7 Cara Efektif Menghilangkan Ketombe Sampai Tuntas

Kehadiran ketombe terasa amat sangat menyebalkan. Rasa gatal yang ditimbulkan plus serpihan-serpihan putih yang merajai pundak baju menjadi kombinasi sempurna dalam menempatkan suasana hati seseorang pada tingkat yang buruk. Agar kekesalan tak semakin menjadi, ketahui berbagai cara menghilangkan ketombe berikut ini!

Beragam cara menghilangkan ketombe yang alami nan efektif

Ketombe adalah gangguan kulit yang terkait erat dengan proliferasi jamur lipofilik dari genus Malassezia yang merupakan bagian dari flora normal kulit manusia. Kehadirannya ditandai dengan penumpahan sejumlah besar serpihan kulit mati dan rasa gatal yang akan semakin menjadi ketika cuaca panas.

Meski nampak bertentangan dengan kepercayaan populer, nyatanya ketombe dapat meningkat saat seseorang terlalu sering keramas bahkan dengan sampo ketombe yang diyakini dapat menyingkirkannya.

Kondisi tersebut akan semakin memburuk ketika stres melanda. Hingga bukan tidak mungkin dapat menyebabkan dermatitis seboroik, yakni kondisi ketombe parah yang dapat menyebar ke area kulit lain, seperti alis, sisi hidung, ketiak, belakang telinga hingga area sekitar kemaluan disertai dengan peradangan atau kemerahan.

Untuk menghilangkan ketombe, ada beragam cara yang dapat diterapkan. Misal dengan memanfaatkan tea tree oil, minyak kelapa murni, gel lidah buaya dan beberapa perubahan gaya hidup, yakni dengan meminimalkan tingkat stres dan konsumsi makanan yang menyehatkan.

Berikut cara menghilangkan ketombe selengkapnya:

1. Coba Tea Tree Oil

Secara historis, tea tree oil memang telah lama digunakan dalam membantu mengatasi sejumlah masalah kulit seperti jerawat, ketombe hingga psoriasis. Sifat anti-mikroba, antijamur dan anti-inflamasinya yang begitu kuat menjadi alasan dibalik khasiatnya tersebut.

Untuk menggunakannya sebagai obat ketombe alami, encerkan terlebih dahulu tea tree oil dengan beberapa tetes minyak pembawa (carrier oil) seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Lantas aplikasikan langsung pada area kulit yang berketombe.

2. Gunakan Minyak Kelapa Murni

menghilangkan ketombe dengan vco

Minyak kelapa murni (virgin coconut oil) dapat dipilih sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe yang efektif. Pasalnya, minyak ini kaya akan asam lemak rantai menengah, termasuk asam laurat dan asam kaprat yang bersifat antimikroba sekaligus dapat meningkatkan hidrasi kulit sehingga akan mengganggu perkembangbiakan jamur penyebab.

3. Manfaatkan Gel Lidah Buaya

gel lidah buaya ampuh hilangkan ketombe

Lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman sukulen yang memiliki beragam manfaat, tak terkecuali dalam memberantas ketombe yang membandel. Kemampuan antijamur serta kandungan glikoprotein dan berbagai mineral yang dimilikinya telah terbukti efektif dalam mengontrol rasa gatal dan membuat jera jamur penyebab untuk datang kembali.

4. Minimalkan Tingkat Stres

atasi ketombe dengan hilangkan stres

Stres kronis atau yang berkepanjangan dapat bermanfestasi pada munculnya masalah kulit termasuk dermatitis seboroik yang kerap ditandai dengan munculnya serpihan ketombe disertai kulit kering, kemerahan dan gatal. Dalam kondisi parah, stres dapat mengundang ancaman penyakit yang lebih serius, seperti diabetes, penyakit jantung dan demensia. Selengkapnya baca: 13 Penyakit Akibat Stres dari Ringan Hingga Berat

Melihat imbas buruknya tersebut, maka penting untuk meminimalkan tingkat stres yang ada melalui beberapa cara. Diantaranya dengan yoga, olahraga, mengunjungi destinasi wisata yang menarik, menjalani hobi dan terpenting tentunya dengan lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

5. Tingkatkan Asupan Omega-3

makanan omega 3 dapat mengatasi ketombe

Menambah asupan makanan kaya asam lemak omega-3 seperti ikan berlemak, chia seed, buah alpukat dan sebagainya bermanfaat dalam mengontrol produksi minyak dan menghidrasi kulit dari dalam sehingga dapat membantu memerangi ketombe sekaligus memelihara kesehatan kulit secara keseluruhan.

Bagi ibu hamil, asupan omega-3 sebesar 200-300 mg/hari sangatlah dibutuhkan bukan hanya untuk mengusir ketombe, namun lebih dari itu yakni sebagai salah satu dasar pembentukan sel dan perkembangan otak bayi.

6. Gunakan Baking Soda

baking soda untuk menghilangkan ketombe

Dikenal sebagai eksfoliator alami untuk perawatan kulit kusam, nyatanya baking soda juga memiliki efek antijamur yang tak hanya bermanfaat dalam pengobatan ketombe ringan namun pada masalah kulit yang lebih parah seperti psoriasis maupun dermatitis atopik.

Untuk hasil terbaik, aplikasikan langsung 1 sdm baking soda pada kulit kepala dan rambut yang basah. Pijat dengan lembut selama beberapa menit, diamkan sesaat sebelum di bilas dengan air dingin. Pada area kulit lainnya dapat diterapkan dengan cara serupa.

7. Konsumsi Makanan & Minuman Probiotik

makanan kaya probiotic untuk mengusir ketombe

Ada banyak manfaat potensial yang dapat diperoleh dari konsumsi makanan maupun minuman yang mengandung probiotik. Mulai dari perlindungan terhadap sensitisasi alergi, mendukung sistem pencernaan hingga mampu meningkatkan fungsi sistem imun yang sekaligus membantu tubuh dalam melawan infeksi jamur.

Ada beraneka sumber makanan juga minuman sehat yang kaya akan probiotik. Antara lain seperti kimchi, yogurt tanpa pemanis dan perasa tambahan, tempe, kefir, keju cottage, cuka sari apel dan banyak lagi.

Terapkan beragam cara menghilangkan ketombe di atas secara konsisten dan berkelanjutan. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter ahli bila masalah ketombe yang dialami merupakan efek samping lain dari gangguan kulit yang lebih parah.

Lihat sumber
Tags:

DISKUSI TERKAIT