Cara Mengencangkan Kulit Wajah yang Murah Meriah

Untungnya, cara mengencangkan kulit wajah tak harus selalu ditempuh dengan jalan operasi, laser, atau suntik botox. Masih ada metode lain yang lebih murah dan sehat. Apa sajakah itu?

Seiring bertambahnya usia, kulit manusia akan mengendur dikarenakan berkurangnya produksi kolagen. Oleh sebab itu, agar kulit wajah dan leher tetap kencang, maka kita perlu memberdayakan sumber kolagen dan nutrisi lain dari luar.

cara mengencangkan kulit wajah

Berikut adalah beberapa cara mengencangkan kulit wajah yang dapat Anda coba:

# Mengencangkan Wajah dengan Masker Alami

Masker wajah yang terbuat dari bahan herbal dianggap sebagian besar orang lebih berdampak ketimbang produk komersial. Anda bisa mencoba beberapa resep masker berikut untuk mengencangkan kulit wajah.

  • Sandalwood

Campurkan bubuk sandalwood (kayu cendana) dengan air mawar (perbandingan 1:1), lalu aplikasikan di wajah. Setelah kering, bilas wajah menggunakan air dingin.

  • Telur putih dan lemon

Putih telur dapat mengecilkan pori-pori wajah.

Setelah memisahkan putih dari kuning telur, tambahkan beberapa tetes perasan lemon. Lalu kocok campuran putih telur dan lemon hingga berbusa. Aplikasikan ke wajah menggunakan kuas, diamkan hingga kering. Setelah itu, bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

  • Madu dan susu

Campur 1 sdt madu dengan 5 sdt susu dan beberapa tetes minyak vitamin E. Aplikasikan ke wajah sedikitnya 2 kali seminggu. Setelah 10 menit bilas wajah, dan dapatkan kulit cantik bersinar.

  • Pisang

Agar kulit kencang bebas kerutan dan noda hitam, lumat 1 buah pisang matang dalam sebuah wadah. Aplikasikan lumatan pisang ke seluruh bagian wajah, leher, hingga dada atas. Setelah 20 menit, bersihkan.

  • Cuka apel

Cuka apel dapat melawan tanda-tanda penuaan seperti noda dan bintik hitam, berkat kandungan sulfurnya yang tinggi. Selain itu, cairan yang rasanya asam ini juga dapat mengencangkan kulit sehingga penampakan garis halus dan kerutan berkurang. Cuka apel juga mengandung agen astringent sehingga dapat menyembuhkan berbagai masalah kulit termasuk radang dan psoriasis. Baca juga manfaat lain dari cuka apel: Manfaat Cuka Apel dan Cara Menggunakannya

Anda tinggal mencampurkan ¼ cangkir cuka apel dengan ½ cangkir air, lalu oleskan di wajah. Biarkan larutan kering dengan sendirinya sebelum dibilas.

Cara lain mengencangkan kulit wajah menggunakan bahan ini adalah dengan mencuci wajah memakai campuran air dan cuka apel. Tak hanya membuat wajah lebih kencang, namun kulit jadi lebih lembut karenanya.

  • Lemon dan minyak zaitun

Minyak zaitun bagus untuk mempertahankan kekencangan wajah karena mengandung vitamin A dan E. Sementara perasan lemon dapat membersihkan pori-pori sehingga jerawat tak berani mendekat.

mengencangkan kulit wajah dengan zaitun

minyak zaitun untuk mengencangkan kulit wajah

Untuk membuat masker, Anda hanya perlu mencampur 3-4 sdm minyak zaitun dengan 2-3 sdm perasan lemon. Aplikasikan larutan ke wajah, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Blueberry dan madu

Tak hanya menangkal radikal bebas, blueberry juga dapat mengencangkan kulit karena kaya mineral, vitamin, antioksidan, dan nutrisi lainnya. Haluskan ½ cangkir blueberry sehingga terbentuk pasta lembut, sisihkan.

Olesi wajah terlebih dulu dengan 2 sdm madu. Selanjutnya, aplikasikan pasta blueberry di atas lapisan madu tadi. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Anggur

Anggur mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan vitamin C yang dapat merangsang pembentukan sel dan kolagen. Anda hanya perlu mengoleskan jus anggur murni ke wajah dan leher, diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.

  • Air mawar

Air mawar mengandung astringent dan toner yang dapat mengencangkan kulit kendur. Anda tinggal mengaplikasikannya pada wajah dan leher sebelum tidur, diamkan semalaman, lalu bilas keesokan harinya.

  • Strawberry, madu, dan yogurt

Saat dioleskan ke wajah, strawberry dapat mengecilkan pori-pori dan merangsang pembentukan kolagen berkat kandungan vitamin C dan AHA-nya. Anda tinggal melumat 2-3 buah strawberry bersama 2 sdm yogurt dan 2 sdm madu. Aplikasikan pasta pada wajah dan leher, diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Kayu manis dan kunyit

Kayu manis ternyata dapat merangsang produksi kolagen. Anda dapat mencampurkan 1 sdt bubuk kayu manis, 1 bubuk kunyit, dan minyak zaitun secukupnya sehingga terbentuk pasta. Setelah itu, masukkan ½ sdt gula atau garam. Gunakan adonan sebagai scrub wajah dan leher, setelah itu bilas dengan air hangat.

  • Lidah buaya

Lidah buaya mengandung asam malat yang dapat meningkatkan elastisitas kulit. Anda tinggal mengaplikasikan gel lidah buaya ke wajah dan leher, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Timun

Tumbuk setengah buah timun lalu peras hingga ekstraknya keluar. Aplikasikan itu ke wajah, diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air dingin. Timun juga bisa digunakan untuk menghilangkan kantung mata.

# Pijat wajah untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Memijat wajah secara teratur sebelum tidur dapat meningkatkan sirkulasi. Selain itu, memijat dengan gerakan melingkar dan hentakan ringan ke atas dapat menunda munculnya kerutan serta garis halus. Ketika memijat, pastikan Anda menggunakan pelembab berkualitas, dan jangan lupa pijat juga bagian leher.

# Olahraga teratur

Setelah hamil atau diet ketat, kulit wajah pun beresiko mengendur karena berat badan turun drastis. Untuk membantu mengencangkannya kembali, Anda dapat melakukan olahraga tertentu yang melibatkan posisi tubuh terbalik seperti headstand atau downward facing dog.

Tak hanya dapat mencegah kulit melorot, posisi tubuh terbalik ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke wajah sehingga merangsang pembentukan sel baru.

# Makan pengencang kulit wajah

Rutinlah mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C, E, A, asam amino, protein, kolagen, serta asam omega. Selain dengan makan buah-buahan dan sayuran, Anda juga perlu minum banyak air putih untuk mengeluarkan racun dalam tubuh sekaligus menjaga kulit tetap terhidrasi. Sebaliknya, hindari mengonsumsi terlalu banyak makanan manis atau junk food.

Menghilangkan kerutan pada wajah saja tidak cukup, Anda juga perlu melakukan 13 Tips Awet Muda yang Harus Anda Coba Sejak Sekarang

# Mandi air garam

Beberapa hari sekali, tambahkan 2 sdt garam ke dalam air mandi untuk membantu mengencangkan kulit wajah sekaligus mengikis kotoran dari kulit yang dapat mengganggu produksi kolagen.

# Gunakan SPF

Sedapat mungkin hindari berpanas-panas ria di bawah terik matahari agar kulit tak mudah rusak. Namun kalau harus keluar rumahpun, jangan lupa gunakan krim ber-SPF tinggi untuk melindungi kulit.

# Berhenti merokok

Jika ingin berhasil dalam mengencangkan kulit wajah, maka berhentilah merokok dan batasilah konsumsi alkohol karena keduanya dapat mengganggu perkembangan sel kulit serta produksi kolagen sehingga membuat kulit tua lebih cepat.

# Tidur cukup

Cara  mengencangkan kulit wajah lainnya adalah dengan cukup tidur saat malam hari. Alasannya, kurang tidur seringkali membuat kulit terlihat capek atau lebih tua dari yang semestinya. Baca juga: 10 Akibat Kurang Tidur yang Merugikan Kesehatan.

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer