Cara Ampuh Menghilangkan Stres Tanpa Membuat Kantong Kempes

Stres merupakan masalah serius yang dapat menimbulkan efek kesehatan jangka panjang bila tidak segera dicarikan solusinya. Dalam ilmu kedokteran ada kaitan stres dengan kesehatan tubuh, yang disebut stres biologis. Kondisi tubuh yang tidak nyaman bisa membuat stres, begitupula sebaliknya, stres dapat membuat tubuh tak sehat. Oleh sebab itu, apabila mengalami stres pikiran, Anda harus segera mencari cara terbaik untuk menghilangkan stres itu sekarang juga.

Ilmu pengetahuan belum banyak membahas mengenai stres biologis, jadi bisa dibilang bahwa stres biologis adalah penemuan yang cukup baru. Pada akhir 1950-an, ahli endokrinologi (endocrinologist ) Hans Selye baru dapat mengidentifikasi dan mendokumentasikan stres. Gejala stres sebenarnya sudah ada jauh sebelum itu, namun penemuan Selye seakan menjadi titik awal munculnya banyak penelitian baru yang nantinya akan membantu jutaan orang mengatasi stres.

cara menghilangkan stres

Namun tahukah kamu apa penyebab stres?

Ya, kita harus tahu terlebih dahulu penyebabnya agar nanti kita bisa mengatasi stress dengan tepat sasaran dan sekaligus mencegahnya agar tak datang lagi. Penyebab stres umumnya hanya bermuara pada satu hal yaitu tekanan kehidupan. Diantaranya yang paling sering menjadi penyebab stres bagi kebanyakan orang adalah masalah pada: Keuangan/ekonomi, rumah tangga/keluarga, asmara/hubungan percintaan, pekerjaan dan lain sebagainya.

Berikut penyebab stres yang seringkali mengintai kita:

Pribadi
  • Sakit atau cedera
  • Kehamilan dan menjadi orang tua
  • kehilangan
  • Masalah kesehatan jangka panjang
  • Mengorganisir acara yang rumit, seperti liburan keluarga
Teman dan keluarga
  • Menikah atau baru berpasangan
  • Perpisahan atau bercerai
  • Hubungan yang sulit dengan orang tua, saudara kandung, teman atau anak
  • Menjadi penjaga untuk teman atau saudara yang membutuhkan banyak dukungan
Pekerjaan dan belajar
  • Kehilangan pekerjaan
  • Pengangguran jangka panjang
  • pensiun
  • Ujian dan tenggat waktu
  • Masalah yang sulit di tempat kerja
  • Memulai pekerjaan baru
Perumahan
  • Kondisi perumahan yang buruk
  • pindah rumah
  • Masalah dengan tetangga
Uang
  • Kekhawatiran tentang uang atau keuntungan
  • kemiskinan
  • hutang

Bagaimana Cara Menghilangkan Stres

Sebelumnya telah kami bahas 16 Cara Mengatasi Stres yang Mudah Dipraktikkan, namun jika hal itu belum cukup berikut ini beberapa tips sederhana untuk membantu Anda menghilangkan stres:

# Mendengarkan musik

Jika Anda merasa stres sekarang, sedang menghadapi situasi penuh tekanan baik itu dari bos di kantor atau permasalahan keluarga di rumah. Coba rehat sejenak dari rutinitas Anda, ambil waktu sejenak untuk duduk sendiri dengan rileks sambil mendengarkan musik favorit. Mendengarkan atau memainkan alat musik memiliki dampak yang sama, yaitu efek positif pada otak dan tubuh sehingga mampu menghilangkan stres. Musik yang tenang atau kalem akan menurunkan tekanan darah dan mengurangi kortisol, hormon yang memicu stres.

( ! ) Bagi Anda umat muslim, mendengarkan lantunan ayat suci Al-qur’an akan sangat membantu Anda dalam mengatasi stress. Terlebih ketika Anda menghayati arti dari setiap ayat yang dilantunkan. Banyak bukti ilmiah yang mendukung hal ini.

# Telpon atau Ngobrol Dengan Teman

Apabila sedang stres pikiran, alangkah baiknya kalau Anda tidak menyimpannya sendiri, berbagilah (curhat mengenai masalah Anda) dengan teman yang Anda percaya, dengan begitu beban yang dirasakan dapat sedikit berkurang. Jangan terlalu gengsi untuk menelpon teman dan bercerita kepada mereka tentang permasalahan yang saat ini sedang Anda alami, dengan begitu setidaknya dapat sedikit membantu dalam mengatasi stres anda.

Hubungan baik dengan teman dan orang yang dicintai seperti keluarga dan kekasih sangat penting agar Anda tidak merasa sendiri. Dengan kehadiran mereka Anda akan merasa mempunyai tempat untuk berbagi keluh kesah bersama, memiliki hubungan baik penting untuk menjaga gaya hidup sehat baik fisik atapun pikiran Anda.

Bicara Pada Diri Sendiri

Banyak orang beranggapan, kalau seseorang berbicara sendiri itu tandanya dia memiliki gangguan jiwa atau gila. Bukan itu maksud dari pembahasan kita sekarang. Bicara pada diri sendiri maksudnya, berbicara dengan hati dan perasaan Anda, hanya dalam hati saja. Bila Anda merasa bahwa teman atau keluarga tidak bisa membantu mengatasi stres yang Anda alami, it’s oke.

Berbicara dengan perasaan sendiri memang terkadang menjadi opsi paling baik, setiap orang mempunyai caranya sendiri-sendiri dalam mengatasi stres. Jangan khawatir terlihat gila – katakan saja pada diri sendiri mengapa Anda stres, apa yang harus Anda lakukan untuk menyelesaikan tugas yang ada, dan yang terpenting, yakinkan pada lawan bicara Anda itu (yang adalah diri Anda sendiri) bahwa semuanya akan baik-baik saja (everything’s gonna be okay) percayalah.

Konsumsilah Makanan Sehat

Siapa sangka makanan ternyata mempunyai andil dalam menciptakan stres di pikiran Anda. Tingkatan stres yang dialami seseorang berkaitan erat dengan makanan yang ia konsumsi. Saat sedang tertekan kita biasanya akan lupa untuk makan makanan sehat, malah memilih untuk mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food dan makanan ringan lain yang mengandung cukup banyak gula.

Cobalah untuk menghindari makanan yang memiliki kandungan gula cukup tinggi, tapi pilihlah buah dan sayuran segar agar membantu menghilangkan stres pikiran Anda. Ikan dengan kadar asam lemak omega-3 yang tinggi telah terbukti mengurangi gejala stres. Sandwich tuna juga sebenarnya adalah makanan yang sangat baik untuk otak.

Makan sehat bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Penting Dikonsumsi lebih  khusus lagi konsumsilah Makanan Penghilang Stres

Tertawalah

Jangan berlarut-larut dalam kesedihan, itu hanya akan semakin membuat Anda tambah stres dan kebingungan. Permasalahan yang sedang Anda hadapi toh tidak akan hilang begitu saja bila Anda hanya terus memikirkannya, tanpa mengambil tindakan. Mengapa coba tidak menenangkan diri sejenak untuk membantu mengatasi stres dengan tertawa. Tertawalah mengenai apa saja yang menurut Anda lucu, ingat hal-hal konyol yang pernah Anda dan teman-teman lakukan, tonton acara komedi juga dapat menjadi pilihan.

Tertawa melepaskan endorfin yang meningkatkan mood  dan menurunkan kadar hormon penyebab stres, yaitu kortisol dan adrenalin. Tertawa juga dapat membantu menghilangkan stres dengan cara membuat sistem saraf Anda menciptakan perasaan bahagia. Saran kami: saksikan beberapa drama komedi lucu di TV atau internet.

Tersenyumlah

Orang yang tersenyum ketika bahagia itu hal yang lumrah dan sudah biasa, tetapi orang yang sedang stres namun tetap bisa tersenyum kepada semua orang itu baru luar biasa. Terapi senyum ini harus Anda latih sebagai cara untuk mengatasi stres, dan mendatangkan emosi positif dalam pikiran Anda.

Menurut peneliti dari Clark University, James Laird PhD, dia menyatakan bahwa ‘senyum’ dapat mengaktifkan sistem pusat kebahagiaan pada otak. Jadi, ketika Anda mulai merasakan stres atau beban pikiran datang, mulailah temui orang-orang tercinta dan tersenyumlah seolah tidak terjadi apa-apa.

Minum teh

Ketika memilih minuman jangan hanya mencari yang rasanya enak saja, tapi pilihlah yang memiliki kandungan baik untuk kesehatan tubuh dan psikkologis Anda. Apabila Anda adalah peminum kopi, ketahuilah bahwa kefein dalam dosis yang tinggi dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah jangka pendek. Hal ini juga dapat memicu sumbu hipotalamus hipofisis adrenal (sejenis hormon yang bertanggung jawab menangani reaksi stress dengan mengatur produksi kortisol) mengalami kelelahan.

Alih-alih minum kopi atau minuman penambah energi, cobalah teh hijau. Teh hijau mengandung kurang dari setengah kafein kopi dan mengandung antioksidan yang sehat, serta theanine, dan asam amino yang memiliki efek menenangkan pada sistem saraf.

Meditasi (Sholat, Yoga, dsb.)

Yoga pada dasarnya adalah gerakan spiritual, yang merupakan kombinasi antara gerakan peregangan yang diharapkan membuat aliran darah lebih lancar pada area-area tertentu, dan diiringi pula dengan senam pernapasan dan mengosongkan pikiran (meditatif).

Jika Anda muslim, sholat dapat menjadi pilihan tepat untuk mengatasi ataupun menghilangkan stres. Gerakan-gerakan yang terdapat dalam sholat telah banyak dibuktikan oleh beberapa studi mampu memberikan efek kesehatan, sholat juga merupakan aktivitas ruhani yang melatih seseorang untuk pasrah dan ikhlas pada sang Pencipta.

Jadi jangan terlalu memaksa untuk menyelesaikan masalah Anda seorang diri, cobalah minta bantuan pada Yang Maha Kuasa.

Pendekatan meditatif dan somatik terhadap kesehatan mental telah menjadi populer dalam psikoterapi modern. Dari yoga dan tai chi hingga meditasi dan Pilates, cara kerjanya yaitu dengan sistem mengosongkan pikiran dan menggabungkan latihan fisik dan mental yang mencegah stres menjadi lebih buruk. Sangat patut dicoba!

Olahraga

Tips mengatasi atau menghilangkan stres selanjutnya yaitu dengan berolahraga. Olahraga tidak melulu harus mengangkat barbel di gym atau marathon di jogging track. Berjalan-jalan sebentar di sekitar kantor atau hanya berdiri untuk meregangkan tubuh saat jeda di tempat kerja dapat meringankan pikiran dalam situasi yang penuh tekanan. Olahraga membuat darah lebih lancar dan mampu melepaskan endorfin yang bisa memperbaiki mood Anda.

Tidur Lebih Nyenyak

Semua orang tahu stres bisa menyebabkan susah tidur. Sayangnya, kurang tidur juga merupakan penyebab utama stres. Siklus setan ini apabila tidak diatasi dapat membuat kondisi tubuh semakin memburuk. Cobalah berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah susah tidur yang Anda alami, dokter biasanya akan menyarankan untuk tidur 7-8 jam sehari. Baca: Bagaimanakah Cara Tidur yang Baik untuk Kesehatan?

Untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas coba Matikan TV lebih awal, matikan juga lampu kamar, dan relaksasikan diri Anda sejenak sebelum tidur. Tidur yang nyenyak dan berkualitas adalah salah satu cara mengatasi stres paling efektif dan murah yang bisa Anda lakukan.

Bernapaslah

Anda mungkin sering di sarankan teman untuk “tarik napas dalam-dalam” dan Anda pikir itu omong kosong. Padahal ini benar-benar membantu mengatasi stres. Selama berabad-abad, para biksu Buddha mempraktekkan seni pernapasan ini selama meditasi mereka.

Untuk latihan, cobalah 3-5 menit duduklah di kursi Anda dengan telapak kaki rata di lantai dan tangan di atas lutut. Bernapaslah perlahan, masukkan udara lewat hidung keluarkan lewat mulut, konsentrasi pada paru-paru Anda saat melebar dan mengempis di dada. Dengan mengambil napas dalam-dalam akan menyalurkan oksigen ke darah dan membantu menjernihkan pikiran Anda.

Pijat Leher dan Pundak

Cara menghilangkan stres selanjutnya sungguh mengasyikkan yaitu dengan cara memijat pada bagian leher belakang dan pundak. Karena leher belakang dan pundak adalah bagian yang biasanya menegang ketika pikiran berada dalam tekanan. Mintalah orang lain untuk memijat Anda, lebih baik lagi bila dilakukan oleh orang-orang yang Anda cintai atau memiliki hubungan emosional seperti suami atau istri.

Pemijatan secara lembut disertai dengan obrolan-obrolan ringan akan mengalihkan fokus Anda sejenak dari beban pikiran yang sedang dihadapi saat itu. Sehingga akan menambah semangat serta motivasi menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik mungkin ketimbang hanya memikirkannya saja yang akan semakin membuat Anda stres.

Bahaya Stres Bagi Kesehatan

Apabila stress pikiran dibiarkan berlarut-larut dan tidak segera ditangani dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan, karena banyak penyakit dan gangguan kesehatan bermula dari kondisi beban pikiran terlalu berat (stress berat).

Berikut ini penyakit yang sering muncul ketika stres:

  • Tekanan darah naik.
  • Sistem kekebalan tubuh menurun.
  • Pusing.
  • Sakit perut akibat maag dan lainnya. (baca: Stress, Penyebab Sakit Maag yang Tak Disadari)
  • Nyeri pada dada.
  • Susah tidur.
  • Sariawan (Panas dalam).

Demikianlah beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantu Anda dalam menghilangkan stres pikiran yang sedang mendera Anda. Salam happy!

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer