Cara Mencegah Jerawat Paling Efektif dan Mudah Dilakukan

Jerawat bisa dibilang sebagai big enemy salah satu musuh terbesar bagi sebagian besar remaja, karena di masa remaja inilah hormon sedang aktif-aktif nya sehingga apabila tidak bisa dikendalikan akan timbul jerawat. Jerawat di wajah bukan saja menimbulkan sakit dan rasa tidak nyaman, lebih dari itu jerawat di wajah sangat tidak enak dipandang. Anda mempunyai jerawat? Ingin tahu cara mencegah jerawat?

Banyak cara dilakukan, banyak biaya dikeluarkan, tak terhitung sudah berapa klinik kecantikan didatangi hanya karena jerawat di wajah. Selain membuat penderitanya tidak percaya diri, jerawat yang menumpuk di wajah akan membuat orang lain menilai kita sebagai orang yang jorok, wajah sendiri saja tidak bisa dirawat apalagi yang lain. Jerawat memang bukan menjadi tolak ukur baik tidak nya seseorang, tapi tidak ada salah nya berpenampilan bersih dan rapih bukan?

cara mencegah jerawat

Artikel bermanfaat bagi yang sudah terlanjur jerawatan:

Jerawat biasanya muncul karena perubahan pada rutinitas harian Anda. seperti Anda sudah mulai menggunakan deterjen, shampo, krim wajah atau sabun yang berbeda. Beberapa hal Ini sering menjadi penyebab terbesar timbulnya jerawat.

Berikut ini 15 Tips Sederhana Mencegah Jerawat

1. Pilih Make up yang Aman untuk kulit

Bagi Anda remaja wanita yang sudah mulai membiasakan diri memakai make up, sebaiknya hati-hati dalam memilih produk kecantikann. Make up yang Anda gunakan (dan seberapa banyak dan sering Anda menggunakannya) memiliki dampak besar pada kesehatan kulit Anda. Sangat ironis kalau produk kecantikan yang Anda beli dengan harga mahal demi mendapatkan kulit bersih dan bebas dari jerawat justru malah menjadi penyebab munculnya jerawat itu sendiri.

Jika Anda tergolong orang yang rentan berjerawat, carilah produk yang mengandung “non-comedogenic” pada labelnya. Ini berarti bahwa produk ini dirancang khusus untuk tidak menyumbat pori-pori Anda. Karena Pori-pori tersumbat adalah salah satu penyebab utama berjerawat.

Banyak ahli dermatologi juga akan merekomendasikan produk ringan atau bebas minyak dengan label “non-comedogenic“, yang berarti make up atau produk tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Selain itu, hindari produk berlemak dan berminyak yang mengandung bahan seperti minyak mineral dan mentega kakao, yang bisa memicu jerawat.

2. Ganti sarung Bantal Anda Secara Rutin

Cara mencegah jerawat dapat dengan mengganti sarung bantal secara teratur, dan telah terbukti mampu mencegah jerawat. Setiap kali Anda tidur, semua keringat, kotoran dan sisa riasan make up dari wajah Anda menempel ke bantal setiap malam. Apalagi jika Anda tidak mencuci muka sebelum tidur, maka Anda tidur diatas semua kotoran, minyak, dan sisa make up yang dikumpulkan wajah sepanjang hari.

Jika Anda tidak mencuci sarung bantal secara teratur, Wajah akan tambah berminyak ditambah potensi pori-pori wajah tersumbat oleh kotoran menjadi semakin tinggi. Sarung bantal yang bersih akan memberi wajah Anda waktu istirahat di malam hari ketika tidur, setelah seharian terpapar banyak kotoran di luar rumah.

3. Pakailah Pelembab

Cara mencegah jerawat yang ketiga yaitu menggunakan pelembab. Jika Anda menggunakan obat atau krim untuk mengobati jerawat, maka selanjutnya pemakaian pelembab wajah sangat diperlukan agar jerawat tidak muncul lagi di wajah. Karena sebagian besar produk anti jerawat mengandung bahan yang efeknya membuat kulit kering, sehingga pemakaian pelembab segera setelah memakai obat anti jerawat di wajah sangat disarankan.

Memakai pelembab setiap hari akan membantu menjauhkan jerawat dengan cara membersihkan kelebihan minyak, kotoran, dan make up yang menumpuk di kulit Anda siang dan malam. Inilah sebabnya mengapa membersihkan wajah di pagi dan malam hari menjadi penting. Pastikan mencuci wajah terlebih dulu dengan air bersih sebelum mengoleskan pelembab.

Jika Anda berkonsultasi dengan dokter kulit, dan ia merekomendasikan produk yang mengandung benzoyl peroxide dimana bahan ini dapat membuat kulit kering, maka imbangi dengan memakai pelembab yang mengandung gliserin atau asam hyaluronic agar kelembaban di wajah tetap terjaga dan menghindari kulit wajah menjadi kemerahan, kering, dan mengelupas.

4. Coba Cek Shampo Anda

Cara mencegah jerawat yang keempat, coba teliti kembali shampo Anda. Shampo dan conditioner yang mengandung banyak pengharum buatan dan bahan kimia bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat di dahi, rahang, leher dan punggung. Maka dari itu cucilah muka setelah membilas rambut Anda untuk menghilangkan residu shampo dan kondisioner yang tertinggal.

Melihat efek samping penggunaan shampo diatas, mungkin Anda ingin mempertimbangkan untuk menggunakan obat alami yang bebas dari pengharum buatan dan bahan kimia berbahaya.

Produk organik (alami) tanpa bahan kimia tambahan seperti minyak dan wewangian buatan, juga bisa membersihkan rambut dan membuatnya harum alami dan yang terpenting tidak menyebabkan jerawat.

5. Berhenti Menyentuh Wajah Anda

Cara mencegah jerawat yang kelima, cobalah berhenti menyentuh wajah Anda sendiri. Anda mungkin memperhatikan bahwa orang yang berjerawat umumnya sering kali menyentuh wajah mereka sendiri, entah itu untuk memecahkan jerawat atau mengelusnya, padahal tindakan itu justru semakin memperparah kondisi jerawat.

Menyentuh wajah adalah salah satu sebab pertumbuhan jerawat. Ini karena minyak dan kotoran di tangan Anda akan pindah ke wajah. Percayalah, menjauhkan tangan kita sendiri dari wajah lebih sulit dari yang Anda bayangkan.

6. Periksa Deterjen yang Sering Anda Gunakan

Sama seperti shampo, deterjen bisa menjadi penyebab besar tumbuhnya jerawat. Jika jerawat muncul lebih banyak dari biasanya bisa jadi penyebabnya adalah deterjen Anda. Seperti telah kita ketahui, banyak produk sabun mengandung bahan kimia dan wewangian yang bisa mengiritasi kulit.

Yang lebih parah lagi jika pakaian yang dicuci dengan menggunakan deterjen tersebut tidak bersih sempurna dari residu atau zat-zat yang ditinggalkan deterjen. Bisa jadi setiap kali Anda berganti pakaian, mengusap wajah dengan handuk akan terkena jejak sabun yang tertinggal di pakaian tersebut. Cobalah beralih ke deterjen yang mengandung bahan-bahan alami saja, tanpa pewangi buatan.

7. Jangan Terlalu Sering Memakai Make up

Cara mencegah jerawat nomor tujuh adalah dengan mengendalikan keinginan memakai make up. Ini mungkin sulit bagi beberapa gadis (terutama yang di SMA), namun dengan mengurangi penggunaan make up hampir pasti bisa membantu mengendalikan jerawat atau bahkan menghilangkannya sama sekali.

Tidak hanya bahan-bahan dalam kebanyakan produk make up yang tidak baik untuk kulit Anda tapi juga ketika memakai make up itu berarti tangan menyentuh wajah Anda, yang semakin memperbesar resiko tumbuhnya jerawat.

Jika Anda harus memakai makeup, coba tambahkan setetes foundation cair ke pelembab alami, yang akan membantu melembabkan kulit. Atau lebih baik tidak usah memakai make up sama sekali. Cuci, bersihkan, dan beri pelembab wajah Anda di pagi hari dengan menggunakan produk alami dan biarkan wajah terbebas dari make up sehingga pori-pori akan mudah bernafas dan kulit wajah semakin segar.

8. Jauhi Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Sedikit terkena sinar matahari dikenal mampu mengurangi jerawat tapi kalau terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dapat memicu timbulnya jerawat yang lebih banyak. Jika Anda merencanakan akhir pekan di pantai, pastikan memakai tabir surya dan pelembab – ini akan membantu menjaga kulit tetap terhidrasi (tercukupi kebutuhan cairannya) dan terlindungi dari sinar matahari.

Namun, seperti pelembab, pilihlah tabir surya yang khusus digunakan di wajah. Tabir surya “wajah” ini biasanya tidak mengandung minyak tambahan, wewangian, dan bahan kimia yang akan menyumbat pori-pori Anda. Ingat, saat Anda menggunakan produk sembarangan yang tak jelas kandugannya, material seperti keringat, minyak, dan kotoran akan menumpuk dan menghalangi pori-pori, dari situlah timbul jerawat.

9. Olahraga

Pernah melihat atlet yang wajahnya penuh dengan jerawat?. Sangat jarang sekali bukan. Manfaat berolahraga setiap hari tidak hanya untuk kesehatan dan mendapatkan tubuh yang lebih bugar, tapi akan membantu Anda terlihat lebih percaya diri dan merasa lebih baik. Plus, membantu mengurangi jerawat.

Ketika kita berolahraga aliran darah akan meningkat di seluruh tubuh dan membuat kulit terlihat sehat dan bercahaya. belum berhenti sampai disitu, saat Anda berolahraga, keringat keluar lebih teratur, yang berarti Anda menghilangkan kotoran, racun, dan bahan kimia secara bersamaan.

Semakin sering Anda berolahraga harus diimbangi dengan asupan air yang cukup pula, jangan sampai tubuh malah kehilangan banyak cairan saat berolahraga. Saat Anda minum lebih banyak air, keringat menjadi lebih bersih dan jernih, yang juga akan membantu mencegah jerawat karena hal ini akan mengatasi penyumbatan pori-pori dan kulit berminyak.

10. Kurangi Stres yang Berlebihan

Tetap tenang dan selalu bahagia sebenarnya telah terbukti membantu mengendalikan jerawat. Jerawat sering muncul saat seseorang sedang stres atau khawatir berlebihan. So, tetap rileks menghadapi setiap tekanan dalam hidup Anda, fokus pada sesuatu yang positif saja, sesuatu yang membuat Anda tersenyum dan bahagia. Dengan melakukannya, Anda akan merasa lebih baik.

Ahli kulit di University of Texas Southwestern Medical Center, menyatakan orang yang berjerawat akan bertambah parah jerawatnya saat mereka menghadapi situasi yang penuh tekanan (yang memicu stres). Meski stres secara emosional tidak akan memicu munculnya jerawat, tapi stres berpotensi memperburuk gangguan kulit yang Anda derita.

11. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang tidak sehat selalu dikaitkan dengan jerawat. Sementara banyak penelitian gagal membuktikan adanya hubungan langsung antara keduanya, dokter dan ahli kesehatan sepakat bahwa menjaga pola makan sehat dapat membantu mencegah jerawat. Selain itu, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda memiliki alergi kecil pada beberapa makanan (susu biasanya) yang dapat memicu respons sistem kekebalan tubuh yang akibatnya timbul jerawat.

Mengurangi konsumsi susu, bersama dengan makanan yang tidak sehat lainnya, seperti burger berminyak, kentang goreng, keripik dan soda pasti akan membantu menghilangkan jerawat Anda. Lebih lanjut baca disini: Makanan Penyebab Jerawat

12. Berhenti Merokok dan Minuman Keras

Selain tidak bagus untuk kesehatan tubuh dan organ dalam, merokok dan meminum minuman keras membuat dehidrasi pada kulit, membuatnya lebih mudah pecah dan menimbulkan jerawat.

Ketika Anda merokok, tangan akan berulang kali menyentuh bibir dan kulit wajah yang akan menyebabkan kotoran di tangan pindah ke wajah, kemudian minyak dan kotoran yang terkumpul akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Menghilangkan kebiasaan buruk ini dari rutinitas harian akan membantu kulit Anda tetap bersih dan tubuh tetap sehat sekaligus dapat mencegah jerawat. Sekali mendayung dua-tiga pulau terlewati bukan?

Simak: 13 Cara Berhenti Merokok yang Efektif

13. Perbanyak Minum Air

Seperti sudah disinggung di point sebelumnya, mengonsumsi air minum adalah cara yang mudah (dan hemat biaya) untuk mencegah timbulnya jerawat. Air minum tidak hanya menghidrasi kulit Anda tapi juga menghilangkan semua racun yang tidak sehat dari tubuh -beberapa di antaranya mungkin penyebab jerawat.

Mengonsumsi setidaknya 8 gelas sehari akan membuat kulit Anda terlihat bersinar dan bercahaya setiap hari. Selain jerawat, ada banyak efek bahaya jika sampai kekurangan ais seperti telah dijelaskan di sini Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih

Menggabungkannya dengan olahraga teratur akan mencegah jerawat dengan menghilangkan racun dan minyak berlebih melalui keringat. Kulit Anda akan menjadi lebih sehat, tidak berminyak, tidak kering, dan bersih dari jerawat.

14. Bersihkan Telepon Anda

Sebagian besar remaja menghabiskan berjam-jam di handphone mereka setiap hari. Tanpa disadari perangkat seluler kecil ini adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat gaya baru. Mengapa? Karena semua kotoran dari layar handphone (yang telah Anda sentuh dengan jari kotor sepanjang hari) merembes ke wajah Anda setiap kali Anda menempelkannya ke wajah.

Untuk mencegah jerawat, bersihkan bagian telepon yang paling banyak tersentuh oleh tangan dan wajah anda sesering mungkin, maka wajah akan terhindar dari jerawat dan tampak lebih bersih.

15. Tidurlah Terlentang

Ini adalah cara hemat biaya dan efektif lainnya untuk mencegah jerawat. Tidur terlentang akan menjauhkan wajah dari sarung bantal yang kotor (apabila tidak rutin dibersihkan) dan juga jari-jari tangan kita sendiri. Beda halnya Saat Anda tidur tengkurap, wajah akan menempel pada bantal dan bisa mengiritasi kulit.

Demikian juga, ketika Anda tidur menyamping (miring), setengah dari wajah Anda akan tertekan ke bantal atau ditekan ke tangan yang telah Anda tempatkan di antara bantal dan wajah. Menjaga kepala atau wajah dari sentuhan yang berpotensi mendatangkan kuman atau bakteri lebih baik agar memperkecil risiko timbulnya jerawat.

Simak juga: 8 Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Itulah beberapa tips sederhana dalam mencegah timbulnya jerawat, bagi Anda yang masih pusing dengan jerawat di wajah yang tak kunjung sembuh. Poin penting dari artikel ini adalah, tetap jaga kebersihan tubuh mulai dari ujung rambut sampai ke kaki, juga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Karena kuman dan bakteri banyak bersarang di tempat-tempat yang kotor. Semoga tulisan ini bermanfaat. Cao!

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer