Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan dengan Mudah

Kapalan pada tangan umumnya tidak terlalu jadi perhatian karena jarang terlihat. Namun, sebagian orang merasa tidak percaya diri saat bersalaman jika tangannya ternyata kapalan. Untuk itu berikut ini kami rangkumkan informasi tentang bagaimana cara menghilangkan kapalan di tangan agar penampilan Anda tetap prima.

Kapalan merupakan kondisi kulit yang mengalami penebalan dan pengerasan akibat sering mengalami tekanan atau gesekan. Kondisi ini sebenarnya merupakan reaksi alami kulit jika mengalami tekanan dan gesekan terus menerus. Tujuannya untuk menghindari kulit dari luka dan iritasi.

cara menghilangkan kapalan di tangan

Kapalan yang belum lama terbentuk di tangan serta tidak mengalami infeksi, umumnya dapat dengan mudah dihilangkan atau dikurangi benjolannya. Perubahan kebiasaan seperti selalu menggunakan sarung tangan saat bekerja berat dengan tangan juga cukup efektif mencegah munculnya kapalan di tangan.

Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan dengan Bahan Alami

Jika kapalan sudah terlanjut terbentuk dan membesar serta mulai mengganggu penampilan sebaiknya dilakukan perawatan. Beberapa cara alami berikut bisa dilakukan sebagai langkah awal untuk menghilangkan kapalan di tangan.

1. Kikis dengan batu apung

batu apung untuk menghilangkan kapalan di tangan

Anda tentu kenal batu apung, batuan berongga dengan berat jenis yang ringan ini ternyata cukup ampuh untuk mengikis dan menyamarkan kapalan di tangan. Lapisan luar batu apung yang agak kasar namun lunak bisa berfungsi sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit yang mengalami kapalan.

Untuk menggunakannya, terlebih dahulu rendam tangan yang mengalami kapalan pada air hangat kurang lebih 5 sampai 10 menit, ini akan membuat kapalan melunak. Setelah itu basahi batu apung dengan air hangat kemudian gosokkan perlahan pada kapalan secara melingkar untuk mengikis dan menghilangkan kulit kapalan. Hindari menggosok terlalu keras karena dapat menyebabkan luka atau iritasi.

2. Gunakan Pelembab

Menggunakan pelembab di tangan secara rutin dapat membantu mengurangi pengerasan kulit atau kapalan yang timbul di tangan. Pelembab kulit alami seperti minyak kelapa juga bisa digunakan untuk menjaga kulit tangan tetap lembut dan terjaga kelembabannya sehingga tidak mudah kering.

Cara penggunaannya mudah saja, cukup sediakan pelembab atau minyak kelapa kemudian oleskan pada tangan. Lakukan cara ini dengan rutin agar hasilnya maksimal dan kapalan tidak tidak mudah muncul.

3. Gunakan sarung tangan pelindung

Saat beraktifitas berat seperti sedang olahraga menggunakan tangan pada latihan angkat beban, golf atau jet ski gunakanlah sarung tangan pelindung yang nyaman agar kapalan di tangan tidak muncul. Apalagi untuk Anda yang sering touring jarak jauh dengan motor, sangat disarankan untuk menggunakan sarung tangan pelindung. Selain mematuhi prosedur safety riding, Anda juga sudah menjaga kulit tangan dari kapalan.

4. Gel lidah buaya

gel lidah buaya untuk menghilangkan kapalanLidah buaya terkenal sebagai tanaman yang gelnya sangat bermanfaat untuk kulit dan rambut. Kandungan asam salisilat dan asam aminonya dapat melembutkan sel-sel kulit yang keras. Selain itu gel lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri, anti inflamasi dan mendinginkan.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan kapalan di tangan juga cukup mudah. Siapkan daun lidah buaya, iris dan ambil gelnya kemudian tempelkan pada kapalan di tangan semalaman. Pagi harinya gosok perlahan kapalan dengan batu apung kemudian bersihkan dan keringkan dengan handuk.

5. Baking soda dan jus lemon

Cara menghilangkan kapalan di tangan lainnya adalah dengan menggunakan campuran baking soda dan sari lemon. Metode ini menggabungkan sifat asam dari lemon dan kemampuan kimia dari sodium hidrogen karbonat atau baking soda untuk menciptakan reaksi yang dapat mempermudah pengikisan kapalan.

Caranya, sediakan air hangat dan mangkuk besar yang cukup untuk merendam tangan. Tambahkan 2 – 3 sendok makan sari lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan air secukupnya. Kemudian rendam tangan pada larutan lemon tadi, setelah beberapa menit tambahakan baking soda secukupnya agar terjadi reaksi yang dapat melembutkan kapalan. Bila perlu, gosok kapalan di tangan dengan batu apung agar kapalan terkelupas maksimal.

6. Cuka Apel

Sifat asam dari cuka apel dapat melembutkan kulit kapalan yang keras. Merendam tangan di larutan 4 bagian air dan 1 bagian cuka apel selama sekitar 20 menit dapat membantu melembutkan kapalan di tangan. Setelah cukup lembut Anda bisa menggosokkan batu apung secara melingkar untuk mengangkat sel-sel kulit kapalan. Hindari menggosok terlalu keras agar kulit tidak iritasi.

Baca juga: Keampuhan Cuka Apel Dalam Menghilangkan Kutil.

7. Minyak biji jarak

minyak jarak untuk menghilangkan kapalan di tangan

Minyak yang dihasilkan dari biji pohon jarak memiliki sifat pelumas alami untuk kulit. Sehingga minyak ini dapat digunakan untuk melindungi kulit yang akan di kikis kapalannya. Minyak jarak juga memiliki sifat antibakteri yang bisa membuat kulit terhindar dari infeksi saat sedang di hilangkan kapalannya.

Cara menggunakannya cukup campurkan 2 sendok makan minyak jarak dan segelas air pada mangkuk. Kemudian rendam tangan yang kapalan hingga kulit tebalnya berubah lebih lembut. Setelah itu kikis dengan batu apung perlahan-lahan hingga kapalan dirasa cukup tipis.

8. Tea tree oil

Minyak yang bersumber dari pohon teh ini dikenal memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antiseptik yang baik untuk membantu menghilangkan kapalan di tangan. Gunakan minyak ini beberapa tetes saja pada semangkung air hangat untuk merendam tangan yang kapalan. Setelah kulit tangan yang kapalan terasa lebih lembut angkat tangan dari larutan tea tree oil tadi dan gosok bagian yang kapalan hingga terkikis sedikit demi sedikit. Bersihkan dengan air bersih setelahnya.

9. Amplas

Alat ini mungkin lebih dikenal dalam dunia pertukangan untuk menghaluskan bahan kayu atau besi. Namun ternyata amplas dengan ukuran yang halus (tipe 500) bisa juga digunakan untuk mengikis kapalan. Menggunakan alat ini akan lebih maksimal jika sebelumnya kapalan di tangan direndam dahulu pada salah satu jenis larutan yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Kapan kapalan harus diperiksakan ke dokter?

Kapalan di tangan sebetulnya tidak terlalu membahayakan kesehatan. Sehingga cara pengikisan seperti dibahas pada ulasan di atas dirasa sudah cukup untuk mengikis dan menghilangkan kapalan. Jangan sekali-kali menghilangkan kapalan dengan menyayat atau mengguntingnya karena itu bisa menyebabkan infeksi yang memperparah kapalan.

Jika sudah mengeluarkan nanah, berubah warnanya, atau mengeluarkan darah, carang menghilangkan kapalan di tangan tidak lagi sederhana. Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan cara terbaik untuk menyembuhkan kapalan yang sudah terinfeksi tersebut.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT