Cara Meningkatkan Nafsu Makan dengan Tepat

Secara alami tubuh akan memberi sinyal lapar jika perut sudah mulai kosong. Namun beberapa kondisi tertentu seperti sedang sakit, pasca operasi atau sedang stress dapat membuat nafsu makan menurun bahkan hilang. Untuk mengatasi itu dibutuhkan cara meningkatkan nafsu makan yang tepat agar tubuh kembali prima.

cara meningkatkan nafsu makan

14 Cara Meningkatkan Nafsu Makan

Meningkatkan nafsu makan dapat dilakukan dalam berbagai cara, mulai dari mengatur menu makanan, pola makan, hingga berbagai tips dan trik agar prosesi makan jadi lebih menyenangkan. Tujuan utamanya untuk meningkatkan asupan makanan tinggi kalori dan nutrisi agar kebutuhan tubuh tetap terpenuhi namun tidak membuat Anda strees menghadapi setumpuk makanan.

1. Makan lebih sering dalam porsi kecil

Makan sepiring nasi penuh dengan lauk pauk tiga kali sehari mungkin akan menyulitkan bagi mereka yang kurang nafsu makannya. Untuk mensiasatinya, cobalah untuk membagi 3 piring nasi tadi tadi menjadi 5 – 7 piring dengan porsi yang lebih kecil agar terlihat lebih mudah dihabiskan.

Makan dalam jumlah kecil dan lebih sering juga akan melatih tubuh meningkatkan kembali nafsu makan yang menurun. Jika tubuh mulai terlatih untuk makan yang lebih banyak, tingkatkan porsinya hingga kembali normal seperti biasa.

2. Makan cemilan padat nutrisi

Orang yang sedang kurang nafsu makan umumnya lebih memilih memakan cemilan seperti keripik, permen atau es krim. Makanan jenis ini memang cukup mengenyangkan karena tingkat kalorinya yang tinggi, namun sayangnya minim nutrisi.

Oleh sebat itu, seseorang yang sedang tidak nafsu makan dan lebih banyak ngemil akan rentan mengalami kekurangan nutrisi penting seperti protein, lemak, dan vitamin. Sehingga selain penurunan berat badan beberapa penyakit juga mengintai.

Solusinya, cobalah untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi dan tinggi kalori. Dibanding es krim cobalah untuk konsumsi yogurt, atau mengganti keripik dengan kacang-kacangan atau buah kering.

3. Jangan tinggalkan sarapan

Setelah tidur di malam hari, tubuh ada dalam kondisi kekurangan nutrisi dan kalori di pagi harinya. Karena itu sangat penting untuk selalu sarapan sebelum memulai aktivitas Anda. Bahkan pada orang yang ingin menurunkan berat badanpun sarapan disarankan untuk tidak ditinggalkan. Hal itu karena sarapan dapat menjaga nafsu makan tidak berlebihan di siang harinya.

Baca juga: Manfaat Sarapan Pagi yang Tak Boleh Diabaikan.

4. Buat jadwal makan

Mereka yang nafsu makannya normal tentu dapat mudah makan kapan saja dan tetap berselera. Bedahalnya dengan yang sedang tidak nafsu makan, membagi porsi makan jadi lebih sering serta tambahan cemilan kaya nutrisi jadi menu wajib. Oleh karena itu untuk mempermudah, buatlah jadwal makan yang rapih setiap harinya agar nutrisi dan kalori tetap tetap terpenuhi dan makan tetap berselera.

5. Selalu sediakan makanan kesukaan

Cara meningkatkan nafsu makan yang cukup penting lainnya yaitu selalu menyediakan makanan kesukaan di rumah. Cobalah untuk menyediakan stok makanan kesukaan di tempat yang mudah di jangkau agar lebih mudah diraih saat nafsu makan sedang datang. Selalu sedia cemilan sehat kaya nutrisi di ruang santai atau kamar juga bisa jadi pilihan agar selera makan normal kembali.

6. Kurangi makanan berserat

Makanan tinggi serat sudah dikenal sebagai makanan yang dapat membuat perut terasa lebih kenyang dan dapat menurunkan asupan kalori pada mereka yang sedang ingin kurus. Makanan jenis akan memperlambat pencernaan dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Sedikit asupan serat akan membuat perut jadi lebih mudah lapar. Oleh karena itu menghindari makanan berserat merupakan salah satu cara meningkatkan nafsu makan yang dianjurkan. Namun tetap pertimbangkan kebutuhan serat harian agar jauh dari konstipasi.

7. Makan bersama anggota keluarga atau teman

Makan bersama untuk meningkatkan nafsu makan anak

Kebiasaan makan juga berpengaruh dalam usaha meningkatkan nafsu makan. Orang yang terbiasa makan sendiri akan cenderung tidak menghabiskan makanan di piringnya, apalagi jika sedang tidak nafsu makan. Oleh karena itu cobalah untuk lebih sering makan bersama anggota keluarga atau teman dekat agar suasana makan jadi lebih bersemangat.

8. Gunakan ukuran piring yang besar

Menggunakan piring besar merupakan salah satu cara meningkatkan nafsu makan dengan cara mengelabuhi persepsi otak. Sebuah penelitian membuktikan bahwa cara ini cukup efektif meningkatkan porsi makanan yang dikonsumsi.

Orang yang sedang tidak nafsu makan biasanya tidak tertarik dengan setumpuk nasi dengan lauk pauk yang memenuhi piring. Oleh karena itu digunakanlah piring yang lebih besar agar makanan ditengahnya seolah-olah sedikit.

9. Tambahkan minuman kaya kalori di menu

Konsumsi makanan tinggi kalori dan nutrisi mungkin akan dirasa menyulitkan bagi mereka yang sedang tidak nafsu makan. Salah satu trik untuk mengatasinya adalah menggantinya dengan makanan kaya nutrisi dalam bentuk liquid atau cairan.

Beberapa contoh minuman alami berkalori tinggi yang bisa dicoba diantaranya smoothies buah, milkshake dan jus buah. Minuman berkalori tinggi ini juga bisa ditambahkan aneka buah kering atau coklat untuk meningkatkan citarasanya.

10. Tingkatkan rasa makanan dengan rempah-rempah

Cara meningkatkan nafsu makan yang lainnya adalah dengan memanfaatkan rempah-rempah sebagai penambah citarasa makanan sekaligus menghadirkan berbagai manfaat sehat untuk pencernaan. Beberapa jenis rempah-rempah memiliki sifat karminatif yaitu mampu mengurangi gas dalam pencernaan sehingga mengurangi kembung yang dapat menurunkan nafsu makan.

Beberapa jenis rempah yang bersifat karminatif diantaranya kapulaga, jahe, pala, kunyit. Selain baik untuk pencernaan rempah-rempah ini akan menambah citarasa makanan yang dapat membangkitkan nafsu makan.

11. Hindari minum banyak air sebelum atau saat makan

Minum air sebelum makan dapat berdampak kurang baik pada nafsu makan. Perut yang sudah terisi air akan memperkecil ruang makanan untuk masuk dan pada akhirnya menyebabkan perut terasa penuh sehingga nafsu makan berkurang. Hal itu juga berlaku untuk minum disela-sela makan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk membatasi konsumsi air 30 menit sebelum makan.

12. Perbanyak Olahraga

Dengan berolahraga tubuh akan membakar banyak kalori untuk menggantikan energi yang terbuang. Kurangnya jumlah kalori dalam tubuh ini akan membuat nafsu makan meningkat untuk menggantikan kalori yang terbuang.

Aktifitas fisik juga akan mempengaruhi berbagai jenis reaksi di tubuh yang dapat menstimulasi rasa lapar. Termasuk kemampuan meningkatkan masa otot, metabolisme dan produksi hormon.

13. Tambahkan suplemen

Kekurangan beberapa jenis vitamin dan mineral dalam tubuh dapat menurunkan nafsu makan. Oleh sebab itu, penuhi kebutuhannya. Maka tak heran, apabila beberapa jenis suplemen dianjurkan untuk menambah nafsu makan, seperti tiamin, minyak ikan dan echinacea. Seperti dijelaskan dalam artikel berikut: Benarkah Vitamin Dapat Meningkatkan Nafsu Makan?

14. Buat catatan harian diet Mu

Meningkatkan nafsu makan tidak bisa dilakukan secara instan. Butuh perencanaan dan pelaksanaan yang baik agar nafsu makan kembali prima. Oleh karena itu gunakan buku catatan diet harian untuk mencatat perkembangan yang terjadi.

Beberapa cara meningkatkan nafsu makan yang dijelaskan di atas merupakan cara aman dan mudah untuk meningkatkan nafsu makan. Namun, kurangnya nafsu makan biasa disebabkan oleh beragam faktor yang melatarbelakanginya. Oleh karena itu merupakan ide bagus untuk mengonsultasikan masalah itu pada dokter Anda agar mendapatkan penanganan terbaik.

Lihat sumber