Cara Menghilangkan Kantung Mata dan Lingkar Hitam

Kehadiran kantung mata dan lingkar hitam yang kerap menyertai terasa begitu menyebalkan lantaran dapat membuat tampilan wajah nampak lebih tua dan seakan layu. Agar kembali terlihat segar dan cerah, ketahui berbagai cara menghilangkan kantung mata berikut ini.

Beragam cara menghilangkan kantung mata yang mudah dan praktis

Kantung mata umumnya bukanlah masalah serius yang membutuhkan perhatian medis. Faktor usia yang tak lagi muda, kelelahan, stres dan gaya hidup yang buruk kerap menjadi penyebab utama dibalik kondisi tersebut. Meski demikian, menghilangkan kantung mata yang tak sedap dipandang ini sebaiknya segera dilakukan agar kesan layu tak bersemangat yang ditimbulkannya tak semakin larut.

Ada banyak pilihan yang praktis dan mudah diterapkan dalam mengusir masalah tampilan satu ini. Misalnya dengan memanfaatkan kantung teh celup bekas, mengaplikasikan kompres dingin, mengoleskan produk eye cream dengan kandungan retinol juga kolagen serta berbagai cara lainnya.

Berikut uraian selengkapnya:

1. Manfaatkan Kantung Teh Celup Bekas

Teh celup tidak hanya dapat di seduh sebagai minuman hangat nan menenangkan, namun dapat pula dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata serta lingkar hitamnya yang tak kalah mengganggu.

Pasalnya, kafein dalam teh mengandung sejumlah antioksidan kuat yang memiliki banyak khasiat, seperti meningkatkan aliran darah ke kulit, perlindungan dari sinar UV, anti-peradangan dan berpotensi dalam memperlambat proses penuaan.

Cukup aplikasikan dua buah kantung teh celup bekas yang telah disimpan dalam kulkas selama semalaman penuh ke area bawah mata. Biarkan selama 15 hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin setelahnya. Lakukan secara rutin setiap harinya.

2. Aplikasikan Kompres Dingin

menghilangkan kantung mata dengan kompres dingin

Menerapkan kompres dingin pada area kantung mata dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dalam beberapa saat, walhasil kantung mata akan terlihat sedikit mengempis.

Caranya pun begitu mudah. Celupkan handuk kecil lembut ke dalam semangkuk air dingin. Peras, kemudian aplikasikan ke area sekitar mata selama 5 menit. Ulangi terus hingga beberapa kali.

Beberapa metode do it yourself serupa yang dapat diterapkan, yakni dengan menempelkan sendok stainless beku, mentimun, tomat atau irisan kentang dingin. Pilihlah cara yang paling disukai.

3. Tangani Kemungkinan Penyebab

atasi penyakit penyebab kantung mata

Alergi, pilek dan infeksi sinus tak jarang dapat menyebabkan mata berair disertai dengan pembengkakan pada kelopak mata bagian bawah. Untuk itu, konsumsilah antihistamin atau obat bebas lainnya yang diperuntukkan sesuai indikasi agar gejala yang dialami, termasuk timbulnya kantung mata, dapat segera teratasi.

Bila lebih menyukai cara alami, maka gunakanlah neti pot. Sebuah alat berbentuk teko kecil dengan mulut panjang yang ditujukan untuk membilas saluran hidung yang tersumbat sekaligus membantu mengeluarkan cairan yang terakumulasi di bawah mata. Alat ini beserta cairan salinenya dapat dibeli di apotek atau toko online terpercaya.

4. Oleskan Eye Cream

eye cream untuk kerutan di mata dan lingkar hitam

Ada banyak pilihan produk eye cream yang diformulasi guna meminimalisir kantung mata. Namun untuk hasil terbaik, pilihlah produk eye cream dengan kandungan retinol, kolagen, derivat vitamin C, isoflavon dan niasin karena dapat bekerja dalam mengembalikan elastisitas kulit dan menjaganya dalam jangka panjang.

5. Perbanyak Asupan Makanan Kaya Kolagen

makanan kaya kolagen untuk mengencangkan mata

Kolagen adalah protein yang keberadaannya paling melimpah di dalam tubuh manusia. Dapat ditemukan di otot, tulang, kulit dan tendon. Protein ini berperan penting dalam menjaga elastisitas kulit, proses regenerasi sel-sel kulit dan beragam peran penting lain seperti yang dijelaskan berikut: Beragam Manfaat Kolagen yang Tidak Hanya untuk Kulit

Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam tubuh akan semakin berkurang. Imbasnya, tanda-tanda penuaan seperti kulit keriput, kantung mata yang mengendur dan rambut yang menipis akan datang menghampiri.

Maka untuk menyiasatinya, perbanyaklah asupan makanan kaya kolagen, seperti kaldu tulang, brokoli, paprika merah, kubis dan buah-buahan tinggi vitamin C, seperti jambu biji, jeruk, stoberi, beri-berian dan lain sebagainya.

6. Tidurlah Terlentang dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

menghilangkan kantung mata dengan tidur kepala tinggi

Tidur dengan cara terlentang memungkinkan gravitasi menarik kelebihan cairan dari mata sehingga tidak terakumulasi di area kelopak mata bagian bawah. Posisikan pula kepala yang lebih tinggi daripada tubuh untuk memaksimalkannya.

Perhatikan pula waktu tidur ideal yang direkomendasikan, yakni sekitar 7-8 jam untuk rata-rata kebanyakan orang dewasa. Matikan lampu dan minimalisirkan cahaya biru dari smartphone, laptop dan televisi untuk kualitas tidur yang lebih baik.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Tidur Ideal yang Dibutuhkan Tubuh?

7. Tetaplah Terhidrasi

cukup minum menghilangkan kantung mata

Minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya agar tubuh tetap terhidrasi. Bukan tanpa sebab, nyatanya kantung mata dapat timbul akibat retensi cairan dan dehidrasi dapat semakin memperparah kondisi yang telah ada.

Di samping itu, batasi pula makanan asin, minuman berkafein, minuman beralkohol juga rokok karena kesemuanya berkontribusi besar pada retensi cairan di dalam tubuh.

8. Hapus Semua Riasan

hapus semua kosmetic di wajah menghilangkan kantung mata

Penting untuk menghapus semua riasan dan mencuci wajah sebelum tidur di malam hari. Pasalnya, sisa-sisa make-up dan kotoran yang tertinggal di wajah dan dibiarkan begitu saja sepanjang malam dapat memicu stres oksidatif yang berpotensi merusak dan mempercepat terjadinya penuaan kulit.

Bukan itu saja, kebiasaan tidur malam dengan riasan yang masih menempel juga dapat menyebabkan iritasi, memicu reaksi alergi dan infeksi yang berujung pada timbulnya pembengkakan, rasa gatal dan kemerahan di sekitar wajah.

Pilihlah produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit kering, gunakan produk perawatan yang bebas alkohol dan dapat melembabkan. Sementara untuk kult sensitif, maka aplikasikanlah produk bebas pewangi buatan dan hipoalergenik.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tanpa Perlu Banyak Duit

Itulah beberapa cara menghilangkan kantung mata yang dapat diterapkan. Lakukan secara berulang dan konsisten guna memetik hasil yang maksimal. Dalam beberapa kasus, timbulnya kantung mata bisa jadi disebabkan oleh infeksi atau masalah medis lainnya.

Maka dari itu, segera temui dokter ahli bila saja mendapati kantung mata yang nampak parah atau disertai dengan gejala seperti gatal, kemerahan atau pembengkakan yang memengaruhi bagian lain dari tubuh.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

Baca juga