Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Terbukti Efektif

Sebagian besar orang pasti pernah merasakan depresi, yaitu perasaan putus asa, marah, menderita, merasa tidak bahagia, lelah, merasakan gagal, sedih, semua jadi satu. Depresi adalah reaksi normal, ketika kita merasa kecewa dalam hidup yang mengarah pada timbulnya pikiran negatif. Pikiran negatif akan membuat kita percaya kalau masalah itu ada, padahal tidak. Pikiran negatif akan menghentikan langkah kita untuk maju. Bila Anda merasakan itu sekarang, segera hentikan. Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan pikiran negatif?

Pikiran negatif biasanya datang dari pengalaman pahit dalam hidup yang akhirnya membuat kita berpikir, alangkah sengsaranya hidupku?, bagaimana mungkin hal ini terjadi padaku? Mengapa Tuhan memberi cobaan berat seperti ini?. Dan selusin persoalan lainnya yang berputar pada hal yang sama, yaitu mengasihani diri sendiri.

cara menghilangkan pikiran negatif

Apakah Anda tidak bosan dengan pikiran negatif yang melintas di kepala sepanjang hari? Anda ingin menyingkirkannya tapi tidak bisa. Ini karena otak diprogram dengan pikiran negatif. Pemikiran negatif bisa menghilangkan ketenangan pikiran kita, bisa membuat masalah yang tidak pernah benar-benar ada seakan nyata. Pikiran negatif, jika tidak dikendalikan, bisa menghilangkan kebahagiaan.

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

# Bergaul atau Berteman dengan Orang yang Berpikir Positif

Bergaul dengan teman-teman yang memiliki pikiran positif akan memudahkan kita dalam menghilangkan pikiran negatif. Menurut penelitian, mahasiswa lebih cenderung meniru perilaku negatif teman sekamar mereka, seperti rasa khawatir yang berlebihan dan terlalu serius menghadapi segala sesuatu. Ini disebut ruminasi.

Oleh sebab itu, memilih teman yang tepat dalam pergaulan dan sebisa mungkin menjauh dari perilaku negatif dari teman dapat membantu Anda menjauhi pikiran negatif.

Hang out dengan teman yang selalu berpikir positif akan secara tidak langsung membawa energi optimis mereka kepada Anda. Jadi, selektif memilih teman itu perlu, pilihlah teman yang hanya mendatangkan kebaikan bagi Anda. Ini merupakan salah satu cara menghilangkan pikiran negatif.

# Masukkan Pikiran Negatif ke Tempat Sampah

Menurut sebuah studi pada tahun 2012 di Ohio State University, menuliskan pikiran negatif di selembar kertas dan membuangnya ke tempat sampah efektif untuk menghilangkan pikiran negatif. Ini mungkin akan terdengar konyol bahkan tak masuk akal, tapi percaya atau tidak sebuah universitas di Amerika telah melakukan penelitian mengenai hal ini. Tidak ada salahnya mencoba bukan?

# Alihkan Pikiran ke Hal yang Positif

Ketika perasaan sudah mulai mengarah kepada pikiran negatif, memang sulit untuk menghilangkannya, tapi berusahalah alihkan ke pikiran yang positif. Dengan cara, berpikir dari perspektif atau sudut pandang lain. Jangan memakai sudut pandang orang kebanyakan yang berpikir hanya satu arah saja, bahwa hal itu negatif tanpa melihatnya dari sisi yang lain. Mengapa kita harus melihat suatu masalah hanya dari timur saja, sedangkan kita masih punya selatan, barat, dan utara?.

Mengalihkan pikiran adalah cara terbaik untuk melawan pikiran negatif. Alih-alih memikirkan gelas itu setengah kosong, anggap itu setengah penuh. Dengan cara ini akan lebih mudah menghasilkan lebih banyak pikiran bahagia nan penuh syukur.

# Buat Jurnal/Diary

Buatlah catatan jurnal atau buku harian. Tuliskan pikiran negatif yang sering menghantui Anda, hal apapun yang terjadi yang Anda alami, bagaimana reaksi Anda terhadapnya dan apa yang Anda lakukan. Dengan menulis beberapa pikiran negatif ini dapat membantu Anda mengidentifikasi pemicunya.

Jangan terkejut kalau hasilnya adalah pikiran-pikiran negatif tadi ternyata hanya fiktif belaka, alias tidak nyata. Karena pikiran negatif tadi terus diulang dan tanpa disadari kita telah mengubahnya menjadi sebuah kebiasaan.

Begitu Anda selesai mencatat, cobalah analisis dan renungkan. Cara menghilangkan pikiran negatif salah satunya yaitu dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri. Misalnya, bagaimana saya melihat diri saya sendiri? Apakah saya benar-benar orang bodoh, dan tidak berguna, atau saya hanya mencoba menyenangkan semua orang, tapi lupa pada kebahagiaan diri sendiri?. Dari pertanyaan ini akan membantu menyadari apakah pikiran negatif Anda wajar atau tidak.

# Pikiran Anda Tidak Mendefinisikan Siapa Anda

Selalu ingatkan diri Anda bahwa apa yang ada di kepala Anda akan tetap ada di kepala Anda. Ini hanya pikiran, bukan fakta. Pikiran negatif itu hanyalah produk dari pikiran imajinatif (khayalan) yang tanpa disadari telah Anda latih untuk membuat semakin pesimis. Alih-alih mengatakan “Saya orang bodoh”, katakan “Saya pikir saya kurang pandai”.

Dengan cara ini, Anda dapat memprogram ulang pikiran Anda untuk mulai memunculkan kembali pikiran bahagia dan positif demi menghindari pemikiran yang menghancurkan kedamaian batin Anda. Karena bahagia itu kita yang ciptakan, bukan orang lain.

# Kenali Dari Mana Asalnya

Cara menghilangkan pikiran negatif yang tergolong efektif lainnya adalah dengan mencari tahu dari mana pikiran negatif ini berasal. Menurut penelitian, pemikiran negatif ini mungkin telah diwarisi dari orang tua, sebagai bagian dari proses evolusi manusia yang cenderung terus waspada terhadap bahaya. Depresi, dan pegalaman traumatis juga bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya.

# Coba Nilai Diri Anda

Misalnya dalam dunia kerja, jika Anda tidak mendapatkan promosi jabatan seperti teman Anda, pasti akan timbul pemikiran seperti ini “kinerjaku pasti buruk, aku orang yang tidak kompeten”. Jangan sekali-kali punya pikiran semacam itu, sebaliknya pikirkan bahwa Anda hanya kurang sedikit bagus dari teman Anda itu. Ini akan membantu berpikir bahwa Anda bukannya tidak kompeten untuk pekerjaan itu tetapi hanya perlu memenuhi beberapa persyaratan lagi. Ini adalah cara lain untuk menghentikan pikiran negatif.

# Mengakui Pikiran Anda Sendiri

Cara menghilangkan pikiran negatif selanjutnya adalah mengakui akan hal itu, ‘sadar’. Berdasarkan sebuah penelitian, mengakui pikiran negatif Anda lebih efektif daripada melawannya. Jika Anda mengatakan pada diri sendiri “Saya tidak akan memikirkan dia”, kenyataannya Anda hanya akan memikirkan orang itu lebih sering lagi. Mengaku kepada diri sendiri bahwa Anda memiliki pikiran negatif akan membantu Anda menyadari bahwa ini hanyalah pikiran, bukan fakta.

# Berdebat Dengan Diri Sendiri

Pikiran itu tidak selamanya benar cenderung tidak akurat, jangan menganggap apa yang ada di pikiran itu pasti terjadi. Cobalah jalin komunikasi dengan pikiran Anda sendiri, penelitian menunjukkan bahwa, seseorang yang sering berbicara dengan dirinya sendiri (dalam hati) adalah salah satu tanda kecerdasan. Cari tahu pikiran mana yang selalu menghasilkan pikiran negatif, ajak ia berdebat untuk menemukan apa benar itu kenyataan atau sebuah khayalan dan ketakutan menghadapi kenyataan semata.

Jangan mudah menyerah ketika pikiran negatif datang, bila Anda selalu menuruti hanya akan membuat Anda semakin pesimis terhadap hidup. Anda akan mulai meragukan kemampuan sendiri, meremehkan diri sendiri, dan pada akhirnya memilih untuk lari dari masalah ketimbang menyelesaikannya. Jadi, tantang diri Anda dan lakukan hal yang berbeda dengan percaya diri.

# Ekspresikan Pikiran Anda Dengan Cara yang Lucu

Anda mungkin sudah sering mendengar perkataan ini “jangan terlalu serius dalam hidup ini kawan!”, tapi Anda hanya mengacuhkannya saja. Padahal perkataan itu benar dan Anda harus mencobanya sekali-kali. Hidup tak perlu dibawa susah, cukup nikmati saja. Hidup ini tidak hitam putih apalagi abu-abu, masih banyak warna lainnya, yang membedakan hanyalah perspektif setiap orangnya saja.

Ekspresikan diri Anda seperti yang Anda mau, yang membuat Anda nyaman, yang membuat Anda menjadi diri sendiri bukan orang lain. Selama itu baik dan tidak mengganggu orang lain it’s oke. Ketika pikiran negatif menyerang, coba pikirkan sesuatu yang lucu, sesuatu yang membuat Anda terhibur dan tertawa.

Contohnya, ketika Anda terjebak dalam kemacetan, daripada Anda marah-marah sendiri malah semakin membuat stres, cobalah tertawa sendiri, ya tertawailah kemalangan yang menimpa Anda karena terjebak kemacetan ditengah jalan raya yang sumpek dan panas itu.

Rasakan setelah itu Anda mungkin akan merasa lebih baik, daripada hanya mengasihani betapa malang nya Anda dan tidak menghasilkan apa-apa.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer