Cara Mengatasi Telinga Berdengung Tanpa Membuat Bingung

Pasti diantara Anda pernah merasakan telinga berdengung, kan?. Dalam istilah medis, telinga berdengung disebut dengan tinnitus. Mungkin bagi sebagian orang kondisi ini dirasa cukup wajar, namun apabila bunyi dengung di telinga berlangsung dalam waktu yang lama bahkan berbulan-bulan, maka Anda harus mencari cara mengatasi telinga berdengung tersebut. Yuk! cari tahu caranya di bawah ini.

Tinnitus adalah kondisi fisik yang dialami oleh seseorang dengan gejala mendengar suara atau dering di telinga atau kepala, padahal tidak ada sumber suara semacam itu dari luar. Tinnitus biasanya disebabkan oleh kesalahan pada sistem pendengaran. Ingat, telinga berdengung ini adalah gejala, bukan penyakit yang berdiri sendiri.

mengatasi telinga berdengung

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan tinnitus, bahkan bisa dikatakan hampir segala sesuatu yang membuat masalah pada telinga bisa menyebabkan telinga berdengung.  Dari yang paling ringan, seperti penumpukan kotoran telinga hingga kondisi serius seperti tumor pada saraf pendengaran semua bisa menjadi penyebabnya.

Beberapa penyakit seperti otosklerosis, meniere, juga kerap menjadi pelakukanya. Lebih utama lagi, dalam kehidupan kita sehari-hari SUARA BISING, misalnya gergaji, mesin, konser rock, dan sebagainya menjadi penyebab telinga berdengung yang tergolong umum terjadi.

Apapun penyebabnya, tetap saja, hal yang harus kita lakukan adalah mengatasi telinga berdengung tanpa menimbulkan masalah lebih lanjut. Inilah pokok bahasan kita kali ini.

Bagaimana Cara Aman Mengatasi Telinga Berdengung?

Sebelum Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli THT (telinga, hidung, dan tenggorokan). Cobalah beberapa langkah sederhana cara mengatasi telinga berdengung berikut ini.

1. Membersihkan Telinga

Telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan diri secara alami. Di dalam telinga terdapat zat seperti lilin atau disebut serumen yang berfungsi melindungi kulit dan membunuh beberapa jenis bakteri, serta mencegah pertumbuhan jamur pada telinga. Nah, kotoran telinga berasal dari kelenjar yang menghasilkan serumen tersebut.

Namun, apabila kotoran telinga terlalu banyak, maka telinga tidak mampu membersihkannya secara alami. Kotoran yang menumpuk akan menutup bahkan menyumbat liang telinga, hal ini dapat menimbulkan gejala telinga berdengung.

Jika hal ini yang menyebabkan telinga Anda berdengung, maka cara mengatasinya adalah membersihkan telinga. Untuk membersihkan telinga, tak perlu menggalinya “mengorek” terlalu dalam. Secara perlahan ambil saja kotoran telinga yang berada di dekat liang telinga luar.

Alih-alih mengatasi telinga berdengung, terlalu dalam mengorek telinga dapat merusak kulit tipis di telinga, baik bagian dalam maupun luar. hal ini malah berpotensi menimbulkan peradangan.

Selengkapnya, simak artikel berikut: Cara Sehat Membersihkan Kotoran Telinga

2. Tangani Gangguan Sendi TMJ

Salah satu penyebab di timbulnya dengung di telinga adalah gangguan sendi temporomandibular (TMJ). Gangguan telinga yang disebabkan TMJ memang hanya bersifat sementara, namun apabila tidak ditangani dengan baik, maka dapat membuat Anda tidak nyaman dan menambah parah kondisi tersebut bahkan dapat merusak telinga.

Ada beberapa perawatan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi telinga berdengung akibat gangguan sendi TMJ, yaitu mengompres dengan air es atau hangat dan metode akupunktur. Ortodonsi dan pembedahan juga sering direkomendasikan untuk menyembuhkan masalah TMJ, namun hal tersebut perlu dipertimbangkan secara hati-hati oleh dokter Anda.

3. Gunakan Peredam Suara

Pernah Anda mengemudi dan mendengar beberapa suara berisik dari luar? Lalu, Apa yang Anda lakukan? Sebagian besar orang, malah menyalakan radio untuk menutupi kebisingan tersebut. Nah, seperti hal nya juga telinga berdengung, dapat diatasi dengan cara meredam suara.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meredam suara, diantaranya:

  • Menggunakan alat untuk menyamarkan suara dengungan: Alat ini dipasangkan di telinga dan akan menghasilkan gelombang derau terus-menerus untuk menyamarkan dengungan pada telinga. Anda juga dapat menggunakan kipas angin dan mendengarkan musik yang bertempo lambat.
  • Kenakan alat bantu dengar: Hal ini sangat efektif terutama jika Anda juga mengalami masalah pendengaran selain telinga berdengung.

4. Melatih Otak

Cara lain untuk mengatasi telinga berdengung adalah melatih otak Anda untuk mengabaikannya. Mungkin sulit dipercaya, namun menurut “Canadian Hearing Society”, menyatakan bahwa teknik ini dikembangkan pada tahun 1990 oleh ahli saraf dan audiologis yang merupakan “standar  untuk membantu mengatasi telinga berdengung”.

Berdasarkan penelitian tersebut, bahwa sebagian besar pasien dapat merasakan peningkatan hanya dalam 6 minggu (walaupun pengobatan dapat bertahan selama 2- Tahun).

Anda dapat menggunakan teknik tersebut, dengan cara berikut ini:

  • Cobalah untuk tidak memperhatikan dengungan pada telinga Anda. Cuekin aja!
  • Lakukan pekerjaan yang Anda gemari dan tidak menghiraukan dengungan tersebut.
  • Apabila hal tersebut dirasa efektif, maka lakukanlah secara teratur.

Cara ini memang tidak menghilangkan dengung secara total, namun otak Anda lebih terbiasa dengan dengungan dari telinga tersebut sehingga Anda tidak akan merasa terganggu. Bukankah semuanya tergantung pada persepsi otak kita?

5. Pengobatan Transkranial

Menurut “Mayo Clinic” bahwa Pengobatan Transkranial adalah terapi non-invasif tanpa rasa sakit yang telah berhasil mengatasi telinga berdengung. Pengobatan ini dilakukan dengan cara mengirimkan medan magnet melalui koil elektromagnetik yang ditempatkan di kulit kepala untuk merangsang sel saraf. Teknik ini juga biasanya digunakan untuk mengobati depresi. Namun, pengobatan ini lebih umum digunakan di Eropa.

6. Istirahat dan Relaksasi

Stres merupakan salah satu penyebab telinga berdengung, serta sejumlah gejala yang tidak diinginkan lainnya. Relaksasi selama 15 menit pun membantu meningkatkan mood dan meredakan telinga berdengung.

Untuk merelaksasikan pikiran, Anda dapat melakukan sholat, berdoa, yoga, Tai-chi, meditasi, dan relaksasi otot progresif. Selain itu, pastikan juga Anda memiliki waktu istirahat yang cukup, karena kurang tidur dapat membuat telinga berdengung semakin parah.

7. Penggunaan Obat

Cara mengatasi telinga berdengung selanjutnya adalah penggunaan obat. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan meminta resep obat untuk mengatasi berdenging pada telinga. Obat yang dirasa efektif dan mampu mengatasi telinga berdengung adalah obat anti-kecemasan dosis rendah, seperti Valium. Obat lain yang mungkin disarankan oleh dokter Anda adalah antidepresan atau obat anti-kecemasan yang dikenal dengan Alprazolam.

8. Berhenti Merokok

Merokok dapat membuat telinga berdengung semakin parah. Hal tersebut dikarenakan rokok membahayakan aliran darah ke sel saraf sensitif yang mengendalikan pendengaran Anda. Selain itu, rokok juga bertindak sebagai stimulan dalam tubuh Anda yang dapat membuat dering di telinga terdengar lebih nyaring.

Bagi para perokok, hentikan kebiasaan tersebut agar Anda bisa berhasil dalam mengatasi telinga berdengung. Simak juga: 13 Cara Berhenti Merokok yang Efektif

9. Tidur yang Cukup

Sebagian orang memiliki masalah gangguan tidur, hal tersebut dapat menjadi penyebab telinga berdengung. Dengan tidur yang cukup kualitas tidur yang baik dapat menghilangkan stress dan mengatasi telinga berdengung. Latih kebiasaan di bawah ini untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

  • Jadikan kamar tidur Anda gelap dan sejuk.
  • Gunakan kipas angin atau mesin white-noise jika kamar tidur Anda terlalu sepi.
  • Pastikan tidur selama 7 sampai 9 jam di malam hari.
  • Usahakan bangun dan tidur pada jam yang sama setiap harinya.
  • Jaga kebersihan diri sebelum tidur, seperti mandi sebelum tidur .
  • Pastikan tempat tidur nyaman dan bersih
  • Hindari olahraga, makan, dan minum alkohol sekitar 2 sampai 3 jam sebelum tidur.

Kesulitan tidur? Coba 26 Obat Tidur Alami yang Paling Ampuh Menurut Dokter

10. Berolahraga

Pastikan Anda melakukan olahraga setidaknya tiga sampai lima kali dalam seminggu. Olahraga mengatasi banyak masalah dan juga membantu meredakan telinga berdengung. Hal tersebut dikarenakan, dengan rajin berolahraga kita mampu mengontrol tekanan rendah, memperbaiki tidur, dan menghilangkan depresi.

11. Berkonsultasi 

Berkonsultasi dan berbicara dengan orang yang pernah mengalami telinga berdengung, maka hal tersebut dapat membantu Anda mendapatkan informasi terkait cara mengatasi telinga berdengung yang ampuh.

12. Lindungi Pendengaran 

Suara keras adalah penyebab umum telinga berdengung. Hal ini juga dapat memperburuk hal tersebut dalam waktu singkat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi pendengaran:

  • Mendengarkan musik dengan volume 60% atau lebih rendah saat menggunakan headset atau earphone. Jangan mendengarkan musik lebih dari 60 menit.
  • Gunakan penutup telinga saat menonton konser, restoran yang ramai, atau tempat umum lainnya.
  • Gunakan juga penutup telinga saat menggunakan alat potong rumput, gergaji mesin, dan lain sebagainya.

13. Atasi Penyakit Berbahaya

Telinga berdengung bisa juga disebabkan penyakit tertentu. Selalu berusaha merupakan cara yang tepat agar masalah tersebut dapat teratasi. Tanyakan kepada dokter, apakah telinga berdengung yang Anda rasakan disebabkan oleh penyakit-penyakit berikut ini:

  • Gangguan tiroid
  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit Lyme
  • Fibromyalgia (intoleransi terhadap stres dan rasa sakit)
  • Kotoran telinga yang menumpuk
  • Rahang sejajar
  • Cedera otak traumatik

Tentu saja Anda tidak dapat mengatasi telinga berdenging dengan cara sederhana apabila disebabkan oleh penyakit-penyakit tersebut. Oleh sebab itu, langkah terakhir adalah meminta bantuan dokter. Tidak lupa untuk ceritakan juga obat-obatan yang rutin Anda konsumsi. Dikhawatirkan beberapa obat yang dikonsumsi memiliki efek samping dan dapat menyebabkan telinga berdengung.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer