Cara Menghilangkan Mabuk Perjalanan Tanpa Obat, 100% Alami

Mabuk perjalanan merupakan istilah untuk menggambarkan kondisi pusing, mual, dan muntah saat berada dalam perjalanan. Hal tersebut dapat saja terjadi pada siapa pun, baik anak-anak, remaja, maupun orang tua. Kebanyakan orang menghilangkan mabuk perjalanan dengan cara meminum obat kimia sebelum melakukan perjalanan. Alhasil, obat tersebut membuat ketergantungan, apabila mereka lupa meminumnya, maka mabuk pun kambuh di saat perjalanan.

Mabuk perjalanan pasti sangat merepotkan bagi orang-orang yang suka bepergian atau memiliki perkerjaan yang jauh dari tempat tinggalnya. Hal tersebut juga akan membuat orang-orang di sekitar Anda menjadi risih akibat bau muntah yang Anda keluarkan.

cara menghilangkan mabuk perjalanan

Ada banyak obat alami dan terapi akupunktur untuk membantu Anda menghilangkan mabuk perjalanan. Anda juga dapat membuat obat alami tersebut di rumah dengan harga yang lebih murah dan terjangkau. Mau tahu, kan? mari kita simak penjelasan berikut ini.

Cara Alami Menghilangkan Mabuk Perjalanan

Untuk menghentikan kebiasaan mengonsumsi obat kimia sebelum perjalanan, berikut ini kami berikan cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan mabuk perjalanan. yaitu:

1. Jahe

Jahe adalah obat alami yang populer dan efektif untuk mengatasi mabuk perjalanan.  Hal tersebut dikarenakan jahe memiliki sifat antiemetik (pencegahan mual). Jahe juga membantu pencernaan, yang pada gilirannya akan menimbulkan rasa mual.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “American Journal of Physiology – Gastrointestinal” dan “Fisiologi Hati” pada tahun 2003, orang-orang yang mengkonsumsi suplemen jahe sebelum melakukan perjalanan, lebih sedikit mengalami mual bila dibandingkan dengan yang tidak. Penelitian ini sudah menjadi cukup bukti menjadikan jahe sebagai obat mabuk yang alami.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan mabuk perjalanan menggunakan ramuan jahe, yaitu:

  • Buatlah teh jahe dengan memasukkan sedikit irisan jahe segar ke dalam panci yang berisi dua gelas air. Kemudian, rebus selama 10 menit, saring dan tambahkan satu sendok teh madu. Minumlah teh jahe ini sekitar setengah jam sebelum bepergian untuk menghilangkan mabuk perjalanan.
  • Anda juga bisa mencampur satu sendok teh jahe dan perasan lemon, kemudian meminumnya sebelum bepergian.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa menumbuk jahe hingga halus, lalu telanlah setengah sendok bubuk jahe tersebut (bisa ditambahkan madu) setengah jam sebelum Anda memulai perjalanan.

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung atau wanita hamil, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat alami ini. Anda akan mendapatkan pemeriksaan dan saran yang terbaik bagi kesehatan Anda.

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat Alkali dan efek penyeimbang pH tubuh, sehingga dapat membantu Anda mengatasi mabuk perjalanan. Cara menghilangkan mabuk perjalanan dengan cuka sari apel, yaitu:

  • Campurkan dua sendok makan cuka sari apel dan madu ke dalam satu cangkir air hangat kuku. Aduk hingga rata dan minum secara perlahan. Lakukan hal tersebut minimal setengah jam sebelum bepergian, maka akan membantu menenangkan perut dan mengendalikan mual.
  • Jika Anda sudah mengalami mabuk, Anda dapat menyegarkan napas dan mencegah muntah lagi dengan membilas mulut Anda menggunakan satu sendok teh cuka sari apel yang telah diencerkan dalam satu setengah gelas air.

3. Peppermint

Peppermint juga dapat banyak membantu untuk menghilangkan mabuk perjalanan. Kandungan mentol dalam peppermint dapat membantu menenangkan otot lambung dan mengurangi rasa mual serta menghilangkan mabuk perjalanan.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu:

  • Minum satu cangkir teh peppermint sebelum bepergian sangat efektif untuk mengatasi mabuk perjalanan. Cukup tambahkan satu sendok makan daun peppermint kering ke dalam satu gelas air mendidih. Diamkan selama setengah jam, lalu saring dan tambahkan satu sendok teh madu ke dalam teh Anda. Teh pepperint pun siap dinikmati.
  • Cara selanjutnya adalah dengan memakan permen peppermint dan hisap secara perlahan. Tip sederhana ini akan bekerja dengan baik bahkan jika perasaan mual telah mulai.
  • Anda juga bisa menaruh beberapa tetes minyak esensial peppermint di saputangan dan menghidunya ketika Anda mual.

Peppermint dapat berinteraksi dengan beberapa obat, sebaiknya Anda konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan peppermint ini.

4. Lemon

Lemon segar dan jus lemon mengandung asam sitrat yang bisa mengurangi mual dan muntah saat bepergian. Bahkan, wangi lemon saja sudah bisa membuat nafas lebih lega. Adapun cara yang dilakukan untuk membuat obat mabuk perjalanan alami dari lemon, yaitu:

  • Ambil satu buah lemon, kemudian peras dan campurkan ke dalam segelas air hangat kuku. Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk hingga rata. Minum ramuan tersebut secara perlahan sebelum atau selama perjalanan Anda.
  • Cara lain yang lebih mudah, yaitu dengan mengisap sepotong lemon saat bepergian.
  • Alternatif cara lain adalah dengan memeras satu lemon ke dalam air beras hangat. Kemudian tambahkan sedikit garam, lalu diminum sebelum memulai perjalanan.

5. Apel Hijau

Kandungan pektin dalam apel hijau dapat membantu menetralisir asam dalam lambung dan sangat efektif untuk menghilangkan mabuk perjalanan. Selain itu, gula alami dalam apel hijau juga membantu menenangkan lambung. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buatlah jus dari dua buah apel hijau.
  • Lalu tambahkan perasan setengah lemon dan sedikit garam hitam (garam india).
  • Setelah itu, campur semua bahan tersebut dan minumlah sebelum memulai perjalanan.

6. Camilan Asin

Camilan merupakan hal yang sering dibawa saat perjalanan. Kerupuk atau keripik camilan mudah dicerna yang sangat baik untuk menenangkan perut. Pilihlah rasa yang asin atau gurih untuk menghilangkan mabuk perjalanan.

Selain keripik, kacang asin juga dianggap mampu menyerap asam berlebih dengan sangat baik. Untuk mencegah mual dan muntah, Anda dapat memakan camilan dan meminum jus jahe. Lakukan hal tersebut setiap beberapa jam pada saat perut kosong, maka akan mengurangi kemungkinan timbulnya rasa mual pada perut akibat mabuk perjalanan.

7. Buah Zaitun

Zaitun mengandung tanin, yang secara alami mengurangi air liur dalam mulut. Hal tersebut akan mengurangi ras]z mual atau muntah. Cara menggunakan buah tersebut, yaitu:

  • Anda dapat memakan beberapa buah zaitun sebelum memulai perjalanan.
  • Jika Anda mulai merasa mual saat bepergian, ,maka makanlah buah zaitun setiap sedikit demi sedikit sampai gejala mual tersebut hilang.

8. Akar Manis

Bagi orang yang menikmati rasa akar manis (licorice), pasti akan  dengan cepat mengatasi mabuk perjalanan. Sifat anti-inflamasi pada akar manis mampu  menenangkan selaput lendir dalam lambung serta mengurangi kelelahan dan keinginan untuk muntah saat bepergian.

  • Rebus setengah gelas air dalam panci dan tambahkan satu sendok teh akar manis kering ke dalamnya. Lalu angkat dan diamkan selama lima menit. Setelah itu, disaring dan minum teh herbal ini setengah jam sebelum bepergian.
  • Anda juga bisa mengunyah permen yang mengandung akar manis (licorice) saat bepergian untuk mencegah munculnya rasa mual atau ingin muntah.

Gunakanlah beberapa obat alami tersebut untuk menghilangkan mabuk perjalanan yang sering Anda alami. Jangan sampai mabuk perjalanan merubah suasana bepergian atau liburan Anda.

Jangan lupa! selalu berkonsultasi ke dokter dan ceritakan riwayat penyakit yang pernah Anda alami sebelum menggunakan obat herbal tersebut. Hal tersebut merupakan antisipasi agar tidak terjadi efek samping atau interaksi obat yang merugikan kesehatan Anda.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer