Mata Ikan di Tangan Hilang dengan Cara Mudah Berikut Ini

Mata ikan adalah daerah kulit yang menebal dan mengeras, berbentuk bulatan atau kerucut kecil yang umumnya terdapat di kaki. Terkadang, mata ikan juga muncul di tangan, baik jari-jari, telapak ataupun punggung tangan.

Munculnya mata ikan di tangan biasanya akibat dari penggunaan peralatan secara berulang. Misalnya sering menggunakan peralatan kerja atau alat musik tertentu tanpa mengenakan sarung tangan ataupun pelindung lainnya. Akan tetapi, menurut Medicinenet.com, mata ikan di tangan tersebut terkadang muncul tanpa alasan yang jelas. Selengkapnya, baca disini: 15 Faktor Penyebab Mata Ikan pada Kulit

Untungnya kapalan ataupun mata ikan di tangan dapat dihilangkan dengan mudah menggunakan produk obat bebas yang banyak dijual di apotek. Tapi, ada sejumlah obat penghilang mata ikan yang murah meriah dan ada di rumah. Tapi ingat ya, pengobatan rumahan ataupun bahan-bahan herbal tidak selalu menunjukkan hasil yang memuaskan, lantaran masih minimnya riset mengani hal itu.

mata ikan di tangan

Bagaimana Cara Menghilangkan Mata Ikan di Tangan?

Menurut sejumlah literatur, ada beberapa bahan dapur yang dapat membantu menghilangkan mata ikan. Contohnya, membungkus mata ikan semalam dengan kain yang dibasahi dengan cuka atau menempelkan irisan bawang putih, dan lain-lain.

Selengkapnya, berikut tata cara menghilangkan kapalan di tangan dengan bahan alami yang ada di rumah:

1. Nanas

Nanas dapat diandalkan untuk mneghilangkan mata ikan di tangan karena di dalamnya terkandung enzim bromelain yang dapat melunakkan mata ikan. Berikut langkah-langkah penerapannya:

  1. Kupas kulit nanas dengan potongan kecil
  2. Tempelkan bagian dalam kulit nanas di atas mata ikan, kencangkan dengan perban, kenakan kaus kaki dan biarkan semalam.
  3. Keesokan paginya, keluarkan perban, bersihkan area dan kemudian oleskan sedikit minyak kelapa.
  4. Gunakan obat ini setiap malam selama satu minggu.

2. Pepaya

Pepaya juga mengandung enzim yang dapat mengikis sel-sel kulit mati yang mengeras sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan mata ikan di tangan. Plus, pepaya dapat meringankan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Untuk hasil terbaik, gunakanlah pepaya mentah.

Langkah-langkah pembuatan obat mata ikan dengan pepaya:

  1. Parut sepotong kecil pepaya mentah dan ekstrak sarinya.
  2. Rendam bola kapas ke dalam jus ini, taruh di atas mata ikan dan kencangkan dengan selotip.
  3. Biarkan semalam.
  4. Pagi berikutnya, gunakan batu apung untuk mengelupaskan kulit dengan lembut.
  5. Ulangi setiap hari sampai Anda puas dengan hasilnya.

3. Batu Apung

Menghilangkan mata ikan di tangan juga bisa menggunakan batu apung. Dengan menggosokkan batu ampung, maka sel-sel kulit mati yang telah mengeras dapat dikiki, pada gilirannya juga dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan.

Berikut caranya:

  1. Sebelum tidur, rendam mata ikan dengan air hangat selama 10 menit untuk melembutkan kulit yang keras.
  2. Gosok lembut batu apung bolak-balik melintasi area yang terkena selama tiga hingga lima menit, lalu bersihkan.
  3. Celupkan bola kapas ke dalam minyak jarak dan letakkan di mata ikan. Amankan dengan selotip dan biarkan semalam.
  4. Keesokan paginya, keluarkan perban dan oleskan minyak jarak beberapa kali sehari.
  5. Ulangi perawatan selama beberapa hari sampai mata ikan benar-benar hilang.

4. Cuka Putih

Tingkat keasaman cuka putih yang tinggi membantu melembutkan kulit yang keras. Plus, sifat antijamur dan antibakterinya mengurangi risiko infeksi.

Berikut cara menghilangkan mata ikan di tangan dengan cuka:

  1. Sebelum tidur, campurkan satu bagian cuka putih dengan tiga bagian air.
  2. Bubuhi cuka encer ini ke atas mata ikan.
  3. Tutupi area dengan perban perekat dan biarkan semalam.
  4. Keesokan paginya, gosok kulit yang menebal dengan batu apung.
  5. Oleskan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa untuk menjaga area tersebut tetap lembab.
  6. Gunakan obat ini sekali sehari sampai mata ikan luruh.

5. Baking Soda

Baking soda akan membantu menyingkirkan kulit mati yang menutupi mata ikan, yang pada gilirannya membantu proses penyembuhan. Ia juga memiliki sifat antijamur dan antibakteri dapat menjaga kulit dari infeksi.

  • Tambahkan dua hingga tiga sendok makan soda kue ke baskom berisi air hangat. Rendam mata ikan dalam larutan ini selama 10 hingga 15 menit. Gosok area yang terkena dengan batu apung untuk mengangkat kulit mati.
  • Pilihan lainnya, campurkan satu sendok teh soda kue, sedikit air jeruk nipis, dan air untuk membuat pasta. Menerapkannya dengan hati-hati, hanya di area yang terkena. Tutupi dengan perban dan biarkan semalam. Keesokan paginya, bilas pasta dengan air hangat dan kemudian gosok dengan lembut menggunakan batu apung.

Anda dapat menggunakan salah satu dari solusi ini sekali sehari sampai mata ikan mengering dan mengelupas.

6. Lemon

Obat rumahan yang bagus lainnya untuk menghilangkan mata ikan di tangan adalah lemon. Asam sitrus dalam lemon berfungsi untuk melembutkan kulit yang mengeras. Caranya, oleskan jus lemon segar pada mata ikan dan biarkan mengering. Lakukan ini setidaknya tiga kali sehari.

5. Bawang putih

Bawang putih adalah antioksidan alami dan karenanya sangat membantu dalam mengobati mata ikan. Juga, sifat antibakteri dan antijamurnya akan mencegah infeksi.

  • Potong tipis bawang putih lalu tempelkan pada mata ikan. Tutup dengan perban dan biarkan semalam. Keesokan paginya, keluarkan perban dan basuh dengan air hangat. Lakukan ini setiap malam sampai mata ikan menghilang.
  • Sebagai alternatif, potong dua hingga tiga siung bawang putih menjadi potongan-potongan kecil, tambahkan sedikit garam, lalu buat pasta. Oleskan pasta pada mata ikan, kencangkan dengan perban perekat dan biarkan selama tiga hari. Pada hari ketiga ketika Anda melepas perban, mata ikan juga akan meluruh. Jika diperlukan, ulangi prosesnya.
  • Pilihan lain adalah membuat pasta dari dua siung bawang putih, tambahkan sedikit cuka ke pasta dan kemudian oleskan langsung pada mata ikan. Taruh bola kapas di atasnya dan kencangkan dengan selotip. Biarkan selama dua hingga tiga jam kemudian lepaskan dan bersihkan area tersebut. Ulangi proses setiap hari selama beberapa minggu.

Ingat! Tidak ada jaminan dalam penggunaan bahan alami di atas, mengingat kondisi penyakit yang berbeda untuk setiap orang. Pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda merasa khawatir dengan mata ikan di tangan Anda.

DISKUSI TERKAIT

Baca juga