah dengan memperlancar sirkulasi darah di area tersebut. Untuk itu, gunakan bahan-bahan alami berikut untuk mendapatkannya.

  • ¼ sdt bubuk cabai dan beberapa tetes air.
  • ¼ sdt bubuk kayu manis dan beberapa tetes air.
  • 5 tetes minyak esensial (atau ekstrak) peppermint.
  • Sepotong jahe segar.

Anda tinggal menggosokkan bahan atau campuran di atas, tunggu beberapa menit, lalu bilas.

4. Lembabkan dengan Serum Buatan Sendiri

Sekarang setelah bibir sudah dibersihkan dan dibuat merekah, maka waktunya untuk melembutkan teksturnya. Proses ini akan membuat warna merahnya bertahan lebih lama sekaligus mencegah bibir kering. Gunakan bahan berikut sebagai serum bibir, caranya cukup gosokkan ke bibir, tunggu selama beberapa menit hingga meresap:

  • ½ sdt minyak kelapa
  • ½ sdt minyak zaitun
  • ½ sdt minyak almond

Cara Memerahkan Bibir dengan Bahan Alami

cara memerahkan bibir secara alami

Untuk memerahkan bibir, Anda bisa melakukan beberapa cara alami berikut:

1. Gosok Bibir dengan Air Buah

Pilihlah buah yang warnanya merah, gunakan daging buahnya untuk menggosok bibir sehingga warna merahnya melapisi dan meresap ke permukaan bibir. Setelah lapisan pertama kering, ulangi lagi agar warna merahnya semakin mantap sesuai keinginan. Baru sesudah itu oleskan lip balm untuk menyegel warnanya selama beberapa jam.

Jika bingung buah jenis apa saja yang bisa dipakai, pilih salah satu dari daftar berikut:

  • Ceri.
  • Strawberry.
  • Raspberry.
  • Cranberry.
  • Biji delima.

2. Permen Lolipop Merah

Anda pasti pernah melihat anak kecil yang warna bibirnya berubah seperti permen yang dimakannya bukan? Nah, Anda juga bisa menggunakan permen ini untuk mewarnai bibir secara alami. Tentu saja jika ingin bibir merah, maka warna permen yang Anda beli juga harus merah.

Gosokkan permen ke bibir hingga warna merahnya menutupi area tersebut. Lakukan beberapa kali hingga Anda mendapatkan warna yang diinginkan, lalu segel warnanya dengan lip gloss bening.

Metode lain adalah dengan melelehkan permennya, lalu celupkan cotton ball ke cairan permen, gunakan itu seperti lipstik. Tentunya jangan memakan permen merah ini jika Anda tidak ingin lidah atau gigi ikutan memerah juga ya.

3. Bubuk Akar Bit

Tanaman bit memang terkenal akan warnanya yang merah menyolok. Maka dari itu tak heran kalau tumbuhan ini sering dipakai sebagai pewarna makanan alami. Beranjak dari situ, Anda juga bisa menggunakan konsep tersebut untuk membuat bibir merah secara alami. Cara memerahkan bibir secara alami memakai bit adalah dengan membeli bubuk akar bit.

Campurkan bubuk ini dengan air secukupnya sehingga terbentuk pasta pekat, lalu oleskan ke bibir, diamkan selama 3 menit, lalu bilas sisa pasta dengan air hangat. Ulangi hingga warnanya sesuai keinginan.

4. Pewarna Makanan

Cara memerahkan bibir secara alami selanjutnya adalah dengan memakai pewarna makanan. Anda tinggal membubuhkan beberapa tetes pewarna makanan dalam sebuah wadah, lalu pakai cotton swab untuk mengaplikasikannya ke bibir. Hati-hati agar tak sampai melebihi garis bibir atau area kulit lain karena pewarna makanan sangat mudah meninggalkan noda.

5. Kelopak Bunga Mawar

Ambillah beberapa kelopak bunga mawar, lalu rendam dalam susu selama beberapa waktu. Setelah itu, buat pasta kelopak mawar dengan menambahkan beberapa tetes madu dan gliserin (kalau ada). Gunakan pasta untuk mewarnai bibir, diamkan selama 15 menit, lalu gosok bibir perlahan dengan susu. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk hasil lebih maksimal.

Tips Menjaga Bibir Tetap Merah dan Sehat

cara alami memerahkan bibir

Cara menjaga bibir tetap sehat sebenarnya tak jauh berbeda dengan kulit pada umumnya.

1. Lindungi Bibir dari Sinar Matahari

Bukan hanya kulit saja yang rawan gosong/ hitam setelah terkena sengatan sinar matahari, melainkan bibir juga. Oleh karenanya, rutinlah mengoleskan lipgloss ber SPF minimal 15 (lebih tinggi SPF-nya, lebih baik). Dengan begitu, bibir takkan terbakar dan menjadi gelap saat Anda bekerja di lapangan.

Simak juga: 15 Cara Menghilangkan Bibir Hitam Paling Ampuh, 100% Alami

2. Cegah agar Bibir tak Sampai Pecah-pecah

Bibir pecah-pecah dan kering cenderung tampak kusam. Jadi, bila Anda ingin memiliki tampilan bibir merah merekah dan cantik, cegah agar bibir tak sampai kering dan pecah-pecah. Caranya dengan minum banyak air agar tubuh tetap terhidrasi. Alternatif lainnya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa, minyak almond, atau lip balm berkualitas agar bibir tetap lembab sepanjang hari.

Beberapa cara mengatasi bibir pecah-pecah secara alami lainnya sudah dirangkumkan pada artikel berikut ini: Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah 100% Alami.

3. Rawat Bibir Saat Cuaca Dingin dan Panas

Baik cuaca dingin maupun panas yang terlalu ekstrim, keduanya bisa menghilangkan kelembaban bibir sehingga membuat tampilannya kering dan gelap. Oleh karena itu pada musim ini Anda harus lebih ekstra dalam merawat bibir. Bawalah lip balm ke manapun Anda pergi atau gunakan humidifier di rumah. Jangan menjilat bibir untuk melembabkannya karena ini bisa membuat bibir bertambah kering dan pucat.

4. Hindari Rokok

Kebiasaan merokok bisa membuat bibir menghitam dan berkerut. Oleh karena itu, hindari rokok ataupun produk yang mengandung tembakau lainnya.

5. Minum Susu

Asam laktat merupakan salah satu bahan yang efektif untuk mencerahkan kulit dan bibir. Oleh karenanya, kalau bibir sudah terlanjur hitam karena sengatan sinar matahari atau rokok, maka rajinlah minum susu. Atau celupkan cotton pad ke dalam susu, lalu oleskan ke bibir. Tak hanya bisa mencerahkan warnanya saja, susu juga bisa mengikis sel kulit mati di bibir.

6. Ritual Sebelum Tidur

Sebelum tidur, selalu bersihkan sisa lipstik hari itu, lalu gosokkan sejenak bongkahan es di atas bibir selama beberapa menit. Metode ini bisa meningkatkan sirkulasi darah ke bibir karena es membuat pembuluh darah mengerut. Anda juga bisa mengoleskan minyak almond atau mentega di bibir untuk melembabkannya.

7. Soal Lipstik

Hindari keseringan atau memakai lipstik dalam jangka waktu yang terlalu lama. Bagaimanapun juga lipstik yang dijual di pasaran tetaplah mengandung bahan kimia yang bisa merusak kesehatan dan warna asli bibir. Dan bila bibir alergi terhadap produk lipstik tertentu, tambahkan kuning telur dan madu ke dalam air kelapa hijau, minum itu setiap hari.

8. Pola Makan Sehat

Agar bibir sehat dan merah alami, Anda juga perlu memeliharanya dari dalam dengan mengadopsi pola makan sehat. Dalam keseharian, perbanyaklah konsumsi sayur dan buah. Di samping itu, Anda juga bisa mengonsumsi ramuan ekstrak air jahe dengan kuning telur ayam kampung setiap pagi, lihat perbedaannya.

Sebisa mungkin minimalisir konsumsi teh, kopi, atau minuman lain yang bisa merusak warna merah bibir. Jika ingin minumpun, gunakan sedotan. Jenis makanan lain yang sebaiknya dihindari adalah makanan pedas dan asin. Kedua makanan ini bisa membuat bibir rusak dan meradang.

Mengonsumsi makanan saat suhunya masih panas juga bisa membakar bibir sehingga membuat warnanya jadi gelap. Dan setelah makan, bilas bibir dengan air agar partikel makanan tidak lengket dan mencemari bibir.

Sepintas, cara memerahkan bibir secara alami tadi tampaknya sepele saja. Namun jika dilakukan dengan rajin dan rutin, maka Anda akan melihat perubahannya. Selamat mencoba!

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer