Cara Mudah Menghilangkan Komedo di Hidung Sampai Tuntas

Kehadiran komedo di area wajah termasuk hidung tentunya sangat mengganggu. Meski bentuknya kecil, namun dapat sedikit merusak penampilan dan menimbulkan sensasi gatal di hidung yang membuat ketidaknyamanan. Agar tidak semakin membandel, ketahui berbagai cara menghilangkan komedo di hidung berikut ini.

Berbagai cara menghilangkan komedo di hidung yang patut di coba

Komedo terbentuk ketika sel kulit mati, puing-puing kotoran dan sebum alias minyak alami kulit bertumpuk dan terperangkap di dalam pori-pori kulit. Umumnya, komedo dikenal dalam 2 jenis, yakni komedo hitam yang keluar dari permukaan kulit dan komedo putih yang terletak di dalam kulit dan dapat ditemukan dengan menekan pori-pori wajah.

komedo putih vs hitam

Komedo putih vs hitam yang harus dihilangkan

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

Berbagai faktor penyebab timbulnya komedo di hidung maupun area wajah lainnya, diantaranya seperti meningkatnya produksi minyak terutama pada saat remaja, menstruasi dan kehamilan, obat-obatan juga makanan tertentu, penggunaan kosmetik yang tak sesuai dengan kebutuhan kulit serta kebiasaan buruk jarang membersihkan wajah.

Untungnya, ada beberapa cara menghilangkan komedo di hidung yang dapat dengan mudah diterapkan. Mulai dari mengaplikasikan bahan-bahan alami sebagai masker atau steaming wajah hingga memanfaatkan prosedur medis bila masalah komedo atau jerawat yang dialami sudah terlampau parah.

Berikut uraiannya:

1. Putih Telur

Komedo di hidung yang membandel dapat dengan mudah disingkirkan melalui aplikasi masker putih telur. Caranya pun begitu sederhana, kocok 1 putih telur dalam mangkuk hingga berbusa. Kemudian oleskan secara merata ke bagian hidung atau ke seluruh wajah, lalu tempelkan tisu atau kapas, biarkan hingga mengering.

Setelah mengering, lepaskan tisu atau kapas tersebut. Selanjutnya, bilaslah terlebih dahulu dengan air hangat, kemudian lanjutkan dengan menggunakan air dingin guna menutup pori-pori. Aplikasikan secara rutin masker ini 2-3 kali seminggu, komedo dan sel kulit mati terangkat, wajah pun akan nampak lebih cerah dan halus.

2. Baking Soda

Bahan kue satu ini ternyata menawarkan sejumlah manfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit, salah satunya untuk membasmi komedo di hidung. Kandungan exfolian didalamnya mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan membentuk komedo.

Campurkan sejumlah kecil bubuk baking soda dan beberapa tetes air ke dalam mangkuk kecil. Aduk rata hingga teksturnya menyerupai pasta. Kemudian, gosok lembut ke area hidung dengan gerakan melingkar searah jarum jam selama 30 detik hingga 1 menit. Diamkan selama 5 menit, selepas itu bilaslah dengan menggunakan air dingin.

3. Gel Lidah Buaya

Tak ada salahnya untuk mencoba gel lidah buaya sebagai salah satu cara menghilangkan komedo di hidung. Pasalnya gel lidah buaya memiliki sifat astringen alami yang dapat membantu mengecilkan pori-pori sehingga sumber komedo, jerawat maupun kulit kusam tak lagi dapat menempel di wajah.

Siapkan 1 sdm gel lidah buaya, kemudian pijatkan secara lembut ke area hidung atau pun wajah. Biarkan hingga mengering, lantas bersihkan dengan air hangat setelahnya. Untuk hasil maksimal, aplikasikan secara rutin metode ini 2 kali sehari.

4. Scrub Madu dan Gula

Madu bekerja sangat baik sebagai pembersih kulit dan bersifat antibakteri. Sementara gula dengan dua komponen penting didalamnya, yakni asam glikolat dan asam alfa-hidroksi mampu menjaga keseimbangan minyak di kulit.

Kombinasi keduanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan scrub yang tak sekedar membersihkan komedo, namun mampu memberikan tampilan wajah yang lebih cerah secara keseluruhan.

Campurkan 2 sdt madu murni dan 1 sdt gula pasir ke dalam mangkuk atau wadah kecil. Kemudian oleskan dan gosokkan secara perlahan ke hidung dengan gerakan memutar selama 1 menit. Biarkan mengering dalam 5 menit, selepas itu bilaslah dengan air hangat hingga bersih. Luangkan waktu sehari sekali untuk menerapkan cara yang satu ini.

5. Tea Tree Oil dan Minyak Jojoba

Tea tree oil bersifat antibakteri, sedangkan minyak jojoba memiliki konsistensi yang sangat mirip dengan sebum kulit manusia sehingga dapat membantu menyeimbangkan kadar minyak alami pada kulit.

Karena tea tree oil merupakan minyak esensial, jadi tidak dapat dioleskan langsung ke kulit sehingga harus di campur dengan elemen dasar yang sesuai, salah satunya minyak jojoba.

Campur dan aduk merata 1 sdm gula pasir putih, 1 sdm minyak jojoba dan 1 tetes tea tree oil ke dalam wadah kecil. Oles dan gosokkan secara perlahan ke area hidung dengan gerakan memutar selama 1 menit. Diamkan hingga 5 menit untuk memaksimalkan efek antibakteri pada tea tree oil. Setelah itu, bilaslah dengan air dingin hingga bersih.

6. Sikat Gigi

Menggunakan sikat gigi sebagai salah satu cara menghilangkan komedo di hidung terbilang unik namun efektif dalam menyikat habis komedo yang membandel. Agar tidak menyakiti kulit, gunakan jenis sikat gigi yang lembut seperti pada sikat gigi anak-anak.

Lantas bagaimana cara melakukannya? Mudah saja, rendam sebentar sikat gigi ke dalam mangkuk kecil yang berisi minyak jojoba atau minyak zaitun. Kemudian, sikatkan secara lembut ke area hidung selama 3 menit.

Bilas dengan air bersih sesudahnya. Pastikan untuk membersihkan sikat gigi dengan sabun dan rendam dalam hidrogen peroksida tiap kali usai digunakan untuk membunuh bakteri-bakteri yang mungkin masih melekat.

7. Oatmeal

siapa sangka jika oatmeal yang enak untuk sarapan ini bisa dijadikan masker penghilang jerawat

Oatmeal mampu menenangkan, melembabkan dan menyerap minyak berlebih di wajah sehingga sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai masker. Untuk membasmi komedo di hidung, campurkan 1 sdm makan oatmeal dengan 3 sdm air hingga didapatkan konsistensi yang halus layaknya pasta. Oleskan ke hidung dan biarkan hingga 20 menit. Bilas dengan air sesudahnya.

8. Steaming Wajah

Steaming atau penguapan wajah merupakan salah satu metode perawatan kulit yang dapat membantu membuka pori-pori guna mengeluarkan komedo juga jerawat. Di samping itu, uap panas yang dihasilkan juga bermanfaat untuk relaksasi dan meningkatkan sirkulasi darah.

Bagi yang ingin mencobanya, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Bersihkan wajah dengan teknik double cleansing, yakni dimulai dengan menggunakan cleanser baik yang bersifat oil-based atau micellar water. Setelah itu, selesaikan dengan second cleanser, yakni dengan menggunakan sabun wajah.
  2. Kemudian didihkan air bersama dengan bahan herbal seperti batang serai dan daun rosemary. Setelah mendidih, matikan api dan tambahkan minyak esensial favorit sesuai jenis kulit.
  3. Tutup kepala dengan handuk, kemudian tundukkan wajah yang telah dibersihkan ke arah uap.
  4. Tunggu sekitar 10-15 menit, lalu angkat wajah dan tepuk-tepuk lembut dengan tangan.
  5. Setelah itu, aplikasikan masker oatmeal atau putih telur ke wajah, biarkan hingga mengering.
  6. Bila telah mengering, bilas wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka.
  7. Terakhir keringkan wajah dan oleskan pelembab agar kulit lebih sehat dan kenyal.

Bagi yang memiliki kulit sensitif atau masalah kulit yang parah, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter ahli sebelum menerapkan metode ini guna menghindari iritasi atau peradangan pada kulit.

9. Pore Strip

Berbagai produk pore strip yang dijual bebas di pasaran dapat dipilih untuk mengangkat komedo di permukaan hidung secara praktis. Agar dapat bekerja maksimal, basahi dahulu keseluruhan area hidung dengan air hangat, barulah tempelkan pore strip dengan benar.

Biarkan pore strip menempel di hidung selama 40-60 menit agar seluruh komedo dipermukaan hidung benar-benar dapat tertarik. Segera bilas dengan air dingin atau es setelah penggunaan pore strip agar pori-pori dapat kembali tertutup.

10. Prosedur Medis

Untuk yang berkocek tebal atau bermasalah dengan komedo maupun jerawat yang parah maka dapat menggunakan prosedur medis. Ada beragam cara yang dapat dipilih, seperti pengambilan secara manual atau ekstraksi komedo, chemical peeling, mikrodermabrasi dan light therapy.

Itulah beberapa cara menghilangkan komedo di hidung yang patut di coba. Namun ingat, meski telah dibersihkan, bukan berarti komedo akan pergi untuk selamanya. Beberapa kondisi alami tubuh dan aktivitas sehari-hari dapat mengundang kedatangannya kembali.

Untuk itu, cegahlah kedatangannya kembali dengan menerapkan beberapa cara. Di antaranya dengan rutin membersihkan wajah terutama sebelum tidur di malam hari, memilih produk kecantikan yang benar-benar sesuai dengan jenis kulit, mencuci dan mengganti sarung bantal secara teratur serta hindari menyentuh wajah di saat tangan sedang kotor.

Selain itu, terapkanlah diet sehat yang terdiri dari banyak buah dan sayuran segar, berolahraga secara teratur 3 kali seminggu, minum air putih rata-rata 8 gelas sehari dan jangan lupa untuk mengelola stres sebaik mungkin agar masalah kulit dan kesehatan tubuh secara keseluruhan enggan datang menghampiri.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

Baca juga