Cara Cepat Menyembuhkan Pilek Dalam Sehari

Hidung pilek, bersin-bersin, gatal, dan tersumbat sangat membuat tak nyaman. Pekerjaan dan aktifitas sehari-hari pun bisa jadi terhambat karenanya. Agar keluhan ini tak berlarut-larut terapkan cara menyembuhkan pilek dalam sehari yang akan dijelaskan di bawah ini.

Tahukah Anda, pilek bukanlah penyakit yang berdiri sendiri. Melainkan salah satu gejala dari berbagai macam penyakit, misalnya saja common cold (selesma), influenza, rhinitis alergi, sinusitis, dan lain-lain. Beberapa di antaranya memiliki perjalanan penyakit dan penanganan yang berbeda untuk dapat sembuh tuntas.

Nah, tips atau cara menyembuhkan pilek dalam sehari ini bertujuan untuk mengusir masalah-masalah terkait pilek, seperti hidung berair, gatal, bersin-bersin, hidung tersumbat, juga sakit kepala dan demam. Tujuannya agar pilek tidak sampai mengganggu aktifitas harian Anda. Adapun kesembuhan totalnya akan tergantung dari penyebabnya tadi.

Inilah 7 cara sederhana untuk menyembuhkan pilek dalam sehari yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Minum banyak cairan

Banyak minum akan memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang memang sedang meningkat saat seseorang terserang pilek, terutama yang disebabkan oleh influenza dan common cold.

Banyak minum juga membantu mengecerkan lendir, baik berupa dahak ataupun ingus sehingga akan lebih mudah dikeluarkan dan tak sampai menyumbat hidung.

Berbagai jenis minuman boleh dikonsumsi, seperti air putih, jus buah, teh hangat, dan wedang jahe. Namun, minuman yang menyebabkan tubuh membuang air secara berlebihan harus dihindari, seperti kopi (kafein) dan minuman beralkohol.

Baca: Cara Menyembuhkan Pilek/Flu dengan Cepat

2. Teh panas

Di sisi lain, minuman panas seperti teh biasanya lebih bermanfaat daripada yang dingin. Ini karena panas dan uapnya, akan membantu membuka saluran napas sehingga dapat melegakan hidung tersumbat.

Agar kandungan kafeinnya tidak banyak, cukup seduh tehnya sedikit saja. Tambahkan air lemon dan madu selagi hangat, karena keduanya mengandung unsur antiinflamasi untuk meredakan peradangan serta antimikroba alami untuk mengusir infeksi.

3. Terapi Uap

Menghirup uap panas telah terbukti membantu mengobati pilek dengan cepat. Sebuah studi tahun 2015 terhadap orang-orang dengan flu biasa membuktikan bahwa menghirup uap air panas cukup efektif menyembuhkan dengan cepat.

Selain menghirup uap dari secangkir teh panas, Anda juga dapat menguapi wajah di atas air panas. Begini caranya:

  1. Panaskan air bersih dalam panci bersih di atas kompor. Panaskan secukupnya agar terbentuk uap —JANGAN biarkan sampai mendidih agar tak terlalu panas.
  2. Bila perlu tambahkan peppermint atau minyak kayu putih secukupnya.
  3. Tempatkan wajah di atas uap selama 20–30 menit setiap kali. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung. Beristirahatlah jika terasa terlalu panas pada wajah Anda.
  4. Agar lebih banyak uap yang terhirup, tudungi bagian atas kepala dengan sehelai kain atau handuk.
mengatasi hidung tersumbat dengan uap air panas

mengatasi hidung tersumbat dengan uap air panas

Anda akan merasakan kelegaan pada hidung dan inguspun menjadi lebih encer. Saat itu Anda dapat mengeluarkan ingus dengan ‘sisi’ secara bergantian kanan dan kiri. Tutup salah satu lubang hidung secara bergantian.

Baca: Cara Mudah Menghilangkan Hidung Tersumbat Tanpa Harus Ke Dokter

4. Neti pot

Menggunakan neti pot untuk irigasi hidung (cuci hidung) juga dapat mengatasi masalah hidung berair dan tidak nyaman. Neti pot adalah wadah kecil seperti teko dengan muara kecil di ujungnya.

Anda dapat mengisinya dengan larutan garam atau air asin hangat ke dalamnya lalu digunakan untuk mengirigasi hidung yang pilek. Aliri salah satu rongga hidung, maka cairan akan keluar dari lubang hidung lainnya.

neti pot untuk menyembuhkan pilek dalam sehari

Pastikan untuk menggunakan air steril dan aquades daripada air sumur  atau keran.

5. Makan makanan pedas

Makanan pedas memang bisa membuat hidung meler semakin parah. Namun, jika Anda juga mengalami gejala hidung tersumbat, makan makanan pedas akan dapat membantu meringankannya.

Pasalnya, capsaicin, zat yang membuat cabai terasa pedas memiliki efek mengencerkan lendir dan efek dekongestan yang dapat melonggarkan saluran hidung. Maka tak heran jika ingus menjadi meleleh, dan saat itu pulalah waktu yang tepat untuk mengeluarkannya.

Mengenai jenis makanannya, paling baik adalah makanan berkuah nan pedas. Misalnya, bakso, soto, atau sup ayam. Dengan menyantap makanan ini kita dapat menyembuhkan pilek dalam sehari, karena beberapa keuntungan kita dapatkan, seperti rasa pedas, uap panas, dan cairannya yang semuanya menunjang.

Hati-hati! Bagi yang memiliki penyakit maag dan penyakit pencernaan lainnya tidak direkomendasikan mengonsumsi makanan pedas.

6. Akupresur

Cara selanjutnya untuk menyembuhkan pilek dengan cepat yaitu menggunakan teknik akupresur. Pada akupresur, ada beberapa titik pada tubuh yang ditekan-tekan dengan jari selama beberapa menit dan berulang hingga efek penyembuhan dirasakan.

Para paktisi mengklaim bahwa teknik ini dapat menyembuhkan pilek sangat singkat, bahkan kurang dari 5 menit. Berikut titik-titik akupresur untuk menyembuhkan pilek:

titik akupresur untuk meredakan pilek

Simak juga video berikut:

7. Obat-Obatan

Apabila cara-cara di atas dirasa belum cukup membantu, maka jurus terakhir untuk menyembuhkan pilek dalam sehari adalah dengan obat-obatan. Ada banyak sekali obat pilek yang tersedia di apotek ataupun toko obat. Anda pun dituntut untuk cermat dalam memilihnya.

Sesuaikan obat pilek yang hendak dikonsumsi dengan kondisi Anda saat ini:

  • Jika hanya pilek, hidung tersumbat, dan gatal, maka  gunakan kombinasi obat yang mengandung antihistamin dan dekongestan saja. Misalnya Rhinos.
  • Jika pilek disertai demam dan sakit kepala, maka gunakan kombinasi obat flu tanpa batuk, seperti Molexflu, Demacolin, dll.
  • Jika pilek disertai demam dan batuk, maka gunakan obat flu dan batuk kombinasi, seperti Alpara, Hufagripp, dll.

Ingat! Cara di atas memang ampuh mengatasi pilek dengan cepat, namun yang diatasi adalah gejalanya. Jadi apabila hari ini berhasil reda, maka kemungkinan bisa muncul lagi selama penyakit yang mendasarinya belum sembuh.

Adapun untuk penyembuhan penyebab pilek nya, butuh waktu sebagaimana perjalanan penyakit yang berlaku. Misalnya, untuk influenza mungkin butuh waktu beberapa hari hingga 2 mingguan, untuk alergi cendrung berulang, saat Anda terpapar zat penyebab alergi.

Itulah beberapa tips mudah untuk menyembuhkan pilek dalam sehari, semoga berhasil dan selalu sehat bahagia.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT