Yuk, Temukan Penyebab Susah Tidur Malam Beserta Solusinya

Kenali dulu penyebab susah tidur malam sebelum mencari solusinya. Hal ini mutlak diperlukan jika Anda ingin cepat tertidur dengan durasi yang cukup sehingga bisa terbangun dengan segar di keesokan harinya.

Sulit tidur saat malam hari, atau yang juga dikenal dengan istilah insomnia, memang dapat mengganggu siapa saja, baik tua-muda maupun pria-wanita. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, insomnia juga berpotensi merusak kesehatan kalau terjadi secara berkepanjangan. Baca: 10 Akibat Kurang Tidur yang Merugikan Kesehatan

susah tidur malam

Tidur yang dianggap cukup itu setidaknya 6-8 jam setiap malamnya, dan tentu saja tidur yang berkualitas. Bukan yang sebentar-sebentar bangun ataupun tidur yang disertai dengan mimpi buruk.

Cermati Penyebab Susah Tidur Malam

Guna mengatasi masalah insomnia sampai tuntas, maka kita perlu tahu lebih dulu apa saja kira-kira yang menjadi penyebabnya. Coba cermati manakah dari sekian banyak penyebab di bawah ini yang mungkin membuat Anda sulit tidur. Lalu, temukan solusi dari masing-masing penyebab susah tidur malam berikut:

1. Khawatir

Tanpa disadari rasa khawatir kerapkali merasuk ke dalam pikiran, dan membuat seseorang tetap terjaga. Ada banyak hal yang dapat membuat kita khawatir, misalnya “jam berapa sekarang ini? Mengapa orang lain sudah ngorok, sedangkan aku masih belum tidur juga?”

Percaya atau tidak, terus-menerus melirik ke arah jam juga bisa menjadi penyebab Anda mengalami insomnia. Untuk mengatasinya, coba balik jam meja menghadap dinding, atau letakkan saja itu di bawah ranjang untuk mencegah Anda memeriksa waktu terus-menerus.

2. Gelisah

Oke, entah karena apa, malam itu Anda jelas tidak bisa terlelap cepat seperti biasanya. Anda hanya bergolak ke sana kemari untuk berusaha tidur. Lain kalau kalau hal semacam itu terjadi lagi, segeralah bangun dari tempat tidur kalau Anda belum terlelap juga selama 15 menit.

Lalu, lakukan kegiatan ringan yang dapat membuat Anda bosan seperti membaca buku, menonton acara TV yang membosankan, atau mendengarkan musik kalem. Setelah rasa kantuk mulai datang, hentikan aktivitas, dan naiklah ke ranjang untuk tidur.

Hindari melakukan aktivitas berat seperti menghitung pengeluaran dan pemasukan, karena kegiatan yang menggunakan pikiran ini justru akan membuat Anda semakin melek.

3. Cahaya terang

Tidur di bawah lampu menyala ternyata juga bisa membuat beberapa orang susah terlelap. Solusinya? Tentu saja dengan mematikan atau meredupkan cahaya kamar. Namun kalau Anda harus berbagi kamar dengan orang lain yang takut kegelapan, maka coba kenakan kacamata tidur untuk mengatasinya.

4. Suara bising

Kalau orang lain dapat tetap tertidur di tengah suara bising, Anda mungkin berbeda. Hal itu tak mengapa dan masih normal karena banyak juga yang mengalaminya. Guna mengatasinya, tentu saja Anda harus berusaha meredam suara bising itu, entah dengan menutupi telinga menggunakan bantal, mematikan TV maupun radio, meminta orang lain berbicara lebih pelan, atau memilih kamar yang jauh dari sumber kebisingan ( salah satunya jalan raya yang sering dilewati kendaraan).

5. Kepikiran

Memikirkan apa-apa yang harus dibawa atau dilakukan esok hari juga menjadi salah satu penyebab susah tidur malam yang kerap dialami banyak orang.

penyebab susah tidur

ilustrasi susah tidur malam akibat kepikiran sesuatu

Untuk mengatasi suah tidur seperti ini, maka ada baiknya sebelum tidur atau usai makan malam, Anda selalu menyiapkan semua keperluan yang harus dibawa esok hari. Jangan lupa catat juga hal-hal apa yang harus dilakukan, yang belum diselesaikan, agar itu semua tidak mengganggu pikiran Anda saat tidur nanti.

6. Jam tidur tidak teratur

Kebiasaan tidur yang morat-marit, khususnya soal waktu, sebaiknya segera dihentikan kalau Anda ingin menikmati nyenyaknya tidur di malam hari. Jam tidur yang tidak teratur ternyata bisa merusak jam biologis tubuh.

Tubuh jadi kesulitan mendeteksi jam tidur Anda, harusnya sudah tidur, eh mata malah melotot karena belum ngantuk. Oleh sebab itu, baik weekend maupun weekday, ada baiknya Anda tetap tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya.

Baca juga: Durasi dan Waktu Tidur yang Baik untuk Kesehatan

7. Kafein, alkohol, dan nikotin

Penyebab susah tidur malam berikutnya adalah merokok ataupun jenis makanan yang bikin melek, seperti kopi dan alkohol. Selain dampak kafein terhadap tubuh dapat berlangsung hingga 24 jam setelah Anda mengonsumsinya, zat ini juga bersifat diuretik. Itu berarti, Anda harus bangun beberapa kali saat malam hari hanya untuk buang air kecil.

Aktivitas ini jelas menginterupsi kualitas tidur dan setelah dari kamar mandi belum tanda anda bisa tidur lagi. Dampak serupa juga dihasilkan oleh nikotin ataupun alkohol. Karenanya, kurangi konsumsi 3 jenis stimulan tersebut khususnya beberapa jam sebelum waktu tidur.

8. Kualitas baju tidur yang kurang baik

Baju tidur yang dipakai juga turut menentukan nyaman-tidaknya Anda saat tidur nanti. Jadi ada baiknya Anda segera mempensiunkan baju tidur yang bahannya panas, tidak menyerap keringat, dan kasar. Meski sedikit lebih mahal, belilah piyama atau baju tidur yang terbuat dari bahan katun atau sutera karena keduanya nyaman dipakai.

Andapun perlu menerapkan Cara Tidur yang Baik untuk Kesehatan

9. Kurang olahraga

Kurang aktif bergerak menyebabkan peredaran darah tidak lancar, dan ini juga dapat menjadi penyebab insomnia selanjutnya. Untuk mengatasinya, tentu saja Anda harus berolahraga secara teratur, hanya saja hindari melakukannya sebelum tidur.

Bila waktu olahraga yang Anda miliki hanyalah sepulang kerja, maka batasi itu hingga 3 jam sebelum jam tidur. Berolahraga terlalu dekat dengan jam tidur juga dapat menginterupsi kenyenyakan karena hormon adrenalin masih aktif.

10. Kekenyangan

Beberapa orang tidak bisa tidur ketika perutnya lapar, namun ada pula yang susah tidur akibat kekenyangan. Kalau Anda termasuk golongan yang kedua, maka hindari makan atau minum sebelum tidur.

Kebiasaan makan sebelum tidur tak hanya bisa membuat sistem pencernaan tetap aktif, namun juga memperburuk gangguan lambung yang mungkin sudah Anda miliki sebelumnya. Tak hanya itu, minum berlebih ketika malam hari juga akan memaksa Anda bangun di malam hari untuk buang air kecil.

11. Stres

Yang namanya stres memang harus segera diatasi dengan jalan melepaskan atau meredakannya. Setiap orang memiliki cara melampiaskan stresnya sendiri-sendiri, mulai dari berolahraga, bergaul, yoga, mandi air hangat sebelum tidur, pijat, berdoa, hingga teknik pernafasan. Anda tinggal mencari tahu teknik mana yang paling tepat untuk Anda.

Demikianlah beberapa penyebab susah tidur malam berikut solusinya yang dapat kami bagikan, semoga berguna bagi kita semua.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer