Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Cara Alami dan Medis

“Sudah pakai krim ini-itu, tapi masih saja flek hitam di wajah gagal tersamarkan. Duh, ada nggak ya kira-kira cara menghilangkan flek hitam di wajah yang murah meriah?” Untungnya ada. Jadi, daripada sekedar menyamarkannya saja, mari kita tilik lebih lanjut soal bagaimana cara menghilangkan noda hitam di wajah.

Noda hitam, bintik hitam, flek hitam, atau apapun istilahnya memang dapat merusak penampilan manis seseorang. Faktanya, bukan hanya wajah saja yang bisa jadi sasarannya, melainkan bahu, lengan, atau bahkan punggung juga bisa.

menghilangkan flek hitam di wajah

Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Noda hitam biasanya muncul saat tubuh menghasilkan melanin (pigmen yang memberi warna pada kulit) dalam jumlah berlebih. Penyebab kondisi ini bisa bermacam-macam, namun beberapa di antaranya yang paling umum adalah:

1. Paparan Sinar Matahari

Kalau seseorang sering menghabiskan waktu di bawah terik matahari atau melakukan tanning bed tanpa mengoleskan sunscreen terlebih dulu, maka ini bisa mendongkrak naiknya produksi melanin. Hal ini otomatis dilakukan tubuh sebagai upayanya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya dan merusak.

Maka dari itu, ada baiknya Anda tidak meremehkan pentingnya sunscreen, terutama bila harus beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama.

2. Perubahan Hormon

Naik-turunnya kadar hormon estrogen dan progesteron, biasanya saat hamil, akibat mengonsumsi pil KB, atau selama menopause juga bisa mengganggu keseimbangan produksi melanin. Belum lagi kalau kulit juga sering kena sinar matahari, maka sekresi melaninpun semakin meningkat.

3. Efek dari Mencabut Rambut Kulit

Ada berbagai upaya yang dilakukan seseorang yang ingin menghilangkan bulu atau rambut halus di kulitnya. Beberapa cara yang ditempuh biasanya dengan mencabut, menggunakan waxing atau krim depilatori. Pasalnya semua cara ini dapat menyebabkan radang kulit yang memicu perubahan warna.

4. Bekas Luka atau Jerawat

Bekas luka, operasi, atau jerawat yang tidak dirawat juga bisa berubah menjadi flek hitam.

5. Usia

Penyebab flek hitam di wajah satu ini memang tak bisa dipungkiri. Seiring bertambahnya usia, sel kulit tak lagi mampu bereproduksi secara aktif seperti ketika masih muda dulu. Akibatnya, lebih sulit bagi kulit untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Beberapa Jenis Flek Hitam pada Kulit

Setelah memahami penyebabnya, maka kita juga perlu tahu jenis-jenisnya supaya penanganan flek hitam ini nanti bisa akurat. Berikut beberapa jenis noda hitam pada kulit:

1. Melasma

Melasma mengacu pada jenis flek hitam yang tampak seperti ‘percikan tinta’ di area pipi. Biasanya penyebab melasma adalah ketidakseimbangan hormon, efek terapi hormon, atau disfungsi tiroid.

2. Lentigines

Nah kalau flek hitamnya tampak ‘berserakan’ dengan pola tak beraturan, maka itu disebut Lentigines. Bintik hitam ini biasanya banyak didapati pada orang tua, dan efek sinar matahari biasanya merupakan penyebab nomor 1.

3. Bekas Jerawat

Ketika jerawat terinfeksi oleh bakteri, maka rasanya bisa menyakitkan dan meninggalkan noda setelah jerawat itu pecah. Bekasnya inilah yang kemudian berkembang menjadi noda hitam.

4. Hiperpigmentasi

Semua bentuk cedera yang mengakibatkan kulit lecet, tergores, terbakar, atau terluka lainnya bisa memicu inflamasi, dan nantinya kondisi ini bisa saja menimbulkan hiperpigmentasi atau menghitamnya warna kulit.

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Medis

cara medis menghilangkan flek hitam di wajah

cara medis menghilangkan flek hitam di wajah (dinamai sesuai nomor)

Sekarang setelah tahu jenis-jenisnya, maka saatnya mencari solusi yang tepat untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Untuk Anda yang menginginkan hasil instan atau cepat, maka beberapa cara medis berikut mungkin bisa dicoba:

1. Laser

Ada plus-minus dari cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan laser. Kelebihannya adalah rasanya tidak menyakitkan dan hasilnya pun cepat. Namun di satu sisi, perawatan laser biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan sesi perawatannya juga belum tentu hanya sekali saja, bisa beberapa kali pertemuan karena tergantung juga dari ukuran, warna, serta kedalaman bintik hitamnya.

Yang perlu Anda ketahui sebelum mencoba prosedur ini adalah kalau kulit akan sangat sensitif setelah dilaser. Jadi pastikan untuk membawa sunscreen atau alat pelindung kulit lainnya, bahkan jika mungkin, hindari terkena matahari selama beberapa hari setelahnya.

2. Chemical Peeling

Sesuai namanya, cara menghilangkan flek hitam di wajah ini melibatkan bahan kimia tertentu yang diaplikasikan ke kulit. Nantinya setelah terkena zat kimia tersebut, kulit akan melepuh dan mengelupas sehingga mengaktifkan regenerasi sel untuk membentuk sel kulit baru.

Walau metode ini terdengar menyeramkan, namun pada prakteknya, rasanya tak semenyakitkan yang dibayangkan. Malahan ada beberapa orang yang merasakan sensasi geli saat menjalaninya.

Soal zat kimianya pun bermacam-macam karena tergantung dari seberapa parah noda hitamnya. Untuk bintik hitam yang tak terlalu dalam, AHA (alpha-hydroxy acids) seperti asam glikolat atau asam laktat yang biasanya jadi pilihan. Sementara untuk flek hitam tingkat sedang, asam trikloroasetatlah yang dipakai. Dan untuk kasus terparah, terapis biasanya akan menggunakan fenol.

Sama seperti perawatan menggunakan laser, metode chemical peeling mungkin juga tak cukup bila dilakukan sekali saja apalagi kalau nodanya tergolong parah. Setelah menjalaninya, kondisi kulit juga akan sangat sensitif, bahkan bisa iritasi, merah, serta kering seperti keripik.

Jadi bila memang dibutuhkan, terapis atau dokter mungkin akan memberikan obat pereda rasa sakit. Anda juga akan diimbau untuk menjauh dari paparan matahari langsung selama beberapa hari setelah perawatan.

3. Mikrodermabrasi

Metode yang ke-3 ini sangat efektif untuk menghilangkan noda hitam karena tujuannya adalah untuk meremajakan kulit. Sama seperti kedua treatment sebelumnya, mikrodermabrasi juga bebas dari rasa sakit.

Prosedur biasanya dimulai dengan menyemprotkan kristal micro-exfoliating ke kulit. Setelah itu, kulit akan disedot perlahan sehingga bagian kusamnya hilang. Metode ini tak hanya berhasil menyingkirkan flek hitam di wajah, namun juga merangsang produksi kolagen dan membuat tampilan wajah lebih bersinar.

4. Cryosurgery

Meski melibatkan embel-embel ‘surgery’ atau operasi, namun metode ini tetap bersifat non-invasif (tak perlu ‘belek membelek’). Dalam prakteknya, cairan nitrogen akan disemprotkan ke noda hitam untuk membekukannya sehingga warnanya berubah menjadi putih.

Dokter akan mengulangi proses tersebut beberapa kali, tergantung dari seberapa parahnya flek tersebut. Setelah beberapa hari, pada bagian yang dirawat tadi akan terbentuk semacam keropeng yang kemudian akan terkelupas setelah beberapa minggu. Setelah itu barulah nampak kulit baru yang bebas noda hitam.

Yang perlu diperhatikan di sini adalah hindari mengelupas keropengnya sendiri karena tindakan ini bisa menimbulkan bekas luka. Jaga area tersebut tetap kering, dan bila dokter menyarankan, oleskan petroleum jelly ke atasnya.

( ! ) Cara medis di atas sudah terbukti mampu menghilangkan flek hitam di wajah dengan sangat efektif. Namun kelemahannya, perlu merogoh kocek yang tidak sedikit.

Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

bahan alami hilangkan flek hitam di wajah

Anda sudah paham benar bahwa cara instan itu menggiurkan, namun apa daya, bila isi dompet tak bisa diajak bekerjasama. Alih-alih melakukan perawatan untuk menghilangkan flek hitam di wajah, tumpukan tagihan masih menanti untuk dilunasi.

Jika demikian kondisinya, maka Anda bisa menggunakan bahan alami yang lebih murah meriah dan alami untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Berikut adalah beberapa bahan yang kami sarankan untuk dicoba secara rutin minimal selama 30 hari:

Karena ada banyak pilihan, silahkan pilih salah satu atau beberapa yang mudah bagi Anda (klik link di atas untuk langsung loncat).

1. Lemon

Sudah berabad-abad lamanya, kandungan vitamin C dan asam sitrat dalam lemon terkenal akan kemampuannya untuk memutihkan kulit. Oleh karenanya, bahan ini patut dicoba kalau ingin flek hitam di wajah memudar secara alami. Cara menggunakan lemon ada beberapa, yaitu:

  • Lemon dan Air

Sebenarnya lemon sendiri sudah cukup untuk menyingkirkan flek hitam, namun kalau konsentrasinya terlalu pekat, maka itu bisa mengiritasi kulit. Untuk pemilik kulit sensitif, coba campurkan perasan 1 buah lemon dengan air (perbandingan 50:50). Lalu celupkan cotton ball ke dalamnya dan oleskan air lemon ke area flek. Diamkan selama 20 menit sebelum membilas wajah (tidak perlu pakai sabun). Lakukan cara ini 2 hari sekali.

  • Lemon dan Yogurt

Saat efek pemutih dari lemon digabungkan dengan agen pembersih dari yogurt, maka hasilnya adalah kulit lebih cerah serta bebas noda. Anda tinggal menyiapkan 1 buah lemon segar peras sarinya dan 1 sdm yogurt. Campur kedua bahan, oleskan ke wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas masker sampai bersih. Resep ini disarankan dilakukan 2 kali seminggu saja.

  • Lemon dan Gula

Kasarnya tekstur gula pasir bisa mengikis sel kulit mati yang membuat kulit kusam. Cukup campurkan perasan ½ buah lemon dengan 1 sdt gula. Tambahkan 1 sdt minyak kelapa kalau kulit bertipe kering. Sesudah itu, gosokkan scrub ke seluruh wajah dengan gerakan melingkar, berfokuslah pada area flek. Lakukan selama 2 menit (cukup seminggu sekali saja) sebelum membilasnya.

Tips lain soal lemon adalah pilihlah yang segar, dan jangan menggunakan bahan ini di bagian kulit yang sensitif seperti sekitar mata. Lalu setelah memakainya, hindari kulit terkena sinar matahari langsung karena kulit bisa terbakar karenanya.

Untuk pemilik kulit sensitif, Anda bisa menambahkan madu atau air mawar untuk membuat kadarnya lebih lembut bagi kulit.

Baca juga:

2. Minyak Vitamin E

Banyak pakar kulit setuju kalau salah satu manfaat minyak vitamin E adalah untuk menyamarkan noda hitam. Inilah alasan mengapa banyak produk kecantikan menyertakan vitamin E sebagai salah satu bahan utamanya.

Vitamin yang kaya antioksidan ini memang bisa menangkal efek radikal bebas penyebab penuaan dini sekaligus memperbaiki sel kulit yang rusak. Anda juga tak perlu mencampurkan minyak vitamin E dengan bahan lain. Tinggal oleskan beberapa tetes minyak vitamin E ke bintik hitam, lakukan setiap hari sebelum tidur, dan tunggu perubahannya.

Namun untuk mencegah alergi, lakukan tes singkat dulu dengan membubuhkan minyak vitamin E di lengan bawah sebelum mengoleskannya ke wajah. Dan karena formulasi vitamin E cukup berat, maka ini juga bisa memicu munculnya jerawat untuk kulit sensitif.

Setelah memakai minyaknya, Anda tak perlu membilasnya. Anda juga bisa memperkaya asupan makanan sumber vitamin E seperti almond, kacang, biji bunga matahari, dan aprikot kering untuk mengoptimalkan perawatannya.

3. Kentang

Kandungan zat tepung dan gula dalam kentang mampu mengikis sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru. Sedangkan kandungan vitamin B6, C, potasium, zinc, dan fosfornya mampu meremajakan produksi kolagen kulit. Cara menghilangkan flek hitam di wajah memakai kentang adalah sebagai berikut:

  • Kentang saja

Potong kentang tipis-tipis, lalu tempelkan di kulit yang ada flek hitamnya. Biarkan kentang di sana selama 10 menit. Lakukan setiap hari agar hasilnya maksimal.

  • Kentang dan Lemon

Potong tipis-tipis 1 buah kentang, lalu rendam dalam air mendidih selama 30 menit. Setelah itu, angkat potongan kentang tadi, dan tambahkan 1 sdm air perasan lemon ke dalam air.

Dinginkan air kentang dan lemon selama 1 jam, setelah itu oleskan ke area berbintik hitam dengan menggunakan cotton ball. Bilas wajah dengan air bersih 20 menit kemudian. Terapkan metode ini 2 kali sehari, setiap hari.

  • Kentang dan Madu

Parut 1 buah kentang dan bubuhkan 1 sdt madu ke dalam hasil parutannya. Kalau hasil parutan kentang terlalu kering, Anda bisa menambahkan lagi madunya atau sedikit air). Setelah itu aplikasikan ke wajah sebagai masker, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas. Praktekkan cara ini setidaknya 2 hari sekali.

Agar mempermudah proses pembuatannya, Anda bisa langsung memarut 3-4 buah kentang sekaligus, lalu menyimpannya dalam wadah kedap udara di lemari es. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi repot memarut kentang setiap hari. Kentang dingin juga memiliki efek positif lho, yakni dapat menyejukkan kulit. Kalau kentang membuat kulit iritasi atau kemerahan, maka hentikan pemakaian.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya tak hanya mengandung vitamin A, B, C, dan E saja, namun 90% asam amino dalam tubuh kita juga bisa ditemukan di sana. Selain itu, lidah buaya juga mengandung karoten.

Semua bahan ajaib ini otomatis membuat lidah buaya dapat diandalkan untuk mencegah penuaan dini, menutrisi kulit, menghilangkan noda hitam, merawat luka bakar, meredakan rasa sakit, melembabkan, dan mencegah pertumbuhan bakteri. Untuk memakainya, pilih salah satu cara berikut:

  • Lidah Buaya saja

Potong daun lidah buaya, ambil gelnya, dan oleskan langsung ke kulit yang bernoda hitam. Diamkan selama 20 menit sebelum dibilas, lakukan setiap hari.

  • Lidah Buaya, Gula, dan Lemon

Campurkan ½ cangkir gel lidah buaya dengan 1 sdm gula dan 2 sdm air perasan lemon. Sesudah itu, gosokkan ke wajah, pusatkan pada area flek, bilas, dan berikan pelembab ke wajah. Gunakan resep ini setiap 2 hari sekali.

Perhatian! Getah yang ada di daun aloe vera bisa jadi menimbulkan alergi, khususnya bagi mereka yang juga alergi bahan lateks.

Oleh sebab itu, saat memotong daunnya, kenakan sarung tangan. Bila Anda mempunyai alergi terhadap bawang atau tulip, maka besar kemungkinan Anda alergi juga terhadap lidah buaya. Maka dari itu, lakukan tes pada kulit lengan sebelum mengaplikasikannya di wajah.

Baca juga: 33 Manfaat Lidah Buaya yang Terbukti Ilmiah.

5. Minyak Almond

Almond tak hanya mengandung vitamin A, B2, B6, D, dan E saja, tapi juga kaya akan asam linoleat dan oleat, asam lemak tak jenuh, serta fitosterol. Dengan kandungan nutrisi selengkap ini, tak heran kalau minyak almond dapat mengurangi noda hitam, bekas jerawat, dan gangguan pigmentasi lainnya.

Selain itu, minyak almond juga dapat berperan sebagai sunscreen alami karena mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Bonus lainnya, minyak ini tak lengket karena bisa terserap dengan cepat sehingga cocok untuk semua jenis kulit, termasuk yang sensitif.

Cara memakai minyak almond untuk menghilangkan flek hitam adalah:

  • Minyak Almond saja

Gosokkan saja beberapa tetes minyak almond ke wajah seperti losion. Lakukan setiap malam sebelum tidur.

  • Minyak almond, jeruk nipis, susu bubuk, dan madu

Anda juga bisa mencampurkan 4-5 tetes minyak almond dengan 2 sdt air perasan jeruk nipis, 1 sdt madu, dan 1 sdm susu bubuk. Setelah jadi pasta, oleskan dan diamkan itu di wajah selama 30 menit, lalu bilas. Gunakan resep ini 3 kali dalam seminggu.

  • Minyak Almond dan Vitamin E

Campur 1 sdt minyak almond dengan 2 tetes minyak vitamin E, lalu panaskan keduanya selama 10 detik dalam microwave. Setelah itu gunakan untuk memijat wajah dengan gerakan melingkar selama 10 menit. Bersihkan sisa minyaknya menggunakan tisu atau kain basah. Lakukan setiap malam sebelum tidur.

Tak hanya mampu menyingkirkan bintik hitam di wajah, minyak almond juga dapat dipakai sebagai pelembab malam hari, dasar makeup, penghapus riasan, penguat rambut, dan pendongkrak daya ingat.

6. Oatmeal

Tekstur oatmeal yang sedikit kasar dan kandungan saponinnya bisa membersihkan kulit dari noda hitam secara efektif. Untuk membuatnya, campurkan oatmeal madu dan susu. Dalam sebuah wadah, masukkan 3 sdm oatmeal, 1 sdm madu, dan 1 sdm susu, aduk hingga rata. Setelah itu oleskan adonan sebagai masker, diamkan hingga benar-benar kering, dan bilas. Pakai resep ini 3 kali seminggu saja.

7. Kunyit

Kunyit mengandung curcumin, antioksidan ajaib yang dapat menangkal radikal bebas dan menghilangkan flek hitam di wajah. Cukup campurkan kunyit dengan beberapa bahan alami berikut:

  • Kunyit, Lemon, dan Susu

Campur ½ sdt bubuk kunyit dengan 1 sdt air lemon dan 2 sdm susu. Oleskan adonan ke wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas. Lakukan setiap 2 hari sekali.

  • Kunyit, Yogurt, dan Minyak Zaitun

Aduk hingga rata ½ sdt bubuk kunyit bersama 1 ½ sdm yogurt dan 1 sdt minyak zaitun. Oleskan campuran tadi ke wajah, pijat-pijat dengan gerakan melingkar khususnya di area ternoda, lalu bilas setelah 20 menit berlalu. Praktekkan resep ini 3 kali seminggu.

Catatan tambahan, jangan membiarkan kunyit menempel di kulit lebih dari 15-20 menit karena warna kuningnya bisa menodai wajah.

8. Peterseli

Siapa sangka sayuran penghias sup ini dipadati dengan vitamin A dan C yang bisa memperbarui produksi kolagen serta menangkal radikal bebas. Belum lagi muatan vitamin K-nya yang dapat mencegah munculnya keriput. Lebih dari itu, peterseli juga bersifat antibakteri dan antijamur sehingga dapat diandalkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah memakai peterseli adalah dengan mencincang 1 bungkul peterseli, tambahkan sedikit air hingga terbentuk pasta. Bubuhkan 1 sdt air lemon dan 2 sdt madu ke dalamnya, lalu campur hingga rata. Oleskan ke seluruh wajah, khususnya bagian yang bernoda hitam, setelah 20 menit bilas sampai bersih. Lakukan setiap 2 hari sekali.

9. Minyak Kastor

Minyak kastor sarat akan asam omega-3 yang mampu meresap hingga ke bawah lapisan epidermis kulit. Tak hanya bisa membersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan timbunan sel kulit mati, minyak kastor juga mengandung vitamin E yang dapat merangsang sirkulasi darah dan petumbuhan sel baru. Bahkan minyak kastor tak cuma bisa menyingkirkan noda hitam, namun juga dapat mencegahnya datang lagi.

Untuk pemakaiannya, Anda bisa mencelupkan cotton ball ke dalam 4-5 tetes minyak kastor, lalu oleskan ke flek hitam di wajah. Diamkan selama 1 jam sebelum dibilas. Lakukan secara rutin setiap hari setelah bangun tidur, dan sebelum tidur malam.

Alternatif lain adalah dengan mencampurkan 10 tetes minyak kastor dan 10 tetes minyak kelapa. Oleskan minyak ke seluruh wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Terapkan metode ini setiap malam sebelum tidur.

Khusus ibu hamil, minyak kastor dilarang pemakaiannya baik secara internal maupun eksternal. Alasannya, minyak kastor dapat merangsang persalinan dan menimbulkan komplikasi kalau tidak dipakai dengan bijak. Selain itu, minyak kastor juga tidak boleh dioleskan di sekitar jerawat atau luka terbuka.

10. Bawang Bombay

Meski cara menghilangkan flek hitam di wajah satu ini agak kurang masuk akal, namun bawang memang bagus untuk menyehatkan kulit. Kandungan vitamin A, C, dan E-nya mampu melindungi kulit dari jahatnya sinar UV dan radikal bebas penyebab penuaan dini. Selain itu, kandungan fitokemikalnya yang kaya sulfur juga bisa menyingkirkan flek hitam di wajah. Untuk menghilangkan noda hitam dengan cepat, gunakan resep berikut:

  • Bawang Bombay dan Bawang Putih

Blender ½ buah bawang bombay bersama dengan 3 siung bawang putih hingga membentuk jus. Setelah itu, gunakan cotton ball untuk mengaplikasikan jus bawang ke area berbintik hitam, diamkan hingga kering. Terakhir, bilas dengan air sampai bersih. Ada baiknya Anda melakukan perawatan ini rutin setiap malam sebelum tidur.

  • Bawang Bombay dan Madu

Campurkan 1 sdm air bawang dengan 2 sdm madu. Lalu bubuhkan campuran ke area flek, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas. Lakukan setiap hari.

Karena aroma bawang sangat kuat dan tidak enak, jangan gunakan bahan ini sehari sebelum acara penting Anda.

11. Nanas

Nanas diperkaya antioksidan dan vitamin Seperti A dan C yang bagus untuk menangkal radikal bebas serta meningkatkan produksi kolagen. Di samping itu, nanas juga mengandung bromelain, komponen yang dapat membuat kulit kencang, lembut, dan elastis. Jadi tunggu apa lagi, segera beli nanas, dan praktekkan resep berikut:

  • Jus Nanas

Blender ¼ buah nanas sehingga membentuk jus. Gunakan cotton ball untuk mengaplikasikannya ke kulit bernoda gelap, lalu diamkan sampai kering sebelum dibilas. Untuk hasil terbaik, lakukan setiap hari.

  • Nanas dan Yogurt

Campurkan 2 sdm jus nanas segar dan 2 sdm yogurt sehingga terbentuk adonan pasta. Oleskan ke seluruh wajah, dan sesudah 25 menit, bilas hingga bersih. Terapkan resep ini 3 kali seminggu.

12. Cuka Apel

Cuka apel tidak hanya mengandung ragam vitamin seperti A, B kompleks, C, dan E, namun juga AHA yang ampuh untuk menyingkirkan flek hitam di wajah. Cairan berasa asam ini juga mengandung asam malat yang dapat mencegah timbulnya jerawat serta mengoptimasi produksi minyak sehingga kulit takkan terlalu kering atau berminyak setelah memakainya.

Bonusnya lagi, cuka apel mampu mengangkat kotoran dari kulit dan mencegah timbulnya keriput. Untuk prakteknya, Anda dapat mencampurkan cuka apel dengan bahan berikut:

  • Cuka Apel dan Madu

Encerkan 1 sdt cuka apel dalam 1 sdt air, lalu tambahkan 1 sdt madu ke dalamnya. Gunakan cotton ball untuk membubuhkan cairan tersebut ke area flek, diamkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air. Lakukan setiap hari.

  • Cuka Apel dan Jus Jeruk

Campur 1 sdt cuka apel dan 2 sdm jus jeruk. Oleskan cairan ke bagian yang bernoda hitam, diamkan hingga kering sebelum dibilas. Lakukan setiap 2 hari sekali.

Sama seperti lemon, cuka apel juga bisa membuat kulit sensitif terhadap sinar UV, jadi pastikan untuk memakai sunscreen sebelum keluar rumah.

Baca juga: Manfaat Cuka Apel dan Cara menggunakannya.

13. Pepaya

Pepaya berhasil masuk dalam daftar bahan alami penghilang flek hitam berkat kandungan enzim papainnya. Tak hanya dapat menangkal flek hitam di wajah, papain juga bisa mengikis sel kulit mati serta menghambat produksi tirosinase (enzim yang merangsang sekresi melanin berlebih).

Cara menghilangkan flek hitam memakai pepaya adalah dengan memblender ½ buah pepaya, lalu pakai jus tersebut sebagai masker wajah. Diamkan selama 20 menit sebelum dibilas. Lakukan setiap 3 kali seminggu.

Alternatif lain adalah dengan mencampurkan ½ buah pepaya (lumat hingga lembut) dengan 2 sdm oatmeal dan 1 sdt minyak kelapa. Setelah rata, oleskan ke wajah, diamkan selama 30 menit, lalu bilas. Terapkan resep ini 3 kali seminggu juga.

Baca juga:

14. Tomat

Tomat mengandung vitamin A, B, dan C yang berguna untuk mendongkrak produksi kolagen, mengurangi noda hitam, menangkal radikal bebas, serta mempertahankan elastisitas kulit. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan kalsium, potasium, likopen dan magnesium yang dapat melembabkan kulit.

  • Tomat dan Lemon

Campurkan 2 sdm jus tomat dan 1 sdm jus lemon, lalu bubuhkan ke area flek. Tunggu hingga kering sebelum dibilas. Lakukan secara rutin setiap hari.

  • Tomat dan Gula

Tuang 1 sdm gula ke dalam piring, lalu potong tomat tipis-tipis. Celupkan potongan tomat ke gula sehingga seluruh bagiannya tertutupi gula. Gunakan potongan tomat itu untuk menggosok wajah dengan gerakan melingkar selama 10 menit, fokuskan di area bintik hitamnya. Begitu seluruh wajah sudah digosok, diamkan 10 menit lagi sebelum membilasnya.

15. Cendana

Cendana mengandung beta santalol, santyl acetate, dan santalenes, komponen yang bersifat antiseptik dan antiradang. Namun yang paling menakjubkan dari cendana adalah kecepatannya dalam menyembuhkan semua jenis pigmentasi seperti bekas jerawat dan bintik hitam. Tak heran kalau harga bubuk cendana tergolong mahal.

Untuk memetik manfaat dari cendana ini, siapkan 2 sdm bubuknya. Campur itu dengan 3 sdm jus jeruk dan 4-5 tetes minyak vitamin E. Setelah itu oleskan dan diamkan di wajah selama 30 menit sebelum dibilas. Lakukan setiap 2 hari sekali.

16. Timun

Sayur yang 96%-nya terdiri dari air ini mengandung cucurbitacin dan cucumerin, komponen yang dapat mencegah penuaan dini. Selain itu, timun juga memuat vitamin A, B5, C, E, dan K sehingga ampuh atasi noda hitam, bekas jerawat, dan masalah pigmentasi lainnya. Timun juga mengandung silika yang merupakan kolagen sintetis.

  • Timun, Lidah Buaya, dan Lemon

Anda bisa mencampurkan 1 buah timun dengan ½ sdt gel lidah buaya dan 1 sdm jus lemon. Setelah rata, oleskan itu ke seluruh wajah, diamkan selama 30 menit, lalu bilas. Untuk hasil terbaik, lakukan setiap hari.

  • Timun dan Yogurt

Blender 1 buah timun yang sudah dipotong-potong bersama dengan 2 sdm yogurt. Aplikasikan pasta ke wajah dan diamkan selama 40 menit, lalu bilas. Praktekkan setiap hari.

17. Susu

Mengapa susu bisa menyingkirkan flek di wajah? Pertama, karena kandungan vitamin A dan biotinnya yang bisa memulihkan kulit kering. Kedua, karena vitamin D dan kalsiumnya yang mampu mendongkrak produksi kolagen.

Selain itu, vitamin A dan B6 dalam susu juga merangsang produksi sel baru. Namun yang paling penting adalah asam laktat, vitamin D, dan B12-nya mampu menyingkirkan flek hitam di wajah. Cara membuatnya:

  • Susu dan Madu

Campurkan 4 sdm susu dan 2 sdm madu, lalu gunakan cotton ball untuk mengoleskannya ke seluruh wajah. Pijat bagian wajah yang bernoda dengan gerakan melingkar selama 10 menit, diamkan lagi 10 menit, sesudah itu baru bilas. Lakukan secara rutin setiap hari.

  • Susu, Kunyit, dan Cendana

Aduk hingga rata 2 sdm susu bersama 1 sdm bubuk cendana dan ½ sdt bubuk kunyit. Oleskan adonan ke wajah, diamkan hingga kering baru kemudian bilas. Lakukan setiap 2 hari sekali.

18. Yogurt

Asam laktat dalam yogurt bisa mengikis sel kulit mati dan kusam dari permukaan wajah. Anda bisa mencampurkan 2 sdm yogurt tawar dengan 1 sdm oatmeal dan 1 sdm air lemon. Oleskan ke wajah, biarkan selama 20 menit, lalu bilas. Lakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Resep lain yang bisa diterapkan setiap hari adalah dengan mengombinasikan 2 sdm yogurt tawar bersama 1 sdm mint dan 1 sdm air mawar. Setelah dioleskan ke wajah, diamkan selama 40 menit, lalu bilas.

19. Madu

Madu merupakan pembersih serta pelembab wajah alami terbaik yang juga bisa menyingkirkan noda dan timbunan sel kulit mati di wajah. Anda bisa mencampurkan 2 sdm madu dan 1 buah kentang yang sudah diparut lembut. Sesudah adonan rata, oleskan ke area bernoda hitam, diamkan selama 20 menit, lalu bilas memakai air hangat.

Alternatif lain adalah dengan mengombinasikan 1 sdm madu dengan 2 sdm jus tomat, lalu gunakan cotton ball untuk membubuhkannya ke flek hitam di wajah. Diamkan hingga kering sebelum dibilas dengan air hangat. Lakukan rutin sebanyak 2 kali sehari.

Biasakan menggunakan madu asli untuk digunakan di wajah. Untuk itu, baca panduan memilih madu berikut : Cara Mengetahui Madu Asli.

20. Kulit Jeruk

Sesudah makan jeruk, jangan buang kulitnya. Jemur itu hingga kering, lalu giling hingga berbentuk bubuk. Karena lebih dari buahnya, kulit jeruk sebenarnya diperkaya vitamin C dan kalsium yang dapat menangkal radikal bebas serta merangsang pembentukan sel kulit baru sehingga menghilangkan flek hitam di wajah.

  • Kulit Jeruk dan Yogurt

Campurkan 1 sdm bubuk kulit jeruk dengan 2 sdm yogurt, oleskan ke wajah, lalu diamkan selama 25 menit sebelum dibilas.

  • Kulit Jeruk, Madu, dan Susu

Kombinasikan 2 sdm bubuk kulit jeruk dengan 2 sdm susu dan 1 sdm madu. Aplikasikan ke wajah, dan diamkan hingga kering sebelum membilasnya dengan air hangat.

21. Strawberry

Bahan alami yang perlu dicoba untuk menghilangkan flek hitam di wajah adalah buah strawberry. Buah ini mengandung asam salisilat yang dapat mengikis sel kulit mati. Lebih dari itu, strawberry memuat AHA yang dapat menghilangkan kusam maupun noda hitam, sekaligus mencerahkan kulit. Anda bisa menggunakan resep berikut:

  • Strawberry dan Madu

Ambil 4-5 buah strawberry, masukkan dalam blender, lalu tambahkan 1 sdm madu. Setelah adonan diblender sampai halus, oleskan dan diamkan di kulit selama 40 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat. Lakukan setiap 2 hari sekali.

  • Strawberry dan Cuka Apel

Lumat 3-5 buah strawberry lalu tambahkan 1 sdm cuka apel. Oleskan adonan ke wajah, diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali seminggu saja.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah baik secara medis maupun alami. Cara mana yang kira-kira ingin Anda coba lebih dulu?

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer