Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tanpa Perlu Banyak Duit

Kulit ibarat jendela untuk melihat ke dalam tubuh. Tampilannya yang sehat, segar dan nampak muda tak hanya menarik pandangan mata namun dapat menjadi pertanda bahwa tubuh berada dalam kondisi kesehatan yang baik. Tanpa perlu merogoh kocek yang dalam, berikut beragam cara menjaga kesehatan kulit yang dapat dengan mudah diterapkan.

cara menjaga kesehatan kulit

Terapkan secara konsisten beragam cara menjaga kesehatan kulit berikut ini!

Kulit mampu bekerja secara multitasking dengan berperan sebagai garis pertahanan pertama antara tubuh dan dunia luar, mempertahankan keseimbangan cairan, mengatur suhu tubuh, mengenali sensasi nyeri sebagai sinyal terhadap bahaya dan berbagai peran penting lain yang menjadi alasan betapa pentingnya menjaga kesehatan kulit.

Namun ada banyak faktor yang mampu memengaruhi kesehatan kulit. Mulai dari hormon, genetika, obat-obatan hingga kebiasaan buruk diri sendiri yang kerap diacuhkan sehingga berdampak pada kemampuan kulit dalam menjalankan beragam fungsinya menjadi tidak efektif.

Untuk itu, menjaga kesehatan kulit merupakan suatu kewajiban. Ada banyak cara sederhana yang dapat dilakukan, diantaranya dengan membatasi diri terhadap paparan sinar matahari, banyak mengonsumsi makanan yang sehat, membersihkan kulit secara teratur dan beragam cara lainnya seperti berikut ini.

1. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebih

Paparan sinar matahari dalam jumlah minimal memang penting untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D. Namun bila berlebih, maka kerusakan kulit bahkan kanker kulit -lah yang akan didapati. Hindarilah paparan sinar matahari berlebih terutama pada jam 10 pagi hingga 4 sore.

Bila hendak bepergian di bawah teriknya sinar matahari, sebisa mungkin aplikasikan tabir surya dengan kadar SPF 15 atau lebih. Kenakan pula pakaian yang lembut dan berlengan panjang agar kulit senantiasa terlindungi.

2. Konsumsilah Makanan yang Sehat

Kulit cerah dan awet muda yang didambakan dapat diwujudkan dengan mulai mengonsumsi makanan yang sehat secara rutin. Perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan asam lemak omega-3 karena dapat menjaga kecerahan dan kelembapan kulit.

Waspadai konsumsi gula tambahan, terutama yang terkandung dalam makanan olahan dan minuman kemasan karena dapat memicu kerutan dan produksi minyak berlebih. Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen jika khawatir tidak mampu mencukupi kebutuhan nutrisi harian bagi kesehatan kulit.

3. Bersihkan Kulit Secara Teratur

Membersihkan kulit secara teratur menjadi bagian penting dari sekian banyak cara menjaga kesehatan kulit. Baik mandi atau mencuci wajah cukup dilakukan 2 kali sehari saja. Jangan terlampau sering, karena justru akan membuat kulit kehilangan kelembapannya dan rentan berjerawat.

Pilihlah produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit. Bila memiliki tipe kulit kering, maka pilihlah sabun atau produk perawatan yang bebas alkohol dan dapat melembapkan. Sedangkan untuk kulit sensitif, maka dapat mengaplikasikan produk bebas pewangi buatan dan hipoalergenik.

4. Jauhi Rokok dan Minuman Berlakohol

Ada banyak alasan mengapa kebiasaan buruk merokok memiliki dampak negatif terhadap kesehatan kulit. Pertama, merokok dapat menyempitkan pembuluh darah yang terdapat pada lapisan luar kulit sehingga akan mengurangi asupan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat.

Kedua, merokok dapat dapat menyebabkan kerusakan kolagen dan elastin yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit. Akibatnya kulit akan nampak mengendur dan lebih tua dari usia sebenarnya. Terakhir, ekspresi berulang yang terjadi pada saat merokok – seperti mengerucutkan bibir dapat menyebabkan keriput di wajah.

Begitupun halnya dengan mengonsumsi minuman beralkohol yang dapat membuat tubuh juga kulit mengalami dehidrasi. Akibatnya kulit akan mengendur dan menua lebih cepat. Dengan demikian, jauhi sedari dini rokok juga minuman beralkohol agar tak kehilangan kulit sehat yang didambakan.

5. Tidurlah yang Cukup

Cara menjaga kesehatan kulit yang bisa dibilang paling sederhana adalah dengan tidur cukup antara 7-9 jam setiap hari. Saat tidur, tubuh memasuki mode perbaikan dan meregenerasi kulit, otot, sel darah dan otak. Tanpa tidur yang cukup, tubuh tidak mampu menghasilkan kolagen baru yang penting untuk mencegah kulit kendur.

Berdasarkan beberapa penelitian, orang-orang yang kurang tidur berisiko besar mengalami penuaan kulit lebih cepat dan terkait erat dengan obesitas, defisiensi imun, diabetes hingga kanker. Masih berpikir untuk menghabiskan waktu sia-sia dengan begadang terus di malam hari?

6. Rileks dan Tetap Tenang

Stres memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk kulit. Stres dapat menyebabkan dan memperparah masalah kulit yang sudah ada seperti jerawat, eksim atau psoriasis. Tubuh pun akan membutuhkan waktu cukup lama untuk pemulihan.

Jadi masalah kulit yang dialami akan bertahan lebih lama jika saja stres yang dialami tak juga dikendalikan. Untuk itu, kelola lah stres sebaik mungkin. Rileks dan tetap tenang ketika masalah menghampiri. Terbukalah pada orang-orang terdekat agar masalah yang dihadapi terasa lebih ringan.

Baca juga : 13 Penyakit Akibat Stres dari Ringan Hingga Berat

7. Minumlah Air Putih Secukupnya

Seperti semua bagian tubuh lainnya, kulit juga membutuhkan air agar tetap terhidrasi dan berfungsi sebagaimana mestinya. Kurang minum dapat membuat kulit kering, bersisik dan perlahan akan timbul garis-garis halus atau kerutan.

Sebagai pencegahan, minumlah rata-rata 8 gelas air putih setiap hari. Tambahkan pula buah-buahan dan sayuran yang kaya air sebagai upaya untuk mencukupi hidrasi harian pada kulit dan tubuh secara keseluruhan. 

Di samping beberapa cara menjaga kesehatan kulit di atas, penting juga untuk menerapkan olahraga secara teratur setidaknya 3 kali seminggu. Tak perlu terlalu berat, olahraga ringan seperti bersepeda, jogging atau jalan santai pun sudah cukup untuk menjaga kesehatan kulit dan bagian tubuh lain tentunya.

Perhatikan pula kebersihan barang-barang harian yang kerap dipakai seperti seprai dan sarung bantal. Ganti dan cucilah secara berkala tiap seminggu sekali agar kotoran dan berbagai partikel lain yang terdapat didalamnya tidak beralih ke kulit dan menimbulkan masalah.

Bagaimana, menjaga kulit agar tetap sehat dan muda tak selalu harus merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati berbagai perawatan komersial bukan? Dengan mengikuti berbagai cara-cara sederhana ini secara konsisten, maka kesehatan kulit akan senantiasa terjaga.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

Baca juga