Penyebab Selangkangan Hitam dan Cara Memutihkannya

Mungkin tak ada orang yang tahu kalau selangkangan Anda berwarna hitam. Namun, tentu kondisi ini membuat tak nyaman, apalagi bagi yang sebentar lagi menikah. Kan malu kalau sampai kondisi itu dilihat juga oleh pasangan. Untuk itu, simak dulu penyebab selangkangan hitam dan cara mengatasinya berikut ini.

Pasti banyak yang ingin tahu kenapa selangkangan hitam? Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan timbulnya noda hitam di selangkangan, antara lain seperti dampak pemakaian produk perawatan kulit, parfum, usia, keringat, hingga kurangnya sirkulasi udara. Penyebab-penyebab ini harus dikenali agar kita pun menjadi mudah dalam menghilangkan hitam pada selangkangan tersebut.

Kenali Penyebab Selangkangan Hitam

Berikut beberapa pemicu yang bisa menimbulkan warna kulit di selangkangan menjadi hitam:

# Obesitas

Mereka yang memiliki kelebihan berat badan biasanya berpotensi memiliki selangkangan hitam lebih besar ketimbang yang kurus. Hal ini terjadi karena tak adanya celah antara paha sehingga keduanya sering bergesekan. Dan ketika paha saling bergesekan satu dengan lainnya, entah saat berjalan atau olahraga, maka itu bisa memicu perubahan warna dan rasa gatal pada kulit.

penyebab selangkangan hitam

Cara mengatasinya adalah dengan mengenakan celana longgar yang terbuat dari serat alami seperti katun. Sebaliknya, hindari bahan sintetis termasuk nilon karena dapat menyebabkan iritasi.

Baca juga: Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya

# Gesekan

Gesekan dan keringat berlebih merupakan penyebab selangkangan hitam berikutnya. Kondisi ini kian diperparah kalau seseorang juga terbiasa menggunakan celana ketat/ skinny. Cara pencegahannya adalah dengan mengenakan pakaian yang lebih longgar, dan hindari jeans ketat khususnya yang berwarna gelap.

# Ketidakseimbangan hormon

Bukan hal aneh kalau ketidakseimbangan hormon bisa membuat beberapa bagian tubuh berwarna lebih gelap, khususnya ketika seorang perempuan sedang haid, hamil, menyusui, atau menderita sindrom polisistik ovari (PCOS).

# Sering terpapar sinar matahari

Terlalu sering berenang atau berjemur saat siang hari dapat menjadi penyebab berikutnya. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa memilih waktu lain untuk berenang misalnya pagi atau sore, atau mengaplikasikan sunscreen.

# Efek samping obat-obatan

Beberapa obat seperti pil KB salah satunya, juga bisa mengubah selangkangan menjadi gelap. Jadi bila saat ini Anda sedang dalam pengobatan tertentu, dan terjadi efek samping tak diinginkan, segera konsultasikan dengan dokter.

# Acanthosis Nigricans

Acanthosis Nigricans merupakan kondisi kulit yang memiliki ciri warna gelap dan tekstur mirip beludru. Biasanya ini didapati pada daerah lipatan tubuh seperti ketiak, leher, hingga selangkangan.

# Kebiasaan mencukur

Terlalu sering mencukur rambut di area kemaluan juga bisa menjadi penyebab selangkangan menjadi gelap. Masalah ini terjadi apabila seseorang menggunakan alat cukur lama yang sudah tak layak pakai sehingga itu mengiritasi bagian dalam paha dan membuatnya berwarna gelap.

# Diabetes

Penelitian menunjukkan mereka yang mengalami resistensi insulin seringkali memiliki ketiak, lipatan leher, atau selangkangan berwarna gelap.

Cara Memutihkan Selangkangan yang Hitam

Untuk memutihkan selangkangan yang hitam secara alami, cobalah salah satu dari beberapa resep rumahan berikut ini:

# Perasan lemon dan minyak kelapa

menghilangkan hitam di selangkangan

Lemon memang dapat memutihkan kulit gelap dan menyingkirkan noda, namun penggunaannya tidak disarankan bila kulit sedang terluka atau iritasi. Sementara minyak kelapa tak hanya mencerahkan, namun juga melembabkan.

Anda tinggal mencampurkan 3 sdm minyak kelapa dengan perasan ½ buah lemon, lalu gunakan itu untuk memijat kulit selangkangan selama 15-20 menit. Sesudah itu bilas menggunakan air hangat sebelum mengeringkan (dengan menepuk pelan) menggunakan handuk bersih. Sebagai langkah terakhir aplikasikan minyak kelapa atau zaitun untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Dan bila Anda ingin menggosokkan potongan lemon langsung ke area paha dalam, maka segera bilas setelah 15 menit, kemudian baru oleskan minyak zaitun sebagai pelembab.

# Madu, gula, lemon

cara memutihkan selangkangan yang hitam

memutihkan selangkangan yang hitam dengan madu + lemon + gula

Sementara gula bertindak sebagai exfoliator yang dapat mengikis sel kulit mati, madu akan melembabkan area selangkangan. Cukup campurkan 1 sdm gula dan 1 sdm madu ke dalam perasan ½ buah lemon. Gosokkan paste ke area paha dalam dengan gerakan melingkar hingga gulanya larut. Diamkan 10 menit sebelum membilasnya menggunakan air hangat.

# Tomat, kentang, madu

Tomat dan air perasan kentang juga bisa memutihkan selangkangan atau area tubuh lain yang menghitam, khususnya untuk jenis kulit sensitif. Resep ini juga bisa menghilangkan flek hitam secara efektif.

Anda cukup mencampurkan parutan kentang dan perasan tomat (perbandingan 1:1) sebelum membubuhkan beberapa tetes madu. Gosokkan campuran ke paha dalam, diamkan 5-10 menit lalu bilas.

# Lemon, timun, kayu cendana

Kayu cendana dan timun mampu bertindak sebagai agen penyejuk alami yang menenangkan kulit selangkangan. Cara membuatnya, campurkan bubuk kayu cendana (sandalwood) dengan parutan timun, lalu bubuhkan beberapa tetes air lemon. Aplikasikan dan diamkan hingga kering, setelah itu bilas.

# Susu, madu, minyak almond

menghilangkan selangkangan hitam

menghilangkan hitam pada selangkangan dengan susu+madu+minyak almond

Minyak almond kaya akan vitamin E sehingga dapat dipakai untuk mencerahkan kulit. Sementara susu dan madu bisa menghentikan infeksi sekaligus memberi nutrisi. Untuk membuatnya, campurkan 1 sdm madu, 1 sdm minyak almon, dan 2 sdm madu, diamkan selama 15 menit setelah dioleskan, lalu bilas.

# Minyak almond dan gel lidah buaya

Dinginnya gel lidah buaya dapat mengurangi peradangan sekaligus memperbaiki kulit dengan cepat. Lidah buaya juga ramah bagi semua jenis kulit sehingga aman digunakan. Guna mencerahkan selangkangan hitam, tambahkan beberapa tetes minyak almond ke dalam 2 sdm gel lidah buaya. Pijatkan gel ke selangkangan hingga meresap, bilas ketika teksturnya mulai lengket.

# Madu dan jeruk

Bukan hanya buahnya saja, namun kulit jeruk juga mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan kulit. Peras ½ buah jeruk, campur dengan 1 sdt madu. Sesudah itu, parut kulit jeruk dan tambahkan ke campuran tadi sehingga terbentuk pasta pekat. Aplikasikan ke selangkangan, dan bilas setelah 15 menit.

# Baking soda

Sama seperti gula, baking soda juga bisa mengikis sel kulit mati penyebab selangkangan hitam. Anda tinggal mencampurkan baking soda dengan air sehingga terbentuk pasta pekat, gosokkan itu, biarkan kering lalu bilas sampai bersih. Lakukan 2 kali seminggu.

Kini Anda sudah mengetahui penyebab dan cara memutihkan selangkangan yang hitam. Namun tak cukup sampai di sini, Anda juga perlu mengonsumsi banyak sayur, buah, dan juga air putih agar kulit lebih sehat dan ternutrisi. Selamat mencoba!

 

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer