Cara Memutihkan Kulit Badan Secara Alami Tanpa Efek Samping

Minat masyarakat untuk memiliki kulit putih memang sangat tinggi. Hal ini terbukti dari laris manisnya penjualan berbagai produk yang menjanjikan kulit lebih putih sebagai hasilnya. Namun kita tahu bahwa segala sesuatu yang berbau instan itu kadangkala kurang baik.

Nah, kalau Anda termasuk salah seorang yang ingin memiliki kulit tubuh lebih putih, maka terapkan saja beberapa cara memutihkan kulit badan secara alami berikut ini. Bagaimanapun juga yang alami memang selalu lebih baik dan murah kan?!

Gunakan Bahan Alami untuk Memutihkan Badan

Ada bahan-bahan alami tertentu yang memang dapat memutihkan atau mencerahkan kulit secara alami. Apa sajakah itu?

cara memutihkan kulit badan dengan bahan alami

 

1. Lemon

Sudah berabad-abad lamanya buah berwarna kuning satu ini dipakai sebagai bahan pemutih alami. Kandungan asamnya tak hanya dapat mencerahkan, namun juga mengikis tumpukan sel mati di permukaan kulit.

Namun karena perasan lemon itu sendiri dapat mengiritasi kulit, maka lebih baik kalau Anda mencampurkannya dengan air (gunakan perbandingan sama). Setelah itu, oleskan air lemon tadi ke kulit tubuh dengan bantuan cotton ball. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Soal penggunaannya, Anda juga harus membatasinya. Jangan lakukan metode di atas setiap hari, cukup 2-3 kali per minggu saja. Pengaplikasian lebih sering dapat menyebabkan iritasi. Dan setelahnya, selalu oleskan pelembab karena lemon dapat membuat kulit jadi kering.

Selain itu, hindari kena sinar matahari setelah mengoleskan air lemon karena kulit bisa iritasi akibat reaksi antara sinar UV dengan bahan kimia dalam lemon. Kalau ingin keluar rumah, pastikan untuk membilas dulu air lemon dari tubuh hingga bersih.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan beberapa aefek samping penngunaan lemon ini, baca: Efek Samping Buah Lemon yang Mengejutkan.

Cara memutihkan kulit badan secara alami dengan lemon, biasanya sudah mulai terlihat hasilnya setelah 3-4 minggu. Meski mungkin lebih lama dari yang diharapkan, namun lemon merupakan bahan alami pemutih kulit paling efektif.

2. Susu dan Lemon

Untuk memutihkan kulit, Anda juga bisa berendam menggunakan air hangat yang dituangi secangkir susu berlemak dan perasan lemon. Pastikan untuk mencampur rata susu, lemon, dan air mandinya sebelum berendam di dalamnya selama 20 menit. Setelah selesai, baru bilas tubuh dengan air bersih.

Rendaman air susu dan lemon ini mengandung berbagai enzim yang dapat mencerahkan kulit. Selain itu, setelah berendam, kulit akan terasa lebih lembab dan halus. Maka dari itu, lakukan secara rutin seminggu sekali jika ingin melihat hasilnya dalam hitungan bulan.

3. Masker Yogurt dan Madu

Masker tak hanya untuk wajah atau rambut saja, namun kulit badan juga perlu. Sama seperti susu, yogurt juga mengandung enzim yang dapat mencerahkan kulit. Di sisi lain, madu mengandung agen pelembab dan antibakteri alami. Ketika 2 bahan alami ini dikombinasikan, maka Anda akan mendapatkan masker pencerah sekaligus pelembab tubuh.

Cara membuatnya mudah saja, tinggal campurkan madu dan yogurt dengan perbandingan sama, lalu oleskan ke seluruh tubuh dan wajah juga. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Sedikit catatan untuk yogurtnya, pilih yang tawar atau bebas gula tambahan. Yogurt dengan rasa atau pemanis tambahan hanya akan membuat adonan terlalu lengket. Dan bila tak ada madu, maka Anda bisa menggantinya dengan alpukat atau lidah buaya yang juga bersifat melembabkan.

4. Pasta Kunyit

Cara memutihkan kulit badan secara alami berikutnya adalah dengan mencampurkan 1 sdm bubuk kunyit dengan perasan lemon atau susu sehingga terbentuk adonan pasta pekat. Setelah itu, oleskan pasta ke seluruh kulit yang sudah dibersihkan, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Baca juga: Manfaat Kunyit yang Terbukti Secara Ilmiah.

5. Bubur Tomat

Anda juga bisa menggunakan buah tomat yang dilumat jadi bubur sebagai masker untuk memutihkan wajah dan badan. Diamkan selama 20 menit sebelum dibilas.

6. Pasta Terigu dan Cuka Apel

Mengoleskan pasta yang terbuat dari cuka apel dan tepung terigu 2 kali seminggu juga terbukti dapat mencerahkan kulit.

7. Baking Soda dan Lemon

Saat baking soda dicampurkan dengan lemon, maka akan timbul desisan. Setelah desisan reda, maka gunakan pasta tersebut sebagai masker untuk memutihkan wajah dan badan. Diamkan hingga permukaan baking soda tadi mengeras di kulit, lalu bilas dengan air hangat. Nah untuk resep satu ini dapat Anda lakukan setiap hari.

8. Susu dan Minyak Esensial Mawar

Minyak esensial mawar tak cuma  harum saja, namun juga dapat membuat kulit lebih cerah, lembut, kenyal, serta bebas noda. Untuk cara memutihkan kulit badan satu ini, Anda hanya perlu membubuhkan 10 tetes minyak esensial mawar ke dalam 1 cangkir susu dingin. Setelah tercampur rata, oleskan ke seluruh tubuh, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air. Anda bisa menerapkan resep yang cocok untuk semua jenis kulit ini setiap hari selama beberapa hari berturut-turut.

9. Air Kentang

Kalau kentang dapat memutihkan wajah, maka sayuran satu ini pasti juga bisa mencerahkan kulit badan. Anda tinggal menggosokkan potongan kentang ke seluruh tubuh atau membubuhkan airnya, lalu diamkan selama 15-20 menit, dan bilas sampai bersih setelahnya.

10. Masker Pepaya dan Madu

Buah pepaya segar tak hanya enak, namun juga baik untuk menghilangkan kekusaman pada kulit. Semua itu berkat kandungan enzim papain dan AHA-nya (alpha hydroxy acids) yang dapat mengangkat sel kulit mati penyebab kusam. Bila pepaya dicampurkan dengan madu, maka terciptalah masker kulit yang dapat melindungi tubuh dari bakteri berbahaya.

Anda hanya perlu mencampurkan 1 cangkir potongan buah pepaya dan 2 sdt madu, lalu campurkan hingga tercipta adonan mirip pasta. Aplikasikan ke kulit tubuh, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Selanjutnya bilas tubuh kembali dengan air dingin, dan tepuk-tepuk menggunakan handuk untuk mengeringkannya.

11. Beras dan Susu

Berbagai studi membuktikan kalau beras dapat melindungi kulit dari jahatnya sinar matahari serta mencegah penuaan dini. Lain halnya dengan susu yang dapat melembutkan dan menutrisi kulit. Anda tinggal menumbuk 1 cangkir beras, lalu mencampurkan 6-8 sdm susu ke dalamnya.

Oleskan masker beras dan susu ke seluruh kulit, diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara memutihkan kulit badan secara alami ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

Selain dengan bubuk beras, ternyata air cucian beras dan tajin juga bisa dijadikan pemutih kulit badan. Baca selengkapnya diartikel berikut: Mengambil Manfaat Air Cucian Beras dan Tajin untuk Kecantikan.

Hindari Hal-hal ini saat Ingin Memutihkan Kulit Badan

Saat ingin memutihkan kulit badan secara alami, maka Anda juga perlu tahu hal-hal apa saja yang pantang dilakukan.

1. Jangan Biarkan Kulit Terpapar Pemutih atau Bahan Kimia Berbahaya Lainnya

Dalam keseharian, kita banyak berhadapan dengan produk pembersih rumah yang mungkin mengandung bleach (pemutih), amonia, atau bahan kimia lainnya. Namun mungkin sedikit saja yang tahu betapa bahayanya kalau kulit sampai terkena bahan-bahan ini.

Kerusakan yang timbul bisa berlangsung jangka panjang, dan salah satu gejalanya adalah kulit jadi terlihat lebih gelap. Karenanya selalu kenakan sarung tangan saat bersentuhan dengan produk-produk pembersih rumahan.

2. Jangan Tergiur oleh Janji Muluk-muluk dari Produk Pemutih Tertentu

Kalau kulit pada dasarnya sudah gelap atau coklat, maka hal yang bisa Anda lakukan hanyalah mencerahkannya saja, bukan mengubahnya menjadi kulit putih sungguhan. Ketimbang terbujuk oleh iming-iming dari produk pemutih kulit tertentu yang bernilai mahal, lebih baik Anda menerima diri sendiri dan tetap rajin melakukan cara memutihkan kulit badan secara alami yang disampaikan sebelumnya.

Ingatlah juga bahwa bukan kulit putih yang cantik, namun kulit sehatlah yang sebenarnya sedap dipandang. Oleh karena itu, tetap jaga kesehatan kulit dengan mengonsumsi makanan bergizi, tetap terhidrasi, rajin mandi dan mengoleskan pelembab.

Ubah Kebiasaan Kalau Ingin Kulit Lebih Cerah

Ada beberapa kebiasaan yang jika rutin dilakukan merupakan cara memutihkan kulit badan dan wajah secara alami lainnya.

1. Kikis Sel Kulit Matinya

Salah satu penyebab mengapa kulit tampak kusam adalah karena tumpukan sel kulit matinya jarang dikikis/ dibersihkan. Nah agar kulit tampak lebih bersih dan cerah, maka penting untuk Anda melakukan exfoliating secara teratur. Cara mengikis sel kulit mati secara alami adalah dengan memberdayakan butiran gula atau garam sebagai scrub.

Saat mandi, basahi tubuh lebih dulu, lalu gosokkan gula atau garam tadi ke seluruh tubuh dengan gerakan melingkar. Alternatif lain adalah dengan memakai sarung tangan mandi, sikat, atau alat exfoliator lainnya. Sedangkan untuk wajah, gunakan butiran yang lebih lembut seperti tumbukan almond atau oatmeal.

2. Jaga Kelembabannya

Kalau kulit lembab, maka sel kulit mati takkan mudah tertimbun dan bisa mengelupas dengan mudah. Nah supaya efek pelembabnya maksimal, langsung oleskan itu segera setelah mandi. Pilih produk pelembab yang tak mengandung alkohol karena bahan ini hanya bikin kulit kering.

Bila Anda ingin memakai pelembab alami, gunakan minyak kelapa di tangan dan kaki segera setelah mandi. Diamkan selama 10 menit hingga minyak benar-benar terserap di kulit sebelum mengenakan baju. Alternatif lain adalah memakai minyak jojoba, zaitun, atau almond.

 3. Sebisa Mungkin Hindari Sinar Matahari, Terutama saat Siang Hari

Kita semua tahu kalau paparan sinar matahari dapat menggelapkan tone kulit. Oleh karenanya kalau Anda memang harus bekerja di luar ruangan, lakukan beberapa persiapan berikut:

  • Oleskan sunscreen ber-SPF tinggi (minimal 30 atau lebih tinggi juga lebih baik) sekitar 20 menit sebelum keluar ruangan. Dan oleskan ulang setiap beberapa jam sekali.
  • Jika mungkin kenakan topi lebar agar wajah, leher, dan bahu terlindung dari paparan sinar UV. Namun bila tak mungkin, naungi tubuh dengan payung.
  • Kenakan celana dan baju lengan panjang dari bahan sejuk sehingga kulit tetap terlindungi dan dapat bernafas.
  • Berjemurlah di bawah sinar mentari pagi agar tubuh dapat menghasilkan vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan sistem tubuh.

4. Konsumsi Makanan yang dapat Membantu Mencerahkan Kulit

Karena kulit merupakan cerminan tentang apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh, maka dokter sering menyarankan Anda untuk menjauhi makanan tak sehat seperti yang sarat dengan minyak, pedas, dan manis. Biasanya hal ini disebut sebagai cara memutihkan kulit badan dari dalam.

Selain itu, tahukah Anda kalau ada beberapa bahan makanan yang dapat membuat kulit merona dan lebih cerah?! Dan makanan yang dimaksud adalah:

  • Makanan yang tinggi kandungan vitamin C-nya, seperti jeruk, jeruk bali, mangga, bluebery, stroberi, dan brokoli (baca: sumber vitamin C )
  • Sumber karoten seperti wortel, paprika merah, serta ubi manis.
  • Makanan yang kaya vitamin E juga bisa membuat kulit tetap terhidrasi dan ternutrisi. Contoh sumber makanannya adalah alpukat, minyak zaitun, almond, dan kiwi (baca: sumber vitamin E ).
  • Ikan dan biji chia yang kayak asam omega juga tak boleh ketinggalan untuk dikonsumsi jika ingin kulit awet muda.
  • Daftar makanan terakhir yang disarankan adalah yang bisa mendetoksifikasi tubuh dan mencegah penuaan dini, salah satunya adalah bayam, baik mentah ataupun yang dimasak.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer