Obat Sakit Gigi yang Terbukti Paling Manjur

Apa yang Anda pikirkan ketika mengalami sakit gigi? Tentu ingin rasa sakit itu cepat mereda dan hilang, entah apapun caranya termasuk minum obat sakit gigi tertentu yang biasanya atas anjuran dari teman, saudara atau mungkin pengalaman pribadi sebelumnya. Namun, jika sudah minum obat sakit gigi yang biasanya tapi gigi masih tetap sakit terus mau bagaimana (?), duh sakit sekali.

Tahukah Anda, sakit gigi itu bisa terjadi ketika bagian tengah gigi yang sensitif, disebut pulpa, menjadi meradang. Peradangan pada pulpa ini dapat terjadi karena berbagai alasan, antara lain: gigi berlubang, benturan pada gigi, atau infeksi pada gusi. Karena jaringan pulpa diantaranya terdiri dari serabut saraf dan pembuluh darah yang berada dalam ruangan berdinding keras dan rapat (dentin gigi), maka peradangan pada pulpa akan sangat menyakitkan (nyut-nyut!!) karena tekanan tinggi dalam ruang pulpa. Oleh karena itu butuh obat sakit gigi yang ampuh untuk meredakan nyeri dan peradangan yang terjadi.

sakit gigi

struktur gigi

Baca juga: 13 Penyebab Gigi Ngilu yang Mungkin Tak Terduga Sebelumnya

Bagimana Mengobati Sakit Gigi?

Ketika gigi sakit, ngilu, atau ngenyut berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk meredakannya:

# Minum Obat Sakit Gigi

Langkah pertama untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan sakit gigi yaitu minum Obat sakit gigi dari golongan Analgetik Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen yang dapat Anda beli bebas tanpa resep dokter. Obat-obatan tersebut cukup  efektif untuk mengatasi sakit gigi derajat ringan hingga sedang.

Sedangkan untuk sakit gigi yang lebih berat atau tidak mempan dengan obat-obat tadi, maka diperlukan Analgetik yang lebih kuat diantaranya naproxen sodium, metampiron (antalgin), asam mefenamat, Natrium Diklofenak (Cataflam), dsb. Namun diantaranya diperlukan resep dokter untuk menebusnya di apotek.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai dokter, ada beberapa pasien sudah minum obat bermacam-macam untuk mengobati sakit giginya diantaranya Asam mefenamat dan diclofenac (cataflam) namun sakit gigi tak kunjung hilang juga, dan pada akhirnya saya resepkan metampiron (antalgin) dan sakit gigi pun dapat teratasi. Sejauh ini, menurut saya inilah obat sakit gigi yang paling manjur.

Perhatian! Gunakan obat sakit gigi di atas hanya dosis yang dianjurkan dicetak pada paket, atau dosis yang dianjurkan oleh dokter. Perhatikan juga kontraindikasi dan efek samping yang mungkin ditimbulkannya.

Khusus pada ibu hamil, maka tidak boleh menggunakan obat sakit gigi tanpa resep atau anjuran dari dokter, untuk itu baca juga: Obat Sakit Gigi untuk Ibu hamil

# Kompres Dingin

Disamping minum obat sakit gigi, sempatkan juga untuk meng-kompres dingin pada daerah pipi yang tepat dengan letak gigi yang sakit. Kompres dingin bisa dilakukan dengan menggunakan es batu yang dilapisi kain atau plastik atau menggunakan handuk yang dicelupkan pada air es. Suhu dingin akan membantu meringankan rasa sakit untuk sementara waktu dan tentunya tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Namun harus berhati-hati, jangan menempelkan es batu langsung ke gigi. Karena hal ini akan membuat gigi semakin sakit, karena pulpa gigi yang meradang akan sangat sensitif terhadap suhu panas ataupun dingin secara langsung. Juga jangan langsung menempelkan es batu tanpa alas karena akan merusak kulit.

# Menggunakan Obat Oles (topikal)

Tidak hanya berbentuk pil yang diminum, obat sakit gigi juga ada yang berupa gel atau cairan yang dapat dioleskan atau diteteskan langsung pada gigi yang sakit, lebih tepatnya pada bagian gigi yang berlubang.

Obat ini mengandung benzokain yang berfungsi meredakan nyeri dengan cara mematikan saraf sementara (efek bius lokal atau mati rasa) sehingga dapat membantu meringankan rasa gigi ngilu dan nyenyut dengan cepat selama beberapa jam. Contoh merek dangangnya yaitu Dentasol yang dapat dibeli bebas tanpa resep dokter asalkan diperhatikan aturan pakainya. Ini juga bisa digunakan untuk anak-ank dan ibu hamil ataupun menyusui, baca juga: Obat Sakit Gigi Anak

Jadi ketika sakit gigi menyerang, Anda bisa mengatasinya dengan obat sakit gigi yang diminum atau topikal, kombinasi kedua juga lebih oke.

Sampai disini, rasa sakit pada gigi akan teratasi. Sebagai langkah selanjutnya untuk menuntaskan masalah pada gigi, maka periksalah ke dokter gigi. Dokter akan melakukan perawatan yang diperlukan sesuai kondisi gigi Anda. Selangkapnya bisa Anda baca disiini: Mengobati sakit gigi dengan tuntas. Apabila ada tanda-tanda infeksi yang berpotensi parah, maka dokter juga akan akan meresepkan Obat antibiotik untuk sakit gigi.

Ingat! Perawatan gigi sangatlah penting untuk kesembuhan tuntas tanpa kambuh, karena obat di atas hanya berfungsi menghilangkan rasa sakit tapi tidak mengatasi akar masalahnya seperti gigi berlubang, karang gigi, infeksi gusi, dan sebagainya.

Itulah obat sakit gigi yang paling manjur berdasarkan teori dan pengalaman, bagaimana dengan pengalaman Anda? silahkan berkomentar.

11 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer