Cara Mudah Menghilangkan Hidung Tersumbat Tanpa Harus Ke Dokter

Hidung tersumbat disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah, pembengkakan, serta iritasi yang terjadi akibat proses peradangan di rongga hidung. Keluhan ini kerap kali disertai dengan banyaknya ingus atau lendir, yang tentu saja menambah lengkap ketidaknyamanan. Sampai disini, siapapun pasti mengupayakan berbagai cara untuk menghilangkan hidung tersumbat. Namun, bagaimana cara yang paling efektif?

Produksi ingus atau lendir pada saat flu atau sejenisnya, sejatinya dilakukan tubuh sebagai upaya untuk mengusir agen penyakit atau penyebab masalah. Namun, apabila hal ini dirasa sangat mengganggu bahkan hidung tersumbat terus terjadi, maka kita harus mengatasinya dengan cara yang benar. Jangan salah, cara sembarangan dalam menghilangkan hidung tersumbat, justru malah akan memparah kondisinya.

Bagaimana hidung tersumbat bisa terjadi?

mengatasi hidung tersumbat

Mengetahui proses terjadinya suatu penyakit akan sangat bermanfaat dalam membantu pengobatan, termasuk masalah hidung tersumbat ini. Gangguan hidung tersumbat seringkali muncul akibat infeksi virus, misalnya pada common cold dan flu; akibat reaksi alergi, dan juga iritasi.

Semua penyebab di atas akan memicu reaksi peradangan yang menimbulkan berbagai gejala. Ketika radang terjadi, maka pembuluh darah di rongga hidung menjadi berukuran besar atau melebar, jaringan di sekitarnya pun menjadi membengkak hingga menutup aliran udara. Keluhan lain yang menyertai diantara; hidung terasa gatal yang memicu bersin-bersin, dan produksi lendir atau ingus menjadi lebih giat.

Umumnya kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya, namun bila hidung tersumbat tak kunjung sembuh dalam waktu 1 minggu, maka penyebabnya bisa jadi karena sinusitis akut, udara kering, perubahan hormon, asma, kehamilan, stres, gangguan tiroid, asap rokok, atau lainnya. Ada pula hidung tersumbat menahun, hal ini bisa terjadi akibat polip atau tumor. Untuk mengatasi hidung tersumbat seperti ini, maka Anda harus ke dokter.

Seperti apa hidung tersumbat yang bisa kita atasi sendiri di rumah?

Kita sepakat bahwa hidung tersumbat jelas bikin tak nyaman, terkhusus bagi anak-anak saat mereka tidur. Oleh karenanya, kondisi ini harus segera diatasi, sebab bila tidak, maka bisa muncul masalah kesehatan lainnya seperti infeksi telinga, insomnia, dan lain sebagainya.

Untungnya ada berbagai cara menghilangkan hidung tersumbat yang mudah dilakukan di rumah. Cara ini ditujukan untuk keluhan hidung mampet yang baru terjadi, atau baru beberapa hari Anda alami.

Cara mengatasi hidung tersumbat di rumah:

1. Uap Panas

Menghirup uap panas merupakan cara menghilangkan hidung tersumbat yang cukup populer. Hal ini dikarenakan uap panas bekerja seperti ekspektoran alami sehingga dapat membersihkan sekaligus melumasi saluran pernafasan yang teriritasi.

Prakteknya mudah saja, tinggal didihkan sepanci air, tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint atau eucalyptus, lalu hirup uapnya selama 10 menit. Saat menghirup uap panas, lakukan 2-4 kali dalam sehari, dan beri jarak antara kepala dan airnya agar tak terlalu dekat. Jangan lupa hamparkan handuk di atas kepala untuk ‘menjebak’ uap panasnya. Menghirup uap dari humidifier atau air mandi panas juga dapat meredakan hidung tersumbat.

Meski sederhana dan tergolong alami, namun metode ini tidak disarankan untuk anak usia di bawah 12 tahun karena risiko luka bakar. Larangan serupa berlaku juga untuk ibu hamil, penderita hipertensi, gangguan jantung serta sistem saraf pusat.

2. Terapi Irigasi Hidung

Terapi ini menyertakan larutan garam yang juga efektif atasi hidung tersumbat. Saat melewati rongga hidung, larutan ini akan membilas ingus, serta penyebab iritasi sehingga pernafasan lebih lega.

Untuk menyiapkan larutan garamnya, masukkan 1 sdt garam tak beryodium (yodium dapat mengiritasi saluran hidung) ke dalam 2 cangkir air hangat. Lalu pilih salah satu dari 2 metode populer berikut untuk melakukan terapi iritasi.

  • Gunakan Neti pot – miringkan kepala ke belakang dan perlahan tuang larutan ke salah satu lubang hidung. Biarkan air keluar melalui lubang hidung satunya.
  • Pilihan lain adalah dengan menuangkan larutan garam ke telapak tangan yang sudah dicuci bersih, lalu hirup air tersebut melalui lubang hidung secara bergantian.

Terapkan terapi irigasi hidung ini 1-2 kali sehari selama beberapa hari.

3. Perhatikan jenis makanan

Mengonsumsi makanan pedas yang mengandung cabai, jahe, dan bawang, juga bisa menghilangkan hidung tersumbat dengan cepat. Begitu pula dengan sup ayam, makanan sumber omega-3, dan vitamin C yang dapat mendongkrak sistem imun tubuh. Sebaliknya, hindari mengonsumsi produk susu, gula, kentang, dan sayuran berzat tepung agar produksi ingus tidak bertambah.

4. Tinggikan Kepala

Seperti telah dijelaskan bahwa pelebaran pembuluh darah menjadi penyebab utama hidung tersumbat. Darah adalah cairan, tentu akan dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Jadi agar darah tidak banyak mengumpul di area hidung, tinggikan kepala saat berbaring. Cara sederhana ini akan membuat nyaman tidur Anda, karena terbebas dari hidung tersumbat.

5. Kompres Hangat

Mengaplikasikan kompres hangat ke lubang hidung dapat membantu melancarkan hidung tersumbat karena saluran nafas terbuka. Suhu hangat akan meringankan peradangan serta dapat mengencerkan lendir.

6. Minum Lebih Banyak Air

Air dapat membuat tubuh tetap terhidrasi sekaligus membantu mengencerkan ingus sehingga lebih mudah keluar. Dengan demikian saluran udara di hidung bisa lebih cepat bersih.

7. Banyak Istirahat

Ketika hidung tersumbat, Anda juga mesti banyak istirahat agar tubuh cepat pulih. Saat malam, taruhlah beberapa bantal di bawah kepala agar proses bernafas lebih mudah. Sebagaimana dijelaskan pada poin 4 di atas.

8. Jauhi Alergen

Beberapa kasus hidung tersumbat terjadi akibat proses alergi. Alergi tidak akan terjadi ketika seseorang menghindari penyebabnya (alergen). Mengenai alergen ini, setiap orang yang alergi memiliki pemicu khasnya tersendiri, mislanya debu, bulu hewan, dan lain-lain.

9. Olahraga Teratur

Olahraga teratur juga bisa mengobati hidung tersumbat dengan cepat dan alami. Namun sementara waktu, hindari berenang dalam kolam yang mengandung klorin karena zat ini dapat mengiritasi saluran hidung.

menghilangkan hidung tersumbat dengan obat alami dan apotek

Cara menghilangkan hidung tersumbat dengan obat apotek:

1. Vicks VapoRub

Vicks VapoRub merupakan produk dekongestan yang dapat dibeli di apotek. Bahan aktif balsam seperti kapur barus, minyak eucalyptus, dan mentol dapat menghilangkan hidung tersumbat. Anda tinggal menggosokkan balsam ini ke dada, punggung, dan tenggorokan sebelum tidur agar pernafasan lebih lega dan tidur lebih nyenyak. Jangan gunakan balsam ini untuk anak yang usianya masih di bawah 2 tahun.

Cara lain adalah dengan mendidihkan air, lalu setelah apinya mati, masukkan sedikit Vicks VapoRub ke dalamnya. Dekatkan hidung ke atas uap panasnya sambil menudungi kepala dengan handuk lebar, tutup mata, lalu hirup uapnya selama beberapa menit. Ulangi sebanyak yang diperlukan. Metode ini tidak untuk anak yang usianya 12 tahun ke bawah.

2. Minyak Eucalyptus

Berkat sifat dekongestan dan antiradangnya, minyak eucalyptus juga ampuh atasi hidung tersumbat serta batuk. Anda tinggal menambahkan 3-5 tetes minyak eucalyptus ke dalam air mendidih. Gunakan handuk untuk menutupi kepala dan hirup uap panasnya perlahan melalui hidung selama 2 menit saja. Tutup mata saat melakukannya 2 kali sehari.

Anda juga bisa membubuhkan 1-2 tetes minyak eucalyptus ke saputangan bersih (atau sarung bantal), lalu hirup aromanya. Saat mandi, tambahkan beberapa tetes minyak eucalyptus ke dalam air, lakukan sekali sehari.

3. Dekongestan

Dekongestan di apotek bisa muncul dalam bentuk semprot seperti naphazoline, oxymetazoline, maupun phenylephrine; atau pil seperti phenylephrine dan pseudoephedrine. Anda tinggal baca aturan pakainya, namun ingat, jangan minum lebih dari 1 minggu tanpa periksa ke dokter. Anda juga tidak disarankan mengunakan dekongestan semprot selama lebih dari 3 kali agar hidung tersumbat tak bertambah parah. Hindari memberikan dekongestan atau obat demam lain pada anak yang usianya masih di bawah 4 tahun.

4. Antihistamin

Jika alergi adalah penyebab hidung tersumbat, maka Anda perlu obat antialergi yang mengandung antihistamin. Kandungan ini juga bisa ditemui dalam obat demam.

5. Obat Pereda Rasa Sakit

Meski obat pereda rasa sakit seperti acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen tidak menghilangkan hidung tersumbat secara langsung, namun obat ini dapat meredakan sakit akibat tekanan pada sinus.

Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Obat Alami

Selain kedua metode tadi, ada pula beberapa bahan alami yang disinyalir dapat membantu menghilangkan hidung tersumbat. Beberapa di antaranya adalah:

1. Cuka Apel

Cuka apel merupakan obat alami terbaik untuk menghilangkan hidung tersumbat dengan cepat. Sifat dekongestan alaminya mampu mencerna ingus dan melegakan hidung tersumbat. Selain itu, kandungan potasium dalam cuka apel dapat mengeringkan hidung berair. Anda dapat menghilangkan hidung tersumbat dengan cuka apel menggunakan resep berikut:

  • Campurkan 2 sdm cuka apel (pilih yang raw/ mentah dan belum difilter) dan 1 sdm madu ke dalam secangkir air. Minum larutan ini 2-3 kali sehari selama beberapa hari.
  • Tuang air dan cuka apel (perbandingan sama) dalam sebuah panci. Didihkan lalu hirup uapnya. Pastikan Anda menutup mata saat melakukannya agar tidak tersengat. Lakukan 2- kali sehari atau sebanyak yang diperlukan.

2. Bubuk Cabai

Bubuk cabai sangat efektif untuk menghilangkan hidung dan sinus yang tersumbat. Semua ini berkat kandungan capsaicinnya yang bekerja sebagai dekongestan alami. Selain itu, sensasi pedas dari cabai juga bisa melancarkan keluarnya ingus dan alergen dari sinus.

Anda tinggal menambahkan ½ sdt bubuk cabai ke dalam 1 sdm madu, lalu konsumsi itu beberapa kali sehari. Pilihan lain adalah dengan mencelupkan sedikit ujung cotton bud ke dalam bubuk cabai, lalu perlahan masukkan itu ke lubang hidung guna merangsang terjadinya bersin. Meski nantinya mungkin ada sensasi terbakar, namun itu akan segera hilang bersamaan dengan ingus yang keluar. Lakukan 2-3 kali sehari.

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung antivirus, antibakteri, dan antijamur sehingga dapat melawan infeksi pernafasan penyebab hidung tersumbat. Selain itu, bawang putih juga bisa mengontrol produksi ingus yang berlebih serta mencegah infeksi. Hal itu karena bawang putih merupakan pendongkrak kekebalan tubuh alami, maka otomatis bahan alami ini dapat mempercepat kesembuhan. Caranya:

  • Didihkan 2-3 siung bawang putih dalam 1 cangkir air. Anda juga boleh menambahkan ½ sdt bubuk kunyit. Minum 2 kali sehari hingga sembuh.
  • Makan bawang putih segar langsung.
  • Konsumsi suplemen bawang putih secara teratur juga bisa mencegah sekaligus meredakan hidung tersumbat. Namun untuk ini, Anda wajib berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.

4. Jahe

Jahe mengandung antioksidan yang dapat menghalangi sekresi lendir/ ingus serta mempertahankan motilitas cilia hidung agar tetap normal. Di samping minum 2-3 cangkir teh jahe setiap hari, Anda juga dapat langsung mengunyah jahe mentah dengan garam beberapa kali sehari. Cara lain adalah dengan makan permen jahe yang banyak dijual di toko.

5. Tomat

Ketika jus tomat dipadukan dengan bawang putih, lemon, dan bubuk cabai, maka campuran ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara membuat teh tomat pedas adalah dengan mendidihkan 1 cangkir jus tomat bersama 2 siung bawang putih cincang, 2-3 sdt air perasan lemon, ½ sdt saus sambal (atau ¼ sdt bubuk cabai), dan sedikit garam laut. Minum teh pelan-pelan selagi panas sebanyak 2 kali sehari selama beberapa hari.

6. Bubuk Kunyit

Kandungan curcumin dalam kunyit yang merupakan sumber antioksidan, antiradang, dan antibakteri, mampu mengurangi bengkak serta radang di saluran napas. Selain itu, kunyit juga dapat mendongkrak sistem kekebalan tubuh.

Panaskan segelas susu, tambahkan 1 sdt bubuk kunyit ke dalamnya, lalu didihkan lagi dengan api kecil selama 5 menit. Tuang ke dalam cangkir, tambahkan sedikit madu mentah, lalu minum susu kunyit ini 2 kali sehari untuk mempercepat kesembuhan. Alternatif lain adalah dengan mencampurkan 2 sdm jus kunyit, 1 sdm air lemon, 1 sdm madu, dan sedikit bubuk cabai. Minum campuran ini 1-2 kali sehari.

Ingat! Tidak ada jaminan hasil dalam menerapkan obat-obat herbal untuk mengatasi hidung tersumbat, karena minimnya riset terkait. Namun tidak ada salahnya mencoba selagi hal itu tidak membahayakan.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan hidung tersumbat secara alami yang dapat diterapkan di rumah sendiri. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh!

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer