18 Jenis Olahraga Mengecilkan Perut Selain Sit Up dan Crunch

Perut ramping menjadi idaman siapa saja yang ingin terlihat menarik, salah satu upayanya yaitu dengan olahraga. Ada banyak jenis olahraga mengecilkan perut, diantaranya yang paling populer adalah sit up dan crunch. Namun sebenarnya, masih banyak gerakan lain yang dapat membuat perut tetap rata, misalnya beberapa yang akan kita bahas berikut ini.

Ketika mendengar istilah perut, kebanyakan kita berpikir bahwa itu adalah bagian depan dan tengah tubuh yang tampilannya sedikit bergelambir. Padahal perut merupakan jalinan otot yang terbentang luas mulai dari dada hingga daerah pelvis dan paha dalam.

olahraga mengecilkan perut buncit

Dengan demikian, maka kita bisa melatih otot-otot tersebut dengan berbagai jenis olah raga yang menggerakkannya sehingga bisa membakar lemak di sana. Sebagai hasil akhirnya, maka perut pun akan mengecil, rata berotot (sixpack), atau mungkin langsing. Inilah inti dari jenis olahraga mengecilkan perut.

Baca juga:

Jenis-Jenis Olah Raga untuk Mengecilkan Perut Buncit

Berikut ini merupakan jenis-jenis olahraga untuk mengecilkan perut karena bisa menggerakkan dan melatih otot-otot yang menyusun dinding perut:

1. Pilates, yoga, dan sejenisnya

Anda bisa memiliki perut rata melalui pilates, yoga, atau gerakan lain yang berfokus pada batang tubuh (core). Beberapa pose dalam yoga yang bisa membuat perut rata misalnya scale, boat, plank, supine twist, side incline with twist, hingga swan dive.

Ketika melakukannya, ikuti panduan berikut:

  • Saat memutar pinggang, lakukan dengan benar. Pastikan pinggul tak ikut berputar, hanya bagian atasnya saja.
  • Tarik perut masuk kapanpun juga, entah saat Anda berada dalam posisi duduk, berdiri, atau berjalan. Anggap saja bahwa Anda sedang memakai celana jeans ketat sehingga aksi menarik perut jadi lebih mudah dilakukan.
  • Hembuskan nafas panjang, karena aksi ini ternyata dapat menguatkan perut dan melindungi punggung bawah.

2. Martial arts (seni bela diri)

Kalau dulu bela diri hanya bertujuan untuk melindungi diri, namun belakangan seni ini sudah merambah dunia olahraga. Di dalamnya selain meninju atau menendang, kita juga belajar menangkis serangan dengan mengunci lengan dan mengelak.

Semua gerakan ini tak cuma memeras keringat, namun juga menuntut keseimbangan tubuh yang baik. Tak hanya itu, tubuh juga dituntut lebih sigap dan tidak loyo, sehingga otomatis otot-ototnya ikut terbentuk, termasuk area perut.

3. Olahraga meluncur

Kegiatan yang melibatkan gerakan meluncur seperti main ski, berselancar, atau windsurfing juga mementingkan kestabilan dan keseimbangan tubuh. Oleh karenanya, jenis olahraga ini sangat membutuhkan (serta melatih) otot batang tubuh.

4. Yang memakai raket

Apakah itu tenis, ping pong, atau badminton, semua jenis latihan yang melibatkan raket di dalamnya kerap membuat pelakunya mengangkat tangan untuk menangkis bola. Saat tangan diayunkan, maka kedua kaki harus cukup kuat untuk menyanggah keseluruhan tubuh.

Gerakan mengangkat tangan secara intensif inilah yang dapat mengencangkan perut karena otot-ototnya dibuat ikut meregang untuk mengimbanginya

5. Lari

Saat lari, tubuh harus berada dalam posisi netral, dimana punggung harus tegak, dada membusung, kepala terangkat, dan perut masuk ke dalam. Lari merupakan olahraga mengecilkan perut yang dapat diandalkan. Lakukan secara rutin agar terlihat hasilnya.

6. Bersepeda

Bersepeda (bukan yang statis) menuntut keseimbangan tubuh supaya saat dikayuh, sepeda dapat melaju ke depan dengan baik. Kerapkali, tubuh harus menahan saat Anda menarik rem, sehingga otot perut otomatis ikut terlatih.

7. Olahraga air

Tekanan dari air, gerakan lengan dan kaki untuk menjaga agar badan tetap mengapung, semua ini mampu membentuk otot di sekitar perut.

8. Olahraga sendiri di rumah

Ada begitu banyak DVD dan video streaming yang mengajarkan pada kita tentang olahraga mengecilkan perut. Beberapa di antaranya yang tidak melibatkan crunch adalah sebagai berikut:

# Bridge opposite arm-leg reach

Caranya berbaringlah terlentang sambil menekuk lutut kiri (telapak kaki kiri rata menginjak lantai, tanpa jinjit). Posisikan kaki kanan terangkat lurus ke atas. Setelah itu, angkat tangan kiri lurus ke atas. Buka tangan kiri (ke kiri) dan kaki kanan ( ke arah kanan) secara bersamaan, sementara bahu dan pinggul tetap diam. Sambil berfokus pada perut, kembalikan tangan kiri dan kaki kanan ke posisi semula, ulangi beberapa kali.

# Donkey kickbacks

Sesuai namanya, gerakan ini mirip keledai yang menendangkan kakinya ke belakang. Mulailah dengan pose table, setelah itu angkat salah satu kaki, tendangkan ke belakang perlahan, kembali ke posisi semula, lalu tendangkan lagi. Lakukan gerakan yang sama untuk kaki satunya.

# Windshield wiper

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu berbaring di atas matras, kedua tangan di samping tubuh. Setelah itu rapatkan kedua kaki, angkat bersamaan ke atas, lalu bawa keduanya ke kanan dan ke kiri sehingga mirip gerakan wiper.

# Body weight squat

Gerakan jongkok-berdiri juga dapat menjadi alternatif olahraga mengecilkan perut bagi Anda yang kurang menyukai senam lantai.

# Jumping jack reach

Dengan menggunakan bantuan bola senam, Anda bisa mendudukinya, lalu sambil duduk, ‘melompatlah’ di atas bola sambil membuka tutup kedua kaki. Sesekali berdirilah, lalu regangkan tangan kanan ke atas, dan tangan kiri ke bawah (sambil berusaha menyentuh permukaan bola). Ulangi gerakan beberapa kali dengan mengangkat tangan bergantian.

# Circles in the sky

Selain dengan melakukan gerakan menggunting menggunakan kedua kaki, aksi membuat lingkaran dengan kaki juga bisa membentuk otot perut.

Sambil berbaring terlentang, Anda dapat menyanggah kepala dengan 2 tangan. Lalu angkat salah satu kaki tinggi lurus ke atas, dan kaki lainnya sedikit di atas lantai. Putar-putar kaki yang diangkat tinggi dengan gerakan searah dan berlawanan arah jarum jam. Lakukan untuk kaki satunya juga.

# Hula hoop

Bermain hula hoop merupakan contoh olahraga mengecilkan perut lainnya yang mudah dilakukan tanpa melibatkan gerakan crunch yang mungkin membosankan bagi sebagian orang.

Bagi Anda baru saja melahirkan dan ingin mengecilkan perut, maka ulasan berikut akan lebih cocok untuk Anda:

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer