Obat Herbal untuk Mengobati Bau Badan pada Anak

Namanya anak-anak pasti cenderung aktif dan tidak bisa diam. Karena mereka suka bergerak sana-sini, maka tak heran kalau tubuhnya sering berkeringat. Namun bagaimana kalau kemudian anak mengalami bau badan tak sedap? Kondisi ini biasanya dialami oleh anak yang usianya 8 tahun ke atas atau remaja yang sedang memasuki masa pubertas. Apakah ada obat herbal untuk mengobati bau badan pada anak?

Bau badan tak sedap umumnya diasosiasikan dengan aroma tajam yang keluar dari anggota tubuh tertentu, seperti kaki, organ keintiman, atau ketiak. Biasanya gejala bau badan yang paling nyata adalah munculnya aroma tak sedap.

obat herbal bau badan anak

Gejala ini bisa diikuti dengan kondisi lain seperti banyak berkeringat, berkeringat saat malam selagi tidur, tangan dingin, dan berat badan turun. Jika deretan gejala yang disebutkan tadi muncul bersamaan, maka besar kemungkinan terjadi infeksi pada kelenjar endokrin anak. Infeksi yang dimaksud biasanya dipicu oleh kehadiran bakteri.

Jadi jangan salah kaprah dan menganggap kalau keringatlah yang menyebabkan bau badan. Faktanya, keringat itu tidak berbau karena hanya terdiri dari air dan garam. Bau tak sedap biasanya diakibatkan oleh bakteri. Di samping stres, gangguan medis seperti kurang gizi, gangguan pencernaan seperti konstipasi kronis, gangguan metabolisme genetik, sakit liver, atau diabetes juga bisa menyebabkan bau badan pada anak.

Karenanya, kalau anak juga mengalami rasa sakit atau tekanan terus-menerus di dada, pandangan kabur, bingung, dan nafas pendek, maka mungkin ada penyebab bau badan lainnya. Untuk ini, Anda harus segera membawa buah hati ke dokter.

Perawatan sehari-hari untuk mengusir bau badan anak

Secara umum, mandi secara teratur dan menjaga kebersihan sebenarnya sudah bisa menghilangkan bau badan pada anak. Namun ada juga kasus bau badan pada anak yang butuh penanganan khusus.

Pada kebanyakan kasus, bau badan pada anak disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri di area ketiak. Ketiak berkeringat ini seringkali merupakan akibat dari kurang menjaga kebersihan tubuh. Padatnya aktivitas fisik dan pakaian yang kurang bersih bisa membuatnya semakin parah.

Untungnya, melalui perawatan sehari-hari yang tepat, bau badan pada anak bisa dihilangkan. Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut.

1. Menjaga kebersihan tubuh

Ini mungkin merupakan kunci utama untuk mengobati bau badan pada anak. Mereka perlu diajari untuk menjaga kebersihan badannya sendiri, apalagi kalau usianya 8 tahun atau masih di bawah itu.

Untuk anak yang umurnya sudah lebih besar, maka jelaskan padanya soal pentingnya menjaga kebersihan tubuh. Jangan hanya mengajarkan anak untuk rajin cuci tangan saja, namun juga saat mandi, pastikan mereka juga membersihkan area tubuh yang sering terabaikan seperti selangkangan, ketiak, dan kaki.

2. Pentingnya mengenakan baju bersih

Langkah berikutnya adalah pastikan kalau anak selalu mengenakan pakaian yang kering dan bersih. Pakaian anak sebaiknya dicuci secara rutin dan sering diganti, khususnya jenis bawahan seperti celana atau rok. Perhatian khusus harus diberikan mengenai hal ini, mengingat anak-anak atau remaja suka sekali mengenakan pakaian favorit mereka berulang kali.

Dan bila cuaca sedang lembab, maka pakaian harus rutin diganti dan dicuci karena suhu udara semacam ini menarik datangnya bakteri.

3. Sepatunya juga harus bersih

Selain pakaian, apa yang dikenakan anak di kaki, baik itu kaos kaki maupun alas kaki, semua itu juga harus kering dan bersih. Sepatu kotor dan lembab misalnya, bisa memicu pertumbuhan bakteri di kaki anak sehingga menimbulkan bau tak sedap atau bahkan infeksi.

Simak juga: Cara Ampuh Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

4. Minum air yang cukup

Pastikan pula kalau si kecil selalu terhidrasi. Minum banyak air membantu tubuh anak untuk mengeluarkan berbagai toksin berbahaya penyebab bau badan.

5. Ganti susu sapinya

Seringkali, minum susu sapi teratur juga bisa menimbulkan aroma tak sedap di tubuh anak. Ini terjadi karena kandungan laktosa dari susu. Anda bisa mengganti susu sapi dengan susu organik lainnya seperti susu almond atau kedelai.

6. Kurangi makanan penyebab bau badan

Bawang, daging merah, makanan yang dibuat dari tepung (biasanya minim serat), ikan, telur, dll, merupakan salah satu jenis makanan yang bisa memicu bau badan. Jika buah hati terlalu banyak makan itu, maka Anda perlu mengurangi porsinya.

7. Lebih baik pilih makanan ini

Kalau ada makanan tertentu yang memicu bau badan tak sedap, maka sebaliknya ada juga yang bisa mengatasinya. Contoh jenis makanan yang disarankan untuk mengobati bau badan pada anak adalah bumbu organik sage dan rosemary.

Di samping itu, pastikan pula buah hati rajin mengonsumsi sayuran dan buah. Sayuran berdaun hijau juga penting karena bahan makanan ini dapat membersihkan sistem tubuh anak dari toksin berbahaya penyebab bau badan tak sedap.

Contoh lainnya adalah dengan menggunakan lobak China sebagai menu makanan. Lobak China mengandung agen antiradang pembunuh bakteri. Selain itu, sayuran ini merupakan sumber vitamin C dan nutrisi lain yang dapat menangkal bau badan.

8. Mandi dengan air lemon

Tak ada salahnya Anda membubuhkan beberapa tetes perasan air lemon ke dalam air mandi anak. Air lemon dapat meningkatkan kadar pH tubuh sehingga mencegahnya berkeringat lebih banyak lagi.

9. Berendam dengan air rosemary atau cuka apel

Tak hanya dengan memasukkan rosemary sebagai bumbu makanan saja, namun Anda juga bisa mendidihkan bahan herbal ini lalu memasukkannya ke dalam air mandi buah hati.

Rosemary mengandung menthol dan klorofil yang penting untuk menangkal toksin serta bakteri penyebab bau badan pada anak. Minta buah hati untuk berendam dalam air rosemary minimal 15 menit. Kalau tak punya rosemary dalam bentuk tanaman herbal, maka Anda bisa membelinya dalam bentuk minyak esensial.

Alternatif lain adalah mengganti rosemary dengan cuka apel.

10. Sage

Sage merupakan tanaman herbal yang bisa meminimalisir hiperaktivitas kelenjar keringat anak. Yang Anda perlu lakukan hanyalah mendidihkan secangkir daun sage kering, lalu tambahkan itu ke air mandinya.

11. Air tomat

Percaya atau tidak, air perasan tomat ternyata memiliki kemampuan untuk melawan bakteri atau toksin penyebab bau badan pada anak. Jadi, jangan segan menambahkan 2 cangkir air tomat ke dalam air mandinya, dan suruh anak berendam di dalamnya selama beberapa menit.

Usir Bau Badan Anak dengan Deodoran alami

Di samping tips perawatan sehari-hari tadi, Anda juga bisa menggunakan deodoran dari bahan alami. Berikut beberapa bahan yang bisa dipakai sebagao deodaran alami:

1. Air lemon

Celupkan cotton ball ke air perasan lemon, lalu bubuhkan itu ke ketiak anak untuk mencegah bau badan. Lakukan secara rutin setiap hari.

2. Cuka apel

Sama halnya dengan lemon, cuka apel juga bisa membebaskan ketiak anak dari aroma tak sedap. Selain itu, cuka apel bisa menjaga kulit ketiak tetap kering pada sepanjang hari. Baca juga: Manfaat Cuka Apel dan Cara Menggunakannya

3. Baking soda

Karena baking soda bisa menyerap kelembaban berlebih di kulit, maka otomatis bubuk putih ini juga bisa menyerap keringat dan mengurangi bau badan. Selain itu, baking soda juga mampu membunuh bakteri sehingga ampuh sebagai deodoran alami.

Anda tinggal mencampurkan masing-masing 1 sdm baking soda dan air lemon, lalu oleskan itu di ketiak. Diamkan selama beberapa menit, sebelum membilas dengan air. Setelah itu, minta anak langsung mandi. Lakukan sekali sehari selama beberapa minggu ke depan.

Cara lain adalah dengan mencampurkan baking soda dan tepung jagung, lalu gunakan itu sebagai deodoran bubuk pada ketiak kering. Deodoran alami ini bisa melindungi anak dari keringat berlebih selama beberapa jam ke depan.

4. Bahan deodoran alami lainnya

Sayangnya, produk deodoran yang diiklankan di TV mungkin kurang efektif untuk mengatasi bau badan pada anak. Hal ini dikarenakan kebanyakan produk tersebut mengandung bahan kimia yang malah dapat memperparah bau badan. Untuk itu, Anda bisa membuat sendiri deodoran alami dari minyak sage, ketumbar, tea tree atau lavender.

Obat herbal yang diminum

Perawatan dari luar sudah, begitu pula dengan deodoran alaminya. Sekarang saatnya untuk lebih mendalami bahan apa saja yang bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati bau badan pada anak.

Berikut ini bahan alami yang bisa membantu mengobati bau badan pada anak:

  • Cuka apel. Selain ditambahkan ke dalam air mandi dan sebagai bahan deodoran alami, Anda juga bisa menyuruh anak rutin minum cuka apel. Tinggal masukkan 2 sdm cuka apel dan sedikit madu ke dalam segelas air hangat, sajikan itu 3 kali sehari sebelum anak makan.
  • Teh sage. Jangan hanya menambahkan sage ke air mandi saja, namun buatkan juga buah hati teh sage 2 kali sehari.
  • Jus tomat. Minum 1-2 gelas jus tomat setiap hari terbukti ampuh atasi bau badan pada anak.

Jika deretan tips dan obat herbal untuk mengobati bau badan pada anak tadi tidak berhasil juga, maka lebih baik Anda memeriksakan buah hati ke dokter.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer