Cara Tuntas Mengatasi Telinga Tersumbat

Jika Anda merasa telinga tersumbat dan pendengaran jadi menurun, maka bisa jadi itu disebabkan oleh penumpukan kotoran telinga, perubahan ketinggian mendadak, flu, dan lain-lain. Untungnya, cara mengatasi telinga tersumbat seperti ini tergolong mudah, meski tergantung pada penyebab dan keparahan kondisinya.

Kenapa saya mengalami telinga tersumbat?

Tersumbatnya telinga terjadi akibat adanya masalah pada saluran telinga, setidaknya ada dua saluran yang terlibat yaitu saluran telinga bagian luar dan bagian dalam. Sumbatan pada saluran atau liang telinga (ear canal) bagian luar bisa jelas terlihat misalnya akibat terlalu banyak kotoran telinga atau masuknya air ke telinga.

Sedangkan sumbatan pada saluran telinga bagian dalam terjadi saat tuba atau saluran eustachius (esutachian tube) tidak membuka atau menutup dengan benar. Tuba eustachius adalah saluran berbentuk seperti pipa (tabung) yang menghubungkan rongga faring (tenggorokan) dengan rongga telinga bagian tengah.

gambar saluran telinga

gambar saluran telinga

Proses membuka dan menutupnya saluran eustachius tersebut bertujuan untuk menyamakan tekanan antara telinga tengah dan tekanan atmosfer di luar telinga. Ketika mekanisme tersebut terganggu, misalnya saat mengalami perubahan ketinggian secara tiba-tiba (saat penerbangan atau mendaki gunung), maka terasa ada tekanan dalam telinga, terasa tersumbat, pendengaran menurun, bahkan bisa menimbulkan rasa sakit.

Selain itu, sumbatan telinga juga bisa terjadi karena ada peradangan pada saluran esutachius akibat infeksi sinus, infeksi telinga tengah atau alergi. Kondisi seperti ini bisa dialami siapa saja. Namun, anak-anak biasanya akan lebih sering terkena terutama pada saat mereka flu.

Cara Mengatasi Telinga Tersumbat

Ada cukup banyak cara untuk mengatasi telinga tersumbat, beberapa menggunakan obat-obatan, beberapa bisa dilakukan dengan cara sederhana atau dengan bantuan alat kesehatan. Namun, kondisi yang cukup parah mungkin memerlukan penanganan dokter untuk pengobatan dan penyembuhannya.

mengatasi telinga tersumbat

Cara sederhana berikut ini umumnya efektif untuk mengatasi telinga tersumbat yang tidak terlalu parah. Lakukanlah yang sesuai dengan penyebabnya dan mudah bagi Anda untuk melakukannya. Mudah-mudahan pendengaran kembali lega dengan cepat.

Telinga Tersumbat Akibat Perubahan Tekanan Udara

Ketika saluran eustachius terganggu akibat perubahan tekanan udara, maka dapat diatasi dengan menggunakan cara berikut ini:

1. Prosedur Manuver Valsava

Cara ini terkenal cukup efektif mengatasi telinga tersumbat bahkan sering juga dianjurkan oleh dokter. Prosedur manuver valsava ini sangat mudah dan tanpa bantuan alat apapun.

  • Tarik nafas dalam-dalam hingga udara memenuhi rongga dada, tahan!
  • Segera tutup mulut rapat-rapat dan tekan hidung dengan jari-jari agar tidak ada jalur keluar udara.
  • Kemudian hembuskan nafas dengan kondisi mulut dan hidung masih tertutup.
  • Jika dilakukan dengan benar, Anda akan mendengar suara kecil pada telinga yang menandakan terbukanya tabung eustachius.

Perlu diingat, jangan terlalu keras dalam menghembuskan nafas karena tekanan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga.

2. Menguap

Cara ini mungkin terlihat tidak berhubungan dengan telinga. Namun ternyata menguap adalah salah satu cara paling mudah untuk mengatasi telinga tersumbat. Menguap dapat mengurangi tekanan udara di telinga dan membantu mengaktifkan otot yang membuka tabung eustachius.

  • Menguap dan bukalah mulut lebar-lebar hingga terdengar suara kecil pada telinga seperti katup yang terbuka.
  • Ulangi gerakan menguap ini beberapa kali hingga telinga terasa lega dari sumbatan.

3. Mengunyah Permen Karet dan Menelan Ludah

Jika telinga terasa tersumbat akibat perubahan tekanan udara yang terjadi secara tiba-tiba, seperti yang terjadi saat pesawat terbang lepas landas, cobalah untuk mengunyah permen karet kemudian menelan ludah dengan kuat. Lakukan secara berulang-ulang hingga telinga terasa lega kembali.

Cara ini akan membuka saluran eustahius dan kemudian mengurangi tekanan berlebih di telinga yang membuat telinga terasa tersumbat.

Mengatasi Telinga Tersumbat Akibat Peradangan atau Alergi

Untuk kondisi telinga yang tersumbat akibat peradangan di saluran eustachius akibat flu, sinusitis atau alergi, maka cara efektif mengatasinya yaitu:

1. Kompres Hangat

Jika flu atau masalah sinus yang menjadi penyebabnya, maka cara terbaik mengatasi telinga tersumbat seperti ini yaitu menggunakan kompres hangat. Panas dari kompres ini akan membantu melonggarkan sumbatan dan meredakan rasa sakit di telinga. Caranya:

  • Rendam kain lap pada air hangat, peras kain kemudian letakkan lap hangat di atas telinga yang tersumbat selama 5 sampai 10 menit. Cara ini akan meringankan rasa sakit dan meningkatkan drainase cairan dari hidung dan telinga.
  • Cara lainnya bisa dengan membungkus botol air hangat dengan handuk tipis dan meletakkan di sisi telinga yang tersumbat selama 5 sampai 10 menit untuk mengurangi rasa penuh dan tekanan di telinga.

2. Menghirup Uap Hangat

Menghirup uap hangat atau steam merupakan salah satu cara yang mudah dan efektif dalam mengatasi telinga tersumbat. Uap hangat akan membantu mengurangi lendir pada rongga hidung yang pada akhirnya juga akan membuat telinga terasa lebih lega dari sumbatan.

Cara menyiapkan proses steam ini cukup mudah, seperti berikut:

  • Tuangkan air panas yang masih mengepul uapnya pada sebuah mangkuk besar atau baskom.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak teh atau minyak lavender kedalam air tadi.
  • Tutupi kepala Anda dengan handuk (seperti melindungi dari hujan) sementara mangkuk beruap ada di bawah wajah Anda.
  • Biarkan proses steam uap hangat ini berlangsung selam 10 menit untuk meringankan sumbatan pada hidung dan telinga.

3. Berkumur Air Garam

Berkumur dengan larutan air garam hangat dapat membuka sumbatan telinga dan sekaligus mengurangi kemampatan hidung akibat flu atau masalah sinus. Dua masalah ini biasanya saling berhubungan satu sama lain.

Cara berkumur air garam yang benar seperti berikut:

  • Campurkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat.
  • Berkumurlah dengan larutan ini dengan mengarahkan mulut ke atas, lakukan selama 15 sampai 30 detik kemudian keluarkan larutan garam tadi.
  • Lakukan cara ini beberapa kali hingga telinga tersumbat terasa lega.

Mengatasi Sumbatan Telinga Akibat Serumen

Kotoran telinga (serumen) yang jarang dibersihkan bisa menumpuk pada liang telinga, jika dibiarkan akan menutup saluran telinga dan membentuk sumbatan. Kondisi ini juga sering terjadi karena adanya infeksi pada dinding telinga luar, sehingga kulit mati dan kotoran terperangkap di sekitar infeksi.

Apabila hal itu terjadi, maka cobalah cara-cara berikut untuk mengusir kotoran telinga:

1. Minyak Zaitun

Untuk telinga yang tersumbat karena penumpukan kotoran di liang telinga, minyak zaitun bisa jadi pilihan tepat. Minyak alami ini dapat melembekkan kotoran telinga yang sudah menggumpal, sehingga lebih mudah mengeluarkannya. Cara penggunaannya seperti berikut:

  • Hangatkan minyak zaitun murni.
  • Gunakan alat tetes untuk meneteskan minyak zaitun hangat-hangat kuku tadi ke telinga.
  • Biarkan selama 10 menit agar kotoran telinga melembut.
  • Kemudian miringkan kepala untuk mengeluarkan minyak zaitun dan kotoran telinga. Gunakan cotton bud secara perlahan untuk membersihkan liang telinga.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan baby oil sebagai ganti minyak zaitun.

2. Alkohol dan Cuka Apel

Cara lain untuk mengatasi kotoran telinga yang menyumbat adalah dengan menggunakan campuran alkohol dan cuka apel. Dua zat ini dapat membantu mengobati jika terjadi infeksi bakteri di liang telinga yang menyebabkan penyumbatan. Cara menggunakannya cukup mudah, seperti berikut:

  • Campurkan alkohol dan cuka apel dengan perbandingan sama.
  • Miringkan kepala dengan telinga yang tersumbat menghadap atas dan mintalah bantuan orang lain untuk meneteskan campuran ini dengan bantuan alat tetes.
  • Agar campuran ini tidak tumpah, gunakan bola kapas untuk menutup telinga dan tetap pada posisi tadi.
  • Istrihatlah dalam posisi ini selama 10 menit agar campuran alkohol dan cuka apel ini bekerja.
  • Keluarkan cairan ini sambil membersihkan kotoran telinga yang ada dengan cotton bud.
  • Jika sumbatan terjadi lagi, ulangi cara ini hingga telinga dirasa telah sembuh.

3. Hidrogen Peroksida

Cara lain untuk mengatasi telinga tersumbat akibat akumulasi kotoran yang memadat yaitu menggunakan hidrogen peroksida. Zat kimia yang sedikit lebih kental dari air ini cukup ampuh menggerus kotoran dalam telinga. Cara menggunakannya pun mudah, seperti berikut:

  • Teteskan dua tetes hidrogen peroksida 3% ke telinga dengan bantuan alat tetes.
  • Mungkin akan muncul suara mendesis dalam beberapa menit dalam telinga Anda. Tunggu hingga 10 menit atau sampai suara mendesis itu berhenti.
  • Kemudian miringkan kepala hingga larutan hidrogen peroksida dan kotoran yang cair keluar dari telinga. Bersihkan dengan cotton bud.

Catatan penting: Jangan menggunakan hidrogen peroksida secara berlebihan karena dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga.

4. Air Hangat + garam

Membilas telinga dengan air hangat juga sangat baik untuk mengatasi telinga tersumbat. Namun perlu hati-hati menggunakan cara ini agar air tidak tertahan di telinga. Gunakan suntikan khusus telinga agar lebih aman dalam melakukan prosedur ini.

  • Buat larutan 1 cangkir air hangat dan 1 sendok teh garam, aduk hingga larut rata.
  • Isi suntikan khusus telinga (ear syringe) dengan air hangat.
  • Miringkan kepala ke samping kemudian tarik cuping telinga ke bawah untuk membuka saluran telinga.
  • Masukkan ujung suntikan ke dalam liang telinga. Arahkan suntikan sedikit ke atas kemudian tekan ujung suntikan sehingga air mengalir kedalam saluran telinga dan membilas kotoran yang ada.
  • Diamkan sekitar 10 menit lalu miringkan kepala ke sisi lainnya agar air dan kotoran telinga keluar dengan mudah.

Harus menjadi perhatian bahwa telinga merupakan organ yang sangat sensitif. Bahkan kebanyakan ahli telinga biasanya tidak menyuruh membersihkan telinga secara teratur untuk mencegah cedera yang mungkin terjadi.

Jika memang harus membersihkan telinga karena sudah sangat kotor, lakukanlah perlahan dengan cara memutar cotton bud pada rongga telinga dan jangan terlalu dalam.

Solusi terbaik dan aman membersihkan serumen ada disini: Cara Sehat Membersihkan Kotoran Telinga. Dan apabila tersumbatnya telinga akibat kemasukan air, maka disini solusinya: 14 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Obat Telinga Tersumbat

Apapun penyebabnya (selain masalah pada telinga luar), obat dekongestan bisa meringankan rasa tersumbat pada telinga. Fungsi obat ini yaitu melonggarkan saluran pada hidung dan saluran eustachius, sehingga dapat melegakan telinga yang tersumbat. Konsumsi obat ini 30 menit sebelum penerbangan juga dianjurkan untuk mengatasi telinga tersumbat saat naik pesawat. Contohnya obatnya: Pseudoefederin, Efedrin, yang tersedia dalam berbagai merek seperti Rhinos, dan lain-lain.

Kapan Harus ke Dokter?

Meskipun banyak cara mengatasi telinga tersumbat yang bisa dilakukan sendiri di rumah, namun pada kondisi tertentu diperlukan penanganan dokter. Misalnya untuk infeksi sinus atau infeksi telinga bagian tengah yang sering juga menyebabkan telinga tersumbat. Oleh sebab itu, segeralah hubungi dokter jika muncul gejala-gejala berikut:

  • Terjadi gangguan pendengaran yang lebih lama.
  • Demam.
  • Pusing.
  • Sakit pada telinga.
  • Terdengar bunyi berdenging.
  • Keluar cairan dari telinga.

Ingat, ada penyebab sederhana yang bisa diatasi sendiri di rumah, namun ada pula kondisi yang lebih serius dan perlu bantuan medis untuk mengatasi telinga tersumbat seperti ini.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer