Cara Menghilangkan Bisul di Kepala dengan Cepat dan Aman

mengobati bisul di kepala

Bisul dapat muncul di bagian kulit mana pun, dan salah satu tempat yang termasuk kerap disambangi yaitu kepala. Bisul di kepala memang terasa begitu sakit, karena daerah ini kaya akan serabut saraf sehingga peradangan sedikit pun akan begitu terasa. Terlebih area ini sangat berpengaruh terhadap fikiran dan konsentrasi seseorang.

Karena begitu menyakitkan dan menimbulkan penderitaan, maka setiap orang yang mengalaminya pasti ingin cepat sembuh. Namun masalahnya, penanganan yang salah malah berisiko membuat infeksi menyebar luas atau bahkan berpotensi untuk kambuh.  Oleh sebab itu, simak baik-baik cara menghilangkan bisul di kepala yang akan kami paparkan di bawah ini.

Kenali prinsip mengobati bisul di kepala:

Bisul disebabkan oleh infeksi bakteri pada folikel rambut (pertumbuhan akar). Bisul yang baru muncul, dapat dengan mudah diatasi dengan memperlancar aliran area tubuh yang terlibat. Bisul yang sudah berhari-hari (sudah besar) harus ditunggu hingga matang dan pecah. Bisul yang sudah pecah harus dibersihkan dan tangani dengan steril untuk mencegah kekambuhan.

Inilah Cara Mudah Menghilangkan Bisul di Kepala yang Belum Pecah

1. Kompres Hangat

Bisul di kepala yang muncul tiba-tiba bisa sembuh dan menghilang dengan cepat ketika aliran darah ke daerah tersebut diperbanyak. Pasalnya, di dalam darah kita termuat berbagai macam sel dan zat kekebalan tubuh yang dapat membasmi bakteri penyebab bisul.

Meskipun sebenarnya sistem kekebalan tubuh sudah mengarahkan darah ke tempat bisul, namun agar kerja alami ini lebih maksimal, maka kita bantu dengan kompres hangat.

Inilah cara mengatasi bisul di kepala dengan kompres hangat:

  • Benamkan kain lap/handuk ke dalam air panas (sepanas yang bisa Anda tahan tanpa menimbulkan sakit)
  • Peras kain tersebut hingga tak ada air yang menetes.
  • Letakkan kain di atas bisul dan tahan.
  • Panasi lagi kain tersebut ketika telah dingin, lakukan secara berulang-ulang.
  • Durasi terbaik selama 20 menit.

Alternatif: Jika Anda tidak suka dengan cara di atas, maka Anda dapat menggunakan plastik yang diisi air hangat, lalu ditempelkan pada bisul.

kompres hangat untuk bisul di kepala

kompres hangat begitu ampuh mengobati bisul di kepala; yang baru tumbuh cepat kempes, yang terlanjur besar cepat matang.

Lakukan kompres hangat ini selama 2-3 kali sehari selama 2 hari. Bisul yang baru muncul akan mengempis dan menghilang, namun jika sudah terlanjur besar, maka cara mengobati bisul seperti ini akan mempercepat kematangan bisul.

2. Kunyit

Kunyit terkenal dapat mengatasi inflamasi (peradangan) dan juga infeksi. Tak lain, karena kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkumin, yang merupakan agen anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Efek ini dapat dirasakan ketika digunakan sebagai obat luar ataupun obat dalam (dikonsumsi) melalui mulut.

Untuk menyembuhkan bisul di kepala, maka cukup digunakan sebagai obat luar, berikut caranya:

  • Ambil setengah sendok teh bubuk kunyit.
  • Tambahkan cuka untuk membuat pasta kental.
  • Oleskan pasta pada bisul dan biarkan selama 30 menit.
  • Setelah itu bersihkan dengan air hangat.

3. Garam Inggris (Epsom)

Meskipun terlihat seperti garam, Epson sebenarnya bukan garam yang biasa kita konsumsi. Garam epsom adalah senyawa mineral magnesium sulfat alami yang tersedia di alam.

Garam inggris ini memiliki banyak sifat obat yang bermanfaat bagi kulit dan saraf. Beberapa khasiatnya yaitu dapat mengurangi peradangan sehingga dapat digunakan sebagai pengobatan luar untuk bisul.

Anda dapat menggunakannya untuk mengobati bisul di kepala dengan cara berikut:

  • Ambil satu sendok teh garam Epsom dalam mangkuk.
  • Tambahkan dua sendok teh air hangat untuk membuat larutan kental.
  • Celupkan kapas di dalamnya dan letakkan tepat di atas bisul.
  • Biarkan selama 20 menit.
  • Cuci kulit dan bersihkan hingga kering.
  • Lakukan dua kali sehari.

Cara di atas akan meringankan rasa nyeri dan membuat bisul menjadi lebih cepat matang. Pada gilirannya, bisul akan meletus dan mengeluarkan nanah, biarkan tetap terbuka dan kuras isinya hingga habis. Bersihkan dan cuci area bisul dengan air hangat dan oleskan salep/krim antibiotik.

Sebaiknya meminta bantuan medis untuk membersihkan isi bisul, dengan harapan nanah yang ada di dalamnya dapat terkuras habis, dilakukan dengan cara steril, dan mencegah kekambuhan di kemudian hari.

4. Salep untuk bisul di kepala

Bila ternyata Anda begitu malas menerapkan cara alami di atas, maka masih ada pilihan lain untuk mengatasi bisul di kepala. Ya, menggunakan obat bisul salep yang banyak tersedia di apotek. Berikut beberapa obat salep yang bisa digunakan untuk kepala bisulan:

  • Benzocaine salep. Salep ini tidak menyembuhkan bisul secara langsung, tetapi membantu meredakan rasa sakit. Zat anestesi lokal di dalamnya menghalangi transmisi sinyal rasa sakit. Sebaiknya obat ini digunakan sesuai anjuran dokter.
  • Mupirocin salep. Mupirocin adalah antibiotik topikal yang sangat efektif membasmi bakteri penyebab bisul, MRSA (meticillin resistant Staphylococcus aureus), dan bakteri gram positif lainnya. Mupirocin salep biasanya diterapkan tiga kali sehari. Efek samping yang bisa muncul berupa sakit, rasa terbakar, gatal, menyengat dan ruam kulit.
  • Gentamisin Salep. Gentamisin adalah antibiotik spektrum luas yang efektif mengobati bisul di kepala. Oleskan salep gentamisin tipis-tipis pada bisul, tiga empat kali sehari. Namun, tidak boleh digunakan selama lebih dari dua minggu. Penggunaan jangka panjang akan meningkatkan risiko resistensi bakteri terhadap antibiotik. Gentamisin umumnya ditoleransi baik, jarang menimbulkan efek samping.
  • Salep Ichtyol (Salep Hitam). Salah satu obat bisul salep yang cukup populer di Indoneis. Kandungannya berupa ichtammolum 10% yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, antibakteri dan antifungi sehingga cukup efektif dalam mengobati bisul yang ringan. Oleskan tipis pada bisul 2 – 3 kali sehari. Jangan berlebihan memakainya karena bisa menimbulkan iritasi pada kulit.

Tips tambahan: Sebaiknya rambut yang tumbuh di permukaan dan sekitar bisul di cukur sependek mungkin agar memudahkan dalam menerapkan obat-obatan di atas. Juga bermanfaat untuk mencegah tercemarnya area sekitar.

Kapan harus ke dokter?

Jika hal-hal di bawah ini terjadi, maka sudah saatnya untuk pergi ke dokter:

  • Bisulnya tidak berkurang atau hilang setelah diobati selama 1 minggu.
  • Ukurannya sebesar bola ping-pong.
  • Kulit di area sekitar berwarna merah terang.
  • Sensasi menyakitkannya tak tertahankan.
  • Ada benjolan lain yang muncul di sekitar bisul.
  • Bisulnya kambuh lebih dari sekali dalam beberapa bulan.
  • Anda juga mengidap diabetes.

Apa yang dilakukan ketika bisul matang atau pecah mengeluarkan nanah?

Meski terlihat menggemaskan, ketika bisul di kepala sudah matang (banyak nanahnya), ada baiknya Anda tidak memencet atau memaksa keluar nanahnya. Sebab bila caranya salah, hal itu dapat menginfeksi area terdekatnya atau membuat infeksinya masuk lebih dalam lagi ke kulit sehingga memicu infeksi parah atau timbulnya bisul lain.

Agar nanah  dapat keluar dengan tuntas, mintalah bantuan ahlinya. Dokter akan membuat sayatan kecil pada bisul dan menggunakan kapas steril untuk menyerap serta menghilangkan nanahnya. Proses ini mesti dilakukan secara hati-hati dan dalam keadaan steril.

DISKUSI TERKAIT

Baca juga