Diet Jeruk Nipis Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu 1 Minggu

Tak sedikit orang yang melakukan diet jeruk nipis untuk menurunkan berat badan. Bila selama ini Anda sudah diet ketat, namun belum melihat hasil yang memuaskan, maka cobalah melibatkan jeruk nipis dalam menu keseharian.

Sama seperti perasan lemon, air jeruk nipis juga mengandung agen antibakteri, antijamur, dan antivirus alami. Oleh karenanya, mengonsumsi segelas air jeruk nipis/ lemon setiap hari sangat disarankan karena dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kalau membeli lemon dirasa terlalu mahal, Anda bisa menggantinya dengan jeruk nipis saja. Lebih lanjut Anda bisa baca di sini: Manfaat Jeruk Nipis dan Kandungannya, Terbukti Ilmiah!

diet jeruk nipis

Mengapa jeruk nipis dapat membantu menurunkan berat badan?

Segelas air jeruk nipis hanya mengandung 11 kalori saja sehingga minuman ini takkan berdampak buruk pada berat badan, tidak seperti soda atau minuman manis lainnya. Di samping itu, air jeruk nipis juga merupakan sumber vitamin C yang dapat memenuhi 22% AKG. Menurut studi tahun 2006 yang dipublikasikan dalam Nutrition and Metabolism, vitamin C memegang peranan penting karena selain dapat mendongkrak imun tubuh, nutrisi ini juga dapat membakar lemak ketika seseorang sedang berolahraga.

Sebenarnya kita dapat menurunkan berat badan hanya dengan minum banyak air putih setiap harinya. Namun kalau Anda ingin hasil yang lebih cepat, maka tambahkan perasan jeruk nipis ke dalam air. Selain membantu proses detoksifikasi dengan membersihkan liver dan memurnikan darah, jeruk nipis juga dapat memberi sifat alkali/ basa pada tubuh.

Pertanyaannya sekarang, benarkah minum jeruk nipis saja sudah cukup untuk membantu menurunkan berat badan? Sebenarnya tidak demikian, mengingat ada banyak faktor yang menentukan berat badan seseorang. Para ahli malah menegaskan bahwa tidak ada makanan atau minuman yang apabila dikonsumsi sendirian, dapat menurunkan berat badan.

Jadi, kalau Anda rutin minum air jeruk nipis di pagi hari, dan tidak menjaga pola makan. Dalam artian, Anda masih tetap mengonsumsi makanan hasil proses, minum soda dan alkohol, serta membiarkan diri stres, maka dampak alkaline dari jeruk nipis tadi takkan mampu membalikkan semua dampak buruk  dari gaya hidup yang dijalani, sehingga penurunan berat badan takkan terjadi.

Oleh sebab itu, agar diet jeruk nipis benar-benar membawa hasil sesuai harapan, coba ikuti beberapa saran sederhana berikut.

  1. Banyaklah minum air setiap harinya.
  2. Minumlah 1-2 gelas air jeruk nipis setiap hari.
  3. Minumlah 250-500 ml air pada 15-30 menit sebelum makan.
  4. Hindari minum apapun selama makan. Kalaupun memang harus minum, seruput sedikit saja air atau teh hangat.
  5. Batasi konsumsi minuman manis seperti soda, jus, serta latte.
  6. Semaksimal mungkin konsumsilah makanan segar yang berkualitas baik, yang mengandung protein tanpa lemak dan lemak sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, minyak kelapa, salmon, dan sayuran berdaun hijau.
  7. Hindari mengonsumsi makanan kemasan atau hasil proses.
  8. Minimalisir konsumsi makanan yang sarat dengan zat tepung seperti roti, pasta, keripik, kue, muffin, dan lain sebagainya.
  9. Kurangi juga makanan manis.
  10. Rajinlah berolahraga minimal 15 menit setiap hari. (Baca: 18 Jenis Olahraga Mengecilkan Perut)

Lantas bagaimana soal penyajiannya? Apakah Anda bisa mengombinasikan air jeruk nipis dengan rempah lainnya?

Berikut cara penyajian diet jeruk nipis untuk menurunkan berat badan:

# Gunakan air hangat

Ketika membuat air jeruk nipis, gunakan air hangat.  Selain lebih mudah dicerna oleh tubuh, air hangat juga membantu mempercepat proses metabolisme sehingga hasilnya akan lebih efektif.

# Tak perlu menambahkan gula

Anda juga tak perlu menambahkan gula ke dalam air perasan jeruk nipis. Namun kalau memang belum terbiasa dengan rasanya, maka tambahkan gula sedikit saja. Untuk berikutnya, kurangi takaran gulanya sedikit demi sedikit hingga lidah Anda terbiasa minum air jeruk nipis tanpa gula.

# Kombinasikan dengan jahe

Jahe dapat merangsang metabolisme dan membuat tubuh membakar kalori lebih cepat. Mengombinasikan jahe dengan jeruk nipis dapat membantu memaksimalkan program diet. Cara membuatnya, blender 2 inci jahe segar bersama segelas besar air, lalu saring ampasnya. Setelah itu, tambahkan perasan 1 buah jeruk nipis, minum segera.

# Gunakan sebagai topping

Selain diminum, Anda juga boleh menggunakan perasan jeruk nipis sebagai bumbu atau topping makanan seperti memeras airnya ke dalam kuah bakso, soto, salad, steak, dan lain-lain.

# Infused lime water

Dan bila pagi itu Anda cukup sibuk sehingga tak ada waktu lagi untuk memeras jeruk nipis, maka potong-potong saja jeruknya dan masukkan ke dalam botol atau gelas minum Anda.

Baca juga jenis diet lainnya:

Hanya dengan melakukan beberapa tips di atas, bukan mustahil kalau diet jeruk nipis akan berhasil menurunkan berat badan Anda dalam waktu 1 minggu.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer