Sulit Tidur? Inilah Cara Supaya Cepat Tidur Tanpa Obat

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia, tidur merupakan waktu ketika tubuh beristirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari yang menguras energi. Dengan tidur yang cukup maka tubuh akan fit kembali keesokan harinya. Ada dua tipe orang, yaitu yang ketika kepalanya menyentuh bantal ia langsung tertidur, dan satunya lagi yang susah sekali untuk tertidur. Termasuk yang manakah Anda? kalau yang kedua, mau tau cara supaya cepat tidur?

Bagi Anda yang termasuk tipe orang susah tidur, tenang, disini kita akan membahas beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar mudah tertidur di malam hari. Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan, karena apabila Anda kurang tidur dapat menimbulkan berbagai penyakit dari ringan maupun serius. Baca: 10 Akibat Kurang Tidur yang Merugikan Kesehatan

cara supaya cepat tidur

Agar Anda cepat tidur, kenali dan atasi Penyebab Susah Tidur

Bagaimana Cara Supaya Cepat Tidur di Malam Hari?

Mari cermati beberapa cara supaya cepat tidur berikut ini.

# Hindari Tidur Siang

Bagi Anda yang bekerja tidak mungkin tidur siang hari, kecuali hari libur. Tapi bagi mereka yang memiliki waktu luang di siang hari sebaiknya hindari tidur di siang hari bila ingin cepat tertidur malam nanti. Tidur di siang hari membuat sulit tidur di malam hari. Jika Anda benar-benar lelah dan sulit sekali menahan keinginan untuk pergi ke tempat tidur, batasi tidur siang hanya 20 menit saja.

# Batasi Minuman yang Menyebabkan Mata Melek

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa kafein membuat sulit tidur, begitu juga dengan alkohol mempunyai efek yang sama. Bagi Anda yang terbiasa meminum kopi hindari kebiasaan ini terutama di malam hari bila ingin cepat tidur.

Ketahui juga jenis makananan lainnya: 22 Makanan yang Bikin Melek Maksimal

Hindari kebiasaan yang mengharuskan Anda begadang sepanjang malam, dapat menjadi awal memulai kebiasaan hidup sehat. Juga merupakan salah satu cara supaya cepat tidur di malam harinya.

# Berolahraga di Siang Hari

Cara supaya cepat tidur yang terbilang ampuh yaitu dengan berolahraga di siang atau sore hari sebelumnya. Olahraga tidak hanya meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh tapi juga dapat memperbaiki kualitas tidur dengan cara mengurangi stres. Penting untuk diketahui, jangan berolahraga 3 jam sebelum tidur, karena adrenalin akan membuat Anda terjaga semalaman.

# Memilih Makanan

Sangat sulit untuk jatuh tertidur bila Anda dalam keadaan lapar. Makanlah makanan yang membuat Anda kenyang sebelum tidur, tapi jangan terlalu dekat waktunya. Namun, Anda tetap harus selektif memilih makanan yang akan dikonsumsi, makanan berat mungkin sulit dicerna dan gangguan pencernaan bisa menyulitkan untuk cepat tidur.

# Matikan TV, Komputer dan Alat Elektronik Lainnya

Cara supaya cepat tidur selanjutnya yaitu dengan mematikan alat elektronik dan gadget di sekitar Anda. Laptop dan handhone yang terus menyala apalagi di tambah dengan sambungan internet akan menggoda Anda untuk terus berada di depan layar laptop atau handphone dan membuat semakin terjaga.

Bila semua perangkat telah Anda matikan akan menjadi semacam rangsangan pada otak bahwasannya sudah waktunya bagi tubuh untuk beristirahat. Cara ini telah terbukti ampuh menambah kualitas tidur seseorang.

# Buat Suhu Dalam Kamar Agar Dingin

Cara supaya cepat tidur selanjutnya yaitu dengan membuat suhu kamar tetap dingin. Anda akan tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak jika kamar tidur lebih dingin. Suhu ruangan yang lebih rendah menurunkan suhu inti tubuh, dan membantu tidur lebih cepat. Suhu ideal untuk tidur adalah 65 derajat fahrenhit.

# Tidur Dengan Selimut

Tidur dengan memakai selimut adalah salah satu cara supaya cepat tidur yang mudah sekali dilakukan, karena selimut hampir pasti ada di setiap kamar Anda bukan?. Selimut berfungsi seperti sebuah pelukan hangat, tekanan yang dihasilkan dari sentuhan antara selimut dan kulit membantu mengendurkan sistem saraf dan mendorong untuk tidur lebih nyenyak.

# Gunakan Tempat Tidur Berkualitas

Tidur diatas kasur dan sprei yang nyaman akan membantu Anda untuk tidur nyenyak. Setiap kali ingin tidur pasti kita semua menginginkan suasana yang tenang dan nyaman, tempat tidur yang setiap kali dinaiki akan menimbulkan suara berderit yang berisik akan membuat susah tertidur.

Perlu Anda ketahui, manusia menghabiskan sepertiga dari hidupnya untuk tidur, jadi membeli kasur yang bagus adalah sesuatu yang layak dan pantas melihat kegunaan dan manfaatnya.

# Matikan Lampu

Seseorang akan lebih cepat tertidur dalam suasana yang minim cahaya atau gelap. Cahaya, walau hanya sedikit akan mengganggu hormon dan menstimulasi otak untuk tetap terjaga. Pakai masker mata jika perlu.

# Cobalah Aromaterapi

Aromaterapi mampu menenangkan tubuh. Ada banyak aroma yang tersedia yang dapat membantu Anda untuk rileks dan mempersiapkan diri untuk tidur, vanilla, lavender, marjoram, kayu cendana hanya beberapa contoh. Gunakan di bantal, di udara atau di kasur.

# Tidur dan Bangun Pada Waktu yang Sama Setiap Hari

Cara supaya cepat tidur berikutnya dengan memulai kebiasaan bangun dan tidur dalam waktu yang sama setiap harinya. Seperti misalnya, tidur jam 9 malam, bangun jam 5 atau 6 di pagi harinya. Apabila kedua hal ini bisa menjadi rutinitas harian Anda akan membantu kondisi tubuh untuk tertidur lebih cepat dengan menciptakan kebiasaan atau ritme sirkadian.

# Bacalah Buku

Membaca buku selain menambah pengetahuan dan wawasan juga dapat menjadi sumber hiburan, selama buku yang dibaca adalah bukan termasuk buku-buku berat. Carilah buku yang menghibur atau bahkan membosankan. Mata yang lelah setelah lama membaca buku akan membuat Anda tertidur lebih cepat.

# Lakukan Peregangan Pada Tubuh Anda

Cobalah yoga atau beberapa gerakan peregangan yang lembut. Lakukan relaksasi progresif yaitu dengan cara, kencangkan setiap otot, hitung sampai sepuluh kemudian lepaskan. Ini akan membuat tubuh rileks dan meminimalisir terjadinya nyeri otot.

# Kenakan Pakaian yang Nyaman

Mengenakan pakaian yang nyaman akan membantu untuk tidur lebih cepat, dan ini pun menjadi salah cara yang efektif dan mudah di aplikasikan. Pakailah piyama longgar, ringan dan dingin. Pilihlah bahan nya dari katun karena bahan ini paling baik.Atau, Anda dapat tidur tanpa menggunakan pakaian sama sekali, jika itu membuat Anda nyaman.

# Perhatikan Posisi Tubuh Anda

Demi mendapatkan kenyamanan dan tidur yang lebih berkualitas, posisikan tubuh Anda pada posisi yang paling nyaman dan enak. Karena Posisi tidur itu penting. Pastikan setiap bagian tubuh dari mulai kaki sampai kepala Anda merasa nyaman, hindari atau jauhi barang-barang yang sekiranya mengganggu atau bahkan mendatangkan bahaya. Pakailah bantal yang dapat menampung kepala dan leher dengan tepat.

Posisi miring/menghadap ke samping adalah posisi terbaik, terutama bila menghadap ke sisi kiri. Namun, posisi terlentang juga adalah posisi yang sangat direkomendasikan, tinggal pilih posisi mana yang paling pas untuk Anda. Baca: 8 Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Bila sudah menemukan posisi yang pas, lakukan setiap hari dan jadikan kebiasaan setiap malam supaya cepat tidur dan tidur pun akan berkualitas.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer