7 Cara Alami Mengobati Tenggorokan Gatal Terbukti Ampuh

Rasa gatal yang memengaruhi tenggorokan pastilah menimbulkan ketidaknyamanan yang mengganggu. Kondisi ini sendiri dapat ditenggarai oleh berbagai macam penyebab, seperti alergi, dehidrasi, perubahan cuaca, polusi udara atau infeksi virus seperti flu. Agar keluhan gatal tenggorokan tak semakin berlanjut dan menyiksa, atasi segera dengan beragam pilihan cara mengobati tenggorokan gatal berikut ini.

Berbagai cara mengobati tenggorokan gatal yang aman dan efektif

1. Manfaatkan Madu

madu untuk tenggorokan gatal

Sejak dulu, madu telah dipercaya sebagai bahan penyembuh alami yang aman, termasuk untuk membantu meredakan tenggorokan gatal berkat sifat antimikrobanya. Minumlah satu sendok makan madu asli yang murni tiap pagi dan sore hari secara rutin setiap hari. Dapat pula dicampurkan dengan segelas air putih hangat.

2. Kumur dengan Air Garam

mengatasi tenggorokan gatal dengan garam

Berkumur dengan air garam dapat menjadi alternatif pilihan dalam melegakan tenggorokan yang gatal dan mengurangi batuk sementara. Buatlah larutan garam dengan mencampurkan ½ sdt garam ke dalam secangkir air hangat. Kemudian berkumurlah selama 10 detik dengan menengadahkan kepala ke atas. Muntahkan dan ulangi lagi hingga larutan habis. Lakukan 2-3 kali sehari.

3. Makan Bawang Putih

bawang putih untuk mengobati tenggorokan gatal

Cara mengobati tenggorokan gatal lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi bawang putih. Bumbu dapur satu ini mengandung allicin, senyawa organosulfur yang dikenal memiliki kemampuan dalam melawan infeksi.

Sebelum dikonsumsi, hangatkan dahulu 2 siung bawang putih ke dalam microwave selama 10-15 detik, kemudian geprek dan makanlah langsung. Cara lain yang dapat dilakukan yakni dengan memasukkan 1 siung bawang putih ke dalam mulut dan menghisapnya selama 30 menit.

4. Minum Air Lemon Hangat

lemon untuk tenggorokan gatal

Lemon kaya akan vitamin C yang bermanfaat dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi penyebab tenggorokan gatal atau sakit. Meminum air perasannya juga dapat membantu memecah lendir dan merilekskan tenggorokan.

Potonglah setengah atau seperempat bagian lemon. Peras sarinya dan campurkan bersama dengan segelas air putih hangat juga 1 sdt madu. Minumlah secara rutin setiap hari, di waktu pagi dan malam hari.

5. Minum Wedang Jahe

wedang jahe obati tenggorokan gatal

Bagi yang sedang mengalami masalah tenggorokan, batuk ataupun pilek, maka cobalah minum segelas air wedang jahe karena jahe memiliki efek anti inflamasi, antimikroba yang sekaligus dapat membantu mengeluarkan lendir di tenggorokan.

Untuk membuatnya pun cukup mudah. Pertama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yakni 2 batang serai, 1 batang besar jahe yang telah di bersihkan dan di geprek, 5 biji cengkeh, gula merah secukupnya dan 500 ml air. Panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan semua bahan. Rebus hingga air sedikit berkurang dan berubah warna. Angkat, saring dan tuang ke dalam gelas. Minumlah selagi hangat.

6. Hisap Permen Pelega Tenggorokan

permen pelega tenggorokan

Permen pelega tenggorokan umumnya mengandung bahan aktif yang dapat membantu meredakan rasa sakit atau gatal, membunuh bakteri penyebab serta menyejukkan tenggorokan. Selain itu, menghisap permen pelega tenggorokan juga dapat meningkatkan produksi air liur yang bermanfaat untuk melembapkan.

7. Minum Banyak Air Putih

banyak minum air putih agar tenggorokan tak gatal

Cobalah untuk tetap terhidrasi ketika mengalami masalah tenggorokan agar kondisi yang dialami tidak semakin memburuk. Minumlah sekitar 8 gelas air putih per hari. Untuk manfaat lebih, makanlah sup ayam dengan campuran beragam sayuran, seperti wortel, seledri, brokoli dan sebagainya.

Beberapa obat herbal lainnya yang diketahui dapat membantu mengobati tenggorokan gatal diantaranya seperti cuka apel, berbagai jenis teh herbal, daun mint, fenugreek, licorice atau akar manis dan banyak lagi. Namun bila obat herbal di rasa tak cukup ampuh, maka dapat menggunakan obat-obatan antihistamin, analgesik atau dekongestan hirup.

Jika tenggorokan disertai batuk, simak: Obat Batuk dan Gatal Tenggorokan Tradisional, 100% Alami

Segera periksakan diri ke dokter apabila tenggorokan gatal yang dialami berlangsung selama lebih dari 10 hari, semakin memburuk atau disertai dengan beberapa gejala seperti kesulitan bernapas, mengi, pembengkakan di wajah, demam, kesulitan menelan dan kehilangan nafsu makan.

Lihat sumber
#