Cara Ampuh Mengatasi Ambeien Tanpa Operasi

Ketika mengidap ambeien atau wasir, Anda tak perlu buru-buru memeriksakan diri ke dokter. Masih ada cara mengatasi ambeien tanpa operasi. Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah untuk meredakan rasa sakit atau gatalnya sebelum bertambah parah.

Ambeien terjadi ketika pembuluh darah di area anus dan rektum mengalami pelebaran, dinding pembuluh darah yang melebar ini juga mengalami kerapuhan. Oleh sebab itu, gejala utama ambeien adalah adanya benjolan pada anus yang mudah berdarah (BAB Berdarah). Gejala lain yang menyertai seperti gatal, nyeri, dan rasa tak nyaman sebagaimana dijelaskan disini: Ciri-ciri dan Gejala Ambeien Dalam dan Luar

mengatasi ambeien

Memang ada banyak faktor penyebab ambeien, namun konstipasi atau sembelit adalah faktor utamanya. Sembelit dengan feses yang keras akan menekan aliran darah di usus sehingga membentuk bendungan dan pembuluh darah pun jadi melebar. Selanjutnya, apabila ambeien sudah ada, feses keras yang melewatinya juga akan memperparah kondisi wasir. Selengkapnya

Oleh sebab itu, jika feses berhasil dilunakkan dan dijaga agar selalu lunak, maka besar kemungkinan ambeien bisa diminimalisir. Beberapa tips berikut termasuk untuk membantu Anda terhindar dari konstipasi sehingga proses BAB jadi lebih lancar, urusan ambeien pun segera kelar.

Ikuti cara ini untuk meredakan rasa sakit dan gatal akibat ambeien:

Mandi memakai air hangat

Berendamlah dalam bak berisi air hangat selama 15 menit, lakukan 2-3 kali sehari, dan setiap kali usai BAB. Kalau Anda ingin membersihkan area dubur juga, maka gunakan sabun tanpa pewangi dan jangan menggosoknya terlalu keras.

Setelah selesai, tepuk pelan bagian dubur untuk mengeringkannya. Anda boleh menggunakan blow dryer yang disetting sehingga mengeluarkan angin dingin agar merasa lebih nyaman.

Gunakan krim atau salep wasir

Ada obat atau krim tertentu yang bisa mengurangi rasa sakit maupun sensasi gatal akibat ambeien. Sebisa mungkin carilah krim atau produk yang mengandung witch hazel karena bahan ini biasanya bebas efek samping.

Namun bila sulit menemukannya, Anda bisa memakai produk yang mengandung hydrocortisone, tapi jangan menggunakannya lebih dari 1 minggu kecuali bila dokter mengizinkannya.

Kompres es

Alternatif sederhana lainnya adalah meletakkan kompres dingin ke area dubur beberapa kali sehari. Sensasi dingin akan melumpuhkan rasa sakit dan mengurangi bengkak untuk sementara waktu.

Tapi ingat, jangan menggunakannya setelah Anda memakai obat wasir oles di atas, karena bisa langsung luntur. Jadi kompreslah sebelum mengenakan krim.

Minum obat pereda rasa sakit

Jika ambeien menimbulkan rasa sakit yang membuat tak nyaman, maka untuk mengatasinya gunakan obat pereda rasa sakit seperti acetaminophen (parasetamol), aspirin, atau ibuprofen. Obat-obatan ini dijual bebas tanpa perlu resep dokter, namun harus selalu memperhatikan petunjuk pemakainnya.

Jangan digaruk

Tak peduli segatal apa sensasi yang ditimbulkan wasir, jangan pernah menggaruknya karena itu bisa merusak kulit dan membuatnya iritasi sehingga rasa gatalnya semakin parah. Di samping itu resiko infeksi juga akan meningkat, apalagi ‘daerah’ ini dipenuhi oleh kuman sehingga rawan terjadi infeksi.

Pilih bahan katun

Untuk celana dalam, gunakan bahan katun dan pastikan ukurannya tak terlalu ketat sehingga area dubur bebas bernafas dan tidak lembab. Bukankah gerah dan lembab akan menimbulkan rasa gatal yang bertambah-tambah?

Kebiasaan baik saat BAB agar Ambeien tak semakin parah

Jangan memaksakan diri

Anda sedang di kamar mandi, merasa ingin BAB, namun setelah beberapa menit, feses tetap sulit keluar? Kalau ini yang sering dialami, jangan paksakan BAB-nya keluar dengan mengejan kuat. Sebaiknya Anda berusaha menyiasatinya dengan banyak minum dan olahraga terlebih dahulu.

Jangan ditahan

Kapanpun Anda merasa kebelet, maka segeralah pergi ke toilet. Jangan menunda atau menunggu toilet yang lebih mewah (semisal Anda sedang di luar). Kotoran bisa menerobos sehingga menciptakan tekanan yang lebih dahsyat lagi. Segeralah BAB begitu Anda merasa kebelet.

Gunakan Air dan Tisu Lembut

Setelah ritual BAB selesai, maka bersihkanlah dengan air secukupnya, setelah itu keringkan. Jika kertas tisu yang dipakai untuk mengeringkan area dubur membuat iritasi, maka Anda bisa memilih merk lain yang lebih lembut.

Pastikan tidak menggosoknya kuat saat memakainya, tapi gunakanlah secara lembut dengan cara menepuk-nepuk ringan. Hal ini penting untuk menghindari iritasi.

Jongkok lebih baik

Buang air besar dalam posisi jongkok lebih sehat bagi orang normal ataupun penderita ambeien. Jadi tak perlu malu menggunakan WC jongkok, karena inilah posisi terbaik untuk buang air besar sejak dulu kala. Anda yang harus BAB menggunakan WC modern (model duduk) bisa menambahkan kursi pendek untuk pijakan kaki.

Posisi lutut yang lebih tinggi bisa membuat proses pembuangan lebih lancar dan tidak tersendat. Penjelasan lebih lanjut, baca disini: Toilet Duduk Vs Toilet Jongkok, Mana yang Lebih Sehat?

Jalani pola hidup sehat untuk mencegah sekaligus ringankan wasir

Banyaklah makan serat

Sudah bukan rahasia lagi kalau menu makan kaya serat dapat membuat tekstur feses lebih lunak sehingga memudahkannya saat hendak dikeluarkan dari tubuh. Oleh karenanya, rajinlah makan biji-bijian, gandum, sereal, buah segar, dan sayuran.

Anda juga bisa minum suplemen tertentu kalau merasa tidak mendapat asupan serat yang cukup dari makanan. Selain baik untuk melancarkan BAB, serat juga bisa mengurangi kembung dan produksi gas dalam lambung.

Minum banyak air

Tetap terhidrasi dengan cukup minum juga dapat membuat tekstur feses lunak. Selain dengan minum banyak air putih, Anda juga bisa minum jus prem/ prune yang bersifat laksatif sehingga melancarkan BAB. Alternatif lainnya adalah buah pepaya atau kates.

Olahraga teratur

Untungnya, cara mengatasi ambeien tanpa operasi satu ini tak butuh usaha yang muluk-muluk. Bahkan dengan jalan cepat selama 20-30 menit setiap hari saja sudah cukup untuk membebaskan Anda dari ambeien.

Tarik nafas

Seringkali saat melakukan aktivitas intens yang membutuhkan konsentrasi tinggi, seseorang ‘lupa’ bernafas. Saking tegangnya, kebanyakan menahan nafasnya. Ini jelas harus dihentikan. Anda tetap perlu bernafas normal setiap saat, termasuk ketika mendorong, menarik, atau melakukan aktivitas berat lainnya. Menahan nafas hanya akan membuat wasir terasa sakit dan berdarah.

Gunakan bantuan bantal

Duduk di atas bantal berbentuk U atau donat bisa meredakan bengkak akibat wasir, sekaligus mencegah munculnya luka baru.

Beristirahat

Kalau tugas kantor memang mengharuskan Anda duduk terlalu lama, maka berdirilah dan gerakkan tubuh sedikitnya 5 menit setiap 1 jam sekali.

Perhatikan Makanan Anda!

Seperti yang disebutkan sebelumnya, 2 cara mengatasi ambeien tanpa operasi yang berhubungan dengan makanan adalah “perbanyak asupan serat” dan “banyaklah minum air putih”. Namun bicara soal serat, kita tahu kalau itu ada 2 jenis: serat larut dan tidak larut.

  • Serat larut adalah serat yang larut dalam air, lalu membantuk semacam agar-agar seperti lem (ibarat oat yang dicampur air). Inilah yang Anda butuhkan karena serat semacam ini membuat tekstur feses lebih lunak. Ingat, jika tak terjadi konstipasi, maka ambeien takkan muncul.
  • Serat tidak larut ini seperti kita mencelupkan potongan seledri ke dalam air, dan lihat, tak ada yang terjadi. Seledri itu hanya terendam di dalamnya saja. Meski begitu, jenis serat ini tetap dibutuhkan tubuh karena bisa membantu makanan lewat dengan lebih lancar dalam sistem pencernaan. Di samping itu, serat tak larut jugalah yang berperan dalam menyeimbangkan zat kimia dalam lambung.

Faktanya, kebanyakan makanan yang mengaku dirinya ‘tinggi serat’ memuat 2 jenis serat tadi. Dan Anda diharuskan untuk makan sedikitnya 25-30 gr serat atau lebih setiap harinya.

Secara umum, dari porsi serat yang diwajibkan tadi, 30%-nya paling tidak berupa serat larut. Kalau lebih dari itu bisa saja menyebabkan diare. Makan serat terlalu banyak dalam kurun waktu singkat juga bisa memicu gas dan kembung.

Jadi ada baiknya, Anda menambahkan serat secara bertahap ke menu makanan, apalagi kalau belum terbiasa mengonsumsinya. Anda juga harus minum lebih banyak cairan untuk membantu tubuh memanfaatkan serat itu.

Dan bicara soal makanan, ada yang dianjurkan untuk mengatasi ambeien, namun ada pula yang sebaliknya. Untuk ini, mari kita simak satu demi satu.

Anjuran dan pantangan makanan untuk Mengatasi Ambeien:

Biji-bijian, lentil, dan kacang-kacangan

Kalau Anda rajin makan kacang-kacangan dan biji-bijian, maka itu bisa menjadi bantuan yang besar untuk kelancaran proses BAB. Dengan hanya mengonsumsi ½ cangkir kacang/ biji-bijian seperti kacang merah, kacang putih, kacang hitam, atau lainnya, sudah bisa memenuhi 1/3 dari kebutuhan serat harian. Sebab porsi ½ cangkir kacang tadi biasanya mengandung 7-10 gr serat baik yang larut atau tidak, tergantung jenis kacang/ biji yang dipilih.

Bagi Anda yang suka kacang almond, maka 20 butirnya saja sudah mengandung 3 gr serat, begitu pula dengan ½ cangkir edamame yang kalorinya malah lebih rendah. Jadi, kelak kalau masak sup, daripada menambahkan daging, maka perbanyak kacang atau biji-bijiannya saja. Anda juga bisa menambahkan bahan makanan ini ke dalam salad sayur atau buah.

Gandum

Penderita ambeien yang terbiasa makan roti tawar putih, pasta, serta kraker bisa menggantinya dengan makanan berbahan dasar tepung gandum atau semacamnya yang lebih memuat banyak serat. Pop corn tanpa mentega juga baik untuk dijadikan bahan cemilan guna membantu mengatasi ambeien.

Buah dan sayur

Ketika hendak makan buah atau sayur, seperti apel, pear, plum, maupun kentang, ada baiknya Anda mengonsumsinya bersama kulitnya. Sebab di bagian kulitnyalah, serat tak larutnya berada, begitu pula dengan komponen flavonoid yang bisa membantu mengontrol pendarahan akibat wasir.

Selain buah dan sayur ‘berkulit’ tadi, jenis makanan yang warnanya cerah seperti berry, anggur, tomat, dan sayuran berdaun hijau juga kaya akan flavonoid. Soal bahan makanan ini, semakin segar, makin baik. Ada baiknya bahan makanan ini tidak diapa-apakan (dipotong, dll) lebih dulu sebelum Anda siap memasak dan memakannya. Dan saat mengolahnya, jangan sampai warnanya pudar.

Beberapa jenis buah dan sayur lain juga mengandung banyak air seperti timun, seledri, dan semangka yang kandungan airnya lebih dari 90%. Buah ini sangat disarankan untuk membantu mengatasi wasir.

Karenanya, biasakan diri mengonsumsi buah dan sayur setiap kali makan, seperti berry atau pisang sebagai pemanis alami menu sereal sarapan pagi, potongan apel dalam salad, bayam dalam omelet, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa meningkatkan asupan buah dan sayur dengan menjadikan bahan makanan ini sebagai snack. Saat lapar, kudaplah buah ara, aprikot, atau kurma. Anda juga bisa mengganti kue pie strawberry dengan buah strawberry segarnya langsung.

Pantangan Makan Bagi Penderita Wasir

Salah satu cara mengatasi ambeien tanpa operasi yang cukup ampuh adalah dengan menghindari makanan yang miskin serat. Makanan semacam ini bisa memicu konstipasi dan membuat ambeien bertambah parah. Makanan apa sajakah yang dimaksud?

  • Roti tawar putih dan roti lain yang dibuat dari jenis tepung yang sama.
  • Susu, keju, dan produk  susu lainnya.
  • Daging.
  • Makanan hasil proses seperti yang dibekukan dan fast food.
  • Makanan sumber karbohidrat (refinasi), daging merah, serta gorengan, juga bisa memicu radang dalam tubuh sehingga memperparah ambeien.

Dan kalau ambeien terasa gatal atau sakit, maka hindari juga kafein, alkohol, makanan pedas, serta buah jeruk-jerukan. Anda juga perlu membatasi jumlah garam karena sifatnya yang menahan air dalam tubuh bisa menambahkan tekanan pada pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di dubur yang menyebabkan ambeien (hemoroid).

Terakhir, suplemen zat besi juga bisa memicu konstipasi dan gangguan pencernaan, jadi pastikan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Untuk siapa tips di atas? Bagi siapa saja, terutama yang sudah divonis memiliki ambeien. Bagi Anda yang sudah memiliki wasir parah dan dokter menganjurkan untuk operasi, maka ikutilah petunjuk dokter. Cara mengatasi ambeien tanpa operasi di atas hanya efektif bagi yang memiliki ambeien ringan.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer