Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang kerap muncul, terutama di wajah. Masalah kulit satu ini bisa sangat mengganggu penampilan, apalagi jika yang muncul adalah jenis komedo hitam di area hidung. Untungnya beragam cara dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo hitam di hidung, baik cara medis maupun cara alami.

Sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara menghilangkan komedo hitam di hidung. Ada baiknya kita pahami dahulu apa sebenarnya komedo hitam itu dan apa saja yang dapat memicunya.

cara menghilangkan komedo hitam di hidung

Apa itu Komedo Hitam?

Komedo merupakan istilah tersumbatnya pori-pori wajah oleh tumpukan sel kulit mati, debu, sisa make up dan minyak (sebum) yang dihasilkan oleh folikel rambut. Massa yang menyumbat tersebut bertekstur lunak hingga mengeras, sesuai dengan lamanya berada di kulit.

Pada awalnya, semua komedo berwarna putih, namun ada beberapa yang menjadi kuning kehitaman. Hal ini terjadi pada komedo yang berada di dekat permukaan kulit. Paparan udara luar dan proses oksidasi membuat komedo berubah warna menjadi kekungingan hingga menghitam.

Inilah yang kemudian disebut komedo hitam (blackhead). Sementara yang tetap berada di dalam kulit hanya akan membentuk tonjolan yang dikenal sebagai komedo putih (whitehead).

Penyebab Munculnya Komedo Hitam di Hidung

Komedo hitam umumnya muncul di area kulit yang terdapat banyak folikel rambut seperti wajah, tengkuk, punggung, dada dan hidung. Beragam kondisi dapat meningkatkan risiko kemunculan penyakit kulit yang satu ini diantaranya yaitu:

  • Kulit terlalu banyak memproduksi minyak.
  • Terjadi pertumbuhan bakteri Proionibacterium acnes pada permukaan kulit.
  • Iritasi pada folikel rambut yang menyebabkan pelepasan sel kulit mati terganggu dan terjadi penimbunan.
  • Perubahan hormon yang menyebabkan tingginya produksi minyak kulit. Umumnya terjadi pada remaja puber, menstruasi, atau saat mengonsumsi pil kontrasepsi.
  • Sedang dalam pengobatan menggunakan obat jenis kortikosteroid, lithium atau androgen.
  • Konsumsi makanan tertentu seperti produk susu dan makanan dengan kandungan gula dan lemak tinggi juga ditengarai dapat memicu komedo hitam di hidung.
  • Sering memencet jerawat atau menggunakan chemical peels juga beresiko menyebabkan komedo hitam.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung?

Komedo hitam di hidung umumnya belum perlu penanganan medis dari dokter kulit, kecuali jika sudah dalam bentuk jerawat parah. Pengobatan sederhana di rumah dengan bantuan obat-obatan ataupun bahan alami bisa jadi pilihan.

Beberapa cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang disarankan seperti dijelaskan di bawah ini. Namun keberhasilannya sangat tergantung pada tingkat keparahan dan kondisi kesehatan masing-masing individu.

  • Menggunakan scrub. Cara ini tujuannya untuk mengangkat sel kulit mati penyebab komedo hitam. Namun pastikan menggunakan produk scrub yang bebas pewangi dan tidak membuat kulit kering.
  • Hindari kosmetik mengandung minyak. Agar minyak di wajah tidak berlebihan cobalah untuk mengganti kosmetik dengan yang berlabel non-comedogenic, karena jenis ini mengandung sedikit minyak.
  • Menggunakan obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan bebas yang dijual di apotik juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo hitam di hidung. Obat kulit ini umumnya berbentuk gel, patch (pore pack) atau krim dengan kandungan utama asam salisilat, benzoil peroksida atau resorcinol. Pemberian obat untuk komedo tujuannya untuk membunuh bakteri, mengurangi produksi minyak dan membantu proses pelepasan sel kulit mati. Penggunaan pore pack dalam bentuk strip termasuk yang cukup sering digunakan untuk mengangkat langsung komedo hitam di hidung.
  • Diet sehat untuk kulit. Mengatur pola makan juga dapat membantu mengurangi komedo hitam di hidung. Hindari asupan makanan tinggi gula dan lemak serta produk olahan susu serta perbanyak buah dan sayur.
  • Istirahat dan hindari stress. Stress dapat memicu produksi minyak kulit dan meningkatkan risiko munculnya komedo hitam di hidung. Untuk itu memperbanyak istirahat dan menghindari stress juga akan membantu mempercepat penyembuhan.

Jika beberapa cara di atas belum efektif menghilangkan komedo hitam di hidung, ada baiknya konsultasikan dengan dokter ahli kulit untuk penanganan yang lebih menyeluruh.

Penanganan Komedo Hitam di Hidung secara Medis

Umumnya dokter kulit akan melakukan beberapa cara berikut untuk mempercepat penyembuhan komedo.

  • Pengangkatan komedo secara manual. Dokter kulit biasanya akan menggunakan alat khusus untuk mengangkat komedo hitam di hidung. Biasanya berupa logam dengan bentuk lingkaran kecil pada ujungnya. Cara ini sebaiknya jangan ditiru di rumah karena berisiko untuk kulit.
  • Chemical peels. Dokter spesialis umumnya juga melakukan pengelupasan kulit dengan bantuan bahan kimia agar sel-sel kulit mati terangkat dan komedo lebih mudah disembuhkan.
  • Terapi laser. Cara ini dilakukan untuk membasmi bakteri dan membantu mengurangi produksi minyak berlebih di kulit. Terapi laser cukup ampuh mengobati komedo dan jerawat tanpa mengganggu kondisi kulit bagian luar karena dapat diarahkan langsung pada bagian dalam kulit.
  • Mikrodermabrasi. Cara ini umumnya menggunakan alat khusus yang dapat mengikis sel kulit mati menggunakan bantuan kristal aluminium trioksida. Kristal khusus ini akan melukai dan kemudian mengangkat sel kulit mati sehingga mempermudah pengangkatan komedo hitam dan membantu mempercepat pembentukan sel kulit baru.

Selain beragam cara menghilangkan komedo hitam di hidung ini, ada juga berbagai cara alami yang bisa dilakukan di rumah. Beberapa orang mempertimbangkan cara alami untuk menghindari risiko efek samping yang mungkin muncul jika menggunakan obat-obatan.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung secara Alami

Beragam bahan alami ternyata juga cukup ampuh menghilangkan komedo hitam di hidung, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Masker putih telur

masker putih telur untuk menghilangkan komedo hitam

Putih telur yang sudah mengeras di kulit akan membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati termasuk juga komedo hitam. Bahan ini juga membantu membersihkan pori-pori dan mengencangkan kulit.

Cara menggunakannya:

  • Pisahkan putih telur dengan kuningnya. Kocok hingga berbusa dan dapat juga ditambahkan air jeruk nipis secukupnya.
  • Aplikasikan pada hidung terutama area berkomedo hitam yang sudah dibersihkan dengan air hangat. Keringkan sebentar kemudian tempelkan selembar tisu diatasnya.
  • Setelah tisu kering tambahkan lagi lapisan putih telur secara merata dan tutup kembali dengan tisu. Untuk komedo hitam yang membandel lapisan tisu ini bisa ditambahkan hingga beberapa lapis.
  • Setelah seluruh tisu kering angkat dan bersihkan hidung dengan air dingin hingga aroma putih telur hilang.
  • Lakukan dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

2. Pasta gigi dan garam

pasta gigi dan garam untuk menghilangkan komedo hitam

Pasta gigi dapat berfungsi mengangkat minyak berlebih di kulit sementara bulir-bulir garam dapat bertindak sebagai scrub alami yang dapat mengangkat sel kulit mati. Kombinasi keduanya dapat membantu menghilangkan dan mencegah komedo hitam di hidung. Cara penggunaannya seperti berikut:

  • Campurkan 1 sdt pasta gigi dengan 1 sdt garam halus.
  • Oleskan campuran tadi pada hidung dan biarkan hingga kering.
  • Setelah kering, basahi jari dengan air kemudian gosok hidung perlahan untuk menghilangkan pasta gigi dan garam tadi. Kemudian bersihkan wajah dengan air dingin.
  • Lakukan cara ini 1 – 2 kali seminggu untuk hasil terbaik.

3. Baking soda dan lemon

baking soda dan lemon untuk menghilangkan komedo hitam

Baking soda merupakan bahan dapur dengan kemampuan eksfoliating yang dapat mengangkat sel kulit mati. Sementara lemon mengandung vitamin C dan pemutih yang dapat membantu membersihkan dan menutrisi pori-pori kulit. Oleh karena itu, gabungan keduanya cukup ampuh menghilangkan komedo hitam di hidung.

Cara menggunakan baking soda dan lemon:

  • Campurkan 1 sdt baking soda dengan ½ atau ¼ sdt sari lemon hingga membentuk pasta.
  • Gunakan pasta tadi pada hidung berkomedo hitam dan biarkan hingga kering. Pasta ini juga bisa digunakan untuk seluruh wajah.
  • Setelah kering cuci bersih wajah dengan air dingin.
  • Karena kulit akan lebih sensitif terhadap cahaya matahari setelah penggunaan lemon sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung setelah perawatan ini atau lakukan perawatan pada malam hari.
  • Lakukan cara ini sekali seminggu.

4. Gel lidah buaya

gel lidah buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami dengan beragam manfaat untuk kulit. Sifat anstringen alami lidah buaya dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit sehingga mencegah munculnya komedo hitam. Langkah-langkah menggunakan lidah buaya seperti berikut:

  • Siapkan 1 sdt gel lidah buaya segar.
  • Balurkan pada hidung atau keseluruh wajah. Biarkan hingga kering.
  • Setelah kering cuci bersih wajah dengan air hangat kuku.
  • Lakukan 2 kali sehari untuk hasil maksimal.

Baca juga: Cara membuat masker lidah buaya.

5. Terapi uap

terapi uap untuk menghilangkan komedo hitam di hidung

Cara ini bukan untuk menyembuhkan komedo hitam, namun untuk mempermudah proses pengangkatan komedo hitam di hidung. Cara ini juga bisa dilakukan sebelum mengaplikasikan cara-cara sebelumnya di atas.

  • Pertama siapkan mangkuk besar seukuran wajah, air panas dan handuk kering.
  • Tuangkan air panas kedalam mangkuk kemudian arahkan wajah kurang lebih 10 cm diatas mangkuk kemudian tutupi kepala dengan handuk. Lakukan hingga kurang lebih 5 menit.
  • Setelahnya cobalah untuk mengangkat komedo dengan alat atau menggunakan bantuan pasta bahan alami yang dipaparkan di atas.
  • Lakukan paling tidak sekali seminggu atau menyesuaikan dengan terapi lainnya.

Jika beberapa cara alami menghilangkan komedo hitam di hidung ini belum berhasil atau komedo semakin parah. Tidak ada salahnya segera konsultasikan dengan dokter kulit Anda. Namun jika cara ini berhasil, perjuangan belum selesai. Komedo hitam bisa saja kembali muncul, untuk itu tetaplah jaga kesehatan kulit dan lakukan beberapa tips sehat berikut ini:

Tips sehat menghindari komedo hitam di hidung

  • Gunakan pembersih wajah ringan paling tidak dua kali sehari.
  • Hindari terlalu sering mencuci muka karena dapat membuat kulit kering.
  • Selalu bersihkan wajah bermakeup sebelum tidur.
  • Selalu bersihkan wajah dan tubuh setelah olahraga.
  • Ganti sarung bantal secara rutin atau jika dirasa sudah kotor.
  • Konsumsi diet sehat yang banyak mengandung buah dan sayuran.
Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

Baca juga