Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Walau tidak menimbulkan gangguan medis yang dapat membahayakan nyawa seseorang, namun faktanya, keberadaan kutu di rambut sangatlah mengusik kenyamanan. Lantas bagaimana cara menghilangkan kutu rambut secara alami?

Rambut terasa gatal, serta terdapat bintik-bintik kecil (telur kutu) yang menempel kuat di helaian rambut biasanya merupakan 2 gejala umum bahwa rambut seseorang sedang dihinggapi kutu. Dan pada saat itulah Anda harus berfikir bagaimana memberantas kutu-kutu tersebut dari rambut kepala Anda.

menghilangkan kutu rambut

Kutu rambut sendiri merupakan sejenis serangga yang hidup secara parasit karena menghisap darah dari induknya (dalam hal ini adalah kulit kepala manusia). Dalam sehari saja, kutu betina diperkirakan mampu menghasilkan sekitar 6 butir telur, yang mana telur-telur tersebut akan menetas 8 hari kemudian.

Bisa dibayangkan kalau kutu beserta telur-telurnya tidak segera dihilangkan, maka akan semakin banyak di rambut. Dan itu berarti kian banyak pula darah yang tersedot oleh mereka. Baca juga: Bahaya Kutu Rambut yang Tak Boleh Diremehkan

Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut

Kalau biasanya kita menggunakan obat penghilang kutu yang dijual di pasaran, lantas adakah cara menghilangkan kutu rambut secara alami? Tentu saja ada, berikut beberapa di antaranya.

  1. Minyak zaitun

Tak hanya bagus untuk kecantikan wajah dan kesehatan tubuh saja, minyak zaitun ternyata ampuh untuk membasmi kutu rambut. Begitu diaplikasikan ke helaian rambut, maka kutu akan mati karena sesak nafas.

Namun Anda harus mendiamkannya semalaman karena kutu bisa bertahan hidup tanpa bernafas selama beberapa jam. Agar minyak zaitun tak mengotori bantal atau ranjang, maka kenakan shower cap. Keesokan harinya, sisirlah rambut untuk merontokkan kutu maupun telur-telurnya.

  1. Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga dapat membuat lemas kutu rambut hingga membunuhnya. Hal ini diperantarai oleh kandungan asam lemak jenuh dan vitamin E. Kedua zat ini juga dapat menjaga kelembutan dan kesehatan kulit kepala dan rambut.

Caranya menghangatkan sekira 2 sendok makan minyak kelapa, lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala selagi hangat. Pijat lembut dan tutup kepala dengan shower cap semalaman. Keesokan harinya tinggal Anda bilas dengan berkeramas. Cara ini bisa dilakukan setiap hari hingga semua kutu hilang.

  1. Bawang Putih

Ada begitu banyak manfaat bawang putih, dan salah satunya adalah dapat mengusir kutu dari rambut kepala. Hal ini diperantarai oleh kandungan sulfur yang tinggi di dalamnya. Hanya saja bau yang tajam pada bawang, terkadang membuat sebagian orang enggan untuk menggunakannya.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang putih tergolong mudah. Anda tinggal menumbuk beberapa siung bawang putih hingga halus. Setelah itu campurkan dengan 1 sendok makan air putih, lalu saring dan ambil sarinya saja.

Oleskan sari bawang putih pada kulit kepala dan rambut secara merata, diamkan selama ± 2 jam, lalu bilas dengan berkeramas air hangat dan sampo. Anda bisa melakukan cara ini setiap hari sampai seluruh kutu di rambut hilang.

  1. Hair dryer

Dalam sebuah studi, metode memanaskan rambut dengan hair dryer juga bisa dipakai untuk melenyapkan kutu rambut. Meski mungkin tidak 100% kutu akan mati, namun mengeringkan rambut usai keramas bisa membantu membasmi kutu maupun telurnya yang tidak diinginkan.

Hal yang perlu dicatat adalah jangan sesekali mengaplikasikan obat kutu (apalagi yang mengandung bahan kimia tertentu), lalu memanaskannya karena beberapa bahan mungkin bersifat mudah terbakar.

  1. Petroleum jelly

Meski belum ada riset yang membuktikan kalau gel penata rambut maupun petroleum jelly bisa membunuh kutu, namun beberapa orang telah membuktikan keampuhannya. Tekstur produk yang lengket diprediksi dapat mencekik kutu sehingga susah bernafas.

Setelah diaplikasikan, cobalah untuk mendiamkannya semalaman dan mencuci rambut keesokan harinya. Sisir rambut untuk merontokkan telurnya, dan ulangi metode ini seminggu kemudian.

  1. Mayones

Dalam memilih mayones untuk menghilangkan kutu rambut, pilih yang asli dan padat lemak. Aplikasikan mayones ke helaian rambut, tudungi dengan shower cap, diamkan semalaman, lalu cuci rambut dan sisir seperti biasa untuk merontokkan telurnya. Ulangi seminggu kemudian untuk membunuh sisa kutu yang mungkin luput dari perawatan sebelumnya.

  1. Sabun cuci piring

Meski tak dapat membunuh kutu secara langsung, namun sama seperti bahan alami sebelumnya, sabun cuci piring dapat menghilangkan kutu dari rambut. Setelah menerapkannya silahkan sisir rambut dengan serit yang halus untuk menghilangkan kutu-kutu yang sudah lemas. Anda bisa menggunakan sabun cuci piring cair yang biasanya sudah terkandung lemon atau jeruk nipis didalamnya.

  1. Cuka

Beberapa orang percaya kalau cuka bisa mencegah kutu betina menempelkan telurnya pada helaian rambut. Asam asetat dalam cuka dianggap mampu merontokkan telur ketika rambut disisir. Usai menerapkan berbagai metode di atas, tak ada salahnya Anda menggunakan bantuan cuka untuk menghilangkan telur kutu yang membandel.

  1. Baking soda dan air

Resep ini tak hanya manjur mengusir kutu pada anak, namun juga orang dewasa.

  • Masukkan 1 sdm baking soda dan 2 cangkir air hangat ke dalam botol semprot yang bersih atau baru.
  • Kocok hingga tercampur rata, lalu semprotkan ke seluruh rambut (jangan sampai terkena mata).
  • Setelah itu, ratakan baking soda di rambut lalu tutupi dengan shower cap.
  • Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Sisir rambut dari akar hingga ke ujung dengan sisir bergigi rapat, lalu bilas ulang.
  • Sesudah itu, cuci rambut dengan sabun beraroma lemon (bukan sabun cuci piring). Pijat kepala dengan ujung jari untuk merontokkan telur yang mungkin masih tersembunyi.
  • Bilas hingga bersih, lalu sisir lagi dengan sisir bergigi rapat, dan ulangi proses ini sekali lagi.
  • Aplikasikan cuka apel ke rambut, tudungi dengan shower cap, lalu diamkan selama 15 menit.
  • Sebelum dibilas, sisir rambut yang masih dilapisi cuka apel. Langkah ini untuk mengubah tingkat keasaman di rambut dan kepala, sehingga menyulitkan kutu dan telurnya bertahan hidup.
  • Lakukan pembilasan terakhir. Lalu keringkan rambut dengan handuk bersih, dan mulailah kegiatan sterilisasi selama 7-10 hari ke depan hingga keberadaan kutu benar-benar hilang dari lingkungan sekitar.

Metode di atas disarankan dilakukan setiap 3 hari sekali (tidak boleh kurang dari itu) agar tidak sampai merusak rambut.

Alternatif lain yang lebih sederhana adalah dengan mencampurkan baking soda dan air, lalu menyemprotkannya ke rambut. Diamkan minimal 10 menit, lalu bilas dengan air hangat tanpa perlu menggunakan sampo.

  1. Sampo tea tree oil

Kalau Anda punya sampo dengan bahan dasar tea tree oil di rumah, maka gunakan itu untuk membunuh kutu di rambut. Sifat antiparasit dan antimikroba dari tea tree oil dipercaya bisa membasmi kutu dan telur-telurnya.

Selain beragam cara menghilangkan kutu rambut di atas, Anda juga bisa melakukan pencegahan penularan dengan cara membersihkan semua benda yang pernah tersentuh oleh anggota keluarga yang terkena kutu. Seprei, topi, scarf, hingga handuk bisa direndam dan dicuci menggunakan air panas, setelah itu keringkan dengan mesin pengering bersuhu tinggi.

Untuk peralatan seperti sisir atau lainnya yang bersentuhan dengan rambut, rendam dalam air panas yang sudah dicampur dengan sabun. Di samping itu, jangan lupa vacuum lantai, bantal, ranjang, sofa, hingga kursi mobil sampai bersih. Dan kalau ada benda yang tidak bisa dicuci misalnya seperti boneka, maka simpan itu dalam wadah kedap udara selama 2 minggu penuh.

Demikianlah cara menghilangkan kutu rambut secara alami tanpa obat-obatan kimia. Selamat mencoba.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer