Cara Memutihkan Wajah dengan Tomat Sesuai Kondisi Kulit

Setiap orang, entah itu wanita atau pria, pasti ingin memiliki tampilan wajah yang putih bersih. Namun apa daya, sengatan sinar matahari, hormon, hingga efek produk kosmetik seringkali membuat wajah mengalami pigmentasi dan dicemari oleh noda maupun bintik hitam. Jika ini yang terjadi, dan Anda berharap bisa menemukan bahan alami untuk memutihkan wajah, maka tomat adalah salah satu yang terbaik. Namun, memutihkan wajah dengan tomat juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit.

Kondisi kulit yang kering, berminyak, atau berjerawat harus diperlakukan khusus. Begitu juga saat mengaplikasikan buah tomat ini kewajah, kombinasi dengan bahan alami lainnya akan membantu mengoptimalkan kandungan tomat dan tetap menyesuaikan dengan kondisi kulit.

Alasan Tomat dapat Memutihkan Wajah Secara Alami

memutihkan wajah dengan tomat sesuai kondisi kulit

Tak hanya dapat memutihkan, tomat juga bisa membantu kulit ‘bernafas’ sehingga proses penuaan dapat diperlambat. Tomat mengandung agen penyejuk yang dapat menenangkan kulit terbakar. Di samping itu, kandungan nutrisi tomat seperti di bawah ini juga membuatnya handal untuk kulit:

  • Antibakteri dan antijamur alami.
  • Vitamin A: memudarkan noda hitam dan jerawat.
  • Vitamin B: mengurangi kerutan, garis halus, serta merangsang produksi sel kulit baru.
  • Vitamin C: merangsang produksi kolagen dan memelihara elastisitas kulit.
  • Kalsium: memulihkan kulit kering dan pecah-pecah.
  • Potasium: melembabkan dan menghidrasi kulit.
  • Magnesium: membuat kulit bersinar dan bercahaya.
  • Likopen: melindungi kulit dari radiasi UV berbahaya dan kanker kulit.
  • Asam alami: menyeimbangkan pH dengan cara mengurangi produksi minyak di kulit.
  • Antioksidan dan anti tirosinase : mencerahkan corak kulit dan melindunginya dari kerusakan.

Cara Memutihkan Wajah dengan Tomat Secara Umum

Untungnya, ada berbagai macam cara memutihkan wajah dengan tomat. Cobalah beberapa resep berikut, dan temukan mana yang hasilnya paling efektif untuk Anda:

1. Tomat Saja

Blender atau tumbuk 1 buah tomat menjadi pasta lembut, lalu oleskan ke kulit. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air. Alternatif lain adalah dengan makan tomat mentah setiap pagi untuk meningkatkan kecerahan tone kulit.

2. Tomat dan Lemon

Baik tomat maupun lemon, keduanya mengandung agen pemutih alami. Campurkan beberapa tetes perasan lemon segar ke dalam 1 sdm jus tomat. Diamkan 15 menit setelah mengoleskannya ke kulit, bilas dengan air hangat diikuti air dingin. Lakukan sebanyak 3 kali seminggu.

3. Tomat dan Alpukat

Cara memutihkan wajah dengan tomat dan alpukat sangat mudah. Anda hanya perlu menyampurkan masing-masing 1 buah tomat dan alpukat sehingga terbentuk pasta pekat. Gunakan pasta sebagai masker wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelahnya, bersihkan wajah menggunakan air hangat diikuti air dingin. Lakukan secara teratur kalau ingin hasilnya optimal.

4. Tomat dan Gula

Kombinasi kedua bahan ini bisa mengikis sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Untuk membuatnya, tumbuk 1 buah tomat menjadi pasta lembut, lalu tambahkan 2 sdm gula, dan aduk rata. Perlahan gosokkan campuran ini di kulit selama 10 menit dengan gerakan melingkar, lalu diamkan 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat diikuti air dingin. Ulangi sebanyak 3 kali seminggu.

5. Tomat, Yogurt, dan Oatmeal

Masker kombinasi tomat berikutnya terbuat dari campuran 1 sdm jus tomat, yogurt, dan oatmeal. Setelah dioleskan dan didiamkan di wajah selama 20 menit, bersihkan dengan air dingin. Bila Anda tidak punya oatmeal di rumah, maka pakailah bahan yang ada saja yakni tomat dan yogurt. Ulangi proses ini 2-3 kali seminggu.

6. Tomat dan Madu

Blender ½ buah tomat sehingga teksturnya menjadi bubur halus, lalu tambahkan 1 sdm madu. Setelah dioleskan ke wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat diikuti air dingin. Untuk hasil terbaik, ulangi proses ini sebanyak 3 kali seminggu.

7. Tomat dan Timun

Baik tomat maupun timun sama-sama bersifat astringent sehingga dapat mengecilkan pori-pori besar, menghidrasi, sekaligus mencerahkan kulit. Untuk membuatnya, campur ½ buah tomat matang dan ¼ timun yang sudah dikupas kulitnya. Aplikasikan masker ke kulit, bilas dengan air dingin setelah didiamkan selama 15 menit. Anda juga bisa menambahkan 1 sdt madu, air jeruk, atau kunyit ke adonan tadi jika mau. Ulangi 2-3 kali seminggu agar kulit cepat putih.

8. Tomat dan Cendana

Kombinasi keduanya dapat mencerahkan, memutihkan, dan membuat kulit bercahaya. Pertama-tama, tumbuk 1 buah tomat matangnya lebih dulu hingga lembut. Setelah itu, tuang 1 sdm bubuk cendana dan beberapa tetes air lemon ke dalamnya. Aduk rata, lalu oleskan secara merata di kulit. Bersihkan wajah setelah masker didiamkan selama 15 menit. Lakukan cara memutihkan wajah dengan tomat ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

9. Tomat dan Minyak Zaitun

Oleskan campuran 4 sdm jus tomat dengan 1 sdt minyak zaitun, lalu diamkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat diikuti air dingin. Resep ini juga dapat digunakan 3 kali dalam seminggu.

10. Tomat dan Kentang

Campur masing-masing 2 sdm jus tomat dan jus kentang, oleskan lalu diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin, lakukan setiap hari. Anda juga bisa menambahkan 1 sdt madu ke larutan tersebut untuk memaksimalkan khasiatnya.

11. Tomat dan Pepaya

Kombinasi keduanya dapat mencerahkan sekaligus membuat wajah bersinar. Cara membuatnya sangat mudah, tinggal mengombinasikan masing-masing 2 sdm pepaya dan jus tomat. Setelah dioleskan ke wajah, diamkan selama 20 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat diikuti air dingin. Lakukan 3 kali seminggu.

12. Tomat, Minyak Kelapa, dan Kunyit

Campurkan jumlah yang sama untuk tomat, minyak kelapa, dan kunyitnya. Colek adonan dengan jari lalu gunakan itu untuk memijat wajah selama 10 menit. Biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya. Lakukan setiap malam sebelum tidur.

13. Tomat dan Susu

Bila dikombinasikan, nutrisi yang terkandung dalam susu dan beragam vitamin dalam tomat, semuanya dapat menutrisi sekaligus mencerahkan kulit. Cara memutihkan wajah dengan tomat dan susu adalah dengan mencampurkan masing-masing ½ cangkir jus tomat dan susu. Oleskan lalu diamkan selama 20 menit di wajah, lalu bilas. Anda juga bisa mengganti susu cair dengan susu bubuk. Lakukan setiap hari agar hasilnya maksimal.

14. Tomat dan Baking Soda

Kombinasi keduanya dapat mencerahkan wajah, menghilangkan noda serta bintik hitam di kulit. Campurkan saja 2 sdm jus tomat dan 1 sdt baking soda. Oleskan ke wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ulangi proses ini sebanyak 3 kali seminggu.

15. Tomat dan Almond

Punya kacang almond di rumah?! Rendam beberapa butir semalaman agar lebih lunak pada keesokan harinya. Setelah itu blender almond dan tomat secara terpisah, lalu campur hasilnya hingga rata. Oleskan dan diamkan di wajah selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat diikuti air dingin. Lakukan 3 kali seminggu.

Cara diatas merupakan cara yang umum digunakan untuk memutihkan wajah dengan tomat. Untuk kondisi wajah tertentu seperti kering atau berminyak perlu sedikit penyesuaian agar buah ini bekerja maksimal. Konsumsi tomat juga bisa membantu memutihkan dari dalam. Selain itu tomat juga punya segudang manfaat lain untuk kesehatan tubuh, seperti dipaparkan pada artikel ini: Manfaat Tomat untuk Kesehatan.

Cara Memutihkan Wajah dengan Tomat Sesuai Kondisi Kulit

memutihkan wajah dengan tomat merah

Jika resep di atas lebih ditujukan kepada semua jenis kulit secara umum, maka kombinasi yang berikut ini lebih dikhususkan untuk jenis kulit tertentu:

1. Kulit Berjerawat: Tomat, Minyak Jojoba, dan Tea Tree Oil

Minyak jojoba dapat dengan mudah terserap dalam kulit lalu menghidrasi dan mengontrol kelebihan minyak di wajah. Lain halnya dengan kandungan antiseptik dari tea tree oil yang dapat membersihkan infeksi penyebab jerawat.

Caranya mudah, cukup aduk rata campuran tumbukan ½ buah tomat dengan 1 sdt minyak jojoba dan 3-5 tetes minyak tea tree hingga rata. Oleskan ke wajah, diamkan 10-15 menit, bilas dengan air hangat diikuti air dingin. Ulangi 2-3 kali seminggu.

2. Kulit Bernoda: Tomat dan Madu

Selagi tomat memudarkan noda, madu bisa mempercepat proses pemulihan dengan cara menyuplai nutrisi penting dan antioksidan yang dibutuhkan kulit. Resep untuk masker ini adalah dengan mencampurkan 2 sdm lumatan tomat dengan 1 sdt madu. Oleskan ke wajah, diamkan hingga kering atau selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan 2 kali seminggu.

3. Kulit Berkomedo: Tomat, Oatmeal, dan Yogurt Tawar

Kalau oatmeal dapat membersihkan wajah dari semua kotoran yang menumpuk di pori-pori kulit, maka kandungan asam laktat dari yogurt bisa menyempurnakan proses pembersihan tersebut dengan cara mengikis sel kulit mati. Nantinya begitu pori-pori sudah bersih, komedopun akan hilang dengan sendirinya.

Anda tinggal mencampurkan 1 sdm yogurt tawar dan 1-2 sdm bubur tomat, lalu perlahan tambahkan 1 sdm oat ke dalamnya. Hangatkan adonan sambil diaduk rata, dan setelah dingin, oleskan lalu diamkan di wajah selama 15 menit. Gunakan resep ini 2 kali seminggu.

4. Kombinasi: Tomat dan Alpukat

Kandungan astringent dari tomat akan menyeimbangkan produksi minyak kulit. Sementara alpukat dapat menghidrasi serta menutrisi kulit agar tetap sehat. Di samping itu, alpukat juga dapat memperlambat proses penuaan berkat kandungan vitamin C dan E-nya.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan masing-masing 1 sdm bubur tomat dan bubur alpukat. Oleskan ke wajah, diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Lakukan 2 kali seminggu.

5. Dengan Lingkar Hitam di Bawah Mata: Tomat dan Lidah Buaya

Tak hanya kulit, namun lingkar hitam di bawah mata juga dapat dicerahkan oleh tomat. Menambahkan lidah buaya ke dalam resep ini membuat kandungan antioksidan dan antiradangnya meremajakan kulit sekaligus mengurangi tanda penuaan.

Resepnya sangat mudah. Anda tinggal mencampurkan 1 sdt air tomat dengan beberapa tetes gel lidah buaya. Diamkan itu di bawah mata selama 10 menit (hati-hatilah saat mengoleskannya agar tak sampai kena mata), lalu bilas. Untuk hasil maksimal, aplikasikan 1 – 2 kali sehari.

6. Kulit Kering: Tomat dan Minyak Zaitun

Kandungan asam lemak esensial dalam minyak zaitun mampu menutrisi kulit serta menghilangkan tekstur kering dari kulit. Pertama-tama, peras air dari ½ buah tomat ke dalam mangkok, lalu tambahkan minyak zaitun. Setelah diaduk rata, oleskan dan diamkan adonan di wajah selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat, lakukan 2 kali seminggu.

7. Kulit dengan Flek Hitam: Tomat dan Lemon

Baik lemon maupun tomat, keduanya dapat mempercepat proses pencerahan noda hitam. Campurkan 1 sdt bubur tomat dengan 3-4 tetes air lemon. Setelah itu, oleskan lalu diamkan hingga kering selama 10-12 menit. Bilas dengan air hangat, ulangi sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

8. Kulit Berminyak: Tomat dan Timun

Timun dapat menyeimbangkan pH sekaligus mengecilkan pori-pori besar yang dimiliki kulit berminyak.

Peras ½ buah tomat ke dalam mangkok, lalu tambahkan parutan ¼ timun. Oleskan ke wajah menggunakan cotton ball atau dengan tangan. Bilas wajah setelah 15-20 menit. Lakukan 2 kali seminggu.

9. Agar Kulit Tampak Cerah dalam Sekejap: Tomat, Cendana, dan Kunyit

Bubuk cendana sering dipakai sebagai bahan masker karena mampu membuat kulit bersinar. Sementara kunyit terkenal akan kemampuannya dalam meningkatkan corak kulit.

Untuk membuat masker ini, tumbuk ½ buah tomat tanpa biji lalu tambahkan sejumput kunyit bubuk dan 2 sdm bubuk cendana. Aduk rata, oleskan dan diamkan selama 15 menit di wajah. Anda pasti tercengang dengan hasilnya. Ulangi setiap 2 kali sehari.

10. Kulit Gosong (terbakar sinar matahari): Tomat, Lemon, dan Yogurt Tawar

Kandungan pemutih dalam semua bahan di bawah ini dapat menghilangkan efek gosong akibat sinar matahari. Di samping itu, yogurt juga bisa menutrisi kulit berkat kandungan gizi, vitamin, dan mineralnya.

Resepnya adalah dengan mencampurkan air dari ½ buah lemon ke dalam wadah, tambahkan 1 sdm jus lemon dan yogurt tawar ke dalamnya. Oleskan lalu bilas dengan air hangat setelah 15 menit. Gunakan resep ini setiap hari atau sedikitnya 2 hari sekali agar hasilnya maksimal.

Tips Lain yang Perlu Diingat

Jus atau buah tomat segar tentu lebih baik ketimbang yang sudah dikemas dalam botol. Oleh karenanya, gunakan yang segar saja. Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan beberapa tips berikut jika ingin cara memutihkan wajah dengan tomat berhasil maksimal:

  1. Selalu gunakan tomat yang sudah matang, bukan yang masih mentah atau yang sudah dikeringkan.
  2. Kurangi konsumsi tomat kalau Anda mengidap batu ginjal.
  3. Hindari mengoleskan tomat ke kulit yang terbuka, terluka, lebam, atau ditumbuhi ruam.
  4. Selalu oleskan sunscreen sebelum pergi ke luar ruangan.
  5. Hindari stres, tetap banyak minum agar tidak dehidrasi, dan berolahragalah teratur supaya peredaran darah lancar.
  6. Lakukan tes mini di lengan sebelum mengoleskan tomat ke wajah.
  7. Hindari menggunakan produk sabun, losion, krim, atau gel yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti paraben, lauryl sulphate, dll.

Jika tidak ada perubahan setelah Anda mencoba berbagai cara memutihkan wajah dengan tomat tadi, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter untuk hasil yang lebih baik.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer