Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Tahukah Anda, ternyata manfaat lidah buaya untuk wajah sangatlah banyak. Berbagai studi bahkan mendapati lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka kecil, 8 kali lebih cepat ketimbang obat biasa. Selengkapnya simak terus artikel di bawah ini.

Lidah buaya atau aloe vera memang terkenal memiliki berbagai manfaat, tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kecantikan, salah satunya bagian wajah kita. Hal ini tentu saja berkat kandungan lidah buaya yang memang kaya akan zat bermanfaat. Selain bersifat antibakteri dan antiradang, aloe vera juga mengandung beragam nutrisi lain seperti zinc, vitamin C, E, katekin, karoten, karbohidrat, asam amino, dan flavonoid.

manfaat lidah buaya untuk wajah

Baca juga:

Apa saja manfaat lidah buaya untuk wajah?

Selain bermanfaat untuk menyembuhkan luka, ternyata masih banyak lagi manfaat lain dari lidah buaya untuk wajah sebagai berikut:

  1. Makeup remover

Jika selama ini Anda selalu mencari bahan alami mana yang dapat menghapus sisa makeup di wajah, maka lidah buayalah salah satu jawabannya. Tak seperti produk kosmetik pabrikan yang mungkin mengandung bahan kimia berbahaya, yang dapat membuat kulit kering, gel lidah buaya jauh lebih sehat dan melembabkan.

Oleh karenanya, jangan segan menggunakan ekstrak gel lidah buaya sebagai pembersih wajah. Dan untuk maskara atau eyeliner yang biasanya lebih sulit dihapus, Anda dapat mencampurkan gel aloe vera dengan minyak zaitun murni.

  1. Krim cukur

Apakah terlalu menyakitkan bagi Anda untuk mencukur alis menggunakan waxing? Kalau ya, maka cobalah gunakan aloe vera. Tak hanya bersifat antibakteri, tekstur gel lidah buaya yang licin juga memudahkan Anda dalam mencukur. Selain itu, gel ini juga bisa melembabkan kulit. Anda tinggal mengoleskan gel lidah buaya ke area wajah (alis biasanya) yang hendak dicukur.

  1. Menenangkan kulit iritasi

Bekukan gel lidah buaya dalam wadah cetakan es batu. Setelah beku, gunakan kapanpun Anda memerlukannya. Gel lidah buaya beku ini bagus untuk menenangkan kulit iritasi akibat paparan sinar matahari berlebih, sengatan serangga, dan bahkan psoriasis. Bagi Anda yang mungkin tanpa sengaja terkena percikan api atau minyak panas juga dapat mengandalkannya.

  1. Sabun cuci muka

Sepertinya tak ada yang tak bisa dilakukan oleh lidah buaya. Bila 1 sdm gelnya dicampurkan dengan 1 sdt susu almond dan 1 sdt perasan lemon, maka larutan tersebut dapat dipakai sebagai sabun cuci muka alami. Setelah mengaplikasikannya ke wajah, diamkan dulu beberapa menit sebelum dibilas.

Dan karena beberapa mineral dalam aloe vera bersifat antibakteri, maka sabun muka alami ini dipastikan cocok untuk jenis kulit sensitif, berjerawat, dan kemerahan.

Untuk Anda yang menginginkan khasiat anti-aging, cukup campurkan 1 sdm gel lidah buaya dengan 1 sdt minyak kelapa (100% raw organik). Hangatkan adonan tersebut dengan menggosokkannya di tangan lalu aplikasikan ke wajah sebagai sabun cuci muka.

  1. Mengikis sel kulit mati

Kalau ingin kulit wajah selalu tampak segar bersinar, maka Anda harus rajin mengikis sel kulit matinya. Untuk tujuan ini, Anda juga dapat menggunakan aloe vera karena bahan ini dapat melembutkan sekaligus menyuplai oksigen ke sel kulit. Caranya, campurkan saja ½ cangkir aloe dengan sedikit gula atau baking soda sehingga tercipta adonan berpasir. Gosokkan ke wajah, (dan bagian tubuh lain seperti siku, tumit, lengan, dll) saat mandi dengan gerakan melingkar. Sel kulit mati hilang, sirkulasi darahpun jadi lebih lancar.

  1. Masker saat tidur

Tammie Umbel, pendiri Shea Terra Organics, suka sekali mencampurkan gel aloe vera dengan timun (kurang lebih 7,5 cm) dan ½ butir putih telur sebagai masker penghidrasi kulit saat tidur di malam hari. Anda ingin mencoba resepnya juga? Baca: Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Kulit Berjerawat

  1. Merangsang pertumbuhan alis

Penampilan alis yang tebal dan rapi itu memang menawan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mencelupkan kuas maskara bersih ke gel aloe vera, lalu mengusapkannya ke alis untuk merapikannya.

Dan kalau sebelumnya, Anda mungkin kelewat batas saat mencukur alis, maka campurkan gel lidah buaya dan minyak castor (perbandingan sama). Ramuan ini ternyata efektif untuk mempercepat pertumbuhan alis.

  1. Krim antiaging

Manfaat lidah buaya untuk wajah yang satu ini berkat kandungan giberelin (hormon pertumbuhan) dan glukomanan, yang mana keduanya dapat meningkatkan kolagen sintesis ketika diaplikasikan atau konsumsi. Oleh sebab itu, aloe vera dapat juga digunakan sebagai krim antiaging atau anti penuaan alami.

  1. Obat jerawat

Bila krim penghilang jerawat yang selama ini Anda pakai kurang manjur maka cobalah gunakan gel lidah buaya. Sebelumnya, cuci terlebih dulu wajah dengan sabun antibakteri dan air. Setelah wajah kering, oleskan gel lidah buaya ke area berjerawat, diamkan semalaman sebagai masker, lalu bilas keesokan harinya. Lakukan secara rutin setiap hari.

  1. Pelembab alami

Apakah pelembab yang Anda pakai sekarang malah membuat kulit tampak berminyak? Jika ya, maka Anda bisa menggantikannya dengan lidah buaya yang mampu melembabkan kulit tanpa membuatnya tampak berminyak. Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya yang satu ini Anda cukup mengoleskan saja gel aloe vera kapanpun Anda merasa kulit mulai kering.

  1. Mencerahkan wajah kusam

Belakangan ini, krim pemutih wajah memang lagi booming. Namun kita semua tahu kalau tidak semua krim pemutih itu aman. Nah, untuk mencerahkan wajah kusam secara alami dan juga efektif, coba campurkan gel lidah buaya dengan perasan lemon. Aplikasikan sebagai masker, lalu bilas beberapa menit setelahnya andapun akan merasakan manfaat yang luar biasa dari lidah buaya untuk mencerahkan wajah.

  1. Penyegar wajah

Saat Anda kepanasan, dan wajah butuh sesuatu yang dingin, maka Anda bisa menggunakan campuran gel lidah buaya dan minyak esensial peppermint sebagai penyegar. Saat menyiapkannya, masukkan kedua bahan tersebut dalam botol semprot, laku dinginkan dalam lemari es. Pakailah itu kapanpun Anda membutuhkannya.

Dengan demikian usai sudah bahasan kita mengenai berbagai manfaat lidah buaya untuk wajah dan cara pemakaiannya. Selamat mencoba!

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer