Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda dan Cara Mencegahnya

penyebab rambut beruban di usia muda

Munculnya beberapa helai rambut putih di antara rambut hitam tentu jadi kekhawatiran tersendiri. Wajar saja, rambut putih atau uban diidentikkan dengan kondisi renta usia lanjut. Apalagi jika kondisi ini terjadi pada mereka yang masih muda, duh kenapa bisa begini?. Untuk itu, simak hal-hal yang menjadi penyebab rambut beruban di usia muda dan cara mencegahnya berikut ini.

Orang Indonesia termasuk dalam ras asia yang pertumbuhan ubannya terjadi di kisaran umur 30-40 tahun. Namun, berbagai kondisi dapat menyebabkan uban juga muncul pada anak muda, bahkan yang kurang dari 20 tahun. Meskipun umumnya bukan merupakan tanda penyakit berbahaya, tumbuh uban sering membuat malu pemiliknya. Selain itu, tumbuhnya uban di usia muda juga sering dikaitkan dengan penyebab yang tidak jelas sumbernya.

Apasaja penyebab rambut beruban di usia muda?

Beragam teori muncul di masyarakat tentang penyebab munculnya uban di usia muda, mulai dari salah menggunakan minyak rambut, sering memakai topi, hingga yang nyeleneh seperti pernah dikencingi kucing. Padahal secara sains, munculnya uban paling utama disebabkan oleh faktor genetik dan kondisi lain seperti dijelaskan berikut.

1. Genetik

Rambut seseorang ditentukan warnanya melalui pesan genetik yang dibawanya sejak lahir. Masing-masing ras memiliki ciri warna rambutnya masing-masing. Kode genetik ini akan diwariskan secara turun temurun termasuk juga gen yang menyebabkan rambut cepat beruban.

Jika Anda termasuk yang rambutnya cepat beruban di usia muda, ada kemungkinan orang tua, kakek nenek atau buyut Anda memiliki riwayat yang sama. Unsur genetik turunan ini merupakan salah satu penyebab rambut beruban di usia muda yang paling umum.

2. Stress

Hampir setiap orang pernah mengalami kondisi stress dalam hidupnya. Berbagai efek bisa dipicu oleh kondisi ini, mulai dari susah tidur, gangguan kecemasan, hilang nafsu makan hingga naiknya tekanan darah. Stress ternyata juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut.

Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan stress dengan mengecilnya folikel rambut tikus percobaan. Jadi jika Anda sering stress dan mulai muncul uban di usia muda, penelitian ini mungkin bisa jadi jawabannya.

3. Penyakit autoimun

penderita vitiligo juga kerap mengalami rambut beruban di usia muda

Penderita vitiligo juga kerap mengalami rambut beruban di usia muda

Penyakit tertentu yang menyerang seseorang juga dapat jadi penyebab munculnya uban di usia muda. Salah satu yang paling sering adalah penyakit autoimun, pada kondisi ini sistem imun akan menyerang sel-sel tubuh yang normal. Pada kasus penyakit alopecia dan vitiligo sistem imun dapat menyerang sel-sel rambut dan menyebabkan rambut kehilangan pigmen hitamnya.

4. Kekurangan vitamin B12

Penyebab munculnya rambut beruban di usia muda lainnya adalah kekurangan vitamin B12. Vitamin ini berperan penting dalam banyak proses metabolisme tubuh, ia membantu tubuh membentuk energi, pembentukan sel darah merah dan juga menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Defisiensi vitmain B12 berhubungan erat dengan penyakit yang disebut anemia pernisiosa atau anemia yang disebabkan oleh kesulitan tubuh menyerap vitamin ini. Selain itu, kekurangan vitamin B12 akan mengganggu proses pembentukan sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke organ tubuh, termasuk juga rambut. Sehingga akan melemahkan rambut dan menurunkan produksi melamin yang merupakan pigmen hitam pada rambut.

5. Kelainan pada kelenjar tiroid

Adanya kelainan pada produksi kelenjar tiorid baik itu berupa hipertiroidisme (kelebihan) atau hipotiroidisme (kekurangan) akan mempengaruhi pertumbuhan rambut. Kondisi ini dapat memicu rambut beruban di usia muda.

Kelenjar tiroid yang terletak di leher ini berperan pada banyak fungsi tubuh termasuk metabolisme. Dengan adanya kelainan yang terjadi produksi kelenjar tiroid akan berefek sama pada rambut, yaitu menurunkan produksi melamin di rambut.

6. Merokok

Merokok selain berdampak buruk pada paru-paru dan jantung ternyata juga dapat jadi penyebab rambut beruban di usia muda. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Indian Dermatology Online Journal juga mengemukakan akan adanya hubungan antara perokok dengan kemunculan uban sebelum umur 30 tahun.

Efek jangka panjang merokok diketahui dapat bersifat menyempitkan pembuluh darah. Tidak hanya untuk jantung dan paru-paru, efek ini juga akan mempengaruhi aliran darah di folikel rambut yang dapat menyebabkan kerontokan dan juga muncul uban. Selain itu beragam racun dalam rokok juga dapat merusak jaringan tubuh termasuk juga rambut yang dapat berujung pada kerontokan dan uban.

Cara mencegah ubanan di usia muda

Jika uban yang tumbuh disebabkan oleh faktor genetik, tidak ada banyak pilihan untuk merubahnya kembali seperti semula. Namun jika uban di usia muda muncul akibat sebuah penyakit, perawatan tertentu mungkin dapat mengembalikan pigmen rambut yang hilang, meskipun hal tersebut juga masih belum dapat dipastikan.

Baca juga: Tips lengkap menghilangkan uban di usia muda.

Bedahalnya jika uban di usia muda disebabkan oleh kelainan kelenjar tiroid, terapi hormon umumnya dapat membantu pigmen rambut kembali normal dan mengurangi munculnya uban. Mencukupi asupan vitamin B12 juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan menghindarkannya dari memutih.

Jika uban muncul akibat sering stress atau akibat merokok, pilihan terbaiknya adalah menghindari keduanya. Redakan stress berbagai kegiatan yang menyenangkan atau liburan dan hindari merokok, termasuk juga sebagai perokok pasif.

Lihat sumber
Tags:,

DISKUSI TERKAIT

Baca juga