Cara Paling Efektif Menghilangkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat memang sangat menjengkelkan, terlebih lagi bila terpampang jelas di wajah dalam jumlah cukup banyak. Kulit pun akan nampak kusam dan kurang menarik dibuatnya. Agar penampilan dan kepercayaan diri kembali meningkat, ketahui beberapa cara menghilangkan bekas jerawat berikut ini.

cara menghilang bekas jerawat

Inilah berbagai cara menghilangkan bekas jerawat yang patut di coba

#Perawatan Rumahan

Bagi yang menginginkan alternatif alami dan hemat, beberapa cara menghilangkan bekas jerawat rumahan berikut ini mungkin dapat menjadi pilihan tepat.

1. Gel Lidah Buaya

gel lidah buaya untuk menghilankan bekas jerawat

Gel lidah buaya segar menjadi salah satu cara ampuh dalam menyingkirkan bekas jerawat yang membandel. Teksturnya yang lembut dan kemampuannya dalam melembabkan kulit membuat gel lidah buaya cocok diterapkan pada sebagian besar jenis kulit.

Ambil satu potong lidah buaya ukuran sedang, kemudian kupas daging bagian luar untuk mendapatkan gelnya. Lantas oleskan langsung ke bagian wajah secara keseluruhan sambil di pijat dengan lembut selama 3 menit. Setelah itu, biarkan hingga mengering setidaknya selama 30 menit. Bilas dengan air dingin setelahnya.

2. Baking Soda

baking soda untuk menghilangkan bekas jerawat

Baking soda terdiri dari kristal natrium bikarbonat yang dapat digunakan sebagai scrub untuk mengelupaskan kulit mati serta memudarkan bekas jerawat. Cukup campurkan 2 sdt baking soda dengan air secukupnya hingga menyerupai pasta. Kemudian oles dan pijatkan secara perlahan ke area wajah yang ditempati bekas jerawat.

Selang beberapa menit, basuh wajah dengan air hangat dan gunakan pelembab alami seperti minyak zaitun atau air rendaman kelopak mawar. Aplikasikan cara ini setiap 2 hari sekali untuk hasil yang luar biasa.

3. Minyak Kelapa Murni

minyak kelapa murni untuk menghilangkan bekas jerawat

Sapukan minyak kelapa murni langsung ke area bekas jerawat dan biarkan hingga meresap. Tak perlu membilasnya, karena kandungan vitamin dan asam lemak esensial didalamnya akan terus bekerja selama pemakaian.

Namun, bila dirasa mengganggu kenyamanan, maka biarkan setidaknya selama 30 menit sebelum dihapus dengan toner pembersih wajah dan di basuh dengan air dingin.

4. Mentimun

mentimun untuk menghilangkan bekas jerawat

Mentimun mampu menghidrasi kulit. Kandungan vitamin A, vitamin C dan magnesium didalamnya pun sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Untuk menghilangkan bekas jerawat, ambillah beberapa irisan tipis timun segar dan letakkan langsung ke area wajah. Setelah sekitar 60 menit, buang irisan timun tersebut dan bilas wajah menggunakan air dingin. Ulangi setiap hari sesuai keinginan.

5. Madu

madu untuk menghilangkan bekas jerawatMadu memiliki sifat penyembuh dan pelembab alami bagi kulit. Sangat cocok digunakan sebagai masker wajah, terutama bagi yang sedang bermasalah dengan bekas jerawat yang tak kunjung pergi.

Gunakan 2 sdm madu murni, kemudian usapakan ke seluruh wajah hingga merata dengan jari. Diamkan selama 15 hingga 30 menit. Selepas itu, bersihkan bekas madu dengan air dingin dan tepuk-tepuk dengan tangan untuk mengeringkan. Gunakan perawatan ini sesering mungkin atau sesuai kebutuhan.

6. Perasan Air Lemon

perasan air lemon untuk menghilangkan bekas jerawat

Perasan air lemon mengandung alpha-hydroxy acid (AHA) yang secara alami dapat meluruhkan sel kulit mati, memudarkan bekas luka ataupun jerawat, mencerahkan warna kulit dan merevitalisasi kulit secara keseluruhan.

Cukup peras air dari satu buah lemon ke dalam mangkuk kecil. Campurkan dengan sedikit air bila memiliki kulit yang sensitif. Oleskan perasan air lemon dengan bola kapas ke area bekas jerawat dan biarkan hingga benar-benar mengering.

Kemudian bilaslah wajah dengan air dingin. Ulangi setiap 2 atau 3 hari sekali. Hindari sengatan matahari langsung sementara waktu setelah melakukan perawatan ini.

7. Kapsul Vitamin E

kapsul vitamin E untuk mengatasi bekas jerawat

Tusuk atau gunting satu kapsul vitamin E dan oleskan minyak didalamnya langsung ke area bekas jerawat. Cara ini diketahui efektif dalam menyembuhkan jerawat maupun bekas yang ditinggalkannya. Aplikasikan setiap hari di pagi atau malam hari menjelang tidur.

 

#Prosedur Medis

Jika perawatan rumahan tidak menampakkan hasil yang memuaskan, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara menghilangkan bekas jerawat melalui prosedur medis berikut ini.

dermabrasi untuk menghilangkan bekas jerawat

Dermabrasi, salah satu prosedur medis untuk menghilangkan bekas jerawat

8. Dermabrasi

Dermabrasi merupakan suatu metode pengelupasan kulit dengan menggunakan alat khusus bernama dermabrator. Metode ini dapat mengikis hingga lapisan kulit terdalam, jadi sangat cocok digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat hingga bekas cacar atau luka kecelakaan.

9. Laser Resurfacing

Laser resurfacing merupakan prosedur perawatan kecantikan yang berfokus pada perbaikan penampilan wajah, terutama untuk menghilangkan bekas jerawat, bopeng, kerutan dan berbagai problem kulit lainnya.

Pengaplikasiannya dilakukan dengan mengarahkan cahaya laser pada permukaan wajah yang hendak dibersihkan untuk kemudian dipanaskan pada kedalaman dan jangka waktu tertentu.

10. Microneedling

Microneedling adalah metode perawatan kecantikan yang terbilang baru dan invasif. Dimana dermatologis atau aesthetician akan menciptakan lubang-lubang kecil di kulit menggunakan dermaroller atau alat khusus yang dilapisi dengan jarum super halus.

Tujuannya untuk memancing proses alami tubuh dalam menyembuhkan diri, menstimulasi produksi kolagen dan elastin sehingga akan mengembalikan keremajaan kulit, mengurangi garis-garis halus, keriput, bekas jerawat dan lainnya.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang dapat diterapkan, baik secara alami maupun prosedur medis. Apapun cara yang dipilih, pastikan untuk menggunakannya sesuai anjuran. Untuk prosedur medis, lakukan hanya pada dokter kulit atau ahli estetika bersertifikat di klinik kesehatan resmi.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT