Cara Menghilangkan Mata Sembab Dalam Sekejap

Bangun pagi setelah tertidur lelap pasti sangat menyegarkan, namun bisa jadi bencana ketika Anda bercermin terlihat adanya kantung mata alias mata sembab. Duh! tentu sangat menjengkelkan, apalagi jika ada acara penting yang harus Anda hadiri di siang harinya. Kalau sudah begini, tentu yang diperlukan adalah cara menghilangkan mata sembab dalam sekejap. Sudah tahu caranya?

Mata sembab atau pembengkakan yang terjadi di area bawah mata bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya menangis dengan mengeluarkan banyak air mata, stress, dermatitis, bawaan genetik, perubahan hormonal, alergi, kurang tidur, masalah pada sinus atau pola makan yang buruk.

cara menghilangkan mata sembab

Tidak hanya berdampak pada mata, mata sembab juga akan membuat wajah menjadi terlihat lelah, tidak segar, bahkan seperti sedang sakit. Kondisi ini pasti akan membuat Anda jadi tidak percaya diri. Untungnya, masalah mata ini ternyata dapat diatasi dengan cara sederhana dan alami menggunakan bahan – bahan yang tersedia di rumah. Berikut panduan lengkap mengatasi mata sembab.

10 Cara Alami Menghilangkan Mata Sembab 

1. Minum Cukup Air

Cara ini merupakan yang paling mudah untuk mengatasi mata sembab. Dengan minum cukup air putih tubuh akan terhidrasi dengan baik, dengan begitu akan meminimalisir pembengkakan di bawah mata. Air juga akan membantu menghilangkan toksin dari tubuh, hal ini akan sangat membantu jika alergi yang menjadi penyebab utama mata sembab.

Agar tubuh tercukupi kebutuhan airnya, minumlah sedikitnya 8 sampai 10 gelas air putih setiap hari. Selain itu, batasi asupan garam untuk mengurangi retensi air dalam tubuh. Minuman berkafein dan berkabonasi juga sebaiknya dikurangi karena dapat memperparah jika Anda mengalami dehidrasi.

2. Gunakan Sendok Dingin

Tips satu ini dikenal efektif menghilangkan mata sembab. Dinginnya sendok dapat membantu mengencangkan kulit di sekitar mata sekaligus juga merelaksasi pembuluh darah di bawah kulit. Cara ini akan membuat mata lebih fresh dan memulihkan mata yang lelah.

Cara menggunakan sendok ini yaitu:

  • Dinginkan 5 atau 6 buah sendok logam di dalam kulkas selama 10 sampai 15 menit.
  • Tempelkan punggung sendok yang sudah dingin ke bagian bawah mata selama beberapa menit hingga sendok tidak lagi dingin.
  • Gunakan sendok dingin lainnya untuk diaplikasikan di mata yang lain.
  • Gunakan 2 atau 3 sendok dingin untuk satu bagian kantung mata jika mata sembab cukup parah.

3. Kantong Teh sebagai Penutup Mata

kantong teh dapat digunakan untuk menghilangkan mata sembab

Menggunakan kantong teh hitam atau teh hijau untuk diaplikasikan ke mata juga efektif menghilangkan kantung mata atau mata sembab. Teh pada kantung teh mengandung zat anti-iritasi yang dapat mengurangi pembengkakan, bahkan juga efektif untuk mata memar.

Berikut cara menggunakan kantong teh untuk mata sembab :

  •  Masukkan dua kantong teh bekas kedalam kulkas selama 30 menit.
  • Berbaringlah dan letakkan kantong teh yang sudah dingin di kelopak mata yang sembab.
  • Biarkan selama 10 sampai 15 menit.
  • Ulangi beberapa kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baja Juga: Manfaat Teh Hijau yang Terbukti Ilmiah

4. Irisan Mentimun

irisan mentimun untuk menghilang mata sembab

Irisan mentimun sudah dikenal luas sebagai salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan mata sembab. Kandungan enzim dan astringen dari mentimun dapat membantu mengurangi peradangan dan membantu mengencangkan kulit. Bahan ini juga mampu mengurangi keriput dan lingkaran hitam disekitar mata.

Cara menggunakan irisan mentimun yaitu:

  • Dinginkan potongan mentimun di kulkas selam 10 menit.
  • Tempelkan irisan dingin ini di kolopak mata selama 10 menit atau sampai mentimun tadi menjadi hangat.
  • Ulangi proses ini beberapa kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Putih Telur

Putih telur sudah lama dikenal mampu memberikan efek mengencangkan kulit, kemapuan ini lah yang digunakan untuk menghilangkan mata sembab sekaligus juga dapat mencegah kulit keriput.

Cara menggunakan putih telur untuk menghilangkan mata sembab yaitu:

  • Pisahkan kuning telur dari 2 butir telur dan masukkan bagian putihnya ke dalam mangkuk.
  • Kocong putih telur yang sudah dipisahkan tadi  hingga terbentuk buih yang mengental.
  • Untuk hasil maksimal tambahkan juga beberapa tetes ekstrak witch hazel. Tanaman herbal ini merupakan astringent pengencang kulit dan desinfektan alami. Bahan ini biasanya dijual dalam bentuk botol 100 dan 200 ml.
  • Gunakan sikat atau kain lembut untuk mengaplikasikan campuran tadi ke bagian bawah mata yang sembab dan biarkan kurang lebih 15 menit hingga kering.
  • Lakukan cara ini setiap hari selama beberapa hari untuk hasil yang memuaskan.

6. Irisan Kentang

Seperti halnya mentimun, ternyata kentang juga efektif menyingkirkan mata sembab. Pati kentang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada mata sembab. Bahan ini juga bisa digunakan untuk memudarkan lingkaran hitam disekitar mata (menghilangkan mata panda).

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Kupas, cuci dan keringkan kentang ukuran sedang.
  • Parut kentang tadi dan latakkan hasil parutan ini pada kain bersih kemudian ikat kain membentuk kantung.
  • Letakkan kantung berisi pati kentang tadi di atas kelopak mata yang sembab.
  • Ulangi proses ini beberapa kali hingga mata sembab mereda.

7. Air Dingin

Jika Anda begadang pada malam hari dan muncul sembab di mata pada pagi harinya, air dingin bisa menjadi solusi efektif. Air yang dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan.

Cara menggunakan air dingin ini seperti berikut:

  • Cuci wajah dengan air dingin, bisa juga menggunakan campuran air dan es batu. Lakukan ini beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.
  • Atau gunakan kantung es dan isikan dengan air dingin atau air es, kemudian bungkus plastik tadi dengan kain dan letakkan di mata yang sembab. Ulangi seperlunya hingga bengkak pada mata menghilang.

8. Garam

garam sebagai obat untuk menghilangkan mata sembab

Air panas dan garam dikenal sejak lama sebagai pengobatan sederhana untuk meringankan pembengkakan dan sembab yang terjadi di mata. Air asin dapat membantu menghilangkan mata sembab ini dengan membuang retensi cairan (kelebihan cairan yang menumpuk pada bagan tubuh tertentu biasa disebut juga edema) dengan cara yang mirip dengan proses osmosis.

Cara menggunakan garam ini yaitu seperti berikut:

  • Campurkan setengah sendok teh garam dalam mangkuk berisi satu liter air (4 gelas). Pastikan airnya tidak terlalu panas.
  • Rendam bola kapas atau potongan kain ke dalam air garam hangat tadi kemudian letakkan di atas kelopak mata yang sembab selama beberapa menit.
  • Ulangi proses ini setelah 20 menit, lakukakan beberapa kali hingga sembab dirasakan berkurang.

9. Irisan Stroberi

Kandungan asam alpha hidroksi pada stroberi dapat membuat kulit terlihat lebih halus dan muda. Zat ini juga bisa membantu mengurangi pembengkakan dan sembab di kelopak mata. Berikut cara menggunakan stroberi untuk menghilangkan mata sembab:

  • Dinginkan beberapa buah stroberi di dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit.
  • Iris stroberi dingin ini menjadi beberapa ptongan tebal.
  • Berbaringlah dan letakkan irisan stroberi ini di area kelopak mata yang sembab selama beberapa menit.
  • Ulangi 2 atau 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

10. Lidah Buaya

Cara menghilangkan mata sembab yang terakhir yaitu mengunakan lidah buaya. Kandungan antioksidan dan vitamin E yang tinggi pada lidah buaya efektif untuk menghilangkan bengkak dan sembab disekitar mata. Bahan ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan keriput dan garis halus di bawah mata.

lidah buaya sebagai obat mata sembab

Cara menggunakan lidah buaya ini mudah saja, hanya tinggal mengaplikasikan daging bagian dalam atau gel lidah buaya ke bagian mata yang sembab. Bisa dilakukan dengan cara duduk menengadah atau berbaring. Namun, harus berhati – hati agar gel ini tidak sampai masuk ke mata.

Jika Anda tidak memiliki gel lidah buaya atau tumbuhan lidah buaya di rumah, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak lidah buaya sebagai gantinya.

Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya Lengkap

Kesimpulannya, jika mata Anda sembab, tidak perlu bingung lagi apa yang harus dilakukan. 10 Cara menghilangkan mata sembab diatas bisa anda jadikan panduan untuk mengobati mata Anda yang sembab.

Silahkan pilih salah satu atau beberapa cara yang paling mudah Anda terapkan. Namun, jika Anda mengalami pembengkakan di bawah mata tanpa alasan yang jelas dan disertai rasa sakit serta penglihatan kabur segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer